Logo jasaahliseo

Cara Cek Keamanan Website yang Wajib Diketahui

Cara cek Keamanan Website yang wajib diketahui

Share:

Para pengguna internet, khususnya pengelola situs web wajib tahu cara cek keamanan website. Hal ini dikarenakan, keamanan situs web Anda memiliki pengaruh cukup besar terhadap penilaian yang dilakukan oleh Google. Mengingat pentingnya melakukan pengecekan, jika Anda belum tau caranya, pastikan membaca ulasan di bawah ini hingga tuntas.

Kenapa Cek Keamanan Website itu Penting?

Sebelumnya, disebutkan jika salah satu alasan pentingnya mengecek keamanan situs web adalah memastikan baiknya penilaian Google terhadap site yang Anda kelola. Selain itu, pentingnya mencari tahu keamanan situs web juga demi memaksimalkan performa-nya. Terutama jika website dijadikan tempat berjualan.

Website yang aman dapat meningkatkan jumlah konversi penjualan. Sebaliknya, Anda bakal rugi terus menerus jika tidak segera mengatasi masalah keamanan situs. Jika Anda memiliki brand khusus, situs yang jadi tempat untuk memperkenalkannya juga bisa memberi kesan buruk apabila tidak aman.

Cara Cek Keamanan Website Paling Mudah

Mengingat bahayanya dampak jika situs web tidak aman, cara cek keamanan website berikut ini sebaiknya Anda ikuti. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah situs yang dikelola aman atau sebaliknya:

1. Gunakan Tools Online

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keamanan situs web adalah menggunakan tools online. Untuk diketahui, saat ini ada cukup banyak alat yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek keamanan situs web Anda. Salah satu tools yang bisa dicoba secara gratis adalah Google Transparency Report.

Baca lebih lanjut  Mengenal Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Melakukan Backlink

Selain tools tadi, Anda juga bisa mencoba WPSec jika website berbasis WordPress. Kemudian, ada juga SiteGuarding, UpGuard, dan masih banyak lagi.

2. Periksa URL Situs Web

Jika Anda merupakan pengguna internet yang ingin tahu aman tidaknya website yang dikunjungi, jangan lupa untuk meneliti huruf-huruf di alamatnya. Pasalnya, beberapa hacker biasanya membuat situs web palsu yang mirip dengan nama domain web terkenal. Namun, URL-nya tidak persis sama. Entah itu di bagian nama entah di aspek format.

Contohnya, “samsung.com” menjadi “samsung.xyz”. Contoh lainnya adalah “vivo.id” jadi “v1vo.com”. Selain ini, Anda mungkin menemukan lebih banyak model URL palsu atau tiruan yang sengaja dibuat untuk aktivitas hacking.

3. Perhatikan Isi Konten di Situs Web

Website yang mencurigakan biasanya jarang upload konten berkualitas atau bahkan tidak ada satupun. Sementara itu, situs web dengan kredibilitas tinggi sangat hati-hati dalam membuat konten. Oleh karena itu, meskipun kontennya belum banyak, satu per satu konten di situs web dapat dibaca dan dipahami dengan baik. Artinya, konten tersebut berbobot.

4. Periksa SSL Website Menggunakan Qualys

Cara cek keamanan website selanjutnya bisa dengan menggunakan tools yang dinamakan Qualys. Tools ini jadi salah satu yang terbaik untuk mengecek SSL atau secure socket layer. Seperti yang Anda tahu, SSL ini jadi salah satu bagian yang penting untuk sebuah situs web. Apabila situs tidak memiliki SSL, Google akan memberitahu pengunjung jika website tersebut tidak aman.

Sebagai informasi, SSL ini perlu diperbarui dengan rutin oleh pengelola. Jadi, jika Anda mengelola situs, pastikan untuk menggunakan tools untuk menganalisis SSL. Jika Anda menggunakan alat seperti Qualys, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Di antaranya adalah protocol, versi SSL, pengecekan tanggal kadaluarsa, hingga cipher.

5. Manfaatkan Themecheck.info untuk Tahu Tema Situs

Pada umumnya, situs web yang aman memiliki tema yang modern. Jika Anda menemukan sebuah situs masih menggunakan tema lama, sebaiknya berhati-hati. Untuk pengelola situs web, Anda sebaiknya menggunakan tools seperti “themecheck.info” untuk tahu apakah temanya sudah modern atau sebaliknya.

Baca lebih lanjut  Rich Snippet: Apa itu, Fungsinya, dan Cara Membuatnya untuk SEO Anda

6. Cek Keamanan Website dengan Virus Total

Untuk tahu sebuah situs aman atau sebaliknya, Anda juga bisa menggunakan tools canggih seperti Virus Total. Cara cek keamanan website ini penting dilakukan dengan rutin guna memastikan tidak ada bahaya dalam situs web. 

Pasalnya, website yang jadi tempat adanya virus bisa merusak perangkat pengunjung situs. Selain itu, situs web tersebut biasanya bakal kesulitan naik peringkat di SERP atau bahkan kenabanned oleh Google sebab dianggap scam.

7. Teliti pada Iklan yang Muncul

Saat ada iklan yang muncul di website, Anda mungkin biasanya akan mengabaikan lalu tenang berselancar lagi di internet. Padahal, jika iklan tersebut muncul secara tidak wajar, bisa jadi itu adalah tanda bahwa website tidak aman. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati jika menemukan adanya ciri ini di suatu situs. Termasuk website yang Anda kelola.

Jika Anda ingin tahu apakah situs web bebas virus atau justru jadi sarangnya, gunakan tools seperti URLVoid hingga ScanURL. Selain itu, tools dengan nama PCrisk juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui keamanan situs web.

Cara Meningkatkan Keamanan Website yang Wajib Anda Tahu!

Usai mengetahui beberapa cara cek keamanan website, ketahui juga bagaimana cara terbaik untuk meningkatkan keamanannya. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memberi lapisan pengaman tambahan untuk situs web. Berikut adalah caranya:

1. Batasi Akses Pengguna

Cara pertama untuk meningkatkan keamanan di situs web setelah tahu jika ada yang tidak beres dengan website yaitu membatasi akses pengguna. Hal ini penting dilakukan sebab tidak semua tipe pengunjung itu sama. Ada beberapa yang ingin tahu informasi dari konten Anda, ada yang ingin melakukan analisis, dan mungkin ada juga niatan buruk.

Baca lebih lanjut  Berbagai Tips Menulis Artikel SEO Secara Cepat dan Tepat

Mengingat setiap orang itu beda maksud ketika masuk ke situs web maka Anda harus mengambil langkah pertama. Yaitu, pencegahan dengan cara pembatasan akses sebagaimana disebutkan.

2. Pasang/Perbarui SSL

Cara kedua adalah memperbarui ataupun memasang SSL. Seperti yang sudah disebutkan di cara cek keamanan website, SSL jadi bagian penting suatu situs. Web yang aman pasti dilengkapi bagian ini. Guna memberikan tanda bahwa situs web yang Anda kelola aman, pasang alat keamanan ini.

3. Update CMS Situs Web

Tak kalah penting dengan SSL, CMS atau Content Management System juga perlu diperbarui secara berkala. Pasalnya, situs yang selalu update CMS dipastikan lebih aman dibandingkan menggunakan CMS lama.

Hal ini serupa dengan sistem operasi dalam perangkat smartphone ataupun komputer. Jika tidak diperbarui pasti beresiko jadi tempat pertumbuhan virus yang dapat merusak komponen dalam perangkat.

4. Backup Data Website

Cara selanjutnya untuk menambah keamanan situs web setelah tahu cara cek keamanan website tadi, yaitu backup datanya. Hal ini juga penting dilakukan supaya Anda tidak kehilangan data apapun jika sewaktu-waktu terbukti adanya virus yang menyerang situs. Dengan cara ini, resiko kehilangan data dapat diminimalisir.

cara cek keamanan website

Gunakan Jasa Ahli SEO untuk Tingkatkan Keamanan Website

Jika cara cek keamanan website tidak bisa Anda lakukan secara mandiri, begitu juga dengan cara tingkatkan keamanannya tadi. Tapi jangan khawatir, pasalnya saat ini tersedia jasa ahli SEO yang dapat membantu Anda meningkatkan keamanan situs web. Anda juga bisa menghubungi penyedia jasa SEO yang terbukti kualitasnya. 

Seperti halnya melalui https://jasaahliseo.com. Dengan menggunakan jasa SEO ini, tidak hanya akan berpengaruh untuk masa sekarang. Melainkan dapat sebagai investasi masa depan. Melihat perkembangan dunia digital saat ini, diperkirakan pengguna internet akan semakin besar. Dampaknya, pengelola situs web juga berpeluang mendapatkan keuntungan lebih besar.

Melalui penyedia jasa www.jasaahliseo.com, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari maintenance mudah, menghemat waktu dan tenaga, berpeluang tinggi mendapatkan traffic besar hingga optimasi yang bisa dirasakan dalam waktu lama. 

Bayangkan jika kata kunci target tepat sasaran, maka artikel yang diposting akan bertahan selamanya. Selain itu, jasa ini juga dikerjakan oleh para ahli yang profesional dalam bidangnya, sehingga mampu memberikan dampak baik untuk website Anda. Konsultasikan optimasi seperti apa yang Anda butuhkan melalui halaman situs utamanya di http://www.jasaahliseo.com

Cara cek keamanan website di atas perlu Anda ketahui beserta cara meningkatkan keamanannya. Dengan kegigihan dan keuletan, maka setiap orang berpeluang mendapatkan keuntungan dari maraknya dunia digital saat ini.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us