Logo jasaahliseo

Search Term: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Optimasi

search term

Share:

Secara sederhana, search term adalah informasi tentang apa saja yang sudah Anda ketikkan di kolom pencarian Google. Jelasnya, istilah tersebut merujuk pada histori penelusuran di mesin pencari.

Dalam dunia SEO ataupun bisnis, keberadaan istilah ini sama-sama penting untuk mengetahui visibilitas merek Anda. Lantas, mengapa ini penting? Anda bisa mengetahui informasi selengkapnya di artikel ini.

Apa itu Search Term dan Mengapa Penting?

Search terms berarti istilah pencarian. Kata ini merujuk pada data yang menunjukkan seberapa banyak pengguna internet yang menemukan konten Anda dengan istilah pencarian tertentu. Selain itu, istilah ini juga dapat membantu mengetahui seberapa relevan kata kunci yang sudah Anda terapkan ke suatu konten.

Adapun tujuan dari penggunaan istilah pencarian ialah memastikan konten Anda sampai pada target yang tepat. Itu berarti, trafik Anda juga bisa bertambah jika konten ditemukan oleh orang-orang yang memang mencarinya.

Lebih jelasnya lagi, istilah pencarian termasuk dalam cara Anda menganalisis performa pencarian kata kunci dalam konten. Ini berguna untuk mengatasi masalah seperti adanya kata kunci error yang bisa menjadikan tayangan Anda di SERP jadi sia-sia.

Adapun alasan pentingnya cara analisis ini adalah guna membantu menghemat biaya iklan. Sebagai gambaran, Anda mungkin menjual barang berupa sepatu kets. Namun, istilah pencarian menunjukkan data bahwa konten Anda lebih banyak muncul di kata kunci sepatu futsal karena adanya frasa tersebut di dalamnya.

Jika hal itu terjadi, artinya relevansi konten Anda dengan informasi yang orang cari bisa dikatakan kurang. Alhasil, konten Anda bakal diabaikan pengguna internet. Karena Anda sudah mengetahui akar masalah yang membuat trafik kecil, kata kunci sepatu futsal dalam konten sepatu kets harus dihapus. Opsi lainnya, kata kunci tersebut harus dikurangi guna meminimalisir sampainya konten ke pengguna internet bukan target.

Baca lebih lanjut  [Panduan Lengkap] Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

Apa Perbedaan Search Term dan Kata Kunci?

Meskipun istilah pencarian dan kata kunci memiliki bentuk sama, keduanya benar-benar berbeda. Istilah kata kunci merujuk pada frasa yang orang lain gunakan saat akan mencari suatu informasi di internet. Sementara itu, search term adalah semua pencarian yang dihasilkan berkat penggunaan suatu kata kunci.

Gambarannya, ketika seseorang mencari “Sepatu Kets Wanita” maka kata kunci utamanya adalah “Sepatu Kets Wanita”. Namun, istilah pencarian bisa memberikan rekomendasi konten yang memiliki kata kunci “Sneakers”. Hal ini dikarenakan, Google membaca bahwa kedua produk tersebut memiliki kesamaan.

6 Cara Optimasi Search Term

Jika kata kunci Anda relevan dengan informasi yang orang lain cari, tentunya hal tersebut akan bermanfaat untuk meningkatkan lalu lintas situs web. Namun, kata kunci yang digunakan justru menjadikan konten muncul di laman pencarian yang tidak tepat, artinya sia-sia. 

Untuk memastikan kata kunci Anda tepat sasaran pada pengguna internet yang berpeluang meng-klik konten, cara optimasi berikut bisa dilakukan:

1. Cari Kata Kunci yang Relevan

Ada banyak kata kunci berbeda yang kerap orang gunakan ketika ingin mencari suatu informasi. Misalnya, ketika orang-orang menginginkan informasi seputar harga sandal gunung terdekat. Informasi yang muncul bisa saja harga produk di daerah lainnya.

Hal tersebut mungkin tampak sama saja. Namun, hasil pencarian itu berpengaruh pada performa kualitas tiap-tiap situs web.

Jika Anda ingin memastikan tiap konten relevan dengan informasi yang orang cari, gunakan kata kunci yang relevan. Adapun cara agar bisa memaksimalkan penggunaan kata kunci tersebut, Anda bisa memakai alat tertentu Seperti Google Trends atau Google Search Console. Anda juga bisa memakai tool berbayar seperti Keyword Gap,  Keyword Magic Tool, dan Keyword Overview di SEMRush.

2. Pahami Tujuan Orang Mencari Informasi

Cara kedua agar Anda bisa mendapatkan trafik dari kata kunci yang digunakan ialah memahami tujuan orang mencari suatu informasi. Secara keseluruhan, terdapat empat tujuan umum yang biasanya jadi alasan orang-orang menggunakan suatu kata kunci.

Di antaranya, ada kebutuhan informasi, navigasi, transaksi, dan komersial. Jika Anda memahami tujuan pencariannya, bukan hanya konten yang bisa mendapatkan trafik. Namun, bisnis Anda juga bisa berkembang dengan pengetahuan tersebut.

Baca lebih lanjut  Apa itu Clickbait: Kelebihan dan Kekurangan yang wajib kamu tahu!

Untuk diketahui, yang dimaksud dengan kebutuhan informasi adalah kata kunci yang kerap digunakan untuk mendapatkan konten deskripsi ataupun narasi. Contohnya, kata kunci ‘Apa itu Sepatu Kets?’ akan membawa orang-orang pada konten informatif.

Sementara itu, kata kunci navigasi merujuk pada pencarian orang yang menggunakan kata kunci khusus berupa tempat atau situs web. Contohnya, seseorang yang ingin berbelanja di e-commerce Amazon akan mengetikkan kata kunci seperti ‘Sepatu di Amazon’.

Kemudian, maksud dari kebutuhan transaksi adalah informasi yang orang butuhkan ketika akan melakukan pembelian. Biasanya, kata kunci yang digunakan contohnya ‘Jual Sepatu Kets’ atau ‘Beli Sepatu Kets’.

Adapun yang dimaksud dengan kata kunci komersial, contohnya ‘Sepatu Terbaik’. Dengan kata kunci seperti ini, biasanya informasi yang dibutuhkan adalah rekomendasi produk.

Jadi jelasnya, memahami maksud pencarian orang dengan kata kunci tertentu bertujuan agar Anda bisa menyajikan informasi yang benar-benar orang butuhkan.

3. Cari Tahu Long Tail Keyword

Long tail keyword adalah kata kunci spesifik yang digunakan agar seseorang bisa menemukan informasi lebih jelas tentang sesuatu. Volume pencarian long tail keyword memang lebih kecil jika dibandingkan kata kunci utama. Namun, konten yang mengandung kata kunci ini cenderung lebih sedikit sehingga meningkatkan peluang kemunculan konten di SERP.

Supaya konten Anda dapat dijangkau target yang tepat, jenis kata kunci ini penting diterapkan.

4. Buat Konten Berkualitas

Untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari, kata kunci harus dibuat jadi konten yang informatif. Tanpa konten dengan kualitas terbaik, mesin pencari juga akan kesulitan menemukan situs web Anda. Oleh karena itu, orang-orang tidak akan mengunjungi website Anda.

5. Tingkatkan User Experience

Jika ingin mendapatkan peningkatan jumlah trafik dengan memanfaatkan analisis search term, Anda harus meningkatkan user experience juga. Hal ini dikarenakan, para pengguna internet tentu menginginkan pengalaman terbaik saat mengunjungi suatu situs web. Untuk itu, Anda harus melakukan optimasi.

Beberapa cara optimasi yang harus dilakukan adalah meningkatkan kecepatan akses situs web yang lambat. Selain itu, pastikan antarmuka situs web dapat dengan mudah dipahami navigasinya, memiliki setting warna menarik, dan tentunya responsif.

Baca lebih lanjut  Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

6. Pantau Laporan Search Term Google Ads

Cara terakhir untuk optimasi website dengan search term adalah memastikan untuk selalu memantau laporan dari Google Ads. Terutama jika Anda menjalankan iklan PPC (Pay-per-Click). Adapun cara untuk mengakses laporan tersebut bisa dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, akses akun Google Ads menggunakan akun Google Anda.
  • Kemudian, klik “Keyword” yang terdapat di sidebar sebelah kiri.
  • Temukan tab Search Term kemudian klik tab tersebut sehingga Anda bisa mendapatkan laporan yang dibutuhkan.

Selain mendapatkan data yang dimaksud, laporan yang diberikan Google Ads juga mencakup biaya rata-rata iklan per klik. Anda juga bisa mengetahui rasio konversi dari penerapan teknik mendapatkan laporan ini.

Sudah Paham Apa itu Search Term?

Tidak ada pengertian selain istilah pencarian yang merujuk pada kata kunci utama. Itulah yang dimaksud dengan search term. Tak jarang, istilah ini juga disebut dengan search query. Sebab, bentuknya serupa kata kunci yang biasa dicari orang menggunakan kolom pencarian mesin pencari.

Keberadaan fitur ini dari mesin pencari dapat menguntungkan pengguna internet maupun pemilik situs web. Yang mana, pengguna internet bisa mendapatkan informasi lebih spesifik tentang kata kunci yang dicarinya.

Banner Jasa Ahli SEO

Jika Anda ingin mengoptimasi istilah pencarian agar konten sampai pada target tepat, langkah-langkah di atas bisa diaplikasikan. Akan tetapi, jika Anda kesulitan mendapatkan hasil dari penerapan langkah-langkah tadi, sebaiknya gunakan Jasa SEO Indonesia.

Jasa di www.jasaahliseo.com telah berpengalaman dalam mengoptimasi search engine. Termasuk pengoptimalan search term. Dengan menggunakan jasa ini, Anda bisa memastikan tiap konten muncul di SERP dengan kata kunci sesuai dengan pencarian. Jelasnya, orang-orang yang memang butuh konten Anda-lah yang akan menemukan informasi tersebut.

Dengan demikian, peluang mendapatkan trafik lebih banyak jadi lebih besar. Selain untuk itu, jasa ini juga bisa membantu optimasi website untuk meningkatkan user experience. Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi jasa ini untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang pengoptimalan performa situs web Anda.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us