Logo jasaahliseo

Free Tools! Berikut 5 Situs untuk Cara Cek Responsive Website

responsive website

Share:

Salah satu alasan penting mengapa banyak orang meninggalkan website Anda adalah karena situs tersebut tidak responsive. Itulah sebabnya, membuat responsive website sangat diperlukan. 

Menjadi rahasia umum, jika saat ini pengguna smartphone lebih banyak dibanding dengan perangkat lain seperti komputer. Dominasi inilah yang menjadi dasar pengelola website harus  membuat situs tersebut nyaman untuk berbagai perangkat.

Jika penasaran mengenai pembahasan ini, Anda bisa menyimak ulasan dalam artikel ini hingga selesai. Semua akan dirangkum secara jelas dan singkat mulai dari pengertian, cara membuat hingga penggunaan beberapa tools yang diperlukan untuk membuat website responsive.

Pengertian Desain Responsive Website

Secara umum, pengertian dari website responsif adalah tampilan atau desain web yang dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis perangkat dengan ukuran layout yang berbeda. Hal ini mencakup beberapa komponen. 

Seperti menyediakan seluruh aspek mulai dari penggunaan gambar, huruf, dan desain interface yang nyaman bagi pengguna. Selain itu, perlu juga penyesuaian mengenai resolusi yang dibutuhkan untuk setiap perangkat. Pasalnya tampilan setiap device mungkin saja tidak sama dengan device lainnya.

Responsive website merupakan poin penting untuk meningkatkan pengalaman terbaik bagi pengguna. Anda pasti setuju jika setiap perangkat mungkin memiliki ukuran dan resolusi berbeda, 

itulah sebabnya, membuat desain yang responsif ini akan tetap nyaman untuk setiap perangkat yang digunakan. Guna menunjang pengalaman pengguna, Anda wajib menerapkan desain responsive baik untuk website pribadi maupun bisnis.

Baca lebih lanjut  Perbedaan TOFU MOFU BOFU: Pengertian dan Manfaatnya

Tools Populer untuk Cek Responsive Website

Responsive website adalah salah satu kunci agar situs web Anda mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari. 

Begitu pentingnya memiliki website responsive, membuat para pengelola web harus menerapkannya. Sehingga Anda harus memastikan jika website tersebut sudah responsive atau belum. Salah satu caranya adalah dengan cek melalui beberapa tools. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan gratis :

1. Mobile-Friendly Test Google Search Console

Alat pertama yang dapat dengan mudah digunakan adalah Google Search Console. Di situs web tersebut, terdapat alat yang dinamakan Mobile-Friendly Test. Yaitu, alat untuk mengukur keramahan situs web Anda pada pengunjung dengan perangkat mobile.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu memasukkan domain yang dimiliki pada kolom tersedia di menu Mobile-Friendly Test. Setelahnya, informasi responsivitas situs web Anda akan ditampilkan oleh sistem.

2. Am I Responsive?

Tool gratis selanjutnya adalah Am I Responsive. Untuk menggunakan fitur ini, Anda juga hanya perlu menyiapkan domain situs. Tak butuh waktu lama, informasi apakah situs web responsif atau tidak juga bisa didapatkan.

Adapun hal menarik dari aplikasi ini adalah eksistensi informasi gambaran situs web di berbagai perangkat. Mulai dari tampilan desktop hingga ponsel. Jadi, Anda bisa mengetahui apakah situs Anda mobile-friendly atau sebaliknya.

3. Responsive Design Checker

Responsive Design Checker dulunya hanya digunakan oleh perusahaan pengembang. Namun, seiring makin banyaknya pengelola website yang memerlukan alat pengecek responsivitas loading webnya, situs ini dibuka untuk umum. Menariknya lagi, Anda bisa menggunakannya secara free.

Untuk cara pakainya pun mudah. Tepatnya sama saja dengan alat lain, di mana Anda hanya perlu memasukkan nama situs ke kolom yang disediakan di web responsive checker.

Baca lebih lanjut  Tujuan SEO untuk Bisnis Anda yang Wajib Anda Tahu!

4. Responsinator

Alat gratis lainnya untuk mengetahui situs responsif atau tidak ialah Responsinator. Cara kerja alat ini hampir sama dengan Am I Responsive. Yang mana, Anda juga bisa mendapatkan gambaran situs web yang dikelola ketika diakses di berbagai perangkat.

Dari gambaran tersebut, Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah situs sudah benar-benar mobile-friendly dan responsif atau belum.

5. Screenfly

Jika ingin mencoba free tool responsive website lainnya, Anda bisa menggunakan Screenfly. Dengan alat ini, Anda tidak mendapatkan gambaran langsung ketika mengakses situs menggunakan berbagai perangkat. Akan tetapi, Anda bisa memilih opsi fitur device-nya terlebih dulu untuk tahu tampilannya.

Keuntungan Membuat Website Desain Responsif

Penerapan dari tampilan ini memberikan banyak keuntungan bagi pemilik situs. Kehadirannya berdampak pada besarnya untuk meningkatkan jumlah audience. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dengan menerapkan responsive website:

1. Berpotensi Mendapatkan Banyak Traffic

Seperti pada algoritma mesin pencarian, fleksibilitas menjadi tolak ukur yang berpengaruh untuk menentukan dan meningkatkan peringkat situs. Situs yang hadir dengan tampilan responsive berpeluang tinggi mendapat ranking Google. Sehingga potensi untuk mendapatkan traffic organic tentu lebih besar.

2. Kecepatan Website Meningkat

Poin berikutnya yang menjadi parameter keberhasilan website adalah kecepatan situs. Metode pengukuran ini sangat mempengaruhi experience pengguna dalam menjelajahi sebuah website

Desain dengan tampilan responsive, mampu meningkatkan kecepatan akses yang dapat diukur secara signifikan. Kemudahan inilah yang membuat pengguna betah berlama lama dan meninggalkan kesan tersendiri. Kecepatan ini berjalan di berbagai perangkat. Baik computer, laptop tablet dan smartphone.

3. Meningkatkan Branding Awareness

Seorang pengguna internet tentu menginginkan website yang dikunjungi terlihat bagus di semua perangkat. Hal ini mampu memenuhi harapan audiens dan memperbaiki reputasi website tersebut. Bagi perusahaan, ini cukup berpengaruh. Mengingat website responsive mampu meningkatkan brand awareness. Sehingga hal itu juga akan menambah omzet penjualan dan meningkatkan calon pelanggan baru.

Baca lebih lanjut  Domain Authority: Strategi dan Cara Efektif Meningkatkannya pada Website Anda

4. Lebih Efisien dan Hemat Biaya

Keuntungan lain yang dapat Anda rasakan dalam penggunaan responsive website adalah biaya maintenance yang lebih rendah daripada harus menggunakan versi dobel yakni desktop dan mobile.

5. Menurunkan Bounce Rate

Bagai para pengelola situs web, istlah ini mungkin tidak asing. Bounce rate adalah jumlah persentase pengunjung yang langsung keluar setelah membuka sebuah halaman. Ini merupakan istilah untuk seseorang yang tidak melakukan tindakan apapun di dalam situs. Baik iku klik halaman baru, klik iklan, melakukan registrasi maupun pembelian jika yang ditawarkan produk jasa maupun jasa.

Persentase bounce rate ini perlu diperhatikan. Mengapa? Karena pengaruhnya cukup signifikan untuk sebuah situs. Semakin tinggi nilai bounce rate maka semakin buruk kredibilitas situs tersebut. Sehingga perlu melakukan beberapa perbaikan untuk optimasi secara maksimal.

Gunakan Jasa SEO untuk Membantu Optimalkan Website

Banyaknya manfaat tadi tentunya membuat website responsif bisa dikatakan cukup penting untuk perkembangan situs yang Anda kelola. Jika Anda ingin situs berkembang, pastikan untuk memaksimalkan responsivitasnya. Yakni, mulai dengan cara mengecek hingga memperbaiki performanya.

Banner Jasa Ahli SEO

Jika tidak bisa melakukan optimasinya secara mandiri, Anda dapat menggunakan Jasa SEO Website. Di www.jasaahliseo.com, Anda juga bisa mendapatkan layanan ini dengan berbagai optimasi lain untuk meningkatkan performa SEO. 

Penyedia jasa ini didukung oleh tim berpengalaman yang mampu bekerja dengan baik menyesuaikan algoritma mesin pencarian. Bukan hanya mencakup desain responsive saja, namun juga melakukan optimasi lain seperti konten berkualitas, penggunaan backlink yang tepat dan masih banyak lagi.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us