Logo jasaahliseo

Wajib Tahu! AI di Google Ads Untuk Optimalkan Iklanmu

AI di Google Ads

Share:

Google Ads menerapkan teknologi AI dengan tujuan menyediakan solusi iklan. AI di Google Ads merupakan alat pemasaran tercanggih di dunia industri untuk bisnis dalam segala ukuran. Mari kita pelajari bagaimana Google Ads dan AI dapat bekerja sama untuk menawarkan lebih banyak relevansi kepada pengguna dan tentunya dengan lebih banyak traffic ke bisnis.

Memahami AI Untuk Google Ads

Google Ads merupakan platform iklan digital bagi sebuah bisnis untuk membuat iklan dinamis di halaman hasil mesin pencari Google dan situs web lainnya di bawah Jaringan Display Google. Berbeda dengan platform sosial media lainnya, Google mampu memberikan hasil yang lebih spesifik dan relevan saat pengguna mencari dengan keyword tertentu.

Dengan pembaruan algoritma yang rutin, Google didukung AI untuk memahami apa yang ingin dicari oleh pengguna beserta konteks dan keyword yang relevan. Khususnya pada pembaruan BERT (Representasi Encoder Dua Arah dari Transformers) Google melatih sistem tanya jawab dengan pemrosesan bahasa alami.

Manfaat AI di Google Ads

Jika dipandang secara positif, AI merupakan angin segar dalam dunia bisnis. Ada beragam manfaat AI yang dapat mengembangkan bisnis melalui iklan. Inilah manfaat dari AI di Google Ads untuk perkembangan iklan Anda :

1. Meningkatkan Relevansi Iklan

Adanya AI memungkinkan Google Ads menganalisis teks iklan untuk mencocokkan relevansinya dengan penelusuran yang digunakan pengguna. Dengan demikian, Google Ads akan menampilkan iklan yang relevan kepada pengguna dan akan meningkatkan konversi.

Relevansi menjadi faktor utama dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan memastikan penggunaan anggaran iklan secara optimal.

2. Kreativitas Iklan Menjadi Lebih Baik

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi terkini, AI generator Google Ads dapat menganalisis data pengguna, memungkinkan algoritma AI untuk menyarankan judul, gambar, dan banyak hal lainnya. Ini dapat membuat bisnis Anda lebih mengoptimalkan sumber daya serta membuat iklan yang efektif sehingga tercapainya penghematan biaya.

Baca lebih lanjut  Cara Website Diterima Google Ads Tips Agar Cepat Diterima Edisi 2022

3. Target Audiens yang Akurat

Google Ads dengan dukungan AI akan membuat iklan menjadi akurat dan tepat sasaran. AI di Google Ads membantu menganalisis data pengguna seperti kata kunci penelusuran, riwayat penelusuran, serta perilaku pengguna.

Dengan memanfaatkan data tersebut, bisnis Anda akan menghasilkan profil pengguna yang komprehensif dan menayangkan iklan kepada pengguna yang sesuai target pemasaran termasuk pada pelanggan yang sudah ada.

4. Data Real Time

Algoritma AI Google Ads menawarkan data yang real time mengenai kinerja pada kampanye iklan bisnis Anda. Sebuah bisnis dapat juga mengubah kampanye Google Ads dan meningkatkan efektivitas serta relevansinya.

Dengan penargetan yang sesuai serta penyampaian pesan yang lebih baik, iklan bisnis Anda akan berkembang dengan sangat pesat.

5. Peningkatan Daya Saing

Untuk menjadikan bisnis terdepan, maka perlunya pemanfaatan teknologi canggih seperti AI. Dengan bantuan kecanggihan ini, pelaku usaha dapat melakukan perubahan positif pada kampanye lokal dan membuat iklan yang efektif.

Hal ini akan membuat pelaku usaha memiliki keunggulan dibandingkan kompetitor lainnya. Selain itu, ketika melibatkan AI dalam proses Google Ads, pelaku usaha dapat beradaptasi dengan pasar yang dinamis secara efektif sehingga bisnisnya tetap kompetitif.

6. Memberikan Pengalaman yang Lebih Baik Bagi Pengguna

Google Ads dengan dukungan AI pada iklan dapat menciptakan situasi yang saling menguntungkan bagi pelaku bisnis maupun pelanggannya. Bagi pengguna selular, Google Ads yang didukung AI dapat membantu mereka menikmati pengalaman yang lancar sehingga membuat bisnis mendapatkan lebih banyak loyalitas merek.

Pengguna menjadi lebih mudah untuk mendapatkan produk maupun jasa yang dicari, sementara produsen dapat menikmati kelancaran penjualan yang mudah secara berulang.

7. Hemat Biaya

Adanya Ai untuk Google Ads ternyata mampu mengurangi biaya per klik dan biaya per konversi. Oleh karena itu, algoritma AI dapat menganalisis kinerja pemasaran dan mengenali celah di mana bisnis dapat melakukan perubahan secara positif.

Perubahan yang dimaksud pun mencakup penargetan keyword tertentu, penyesuaian tawaran, pengidentifikasian iklan yang berkinerja buruk, dan lain-lain. Sehingga, bisnis dapat menggunakan belanja iklan dengan bijaksana dan laba atas investasi akan meningkat.

Panduan Cara Menggunakan AI di Google Ads

Kecanggihan buatan ini, memberikan manfaat untuk menawarkan solusi optimal kampanye iklan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan AI di Google Ads yang benar:

1. Pengendalian Anggaran

Pelaku usaha dapat menggunakan AI sebagai modul penganggaran dan mengelola kinerja pemasaran dalam satu waktu. Google Ads yang memiliki kinerja kurang baik hanya akan menghabiskan biaya. Dengan periklanan tradisional, pelaku usaha hanya dapat menempatkan iklan tersebut tanpa memperoleh pendapatan.

Baca lebih lanjut  Geotargeting Google Ads, Strategi Iklan Low Budget

Namun, kini dengan hadirnya AI, sistem pemasaran iklan Anda akan otomatis mengetahui kapan harus menjeda iklan yang berkinerja kurang menguntungkan dan menyesuaikan anggarannya.

2. Penargetan Iklan

Anda bisa saja mengoptimalkan iklan dengan metode lain, namun iklan tersebut hanya akan menghasilkan pendapatan jika menjangkau pelanggan yang benar pada waktu yang tepat. Lain halnya jika menggunakan AI.

Dengan penargetan Google Ads yang didukung AI, algoritmanya dapat menganalisis perilaku pelanggan, demografi, riwayat penelusuran, dan lain-lain. Sehingga iklan Anda akan terlihat oleh pengguna yang paling mungkin melakukan konversi.

3. Penawaran Otomatis

Penawaran pada Google Ads berbasis AI menyesuaikan tawarannya berbasis pengguna dan demografi. Hal ini memastikan bahwa penekanan penawaran lebih banyak ditempatkan pada orang yang cenderung menjadi pelanggan dibandingkan mereka yang memiliki minat sedikit pada bisnis Anda.

4. Iklan Dinamis

Google Ads terus menilai kinerja sebelumnya sehingga dapat menghasilkan iklan yang lebih baik serta pelanggan setia. Dengan pengembangan yang lebih lanjut, memungkinkan Google Ads untuk memilih waktu, cuaca, dan faktor lainnya untuk menghasilkan iklan yang relevan sesuai target audiens.

5. Optimasi Iklan

Pemanfaatan AI dalam periklanan digital dapat membuat bisnis Anda menganalisis data kinerja iklan yang ada serta melakukan penyesuaian yang diperlukan. 

Penyesuaian yang diperlukan seperti mengedit teks iklan, mengubah opsi penargetan, maupun menulis ulang judul. Dengan menerapkan modifikasi, Anda dapat mengalokasikan anggaran iklan secara efektif dan memaksimalkan kinerja iklan yang ada.

Fitur yang Ada Pada AI di Google Ads

Google Ads sudah mengintegrasikan beragam fitur AI yang canggih untuk membantu pelaku usaha mengoptimalkan pemasaran iklannya. Berikut ini fitur-fitur AI pada Google Ads yang dapat mengoptimalkan kinerja iklan Anda:

1. Fitur Campaign Pencarian

Fitur campaign pencarian mengalami perkembangan karena diperkuat oleh AI. Hal ini melibatkan penyempurnaan strategi penawaran, perluasan jenis pencocokan, hingga peningkatan relevansi iklan dengan tingkat akurasi yang sangat baik.  Perkembangan ini berdampak baik bagi bisnis dan membuat penargetan menjadi lebih efektif serta strategis.

2. FItur Performance Max

Performance Max menjadi alat paling penting dalam periklanan Google. Fitur ini didesain tidak hanya untuk memperluas cakupan, namun juga untuk segmentasi audiens dan peluang konversi yang pernah dijelajahi sebelumnya.

3. Aset yang Dibuat Otomatis

Fitur ini dapat meningkatkan relevansi iklan pencarian. Secara otomatis, fitur ini membuat judul utama dan deskripsi sesuai dengan konteks iklan. FItur ini sangat efektif meningkatkan performa iklan. Dengan dukungan untuk berbagai bahasa dan integrasi yang cepat, fitur AI ini menyediakan konten yang dibutuhkan dengan mudah.

Baca lebih lanjut  Bagaimana Optimasi dan Tingkatkan Google Ads Optimization Score

4. Fitur Pengalaman Percakapan

Anda dapat melibatkan fitur percakapan dengan Google Ads untuk membuat keyword dan aset yang efektif. Hanya dengan menyertakan URL website usaha Anda, fitur AI akan memberikan saran mengenai elemen pemasaran yang dapat disesuaikan.

5. Fitur Google Analytics 4

Integrasi dengan AI menghadirkan Google Analytics 4 sebagai alat pengukuran yang kuat dan secara otomatis dapat memprediksi trend para konsumen kedepannya. Kemampuan prediktif ini sangat penting bagi pebisnis yang ingin mengoptimalkan iklan serta mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang audiens pelanggan mereka.

6. Fitur Penargetan yang Optimal

Penerapan penargetan yang dioptimalkan dengan AI merupakan langkah yang signifikan dalam mengatasi tantangan pengguna. Fitur ini tidak hanya beroperasi pada pelanggan yang sudah ditetapkan sebelumnya, namun juga menggunakan sinyal dari seluruh jaringan Google untuk mencari pelanggan baru yang relevan.

7. Tools yang didukung AI

Tools yang didukung AI pada platform seperti Youtube dapat mengubah cara iklan video. Hal ini menjadi hal penting mengingat keragaman cara penggunan dalam mengonsumsi konten. Mulai dari menjelajahi short video, menonton karya terbaru konten kreator, menonton pertandingan, hingga menyaksikan live streaming.

Dengan pemanfaatan AI, iklan Anda tidak hanya menjangkau Youtube, namun juga berinteraksi dengan para pengguna yang efektif.

8. Fitur Campaign Aplikasi

Melakukan campaign aplikasi dengan AI dapat dilakukan dengan menyusun promosi aplikasi melalui berbagai saluran utama Google. Campaign ini memiliki kemampuan ahli dalam mengidentifikasi dan mempertahankan pengguna aplikasi yang bernilai tinggi.

 

Tools AI terbaik di Google Ads

Pemanfaatan AI pada Google Ads memang lebih efektif. Namun, jika tidak menggunakan tools yang tepat, maka akan mengeluarkan biaya yang mahal. Berikut ini tools yang dapat mengoptimalkan iklan bisnis Anda:

1. Morphio

Morphio merupakan tools AI yang memungkinkan sebuah bisnis dapat melacak semua jenis data mulai dari platform pemasaran digital hingga tren penipuan. Dengan tools ini, Anda akan diingatkan jika terjadi kesalahan sehingga dapat menambah tingkat keamanan pada tayangan iklan Anda.

2. Madgicx

Tools AI ini menawarkan sistem yang lengkap bagi bisnis dengan strategi pemasaran bertenaga AI. Tools Madgicx memungkinkan Anda dapat menyederhanakan alur kerja pembelian iklan serta mempraktikkan trik otomatisasi iklan di sosial media sambil membuat konten yang cocok dengan kemungkinan variasi audiens.

3. RevealBot

Tools RevealBot bisa menjadi pilihan terbaik Anda untuk mengotomatisasi iklan tingkat lanjut. Jika bisnis Anda memanfaatkan jaringan media sosial, maka dapat menggunakan RevealBot. Dengan RevealBot Anda dapat melacak beberapa matriks, menyesuaikan iklan tertentu, menerima notifikasi melalui email. Tools ini akan bekerja untuk Anda dalam menangani seluruh pemasaran iklan di berbagai platform.

Jasa Google Ads Murah
Jasa Google Ads Murah

Meskipun AI sangat canggih, namun perangkat ini tetap tidak dapat menggantikan manusia. Penggunaan AI dan strategi yang tepat dapat membuat bisnis yang Anda jalankan mencapai tujuan pemasaran secara efisien. Sehingga menghasilkan iklan dengan performa tinggi, peningkatan pendapatan, serta perkembangan bisnis secara keseluruhan.

AI di Google Ads memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis dan mengoptimalisasi penayangan iklan Anda. Dengan menggunakan jasa Google Ads, iklan yang Anda tayangkan akan mencapai target yang diinginkan dan menuai hasil yang memuaskan.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us