Perbedaan SEO dan SEM yang Harus Anda Ketahui

Perbedaan SEO dan SEM

Content writer tidak hanya dituntut bisa menulis saja melainkan juga kreatif. Mungkin Anda selama ini sudah pernah mendengar istilah SEO dan SEM. Namun tahukah Anda perbedaan SEO dan SEM yang sebenarnya? Nah inilah yang ternyata belum banyak diketahui orang.

SEO sendiri memiliki singkatan Search Engine Optimization sementara SEM adalah Search Engine Marketing. Keduanya mempunyai satu kesamaan yakni menjadi teknik yang digunakan dalam digital marketing. Lantas bagaimana penjelasan lengkapnya? Berikut ini penjelasannya.

 

Perbedaan SEO dan SEM Dalam Blog/Website

  1.SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan suatu teknik yang dipakai untuk mendongkrak konten atau website ke halaman utama dan menjadikannya peringkat pertama pada situs pencarian. SEO ini menjadi poin penting jika Anda ingin website atau blog mempunyai banyak visitor.
Baca juga ini:
Belajar SEO Terbaru Khusus Pemula (Update 2022)

Pada SEO terdapat sejumlah aturan yang umum digunakan. Aturan tersebut adalah On-Page SEO (memainkan internal website seperti kata kunci, format URL, dan kecepatan loading website) dan Off Page SEO ( promosi link website, dan membuat backlink.

2. SEM

SEM atau Search Engine Marketing merupakan suatu teknik pemasaran yang dilakukan lewat internet untuk meningkatkan visibilitas pada hasil pencarian mesin. Hampir setiap hari orang lebih banyak memilih mencari informasi lewat Google.

Oleh karena itu strategi memasukkan iklan ke dalam sebuah website sangat dibutuhkan agar ranking naik. Selain itu strategi ini lebih mudah menggaet pengunjung. Pasalnya jika ditempatkan di beberapa sosial media, maka titik temunya hanya ada di satu website.

 

Sementara itu perbedaan SEO dan SEM bisa Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

Tampilan yang berbeda

Pernahkah Anda melihat dalam suatu web terdapat label Ads?, jika iya maka website tersebut menerapkan strategi SEM. Pasalnya perbedaan SEO dan SEM bisa Anda lihat lewat tampilan awal ini, dimana SEM akan tampak tampilan label ads atau iklan sementara SEO tidak.

Kinerja

Untuk perbedaan SEO dan SEM yang kedua terlihat dari kinerja. Kedunya dinilai efektif untuk menaikkan peringkat website. Namun perlu Anda tahu bahwa tingkat ketahanan dari SEO lebih panjang atau lama daripada SEM.

Hal itu dikarenakan SEM sama seperti iklan, jadi apabila durasinya habis maka rankingnya akan kembali seperti semula. Oleh karena itu Anda  harus bisa memilih strategi yang cocok bagi website.

Ranking

Para pemilik blog dan website pasti mengharapkan ranking satu di halaman pencarian Google. Pasalnya traffic web yanga da di ranking satu pasti akan lebih banyak dan juga berdatangan iklan pula. Nah, jika ingin cara lebih instan strategi SEM lebih disarankan apabila SEO.

Biaya

Bagi Anda yang menyukai gratisan lebih baik memilih SEO untuk meningkatkan ranking website. Akan tetapi apabila ingin yang lebih cepat, bisa menggunakan  SEM yang berbayar.

Kesimpulan perbedaan SEO dan SEM

Pengguna SEM cenderung diprioritaskan Google pada pemeringkatan, jadi sekalipun website yang Anda kelola masih baru, tetap saja di pencarian akan ditampilkan nomor pertama. Hanya saja batasan SEM akan ditentukan sesuai dengan ketentuan iklan yang sudah disepakati.

Dari perbedaan SEO dan SEM yang sudah dijelaskan tadi, manakah yang Anda pilih?. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. jadi untuk lebih tepatnya sesuaikan kebutuhan saja. Misalnya Blog hanya untuk sampingan maka pakai SEO saja cukup, namun jika komersial bisa mencoba SEM.

Tags:

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

jasa seo malang

Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Murah Malang

Tujuan utama SEO adalah untuk menaikkan peringkat situs website di pencarian Google. Adapun dampak dari menggunakan jasa SEO Malang bisa meningkatkan pendapatan bisnis kamu. SEO dapat menjadi salah satu teknik

Need Help? Chat with us