Logo jasaahliseo

Optimasi Website Berita: 7 Strategi SEO Paling Ampuh yang Harus Anda Coba

optimasi website berita

Share:

Meningkatnya jumlah redaksi berita yang bertransformasi ke media online jelas menjadikan persaingan SEO Google makin ketat. Oleh karenanya, para pemimpin redaksi dengan jam terbang lama di media online tetap harus memaksimalkan cara optimasi website berita.

Banyak portal berita yang bermunculan dengan berbagai macam isi konten yang beragam. Mulai dari berita artis, viral, nasional hingga berita mengenai politik. Semua berlomba untuk mendapatkan atensi publik guna menghasilkan pendapatan yang besar.

Jika saat ini Anda baru mengelola portal berita online, informasi dasar mengenai optimasi SEO-nya pasti diperlukan. Untuk itu, di bawah ini terdapat ringkasan cara optimasi situs web berita yang sebaiknya Anda ketahui dan coba terapkan.

Perlukah SEO di Website Berita?

Sebelum membahas secara lebih lanjut mengenai cara untuk optimasi website berita, Anda mungkin menanyakan beberapa hal yang dirasa membingungkan. Misalnya, perlukah SEO di website berita?

Untuk diketahui, situs web berita dipandang sama oleh Google sebagai salah satu domain di internet. Oleh karena itu, situs web ini juga bisa mendapatkan perangkingan apabila fitur indexing diaktifkan.

Namun, permasalahannya adalah jumlah kata pada konten situs web berita bisa dikatakan sedikit. Hal ini dikarenakan, website berita mengutamakan padatnya informasi yang disampaikan dengan harapan pembaca bisa mudah memahami kabar di dalamnya.

Sementara itu, tidak sedikit Ahli SEO yang mengatakan pentingnya jumlah kata ideal dalam suatu konten. Jika jumlah katanya sedikit, otomatis itu termasuk konten tipis dan bakal kesulitan mendapatkan rangking, baik ketika diindeks maupun tidak. 

Baca lebih lanjut  Tips Cara Memantau Website SEO Anda 2023

Meskipun demikian, perlu diketahui bahwa Google, melalui John Mueller mengatakan jika perangkingan tidak hanya menilai bagian jumlah kata. Jadi, SEO tetap penting dalam suatu konten berita jika portal media online ingin diindeks dan mendapatkan posisi teratas di SERP.

website berita 

7 Strategi Optimasi Website Berita Paling Ampuh

Di atas sudah dijelaskan mengenai pentingnya SEO dalam website berita. Oleh karena itu, berikut adalah tujuh strategi optimasi website berita yang bagus Anda coba agar peluang mendapatkan banyak pengunjung semakin besar.

1. Manfaatkan Plugin Yoast SEO

Yoast SEO merupakan salah satu tool yang kerap digunakan para pengelola website berbasis WordPress untuk memaksimalkan potensi peringkat situsnya. Di alat ini, terdapat cukup banyak fitur menarik yang akan sangat berguna untuk menaikkan peluang mendapatkan traffic.

Baca juga ini: Teknik SEO Terbaru yang Harus Anda Ketahui untuk Meningkatkan Peringkat Situs Anda

Adapun beberapa fitur yang dimaksud di antaranya adalah alat untuk mengubah meta tag dan meta description dan alat analisis konten. Selain itu, ada juga alat untuk mengubah permalink, mengirim sitemap XML, dan masih banyak lagi. Jika ingin mendapatkan tool ini, Anda bisa menginstalnya di WordPress.

2. Gunakan Tools untuk Riset Kata Kunci

Selain Yoast SEO, Anda sebaiknya memiliki tool khusus untuk riset kata kunci, seperti Ubersuggest dan Ahrefs. Untuk mendapatkan kata kunci relevan dengan inti konten yang akan dibuat, pastikan lima indikator ada di dalamnya.

Di antara indikator tersebut, yaitu volume pencarian, kesulitan kata kunci, saran, Search Intens, dan SERP. Setelah tahu kelima indikator tersebut, pastikan tidak asal memilih keyword hanya karena satu indikator.

Sebagai contoh, Anda memilih kata kunci dengan volume tinggi dengan maksud meningkatkan peluang konten ditemukan. Hal tersebut bisa jadi salah sebab makin tinggi volume pencarian maka dipastikan tingkat persaingannya juga ketat. Oleh sebab itu, jadikan kelima indikator tadi sebagai pegangan utama mendapatkan kata kunci terbaik untuk konten.

Baca lebih lanjut  Memanfaatkan Google Review: Fitur Inovatif untuk Mengoptimalkan Performa SEO

3. Buat Konten yang Menarik dan Informatif

Supaya konten Anda dilirik pengguna internet, pastikan membuatnya dengan bahasa yang menarik dan informatif. Mengingat ini adalah konten berita maka pastikan informasi yang terdapat di dalamnya menggunakan kaidah dan kode etik jurnalistik.

Dengan cara satu ini, peluang konten situs web diterima baik oleh pembaca dipastikan makin besar. Selain menghadirkan konten dengan topik menarik dan informatif, pastikan juga untuk konsisten dalam mengunggah hal-hal baru dan fresh di website.

4. Lengkapi Konten dengan Link Internal

Tautan dalam halaman konten atau link internal sangat penting untuk sebuah website. Oleh karena itu, teknik optimasi website berita poin keempat ini wajib Anda coba untuk meningkatkan trafik organik.

Dengan adanya link internal, pengunjung yang merasa suka pada konten di suatu website tidak akan merasa bosan. Oleh karena itu, lebih banyak konten lainnya yang berpeluang dibaca oleh  pengunjung. Ini bisa meningkatkan bounce rate dan memudahkan situs web naik peringkat.

5. Optimalisasi Judul dan Deskripsi Halaman

Judul dan deskripsi halaman merupakan kepala berita dalam media online. Sebagai kepala, bagian ini tentu jadi pusat pertama yang diperhatikan pengguna internet sebelum memutuskan membaca kontennya.

Guna menarik perhatian calon pengunjung situs web, pastikan judul dibuat semenarik mungkin. Tentunya tanpa melupakan eksistensi SEO dan relevansinya dengan isi konten. Serupa dengan itu, deskripsi halaman juga harus dibuat dalam bahasa menarik dan sesuai dengan isi konten.

6. Buat Sitemap

Cara optimasi website berita selanjutnya bisa dengan menghadirkan sitemap di laman situs. Sebagai informasi, sitemap adalah file yang bisa digunakan untuk menyimpan sejumlah konten dalam situs web Anda yang memiliki niche serupa.

Baca lebih lanjut  Apa Manfaat SEO Pada Website Secara Umum Adalah

Sebagai informasi, terdapat dua jenis sitemap yang bisa Anda buat. Di antaranya adalah sitemap XML yang fungsinya untuk memudahkan web crawler dalam melakukan pengindeksan. Kemudian ada juga sitemap HTML yang bermanfaat untuk memudahkan pengunjung dalam menemukan berita yang sesuai dengan kebutuhannya.

7. Pastikan Situs Web Responsif

Langkah terakhir untuk optimasi website berita adalah dengan meningkatkan kecepatan loading laman konten. Untuk diketahui, kebanyakan pengguna internet menginginkan banyak hal terasa serba mudah dan cepat. Tidak terkecuali dengan saat mengakses konten berita.

Jika laman website tidak responsif, akibatnya pengunjung akan lebih cepat memutuskan untuk meninggalkannya. Supaya itu tidak terjadi, sebaiknya gunakan tampilan mobile-friendly di situs web. Selain itu, kurangi penggunaan gambar, hindari terlalu banyak menaruh iklan, dan pakai strategi lain untuk mempercepat pemuatan loading situs web.

Yuk, Maksimalkan Strategi SEO di Portal Berita Anda!

Setelah tahu informasi mengenai strategi paling ampuh untuk optimasi website berita, jangan lupa mencoba menerapkannya. Jika kesulitan, Anda bisa memaksimalkan strategi SEO untuk portal berita yang dikelola dengan jasa ahli SEO seperti www.jasaahliseo.com.

Dari sederet perusahaan jasa serupa, Jasa Ahli SEO adalah salah satu yang paling direkomendasikan. Ini adalah penyedia layanan Jasa SEO Jakarta yang bisa Anda coba. Pengguna bisa mendapatkan pelayanan terbaik dengan tenaga handal yang berpengalaman di bidangnya. Dapatkan kesempatan untuk konsultasi gratis dengan para ahli SEO di jasa ini. Yuk, hubungi sekarang di jasaahlisseo.com!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us