Logo jasaahliseo

Halaman Web tidak Tersedia? Ini Dia Cara Mengatasinya

Halaman Web tidak Tersedia Ini Dia Cara Mengatasinya

Share:

Ketika sedang mengakses internet, Anda pasti pernah menemui kasus halaman web tidak tersedia. Untuk diketahui, hal ini biasanya terjadi karena beberapa masalah, baik itu dari situsnya ataupun perangkat yang mengaksesnya.

Jika Anda pengelola situs web, kemudian mendapati halaman error saat diakses, pastikan untuk lakukan analisis lebih lanjut. Pasalnya, halaman tidak tersedia bisa jadi sumber masalah untuk peringkat situs web Anda. Selain analisis, Anda juga bisa mengetahui cara mengatasinya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Apa itu Halaman Web Tidak Tersedia?

Pada dasarnya, halaman web tidak tersedia merupakan informasi dalam suatu situs yang Anda akses, tetapi bukan halaman sebenarnya. Lebih jelasnya, halaman konten yang Anda cari tidak dapat diakses sehingga dialihkan oleh sistem ke halaman tersebut.

Sebagai informasi, masuknya Anda ke halaman yang kerap menampilkan kode 404, 500, atau kode lainnya bisa dikarenakan beberapa hal. Mulai dari koneksi internet bermasalah hingga situs webnya yang tidak baik-baik saja.

10+ Cara Atasi Halaman Web Tidak Tersedia di Website yang Dikelola

Mengingat ada banyaknya penyebab yang bisa jadi pemicu adanya pengalihan server ke site halaman error maka cara mengatasinya pun bervariasi. Jadi, Anda bisa mencoba satu per satu cara di bawah ini untuk tahu masalah di situs web yang dikelola ataupun langsung mengatasinya:

1. Perbaiki Koneksi Internet

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi halaman web menampilkan pesan error adalah memperbaiki koneksi internet. Sebagai informasi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki koneksi internet. Contohnya, Anda dapat mengikuti beberapa cara di bawah ini.

a. Restart Adaptor Jaringan

Untuk melakukannya, cukup cabut kabel listrik router dari port, kemudian tunggu. Setelah 30 detik, coba masukkan kembali adaptor dan periksa situs web yang gagal diakses.

b. Troubleshooting Koneksi Internet

Langkah ini dapat dilakukan sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan. Pasalnya, baik Windows maupun Mac OS sama-sama memiliki cara sendiri untuk melakukan troubleshoot.

Baca lebih lanjut  Tips Cara Bikin Website Lewat HP, Khusus Pemula

c. Matikan VPN

Koneksi internet juga bisa terganggu karena VPN aktif. Jadi, jika Anda sedang mengecek website sendiri dan mendapati adanya kesalahan, coba periksa status VPN. Jika aktif, coba matikan dan masuk kembali ke situs web Anda.

2. Periksa Status Server Website Down/Tidak

Tak hanya karena koneksi internet, halaman website tidak tersedia juga bisa disebabkan status server yang sedang down. Jika laman error muncul diakibatkan hal ini, sudah tentu pengunjung lain yang masuk ke situs web pun bakal melihat hal sama.

Guna memastikan halaman tidak tersedia kembali baik, Anda dapat melakukan pemeriksaan status server. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk hal ini. Namun, cara paling mudah adalah menggunakan tools khusus untuk memeriksa status server.

3. Nonaktifkan Antivirus dan Firewall

Jika setelah pengecekan server ternyata tidak ditemukan masalah pada situs web, mungkin penyebab laman web tidak muncul dikarenakan perangkat Anda.  Maksudnya, ada beberapa hal dalam perangkat yang Anda gunakan jadi penyebab internet bermasalah.

Salah satu hal tersebut ialah software antivirus ataupun firewall. Pada dasarnya, program-program ini memang bermanfaat untuk komputer Anda. Namun, sewaktu-waktu mungkin program tersebut mengalami error sehingga menganggap situs web yang Anda kunjungi bermasalah. Alhasil, meskipun koneksi internet baik-baik saja, laman website milik Anda tidak bisa dikunjungi.

Untuk memperbaiki masalah halaman web tidak tersedia, Anda bisa menonaktifkan software keamanan dalam komputer. Kemudian, setelahnya coba akses lagi situs web dan periksa apakah masih bermasalah atau sebaliknya.

4. Hapus Cache

Masih seputar masalah dalam komputer yang digunakan untuk mengakses halaman website Anda. Jika Anda menemukan laman bermasalah saat memeriksa kondisi situs web, mungkin cache dalam peramban yang digunakan sudah terlalu banyak.

Seperti diketahui, cache sebetulnya jadi bagian penting dalam browser. Keberadaan cache ini dapat mempercepat komputer Anda dalam mengakses suatu situs. Namun, jika cache tidak hapus dalam waktu lama, ini bisa jadi membuat perangkat Anda lebih berat sehingga sulit mengakses halaman lainnya.

Sebagai cara mengatasi halaman 404, pastikan untuk menghapus cache di peramban perangkat yang Anda gunakan. Baik itu di ponsel maupun komputer. Jika sudah, lakukan pengecekan ulang dengan mencoba masuk ke laman yang sebelumnya ditandai error.

5. Periksa Keamanan Komputer

Dalam sebuah komputer mungkin terdapat beberapa program yang menjadi faktor penyebab sulitnya mengakses suatu halaman. Jika disebabkan karena ini, coba kunjungi terlebih dulu situs web lainnya. Apabila menunjukkan hasil yang sama, yakni halaman tidak tersedia, lakukan pemeriksaan keamanan komputer.

Baca lebih lanjut  Strategi Menempatkan Keyword Dalam Artikel SEO

Untuk memeriksanya, Anda bisa menggunakan tools pen-scan virus dalam komputer. Pastikan menggunakan alat terbaru dan terpercaya guna memastikan informasi keamanan yang Anda terima tidak keliru. Jika pengecekan sudah dilakukan tetapi tidak ditemukan adanya virus, lakukan cara lain di bawah ini untuk atasi masalah tadi.

6. Flush DNS Server

Solusi lain untuk mengatasi masalah halaman web tidak tersedia adalah flush DNS. Coba ingat kembali apakah sebelumnya Anda sempat mengubah DNS ataupun name server?

Selain Anda, rekan yang ikut mengelola website mungkin juga men-setting DNS ini. Guna memastikan kesalahannya dari DNS atau bukan, Anda bisa mengeceknya terlebih dulu. Selanjutnya, perbaiki name server ke domain panel, lalu cek kembali laman website yang bermasalah.

7. Konfigurasi Pengaturan Proxy Server

Cara lain untuk mengatasi masalah laman website tidak tersedia juga bisa dengan melakukan konfigurasi pengaturan proxy server. Namun sebelumnya, Anda harus memastikan hal ini. Yakni, dengan mencoba menonaktifkan proxy-nya, lalu cek kembali laman di situs web Anda yang mengalami masalah.

Jika benar masalah halaman web tidak tersedia karena pengaturan proxy, situs yang error bakal menampilkan konten sebenarnya. Sementara itu, jika laman masih bermasalah, sebaiknya kembalikan proxy ke pengaturan semula guna mencegah masalah lain terjadi. Setelah itu, Anda bisa mencoba beberapa cara lain untuk atasi masalah laman web error.

8. Perpanjang Masa Aktif Domain

Dalam mengelola website, Anda mungkin mengalami beberapa kesulitan sampai-sampai melupakan hal-hal penting. Salah satunya adalah masa aktif domain.

Jika domain Anda hampir kadaluarsa, halaman dalam website mungkin dikunci server. Selain itu,  domain kadaluarsa juga bisa menyebabkan adanya laman parking atau tempat pengalihan dari laman sebenarnya. Jelasnya, laman tersebut tidak bisa menampilkan konten di dalamnya, tetapi justru memperlihatkan pesan jika laman tidak tersedia.

Solusi apabila ditemukan penyebab halaman web tidak tersedia karena domain hampir kadaluarsa ialah memperpanjang masa aktifnya. Pastikan untuk melakukan hal ini dengan segera sebelum domain Anda benar-benar dihapus.

9. Periksa Keamanan Website

Jika sudah mengecek keamanan komputer dan hal penting dalam website tetapi belum ditemukan masalahnya, keamanan situs bisa jadi faktor error. Untuk memastikan halaman website kembali baik performa-nya, Anda dapat meng-update beberapa plugin.

Adapun beberapa plugin yang sebaiknya dimiliki situs web agar performanya baik di antaranya adalah sebagai berikut:

Baca lebih lanjut  Cara Memilih Jasa SEO Jogja Terbaik dan Berpengalaman

Plugin Security

Ada beberapa jenis plugin security yang bisa Anda instal untuk meningkatkan keamanan website. Contohnya adalah “Wordfence Security dan iThemes Security”.

SSL

Plugin penting selanjutnya yang perlu ada di situs web Anda ialah SSL. Program ini dapat memastikan data terenkripsi dan meminimalisir masuknya malware ke website Anda.

Update Tema

Tidak kalah penting dari instalasi plugin keamanan dan SSL, Anda juga perlu meng-update tema situs web secara rutin. Jika belum melakukan langkah ini, bisa jadi penyebab halaman web tidak tersedia adalah tema yang lama.

10. Periksa File Index

Penyebab halaman web tidak tersedia juga bisa dikarenakan file index tidak tersimpan dengan benar. Guna memastikan masalahnya, Anda bisa memeriksa file index ataupun file public_html. Pastikan file-file ini tidak hanya ada, tetapi juga tersimpan dengan benar.

11. Cek File Htaccess dan Kembalikan ke Semula

Bukan hanya file index, file htaccess juga bisa jadi penyebab munculnya pesan laman web tidak tersedia di konten website Anda. Untuk itu, sebaiknya periksa file htaccess-nya guna memastikan konfigurasinya sudah benar.

Apabila beberapa waktu lalu sudah dilakukan pengeditan dan sebelumnya tidak ada masalah, sebaiknya coba kembalikan ke pengaturan semula. Lakukan juga pencarian kode htaccess sebagai langkah lain mengatasi laman website yang error. Anda juga dapat mencari referensi lain di internet dalam memperbaiki file htaccess.

12. Reset IP Address

Beberapa pengguna internet tak jarang mengalami pemblokiran dari suatu halaman karena dianggap spamming. Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan pemblokiran IP address-nya. Seperti seringnya me-refresh peramban, salah login ke cpanel atau bahkan iMap, dan lain-lain.

Pemblokiran IP address ini bisa terjadi secara tiba-tiba. Jadi, coba lakukan pengecekan IP address yang terblokir. Jika perangkat komputer Anda juga masuk ke daftar blokir, artinya laman website tidak benar-benar bermasalah. Sebab, problem utamanya ada di komputer yang digunakan.

13. Solusi Lainnya

Cara lain untuk mengatasi halaman web tidak tersedia terdiri dari pengecekan pada beberapa bagian penting situs. Di antaranya adalah penulisan URL.

Saat Anda mengakses laman yang akan dicek, pesan error mungkin muncul dikarenakan penulisan URL yang tidak benar. Jadi, setelah pengecekan, Anda dapat mencoba memperbaiki URL-nya lalu akses kembali situs tersebut.

Selain cara tadi, Anda pun bisa mencoba menonaktifkan tema maupun plugin situs web. Cara lainnya adalah mereset permalink laman situs web yang diakses.

halaman web tidak tersedia

Gunakan Jasa Ahli SEO, Solusi Aman Mengatasi Masalah Website

Apabila halaman konten situs web Anda masih bermasalah setelah melakukan pengecekan seperti di atas, sebaiknya ambil langkah lebih pasti. Yakni, menghubungi ahli jasa SEO yang lebih paham seputar pengaturan dalam situs web.

Untuk diketahui, salah satu jasa ahli SEO tersebut dapat Anda temukan di www.jasaahliseo.com. Penyedia Jasa SEO ini sudah berpengalaman di bidangnya sehingga dapat membantu perbaikan masalah website secara lebih mudah.

Dari informasi yang sudah dipaparkan di atas, bagaimana? Sudah paham cara untuk mengatasi halaman web tidak tersedia? Jika kesulitan, salah satu langkah yang paling mudah untuk dilakukan adalah menghubungi jasa ahli SEO. Kunjungi situsnya untuk melihat layanan terbaik serta konsultasi masalah situs yang dibutuhkan.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us