Logo jasaahliseo

Web Developer: Pengertian, Skill, Tugas, dan Contoh

Web developer

Share:

Web developer merupakan ahli yang memegang peranan penting dalam kesuksesan suatu situs web. Ada banyak peranan tersebut. Namun, tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui tentang profesi ini. Begitu juga dengan pentingnya keberadaan seorang developer web.

Jika Anda tertarik mengetahui informasi lebih lengkap mengenai profesi ini, yuk, simak artikel berikut hingga tuntas. Sebagai informasi, di bawah ini akan dibahas tuntas perihal definisi, tugas dan tanggung jawab, serta contoh pemegang posisinya.

Pengertian Web Developer

Skill Web developer adalah bidang profesi di lingkup IT (Information Technology). Posisi ini dikenal dengan keahliannya dalam mendesain situs web, memelihara, dan juga mengembangkannya agar performanya baik secara terus-menerus.

Dalam hal perancangan desain situs web, para developer harus mampu memastikan konsepnya memberi nilai plus. Contohnya, mempercepat waktu memuat, memudahkan pengunjung dalam menemukan informasi paling tepat dengan kebutuhannya, dan memastikan desainnya unik serta navigatf.

Jelasnya, jika menambahkan ikon tertentu di web, bagian tersebut tidak semata-mata ada di sana. Namun, keberadaannya mampu memaksimalkan pengalaman pengunjung situs web Anda. 

Begitu juga dengan hal-hal yang berkaitan dengan website. Intinya, profesi ini memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan situs web berjalan dengan baik dalam jangka waktu panjang.

Skill yang Harus Dikuasai Web Developer

Menjadi web developer bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, orang dengan profesi ini dituntut untuk memiliki banyak skill yang berkaitan dengan teknologi. Adapun skill yang harus dimiliki oleh pemegang profesi ini di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengerti Bahasa Markup HTML, CSS, dan JavaScript

Untuk membangun website yang memiliki pondasi berupa desain fungsional dan tampilan menarik, developer web perlu menguasai tiga bahasa markup. Di antaranya adalah JavaScript, HTML, dan CSS. Adapun fungsi tiap-tiap bahasa markup ini tentu saja berbeda.

Baca lebih lanjut  Tips Memilih Jasa SEO Indonesia Murah dan Berkualitas

JavaScript, misalnya, bahasa ini dapat digunakan untuk menjadikan halaman situs web jadi lebih interaktif. Seperti dengan menghadirkan animasi, pop up notifikasi, atau menjadikan lamannya serupa slider.

2. Mampu Membaca Bahasa Pemrograman

Selain tiga bahasa markup yang sudah disebutkan, developer web dituntut agar bisa membaca bahasa pemrograman (coding) lainnya. Adapun jenis coding tambahan yang perlu dipelajari ini tergantung pada kategori profesinya. Pada seorang back-end developer, contohnya, bahasa pemrograman yang penting dipahami adalah Ruby dan juga Phython.

3. Dapat Mengoperasikan Berbagai Tools Database

Tak hanya sampai kemampuan dalam memahami bahasa pemrograman, developer web juga harus paham soal pendataan. Profesi ini juga harus memiliki skill dalam mengoperasikan berbagai tools database yang ada.

Tak hanya tools seperti Excell dan MySQL, ada lebih banyak program yang harus fasih dikuasai profesi ini. Contohnya, posisi ini harus paham cara mengoperasikan GitHub untuk memastikan pengkodean di situs web terjamin aman. 

Profesi yang memiliki istilah lain pengembang web ini juga wajib menguasai program framework seperti Laravel untuk mengoptimalkan pengkodean PHP.

4. Paham Proses Testing dan Debugging

Guna memastikan website berjalan dengan baik setiap saat, proses testing dan debugging perlu dilakukan secara berkala. Adapun cara untuk melakukan hal ini tidak bisa disebut mudah. Namun, pengembang web harus menguasai kemampuan tersebut.

5. Tahu Cara Buat Desain Mobile-friendly

Sempat disinggung sebelumnya jika profesi web developer akan bekerja dalam merancang desain situs web. Dalam hal ini, pemegang posisi ini tidak bisa asal-asalan memasang desain. Akan tetapi, harus dilakukan perhitungan terlebih dahulu untuk memastikan desain yang dipasang memiliki sifat mobile-friendly.

Pasalnya, kebanyakan pengguna internet saat ini adalah mobile user. Jadi, pengunjung situs web mungkin mendapat pengalaman kurang menyenangkan jika website Anda hanya mendukung tampilan desktop.

6. Mengerti seputar Search Engine Optimization (SEO)

Satu lagi skill utama yang penting dimiliki seorang pengembang situs web adalah menguasai pengetahuan seputar SEO. Sebab, developer web juga berperan penting dalam memastikan rangking website di SERP (Search Engine Results Page) selalu baik. Tak hanya di pencarian Google, tetapi di mesin pencari lainnya juga. Termasuk sosial media dan browser lain.

Tugas Utama Web Developer

Tak hanya dituntut menguasai enam kemampuan di atas, pengembang web juga akan dibebani dengan tanggung jawab dan tugas berat. Adapun tugas profesi ini di antaranya, merancang logika, membangun database, mendesain tampilan, mengetes performanya, dan melakukan analisis serta memperbaiki kekurangannya. Lebih lengkapnya, simak di ulasan berikut:

Baca lebih lanjut  Apa itu Google Search Console: Pengertian, Fungsi dan Panduan Lengkapnya

1. Merancang Logika Website

Tugas pertama seorang pengembang website dalam merancang logika. Dalam hal ini, pengembang dituntut agar menjadikan situs web mempunyai arahan atau navigasi yang tertata. 

Contohnya bisa dilihat dari sebuah toko online yang akan membawa pengunjung baru ke halaman pendaftaran. Kemudian, rancangan pembelian dimulai dari halaman pemilihan jasa ekspedisi dan metode pembayaran sebelum akhirnya ke bagian pembayaran langsung.

2. Membangun Database

Seorang pengembang web harus mampu membangun database yang kuat dan aman. Hal ini dikarenakan, database tersebut berperan untuk menyimpan data dalam situs web. Contohnya, foto-foto dalam situs, informasi produk, data pesanan, informasi pengunjung, dan lain sebagainya. Selain itu, database yang dibuat juga berperan untuk meringankan kinerja situs web Anda.

3. Mendesain Tampilan Website

Sebagai informasi, kedua tugas sebelumnya biasanya dibebankan pada profesi back-end developer. Sementara itu, tugas yang berkaitan dengan pendesainan tampilan situs adalah tugasnya front-end developer.

Tujuan dari perancangan situs web ini tidak lain adalah menjadikannya mudah diakses di perangkat manapun. Selain itu, web developer juga dituntut agar situs web yang dibuatnya nyaman bagi pengunjung.

4. Mengetes Website

Tugas lain pengembang web adalah mengetes performanya dengan testing dan debugging secara berkala. Fungsinya agar user experience tetap maksimal. Sebab hanya dengan cara meningkatkan pengalaman pengunjung situs web Anda bisa berkembang.

5. Mencari dan Memperbaiki Celah Keamanan pada Website

Satu lagi tugas penting pengembang situs web, yakni mencari kerusakan dan memperbaiki keamanan situs web Anda. Tujuan dari langkah ini adalah memastikan website Anda terhindar dari risiko cyber crime. Yang mana, hal tersebut juga bisa berisiko mengurangi kepercayaan pengunjung pada situs web yang Anda kelola.

Contoh Profesi Web Developer

Profesi web developer yang paling dikenali terdiri dari tiga kategori, yaitu front-end developer, back-end developer, dan full stack developer. Namun saat ini, terdapat kategori pengembang lain yang bekerja secara khusus pada bidang tertentu. Apa sajakah itu? Simak di bawah ini:

1. Front End Developer

Profesi front-end developer harus menguasai bahasa markup sebab tugasnya ada di bagian perancangan tampilan antarmuka website. Selain itu, posisi ini juga diharuskan untuk membangun interface khusus users.

Baca lebih lanjut  Mengenal Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Melakukan Backlink

2. Back End Developer

Jenis profesi yang kedua adalah back-end developer. Yang mana, tugasnya adalah mengelola server, database, aplikasi, dan hal-hal lain di aspek sisi situs web. Untuk memenuhi tugasnya dengan baik, profesi web developer satu ini harus paham seputar coding dalam pendataan. Sebut saja bahasa PHP, Phython, NodeJS, Ruby, hingga SQL. Semua itu harus dipahami pemegang posisi ini.

3. Full Stack Developer

Berbeda dengan kedua profesi tadi yang punya bagian penting di satu aspek, full stack developer punya lebih banyak tanggung jawab. Sebagaimana sebutan profesinya, tugasnya juga banyak. Posisi ini biasanya harus menguasai kemampuan seorang front-end developer ataupun back-end developer.

4. UI/UX Designer

UI (User Interface) designer bertanggung jawab dalam merancang tampilan dan navigasi situs web. Sementara itu, UX (User Experience punya tugas utama dalam memastikan pengunjung merasakan pengalaman berkualitas selama berada di situs web Anda. Meskipun tidak sama, kedua tugas ini tak jarang dipegang langsung oleh satu orang yang disebut UI/UX designer.

5. Mobile Developer

Contoh lain profesi pengembang web adalah mobile developer. Secara spesifik, tugas profesi ini memang tidak berkaitan langsung dengan website. Namun, pengembang kategori ini juga diharuskan menguasai skill pemrograman. Contohnya, Java, Swift, Kotlin, dan Objective-C.

6. E-Commerce Developer

E-commerce developer merupakan sebutan untuk spesialis di bidang pengembangan platform jual beli secara online. Terdapat dua jenis pengembang untuk kategori ini, yaitu web developer dan mobile developer. Keduanya sama-sama dibutuhkan dalam mengembangkan platform e-commerce guna menunjang kebutuhan konsumen yang berbeda.

Adapun inti dari pekerjaan pengembang di bidang ini adalah memastikan aktivitas belanja online berjalan lancar. Terutama dalam hal pembayaran dan manajemen inventaris.

7. Game Developer

Serupa mobile developer, fokus utama game developer juga tak sama dengan pengembang website. Namun, skill bahasa pemrograman sama pentingnya bagi profesi satu ini. Sebagaimana namanya, pengembang kategori ini berfokus pada pembuatan game dan mengembangkannya. Baik pada perangkat konsol, PC, maupun HP.

Secara umum, pengembangan yang dilakukan oleh game developer menggunakan bahasa C++. Unreal Engine, hingga Unity. Tujuannya agar grafis yang diciptakan benar-benar kompleks.

Web Developer Sebagai Nahkoda Situs Web

Sampai di sini, bagaimana? Sudah cukup paham apa itu developer web? Jika ditafsirkan berdasarkan harfiahnya, Anda tentu dapat dengan mudah memahami bahwa pekerjaan ini berkaitan dengan pengembangan situs web. Namun, soal cara kerjanya bisa jadi belum begitu familiar.

Pekerjaan ini berperan penting untuk kemajuan website. Dengan penerapan ilmu yang tepat, sebuah situs bisa menempati rangking unggul di internet.

Sebagai informasi, profesi ini penting Anda kenali bukan hanya sebagai pengetahuan tambahan. Jika Anda seorang pengelola situs web, Anda harus mengenal setidaknya satu orang yang berprofesi sebagai pengembang web.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir. Karena ada penyedia jasa yang bisa Anda andalkan untuk mengatasi permasalah situs website. Satu diantara banyak jasa terbaik adalah www.jasaahliseo.com. Ini merupakan penyedia Jasa SEO terbaik yang bisa menunjang performa website jauh lebih baik. Melalui teknik yang benar dan tepat, pelanggan bisa merasakan perubahan yang cukup signifikan.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us