Logo jasaahliseo

Update Algoritma Google Core dan Update Spam Maret 2024 pada SEO

Update Algoritma Google Core dan Update Spam Maret 2024

Share:

Update algoritma Google kembali dilakukan pada 5 Maret 2024. Pembaruan kali ini memperbaiki dua aspek sekaligus. Yaitu, spam core yang terakhir kali diperbarui pada Oktober dan Google core pada November 2023

Dari pembaruan tersebut, ada dampak-dampak yang pasti akan dirasakan pengguna internet ataupun pengelola blog. Adapun dampaknya ini mencakup hal positif dan juga negatif. Lantas, apa saja dampak tersebut? 

Sekilas Tentang Update Algoritma Google 2024

Sebelum membahas mengenai dampaknya, perlu diketahui bahwa pembaruan algoritma inti ini masih berlangsung. Menurut pihak Google sendiri, prosesnya kemungkinan akan memakan waktu sekitar satu bulan. Pasalnya, pembaruan ini terbilang paling kompleks sejak update yang dimulai pada tahun 2021.

Dalam pembaruan ini, terdapat poin-poin yang menjadi fokus peningkatan kualitas. Seperti penyalahgunaan domain kedaluwarsa, kuantitas konten berskala, dan juga reputasi situs. Dengan dilakukannya pembaruan ini, Google berharap para pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat berselancar di mesin pencarian. 

Selain itu, praktik-praktik spamming yang memunculkan konten unfaedah di Google dapat berkurang secara signifikan. Sehingga pengguna, termasuk pengelola blog bisa mendapatkan banyak keuntungan dari adanya algoritma baru ini.

Tujuan Update Algoritma Google dan Spam Update

Sama seperti sebelum-sebelumnya, update algoritma Google pada Maret 2024 juga bertujuan meningkatkan kualitas mesin pencari. Khususnya dalam menampilkan hasil pencarian yang lebih sesuai dengan kebutuhan pengguna platform tersebut.

Tak hanya itu, pembaruan ini juga jadi langkah penting dalam memperbaiki sistem penilaian konten. Dengan adanya algoritma baru, para pengelola blog yang berfokus dalam memberikan manfaat untuk pengguna internet bisa mendapatkan peringkat lebih baik. Di sisi lain, para spammer juga juga akan berkurang secara signifikan dan mulai bersaing dengan cara lebih sehat. 

Baca lebih lanjut  Apa itu Clickbait: Kelebihan dan Kekurangan yang wajib kamu tahu!

Hal-Hal yang Diperbarui dalam Update Algoritma Google Maret 2024

Terdapat tiga hal utama yang diperbarui secara signifikan pada pembaruan Google Core Maret 2024. Ketiga hal tersebut di antaranya adalah peningkatan kualitas pada sistem penilaian konten. Kemudian mencakup prioritisasi untuk konten bermanfaat dan pengurangan spam ataupun konten berkualitas rendah.

1. Peningkatan Kualitas Sistem Penilaian Konten

Dalam beberapa tahun terakhir, tidak sedikit orang yang berbondong-bondong beralih ke mesin pencari lain. Alasannya tak lain karena sistem pencarian di Google yang dirasa menurun kualitasnya. Beberapa pengguna menyebut jika hasil penelusuran menggunakan mesin pencari tersebut terkadang kurang relevan. Kebanyakan hasil penelusuran yang tersaji hanya sama dalam hal kata kunci.

Untuk memberikan kenyamanan dan pengalaman yang lebih baik pada pengguna, pembaruan algoritma dalam sistem penilaian konten kini dilakukan Google. Sistem tersebut ditingkatkan kualitasnya agar lebih memahami maksud penelusuran. 

Tidak hanya berdasarkan relevansi kata kunci. Akan tetapi mencakup nilai otoritas situs, kredibilitas penulis, hingga keunikan dan value dari informasi yang terdapat di suatu konten.

Pada intinya, pembaruan kali ini akan memangkas konten-konten yang bersifat spam. Tidak lain adalah konten yang hanya bertujuan untuk berada di peringkat teratas tanpa memedulikan kebutuhan pengguna Google. Dengan update ini, pihak Google berharap nantinya konten yang tampil di SERP (search engine results page) benar-benar bermanfaat untuk pengguna.

2. Prioritisasi Peringkat untuk Konten Bermanfaat

Tak hanya dalam aspek sistem penilaian, peringkat tiap situs kini diperbarui juga algoritmanya. Dengan pembaruan tersebut, pihak Google memastikan 40% konten tak bermanfaat nantinya akan hilang dari hasil penelusuran. 

Bukan hanya dinilai dari manfaatnya, orisinalitas konten juga akan diidentifikasi lebih lanjut. Dengan demikian, konten-konten duplikat ataupun tulisan AI dipastikan akan berada di peringkat bawah. 

Di sisi lain, konten-konten original yang lebih informatif, komprehensif, serta ditulis dengan baik bisa naik peringkatnya. Dengan begitu, para pengguna Google bisa menemukan konten bermanfaat tersebut secara lebih mudah. 

3. Pengurangan Spam dan Konten Kualitas Rendah

Pembaruan algoritma Google pada Maret 2024 juga memastikan peningkatan dalam sistem eliminasi konten kualitas rendah. Dalam hal ini, situs spam juga termasuk bagian yang akan dipangkas eksistensinya dari laman hasil penelusuran. Tujuannya guna memastikan pengguna mendapatkan pengalaman terbaik saat memakai mesin pencari ini.

Kebijakan Spam Terbaru pada Update Algoritma Google Maret 2024

Untuk diketahui, terdapat tiga kebijakan baru dalam sistem eliminasi spam pada update algoritma Google 2024 ini. Diantaranya, ada penyalahgunaan domain kadaluarsa, manipulasi konten, dan penyelewengan reputasi website. Ketiganya cukup lazim ditemukan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Baca lebih lanjut  Bergaransi! Jasa Optimasi Web SEO Profesional di Indonesia

update algoritma Google

1. Penyalahgunaan Domain Kedaluwarsa 

Untuk diketahui, penyalahgunaan domain kedaluwarsa atau expired domain abuse merupakan praktik black SEO. Biasanya domain yang telah habis masa registrasinya ini dijadikan tempat untuk link farming sampai dengan PBN (private blog network).

Pada umumnya, domain kedaluwarsa ini diperjualbelikan secara ilegal. Entah itu karena situs telah di-hack, tidak digunakan lagi oleh pemilik sebelumnya, entah alasan lainnya. 

Adapun bentuk penyalahgunaan yang sering terjadi dan dianggap menyeleweng adalah menjadikan situs dengan status expired untuk membagikan konten judi. Karena reputasi situs terbilang bagus maka konten tersebut bisa berada di halaman pertama saat seseorang mencari informasi dengan niche situsnya. 

Namun setelah update algoritma Google baru pada Maret ini, sistem bukan hanya akan menilai dari reputasi situs. Segi konten secara keseluruhan juga akan dinilai secara lebih kompleks.

ai konten generator
Ai konten generator

2. Manipulasi Konten

Anda mungkin pernah menemukan konten artikel yang tampak dapat memberikan jawaban sesuai dengan kebutuhan. Namun setelah situsnya dibuka, isinya hanya berupa link menuju situs lain, ribuan kata kunci, ataupun konten tidak jelas. Halaman tersebut biasanya sengaja dibuat untuk memanipulasi pencarian. Sehingga para pengguna Google akan mengeklik situs tersebut dan menambah jumlah trafiknya.

Konten manipulatif seperti tadi jelas tidak membantu. Karena itu, algoritma baru Google akan memastikan situs-situs yang masih menyalahgunakan manipulasi konten berada di peringkat bawah.  

3. Penyelewengan Reputasi Situs 

Kebijakan spam terbaru yang terdapat di update algoritma Maret 2024 juga mencakup penyelewengan reputasi situs. Untuk diketahui, maksud dari penyelewengan ini adalah menggunakan situs yang dikelola orang lain sebagai tempat untuk membagikan konten tidak bermanfaat. 

Sebagai contoh, situs-situs berita ternama dijadikan landing page untuk iklan website judi atau penipuan. Adanya konten-konten bersponsor seperti tadi tentunya tidak memberikan manfaat untuk pengguna. Terlebih ketika ditempatkan di posisi yang mengganggu kualitas pengalaman pengguna saat menelusuri konten suatu situs.

Namun, perlu diketahui bahwa kebijakan spam ini tidak berlaku untuk semua jenis penggunaan suatu situs dalam mengiklankan produk website lainnya. Hanya situs-situs dengan hosting dan pengawasan tidak ketat yang akan diprioritaskan. Sehingga situs-situs yang masih ketat pengawasannya masih berpotensi masuk peringkat atas hasil pencarian.

Dampak Update Algoritma Google

Dampak Update Algoritma Google Maret 2024

Adapun dampak yang bisa terjadi setelah update algoritma Google ini tak berbeda dengan pembaruan-pembaruan sebelumnya. Diantaranya menjadikan tingginya fluktuasi rangking dan jumlah trafik website, serta mengharuskan pengelola blog untuk adaptasi lagi dengan algoritma baru.

1. Fluktuasi Rangking Website

Pemangkasan konten-konten yang bersifat spam dan rendah kualitasnya tentu saja akan menguntungkan situs yang lebih kredibel. Kendati belum memiliki otoritas tinggi, fluktuasi rangking website bisa saja terjadi pada situs manapun yang mempunyai konten terbaik. Sebaliknya, situs yang hanya mengutamakan posisi di mesin pencari berkemungkinan menghilang dari halaman pertama sebab kurangnya manfaat konten di dalamnya.

Baca lebih lanjut  Tips Cara Bikin Website Lewat HP, Khusus Pemula

2. Trafik Website Berubah Drastis 

Selain peringkat yang berubah posisinya, trafik website juga berpeluang meningkat drastis ataupun sebaliknya. Hal ini kembali lagi pada kualitas konten. Kemungkinan besar, situs dengan konten informatif akan mendapat perhatian lebih dari pengguna internet sehingga jumlah trafiknya naik secara terus-menerus.

3. Mengharuskan Adaptasi Kembali dengan Kebijakan Baru

Dampak lain dari pembaruan algoritma ini adalah mengharuskan adaptasi bagi pengelola blog dan juga ahli SEO. Kendati tampak sulit, Google memastikan adaptasi tersebut tidak menyulitkan pengelola website.

Pasalnya, kunci dari keberhasilan suatu situs web kini kembali pada kualitas kontennya. Jelasnya, praktisi SEO ataupun pengelola blog kini harus lebih fokus dalam menghadirkan konten berkualitas. Di samping mementingkan otoritas dan reputasinya di peringkat Google.

Update Spam Core

Cara Menghadapi Google Core dan Update Spam Core 

Sebagai informasi, berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai cara untuk menghadapi update algoritma Google Maret 2024. Terdapat tiga hal yang perlu dilakukan, yaitu meningkatkan kualitas konten, membangun otoritas, dan menerapkan teknik SEO terbaik. Diantaranya:

1. Hadirkan Konten yang Berkualitas Tinggi

Dalam menghadirkan konten yang berkualitas tinggi, terdapat beberapa hal yang penting diperhatikan. Selain kebermanfaatan konten untuk pengguna yang notabene merupakan manusia, konten juga harus terbaca dengan baik oleh mesin pencari.

Untuk diketahui, Google tidak memedulikan asal atau siapa pembuat konten tersebut. Bahkan jika ditulis oleh AI sekalipun. Selama konten tersebut relevan, informatif, dan dapat menjawab kebutuhan user maka peluangnya naik peringkat pertama termasuk besar.

2. Bangun Expertise dan Otoritas Situs Web 

Meskipun membangun otoritas website tidak berada di poin pertama, hal ini sama pentingnya dengan kualitas konten. Pasalnya, orang-orang biasanya akan khawatir saat akan klik situs tanpa otoritas. Karena itu, pastikan untuk membangun kepercayaan di diri pengguna agar tidak ragu masuk ke situs Anda.

3. Praktikkan Metode SEO Terbaik atau Gunakan Jasa Ahli SEO 

Tips selanjutnya agar dampak update algoritma Google tidak begitu terasa ialah mempraktikkan metode SEO terbaik. Entah itu dalam hal perbaikan SEO on page, off page, entah pengelolaan aspek lainnya.

Jika tidak mampu mempraktikkan teknik SEO secara mandiri, Anda bisa menggunakan jasa ahli SEO. Dengan agen tersebut, Anda dapat memastikan peringkat situs tetap bagus meskipun update Google core dan spam core dilakukan sampai ke intinya.

Banner Jasa Ahli SEO

Manfaatkan Jasa Ahli SEO untuk Meningkatkan User Experience Website Anda!

Pada intinya, update algoritma Google pada Maret 2024 ini memiliki fokus utama dalam meningkatkan pengalaman pengguna. Oleh karena itu, pastikan para pengelola blog untuk menghadirkan konten-konten bermanfaat di agar disukai oleh pengguna internet. Kurangi juga teknik spam yang manfaatnya tidak bertahan lama.

Terakhir, jika Anda perlu bantuan lebih lengkap untuk memastikan peringkat situs tetap terbaik, hubungi jasa ahli SEO profesional. Agensi  Jasa SEO di www.jasaahliseo.com ini menawarkan bermacam layanan perbaikan peringkat SEO yang telah teruji kualitasnya. 

Mulai dari peningkatan kualitas konten, kredibilitas situs, sampai dengan penerapan teknik SEO sesuai perubahan algoritma Google. Yuk, hubungi sekarang agar siap menghadapi update algoritma Google terbaru.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us