JasaAhliSEO

Duplikat Konten: Apa itu Duplikat Konten, dan Bahayanya seperti Apa?

Duplikat Konten: Apa itu Duplikat Konten, dan Bahayanya seperti Apa?

Menduplikat hasil karya orang lain tentunya bukanlah tindakan yang baik untuk dilakukan, bayangkan jika anda memiliki buku, dan buku pertama kamu di kemudian hari di duplikat dengan orang lain, hanya berbeda judul dan cover buku saja, bagaimana perasaan kamu? Pastinya anda akan sangat sebal jika ada yang menduplikat isi buku anda.

Maka dari itu google sangat benci sekali dengan orang-orang yang suka menduplikasi konten seseorang, jika sampai google bisa mendeteksi konten anda merupakan konten yang duplikat? Hukuman paling berat dari google adalah google bisa memblokir website anda.

 

Apa itu Duplikat Konten?

Duplikat Konten merupakan isi sebuah materi di website yang disalin ke website lain. Karena itu pastikan setiap konten dan tulisan anda yang anda buat memiliki konten yang original atau konten yang asli, tentunya anda perlu beberapa bantuan untuk tools untuk cek apakah konten yang anda buat ada duplikat?

Fakta bahwa bahasa memiliki jumlah kata yang terbatas berarti Anda pasti harus mengulang kata, frasa, dan kalimat. Tentunya pasti mustahil jika seseorang membuat konten blognya bisa sama.

 

Cara Cek Tools duplikat konten pada website

Anda dapat dengan mudah menemukan situs lain yang telah menyalin konten menggunakan media. CopyScape adalah salah satu yang paling mudah digunakan. Alat ini akan menampilkan beberapa alamat email dari mana konten diduplikasi. 

Anda dapat menggunakan alat pencarian atau hadiah gratis kami untuk menemukan lebih banyak hasil sehingga Anda dapat memeriksa hingga 10.000 halaman. Copyscape secara otomatis memeriksa tingkat kesamaan konten konten email web Anda dengan halaman web lain. 

Misalnya di halaman Anda: 

  1. Buka Copyscape.
  2. Simpan email dan klik Pergi.

Sekarang setelah Anda mengetahui URL situs ini langkah pertama yang dapat Anda ambil adalah memberi tahu mereka dengan menghubungi kontak situs mereka.

 

Apa itu Duplikat konten Eksternal dan Internal

Duplikat konten dapat dipengaruhi oleh eksternal dan internal. Terkadang keduanya akan berdampak pada ranking website anda, tentunya akan mengakibatkan hal yang buruk untuk website anda. Yuk cari tahu apa itu konten duplikat eksternal dan internal:

 

Duplikat Konten Internal

Jenis merupakan konten duplikat yang paling sering kita temukan sehari-hari. Faktor yang mempengaruhi konten duplikat yaitu kata, frasa, dan paragraf yang sama di halaman yang berbeda. Misalnya anda memiliki sebuah halaman layanan website yang memiliki isi konten tentang berita kriminal, tetapi ada halaman website lain memiliki isi konten tentang berita kriminal yang sama dengan dengan isi konten halaman milik anda. Nah ini yang disebut duplikat konten internal.

Akibat dari duplikat konten internal yaitu dapat membingungkan mesin pencarian tentang halaman mana yang mendapatkan peringkat teratas, sehingga google dapat mendeteksi kemiripan konten A dan konten B sama, otomatis google akan memberikan hukuman kepada pemilik website yang berisi konten duplikat, jangan salah google bisa mendeteksi tentang hal ini. 

Alasan yang paling kuat dan yang sudah saya jelaskan sebelumnya, duplikat konten internal dapat dipengaruhi oleh kata yang mirip, frasa, dan jumlah paragraf sehingga google akan dengan mudah mendeteksi duplikat konten.

 

Duplikat konten Eksternal

Duplikat konten eksternal, biasanya memiliki istilah lain yaitu plagiarisme, atau plagiat. Berarti kemiripan ini meliputi pada konten, format, dan struktur yang mirip dengan milik konten orang lain. Ini juga mirip sekali dengan duplikat konten internal akan berdampak pada proses optimasi google, tentunya google juga akan bingung  karena ada 2 konten yang sama padahal berada di website yang berbeda.

Akibatnya google akan memberikan hukuman kepada pemilik website yang hanya menduplikat konten orang lain yang lebih dulu membuat. Agar website yang menduplikat konten kita bisa dihukum google secara langsung, anda bisa melaporkan kasus ini kepada google agar google bisa menindaklanjuti serta memberikan hukuman pada websitenya.

 

Apa Dampak Duplikat Konten pada Website Anda

Tidak ada baiknya bagi anda yang menduplikat konten orang lain, malah menjadi berdampak buruk pada website anda. Jadi jangan sesekali untuk menduplikat konten orang lain atau tidak website anda yang akan mendapatkan dampaknya yaitu, website dianggap spam akibatnya peringkat anda bisa sangat turun, lalu skor authority website anda menjadi kecil, serta akan sulit berada di posisi halaman pertama google.

 

Pelanggaran Hak Cipta

Kesalahan terbesar yang mereka lakukan adalah menduplikat semua kata konten tersebut, tanpa ada perubahan kata ataupun kalimat. Biasanya ini terjadi karena dari duplikat konten eksternal, Mungkin di kemudian hari anda memiliki konten yang diduplikatkan dari website orang lain.

Anda memiliki hak untuk mengklaim pelanggaran hak cipta tersebut, sehingga orang yang menduplikat konten anda akan menyesal karena sudah menduplikat konten anda dengan mudah, sementara anda membuat konten tersebut perlu perjuangan.

Ketika anda melaporkan sebuah website yang menduplikat konten anda tentunya reputasi websitenya menjadi jelek dimata google termasuk dimata audiens anda, karena jangankan google saja yang bisa menilai, saya percaya audiens anda juga bisa pasti bisa menilai jika audiens anda dapat menyadari bahwa ada kesamaan konten di website yang berbeda.

 

Kehilangan banyak pengunjung situs anda 

Google akan mudah mendeteksi kemiripan konten di situs yang berbeda, ini karena adanya AI pada mesin pencarian google sehingga ada program AI yang bisa menolong google untuk mendeteksi setiap konten yang ada di google.

Jika anda tahu bahwa hal yang mempengaruhi pada peringkat website adalah kata kunci, jika kata kunci anda tepat dan cocok pada situs anda, saya percaya otomatis google akan mempercayai website anda berada di posisi halaman satu google.

Sehingga semua orang akan dapat lebih mudah menemukan website anda di mesin pencarian, pada kasus duplikat konten, salah satu hukuman google pada website yang menduplikat adalah dapat kehilangan banyak pengunjung pada website anda.

Ketika google mengetahui bahwa situs anda memiliki konten yang duplikat otomatis google tidak akan membuat situs anda berada di halaman satu google, ini disebabkan hukuman google kepada situs yang menduplikat konten milik orang secara sembarangan

 

Situs Anda Dapat Diblokir oleh Google

Hukuman terberat google kepada situs yang seenaknya menduplikat konten orang lain adalah google dapat memblokir situs tersebut selamanya. Tidak ada peringatan, tidak ada hukuman, langsung memblokir website yang menduplikat konten orang lain, sebuah tindakan yang sangat ditakuti oleh banyak orang, sehingga tidak ada situs nakal yang menduplikat konten orang lain secara sembarangan.

 

Jangan Pernah Menduplikat Konten:

Jangan pernah menduplikat konten orang lain dengan sengaja, karena akibatnya website anda yang akan menjadi korban dan semua yang anda kerjakan akan sangat sia-sia. Jadilah pemilik konten yang asli, karena setiap karya yang kau berikan kepada google sudah sangat jelas google akan sangat menghargai hal itu.

Kerjakan semua kontenmu yang original dan asli tanpa duplikat konten dengan konten orang lain, jika anda ragu anda bisa cek beberapa situs yang bisa cek skor duplikat konten dan konten yang unik, bagus atau tidaknya.

Jangan khawatir lagi jika anda membutuhkan seorang SEO profesional serta penulis konten yang profesional anda bisa menggunakan jasa SEO kami yaitu JasaAhliSEO.com,  jangan sampai website anda terkena pelanggaran dari goole akibat duplikat konten yang tidak disengajakan.

Oleh sebab itu JasaAhliSEO.com dapat membantu anda untuk mengola website anda serta memberikan konten website anda menjadi konten yang berkualitas dan menjadi website yang dipercaya google untuk selalu menempatkan halman satu google. Naikan Ranking Website anda sekarang!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

blog dan website

Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

Siapa yang tidak mengenal blog yang berisi tulisan tulisan di internet bahkan mungkin yang setiap hari anda baca di google, yaitu adalah blog. Lalu bagaimana dengan website, sederhananya adalah website

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

Need Help? Chat with us