Logo jasaahliseo

Bagaimana Optimasi dan Tingkatkan Google Ads Optimization Score

Google Ads Optimization Score

Share:

Google Ads Optimization Score adalah strategi untuk menguatkan kampanye iklan Anda di internet. Menjadi rahasia umum, jika perusahaan raksasa Google sangat berpengaruh bagi para pegiat digital saat ini. Sehingga banyak pengelola situs mencari tahu algoritma yang dibutuhkan untuk menang dalam persaingan digital. Tidak terkecuali untuk para pemilik perusahaan.

Bagaimana caranya? Anda bisa mengetahui cara kerja dan informasi seputar alat analisis digital marketing campaign ini dengan menyimak ulasan berikut sampai tuntas!

Sekilas tentang Google Ads Optimization Score

Pada dasarnya, Google Ads Optimization Score merupakan alat yang dihadirkan oleh Google untuk mengetahui skor dari iklan Anda. Sebagai informasi, nilai skor yang terdapat di alat metrik ini terdiri dari persentase 0% sampai 100%. Makin tinggi persentasenya maka itu membuktikan suksesnya kampanye iklan.

Tak hanya menghadirkan informasi mengenai skor kampanye iklan. Alat analisis ini juga dapat memberikan rekomendasi cara terbaik untuk meningkatkan performa kampanye dan juga skor iklan. 

Dengan demikian, bisa disimpulkan jika alat ini berguna untuk memudahkan Anda dalam merencanakan kampanye iklan. Meskipun perencanaan yang dibuat tim marketing asli tetap penting, tak ada salahnya menggunakan rekomendasi yang diberikan sistem berbasis AI tersebut.

Pasalnya, perlu diketahui bahwa rekomendasi yang diberikan oleh sistem tidak semata-mata ada. Namun, rekomendasi tersebut didasarkan pada hasil analisis kompetitor, perilaku pengunjung situs web Anda, dan lain sebagainya.

Cara Tingkatkan Google Ads Optimization Score

Jika Anda ingin meningkatkan skor pada alat optimasi buatan Google ini, sebaiknya terapkan beberapa cara penting berikut. Mulai dari memperbaiki kualitas situs web hingga memanfaatkan alat terbaik lainnya:

1. Perbaiki Kualitas Situs dengan Buat Konten yang Relevan dan Rapi

Tidak sedikit pebisnis yang masih mengabaikan pentingnya konten iklan dalam pemasaran sehingga membuatnya asal-asalan. Padahal, bagian ini dapat dikatakan wajah suatu produk sehingga bisa jadi faktor tertarik tidaknya orang-orang pada apa yang Anda jual.

Baca lebih lanjut  Geotargeting Google Ads, Strategi Iklan Low Budget

Guna memastikan iklan sampai pada target dan memberikan kesan menarik, pastikan merencanakannya lebih dulu. Anda bisa mencari tahu kebiasaan target, kesukaan target, hingga konten buatan kompetitor.

Dengan teknik sederhana tersebut, Anda bisa membuat iklan baru dengan kualitas yang tak hanya lebih baik dari sebelumnya. Akan tetapi, konten juga dipastikan lebih baik dari kompetitor.

2. Manfaatkan Kata Kunci untuk Menggaet Minat Target

Perlu diketahui, target konsumen Anda seperti halnya ikan dalam lautan yang tidak akan didapatkan jika tidak diberi umpan. Adapun umpan terbaik untuk memastikan mereka berminat pada produk Anda adalah memberi solusi yang dibutuhkannya.

Namun sebelum itu, pastikan dulu solusi apa yang bisa Anda berikan untuk target. Misalnya, Anda menjual produk pengusir serangga paling ampuh. Itu artinya, produk bisa jadi solusi untuk masyarakat yang ingin huniannya bebas serangga.

Untuk memastikan masyarakat tahu bahwa Anda punya solusi untuk mengusir serangga maka gunakan kata kunci yang umum ditanyakan di mesin pencari. Anda bisa memanfaatkan kata kunci utama, long tail keyword, ataupun jenis lainnya.

Namun yang pasti, perhatikan penempatan kata kuncinya tidak salah agar terbaca dengan baik oleh mesin pencari. Sehingga konten muncul di SERP dan bisa menarik minat pengguna internet untuk masuk ke halaman konten.

3. Perbaiki Kinerja Landing Page dengan Iklan Lebih Ringan

Jika sebelumnya Anda memanfaatkan konten video berdurasi panjang di situs web, perlu diketahui bahwa hal tersebut bisa mengurangi performa kampanye. Hal ini dikarenakan, loading situs web bakal jadi lebih lama karena adanya konten tersebut.

Selain video, gambar dengan ukuran terlalu besar juga dapat melambatkan kinerjanya. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan memperbaiki hal-hal yang dapat memengaruhi performa landing page terlebih dulu.

Bila perlu, Anda juga bisa menambahkan ekstensi iklan untuk meringankan situs sehingga proses memuat lebih cepat. Dengan begitu, risiko orang-orang meninggalkan situs web Anda sebelum tahu produk bisa dipastikan lebih minim.

4. Jadikan Data sebagai Acuan Perbaikan

Meskipun Google Ads Optimization Score dapat membantu menemukan solusi mengatasi masalah kampanye iklan, bukan berarti Anda tidak perlu melakukan analisis. Hal ini dikarenakan, solusi yang diberikan AI belum tentu benar sepenuhnya. Jadi, hindari mengandalkan rekomendasi perbaikan yang ada saja.

Baca lebih lanjut  Mudah Kok! Inilah Cara Daftar Google AdSense dari Blog Buat Pemula

Pastikan untuk menjadikan data analisis yang Anda hasilkan sebagai acuan ketika akan melakukan perbaikan. Sebelum itu, Anda bisa fokus melihat detail skor pengoptimalan. 

Kemudian, analisis rekomendasi yang ada maupun strategi bidding yang Anda punya. Guna memastikan pengoptimalan selanjutnya memberikan peningkatan skor, pastikan hati-hati dalam memilih langkah perbaikannya.

5. Aktifkan Notifikasi untuk Analisis Berkala

Skor yang terdapat pada Google Ads Optimization Score dapat berubah-ubah secara signifikan. Hal ini dikarenakan sistem skor optimasi dihitung mesin secara real-time. Tergantung pada metode iklan Anda. Alhasil, berbagai rekomendasi yang disarankan serta informasi lain yang ditampilkan juga akan berbeda setiap saatnya.

Karena hal tersebut, penting bagi Anda untuk selalu memantau data pada alat ini secara berkala. Jika terlalu banyak pekerjaan lain yang tak kalah penting Anda lakukan, lakukan analisis setidaknya seminggu sekali. Anda bisa membuat alarm notifikasi untuk memastikan tidak lupa waktunya analisis data skor pengoptimalan Google Ads.

6. Buat Sistem CRM untuk Bangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pada akhirnya, inti dari berbisnis tetap memenangkan hati target dan membuatnya menjadi pelanggan tetap. Oleh karena itu, berapa banyak jumlah pelanggan baru dan tetap juga memengaruhi skor pengoptimalan Google Ads. Dengan demikian, Anda perlu memperbaiki hubungan dengan pelanggan jika ingin meningkatkan skornya.

Adapun cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan bisa dikatakan sangat banyak. Akan tetapi, poin utama dari langkah tersebut adalah memastikan datanya tersimpan. Sebab, data tersebut bisa dimanfaatkan di masa mendatang. Entah itu untuk analisis kinerja pemasaran entah sebagai cara menarik pelanggan baru.

7. Terapkan Automatic System

Cara lain untuk meningkatan skor pengoptimalan Google Ads adalah dengan menerapkan sistem otomatis. Ada banyak hal yang sebaiknya diotomatisasi. Seperti layanan chat customer sampai kampanye iklan di wilayah tertentu.

Namun, perlu diketahui bahwa menerapkan layanan-layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kekurangannya, calon konsumen bisa jadi justru semakin tidak tertarik pada produk Anda karena pelayanannya kurang optimal. Seperti layanan customer care yang tidak bisa memberi solusi paling dibutuhkan target.

Baca lebih lanjut  Cara Website Diterima Google Ads Tips Agar Cepat Diterima Edisi 2022

Karena hal itu, secanggih apapun sistem otomatis yang diterapkan, sistem manual tetap penting dikendalikan oleh Anda ataupun tim.

Cara Menerapkan Rekomendasi Google Ads Optimization Score ataupun Menolaknya

Jika Anda sudah melakukan analisis secara menyeluruh dan memutuskan cara untuk memperbaiki skor pengoptimalan menggunakan rekomendasi, lakukan cara berikut.

  •       Di halaman Rekomendasi, pilih menu “Lihat”.
  •       Kemudian, pilih rekomendasi mana yang ingin diterapkan.
  •       Selanjutnya, tap tombol “Terapkan”.
  •       Jika ingin menerapkan semua rekomendasi secara bersamaan, ketuk “Terapkan Semua”.

Dengan menerapkan rekomendasi yang ada, bid, kata kunci, dan iklan dipastikan lebih efisien sehingga total skor Google Ads bisa meningkat seketika. Namun, hal tersebut tidak selalu benar-benar optimal sehingga pertimbangan menggunakan cara lainnya tetap penting.

Jika Anda memiliki cara lain untuk memperbaiki skor Google Ads, Anda bisa menolak rekomendasi dengan cara berikut:

  •       Di halaman “Rekomendasi” seperti sebelumnya, Anda bisa memilih bagian yang direkomendasikan.
  •       Kemudian, arahkan kursor ke arah kanan atas rekomendasi dan tap ikon “X”.
  •     Untuk menolak semua rekomendasi yang diberikan, klik tombol “titik tiga” di kartu rekomendasi. Lalu, tap “Tolak Semua”.

Banner Jasa Ahli SEO

Tingkatkan Google Ads Optimization Score dengan Jasa Ahli SEO

Jadi intinya, Google Ads Optimization Score adalah alat yang dapat membantu Anda dalam memaksimalkan kinerja iklan di internet. Untuk mendapatkan manfaat dari alat ini memang terbilang gampang-gampang susah. Terlihat seperti mudah dengan adanya rekomendasi dan data berdasarkan analisis AI. Namun, mengikuti saran AI tak selamanya benar.

Oleh karena itu, peran Anda sebagai pengelola bisnis tetap penting dalam analisis kekurangan pada iklan dan mencari solusi paling tepat. Jika Anda kesulitan untuk melakukan cara tersebut, sebaiknya memanfaatkan jasa yang sudah berpengalaman. Anda bisa menggunakan https://www.jasaahliseo.com untuk mendapatkan pengoptimalan skor Google Ads.

Perlu diketahui, jasa Google Ads ini telah menyukseskan beberapa proyek peningkatan skor Google Ads. Tak hanya itu, layanannya di seputar pemasaran digital juga sudah diakui kualitasnya oleh banyak klien. Jasa ini juga punya layanan konsultasi gratis sehingga Anda bisa berkenalan terlebih dulu. Jadi, langsung saja hubungi sekarang untuk mulai konsultasi.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us