JasaAhliSEO

Jenis – Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Fungsinya

jenis - jenis website

Dahulunya website hanya memiliki fungsi sebagai media yang menyajikan informasi saja, namun perkembangan teknologi dengan perputaran zaman yang semakin canggih membuat fungsinya mengalami pelebar. Maka tidak heran, jika banyak jenis – jenis website yang tersebar dengan berbagai manfaat dan fungsinya masing – masing. 

Jadi, jika seseorang menghendaki ingin membuat website langkah pertama yang harus diperhatikan yaitu terkait jenis – jenis website ini sendiri. Jenis – jenis website yang sangat beragam memudahkan dan membantu manusia untuk bisa lebih dekat dengan tujuan atau sasaran serta visi misi yang ingin dicapai saat membuatnya. 

Lebih populernya website ini bisa berfungsi untuk membangun brand, maksudnya strategi marketing melalui pembangunan website tersebut. Jadi, buat kamu yang memulai bisnis pembuatan website akan membantu dalam pelebaran usaha yang jauh dan lebar jangkauan pasarnya. 

Baca juga ini: Inilah Perbedaan Blog Dan Website, Mudah Dipahami! 

 

Inilah Jenis – Jenis Website Berdasarkan Sifat dan Fungsinya

Nah, daripada berlama – lama menunggu yang bisa penasaran saatnya kamu tahu apa saja jenis – jenis website diantaranya :

 

Jenis – Jenis Website Berdasarkan Sifatnya

Banyak orang mungkin sudah tahu jika situs sebenarnya memiliki jenis – jenis website berdasarkan hal – hal tertentu. Maka, ini akan dibahas satu persatu berdasarkan hal – hal tertentu tersebut.

1. Website Statis 

Website ini mempunyai tampilan situs yang bersifat statis atau tidak ada perubahan dalam waktu yang cepat, serta usernya tidak akan berinteraksi pada semua hal seperti membalas komentar. Karena jenis situs ini hanya berfungsi untuk menampilkan informasi saja, seperti layaknya portofolio atau profil. 

2. Website Dinamis

Berbeda dari jenis – jenis website statis, website dinamis memiliki sifat dinamis atau sering adanya perubahan untuk websitenya. Selain itu, juga usernya sering melakukan interaksi atau kontak terhadap pengunjungnya. Contohnya seperti website pelajar, dimana akan membutuhkan banyak diskusi serta tanya jawab dan selalu adanya perubahan dalam isi konten karena di update. 

 

Jenis – Jenis Website Berdasarkan Fungsi

Jenis ini tidak akan disebutkan secara keseluruhan karena terlalu banyak, maka akan dijelaskan beberapa saja yang sangat populer.

1. Website Sosial Media

Manusia yang merupakan makhluk sosial selalu membutuhkan interaksi terhadap manusia lainnya, maka dari itu tidak heran jika website ini bisa berkembang pesat. Website sosial media berfungsi untuk tempat interaksi penggunanya, contoh yang paling gampang seperti Twitter. 

2. Website Search Engine

Sudah tidak asing lagi bukan dengan nama ini? Yap! Website search engine tentunya sangat akrab menyapa semua pengguna internet jika mereka berselancar untuk mencari informasi. Atau biasanya bisa juga disebut mesin pencarian, contohnya Google, Chrome, Bing dan lain sebagainya. 

3. Website E – Commerce

Apalagi jenis – jenis website yang berhubungan dengan e-commerce tentunya setiap manusia tahu akan hal ini, apalagi semua serba modern dan instan seperti sekarang yang memudahkan orang dalam memesan, membeli atau menjual sesuatu dengan bantuan teknologi. Contohnya seperti tokopedia, bukalapak dan lain sebagainya. 

4. Website News atau Portal Berita

Berbeda dengan lainnya, jenis – jenis website pada website new atau portal akan memberikan informasi saja dari berbagai topik yang mereka ambil. Jelas terbaca bahwa jenis ini merupakan kumpulan berita yang mempunyai perputaran cepat saat update karena harus mengikuti berita yang beredar. 

 

Itulah sebagai dari jenis – jenis website yang bisa dipaparkan dalam artikel kali ini. Walaupun sebenarnya masih ada banyak jenis – jenis website berdasarkan fungsinya yang berkembang cepat. Karena adanya keterbatasan tempat, artikel ini hanya memaparkan hal tersebut. Semoga dapat membantu.

 

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

blog dan website

Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

Siapa yang tidak mengenal blog yang berisi tulisan tulisan di internet bahkan mungkin yang setiap hari anda baca di google, yaitu adalah blog. Lalu bagaimana dengan website, sederhananya adalah website

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

Need Help? Chat with us