Logo jasaahliseo

Apa itu SEO Off Pages: Pengertian, Manfaat, dan Strategi dan Cara Optimalkan

SEO off pages

Share:

SEO off pages merupakan faktor yang punya 50% lebih pengaruh dalam penentuan peringkat suatu situs web di Google. Adapun yang dimaksud dengan istilah tersebut mengacu pada teknik optimasi yang dilakukan di luar situs web. Secara umum, strategi yang biasa dilakukan dalam penerapan teknik tersebut adalah membangun tautan, otoritas, mengupayakan konten berkualitas, dan juga pemasaran. 

Bagi Anda yang ingin mengetahui selengkapnya mengenai salah satu teknik optimasi SEO ini, pastikan simak informasi berikut. Di bawah ini akan dibahas seputar apa itu SEO off-page, manfaatnya untuk situs web Anda, dan juga cara optimasinya.

Pengertian SEO Off Pages 

SEO off pages merupakan teknik optimasi mesin pencari yang tidak melibatkan bagian-bagian dalam website. Langkah ini dilakukan untuk memastikan Google tahu kualitas suatu situs web. Sehingga situs tersebut bisa muncul di halaman hasil penelusuran ketika keyword yang dicari pengguna relevan dengan konten di dalamnya.

Jika diulik lebih dalam, keberhasilan penerapan teknik SEO off page memang bergantung pada perilaku pengguna internet. Seperti jumlah klik dari audiens, ulasannya tentang situs Anda, hingga rekomendasinya pada orang lain. Namun, hal tersebut tidak mungkin bisa didapatkan begitu saja kecuali Anda menonjolkan apa yang ditawarkan situs sehingga mereka merasakan manfaatnya.

Dengan kata lain, teknik SEO ini dilakukan untuk menarik perhatian pengguna internet di luar situs agar masuk ke website Anda. Sementara itu, sebelum menarik perhatian pengguna internet, situs harus punya otoritas dan kepercayaan mesin pencari agar muncul di halaman pertama.

Pentingnya Optimasi SEO Off Pages 

Seperti diketahui, untuk menarik perhatian mesin pencari atau search engine bukanlah hal mudah. Umumnya, hanya situs-situs kredibel dan punya otoritas tinggi yang biasanya ditempatkan oleh mesin pencari di halaman penelusuran teratas. 

Untuk mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan dari mesin pencari, suatu situs web harus punya beberapa elemen. Salah satunya adalah backlink berkualitas dari website ternama.

Baca lebih lanjut  4 Cara Website Cepat Terindex Google, Wajib Coba Tahu ini

Dengan memiliki elemen yang termasuk SEO off page tersebut, situs web Anda bisa dengan mudah ditemukan pengguna internet. Tak hanya itu, situs web juga berkemungkinan naik peringkat seiring dengan semakin banyaknya kunjungan. Hal ini bisa meningkatkan reputasi dan juga kepercayaan situs web Anda.

Di samping itu, semakin baik tingkat otoritas dan kepercayaan situs web Anda maka dipastikan perkembangannya bisa lebih pesat. Selain itu, visi misi Anda untuk mendapatkan manfaat dari mengelola situs web tersebut juga bisa tercapai lebih cepat.

Manfaat Penerapan SEO Off Pages 

Sebelum mendapatkan peningkatan otoritas, SEO off pages akan memberikan sejumlah manfaat lain. Seperti menjangkau lebih banyak audiens, memudahkan bertambahnya trafik, mendapat backlink berkualitas lebih mudah, hingga berkesempatan melampaui rangking kompetitor.

  • Menjangkau Lebih Banyak Audiens 

Tak jarang, teknik optimasi SEO off-page disebut dengan strategi word-by-mouth. Yang mana, besar kecilnya kemungkinan situs web sukses melakukan optimasi ini bukan hanya ditentukan oleh Anda, melainkan pengaruh audiens juga. Makin banyak orang yang memberikan review positif maka semakin banyak pula audiens yang bisa dijangkau situs web Anda.

  • Memudahkan Bertambahnya Trafik 

Suatu situs tidak bisa serta-merta mejeng di halaman pertama. Bahkan, muncul di halaman pencarian ketika orang mengetikkan nama domainnya juga masih kecil kemungkinannya. Terlebih untuk situs-situs yang baru dibuat dan dikembangkan.

Kendati begitu, menerapkan teknik SEO off page dapat memudahkan situs web dalam mendapatkan lebih banyak kunjungan atau traffic. Ini dikarenakan, orang lain bisa menemukan situs web Anda tidak hanya dari halaman hasil penelusuran di Google. Akan tetapi, bisa juga dari media sosial ataupun situs orang lain.

  • Lebih Mudah Mendapatkan Backlink Berkualitas 

Mengoptimasi SEO off pages juga bisa memudahkan Anda dalam mendapatkan backlink berkualitas di kemudian hari. Ini dikarenakan adanya faktor seperti konten berkualitas yang bisa dijadikan rujukan ataupun kesuksesan brand yang makin terlihat dan menginspirasi.

  • Menaikkan Peringkat Situs di Mesin Pencari 

Di saat situs web Anda telah mengantongi banyak backlink maka peluangnya naik peringkat di Google akan makin tinggi. Alhasil, visibilitas hingga trafik situs web juga bisa meningkat secara signifikan. Lebih lanjut, situs web Anda juga bisa menduduki halaman pertama ataupun halaman nol di laman hasil penelusuran. 

  • Melampaui Posisi Rangking Kompetitor 

Seiring dengan semakin baiknya otoritas situs web, situs yang dikelola akan mendapatkan posisi rangking lebih baik dari waktu ke waktu. Tak menutup kemungkinan jika situs web tersebut juga bisa menduduki peringkat lebih baik dari kompetitornya.

Strategi dan Cara Optimasi SEO Off Pages 

Untuk mengoptimasi SEO off pages, terdapat beberapa strategi yang bisa dilakukan. Seperti memperkaya situs dengan backlink, konten informatif di luar website, memaksimalkan pemasaran, menggunakan SEO lokal, dan sebagainya. Lebih jelasnya, simak informasi di bawah!

Baca lebih lanjut  Cara Memilih Jasa SEO Jogja Terbaik dan Berpengalaman

1. Jalankan Teknik Link Building

Teknik link building berkaitan dengan aktivitas atau cara untuk mendapatkan tautan balik (backlink). Seperti diketahui, backlink punya pengaruh cukup besar dalam menentukan otoritas, kredibilitas, dan peringkat suatu website

Berdasarkan faktanya sendiri, rata-rata website yang menduduki posisi pertama punya backlink 3,8 kali lebih banyak. Baik dengan dibandingkan situs di posisi kedua hingga posisi kesepuluh.

Adapun cara untuk mendapatkan tautan balik terbilang cukup banyak. Namun, penting diperhatikan kualitas dari backlink tersebut agar tidak berdampak negatif pada situs web Anda. Sebagai rekomendasi, beberapa cara untuk mendapatkan backlink yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut.

  • Buat Konten Berkualitas 

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink ialah membuat konten berkualitas. Dengan hal tersebut, situs web Anda bisa dijadikan referensi oleh sebagian pemilik website serupa. Alhasil, tautan balik bisa didapatkan secara cuma-cuma.

  • Posting Konten di Situs Web Lain

Teknik SEO off pages untuk mendapatkan backlink juga bisa dengan cara memposting konten di situs web lain. Dengan cara ini, Anda juga bisa menyematkan link menuju website yang dikelola. 

Cara ini biasa disebut dengan teknik guest post. Perlu diketahui juga, penerapan cara ini memang tidak bisa dikatakan mudah. Anda perlu mendapatkan persetujuan dari pemilik situs web lainnya, kecuali jika memanfaatkan forum terbuka.

  • Tarik Perhatian Brand/Situs Orang Lain agar Memberikan Backlink 

Untuk mendapatkan tautan balik dari situs web lain yang terpercaya, Anda juga bisa menarik perhatian pengelolanya. Misalnya dengan me-mention nama brand ataupun situs web orang lain yang ingin didapatkan tautan baliknya. Cara yang disebut ego bait ini bisa menarik perhatiannya sehingga memberikan backlink untuk website Anda.

  • Bangun Tautan Rusak

Teknik untuk mendapatkan backlink juga bisa dengan membangun tautan rusak. Caranya dengan mencari situs web lain yang memiliki tautan rusak dan meminta izin untuk mengisi halaman tersebut dengan konten Anda. 

  • Lakukan Teknik Link Reclamation

Cara yang terakhir ialah link reclamation. Yaitu, memperbaiki halaman 404 dan kontennya serta melakukan pengklaiman ulang backlink yang terdapat di dalamnya.

2. Tingkatkan EEAT Situs Web 

Selain membangun tautan balik di berbagai laman lain, situs web Anda perlu ditingkatkan EEAT-nya. Untuk diketahui, EEAT adalah Expertise, Experience, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Elemen-elemen tersebut merupakan indikator yang menentukan kualitas situs berdasarkan alat Search Quality Evaluator. 

Untuk meningkatkan EEAT, cara-cara yang bisa dilakukan diantaranya menghadirkan konten informatif dan menggunakan penulis berpengalaman atau punya keahlian di suatu bidang. Selain itu, peningkatan otoritas dan kepercayaan terhadap konten, penulis, ataupun situsnya juga perlu dilakukan.

Baca lebih lanjut  Ketahuilah! Apa Perbedaan SSL Gratis dan Berbayar? 

3. Gunakan Teknik Local SEO 

Untuk menjangkau lebih banyak pemirsa, situs web Anda juga bisa dioptimasi dengan teknik local SEO. Apa itu local SEO? Teknik ini merupakan cara untuk meningkatkan visibilitas website Anda di halaman pencarian lokal.

Misalnya, situs web Anda menargetkan audiens di kawasan Surabaya. Maka teknik optimasi tadi bisa dilakukan untuk memastikan website lebih banyak muncul di kawasan tersebut. 

Langkah ini biasanya dilakukan situs web bisnis untuk menjangkau lebih banyak audiens yang berpotensi melakukan konversi. Kendati begitu, tak ada salahnya juga jika situs web penyedia informasi menerapkan strategi local SEO untuk mendapatkan lebih banyak audiens tepat. 

4. Tingkatkan Engagement Situs Web dengan Promosi di Media Sosial 

Cara selanjutnya agar optimasi SEO off pages berjalan lancar dan memberikan hasil optimal yaitu dengan meningkatkan engagement-nya. Salah satu caranya bisa dengan melakukan promosi di media sosial.

Namun sebelum itu, pastikan untuk menjadwalkan pembuatan konten secara rutin di situs web. Kemudian, iklankan konten tersebut di media sosial pada jam orang-orang aktif, seperti pukul 09.00 sampai 18.00. Anda juga bisa menerapkan hashtag relevan agar konten bisa dijangkau lebih banyak orang.

Beberapa situs web saat ini biasanya mengemas iklan konten di website-nya dengan bentuk tulisan dalam gambar. Dilengkapi juga dengan desain yang menarik dan caption mengajak untuk membaca selengkapnya di situs webnya. 

5. Manfaatkan Social Bookmark atau Artikel Direktori 

Langkah lain dalam SEO off pages adalah memanfaatkan social bookmark atau artikel direktori. Teknik ini bisa dilakukan dengan mengunggah artikel-artikel di situs web Anda ke media sosial, seperti Twitter dan Pocket.

Dengan cara ini, orang-orang bisa menemukan konten situs web Anda di luar mesin pencari Google. Selain itu, audiens juga berkemungkinan meng-klik link yang tersedia untuk membaca konten tersebut secara keseluruhan. Terutama jika artikel tersebut sesuai dengan yang dibutuhkannya dan juga berkualitas. 

Sudah Paham Cara Optimasi SEO Off Pages?

Kesimpulannya, SEO off pages merupakan teknik optimasi search engine yang dilakukan di luar website. Tujuannya untuk menarik perhatian pengguna internet agar masuk ke situs web Anda. Selanjutnya, teknik optimasi ini juga bisa meningkatkan otoritas, kredibilitas, dan juga peringkatnya di mesin pencari. Sehingga trafik berkualitas secara organik bisa didapatkan lebih banyak di kemudian hari.

Untuk menerapkannya, Anda bisa melakukan cara-cara seperti membangun tautan balik berkualitas dan meningkatkan visibilitas di mesin pencarian lokal. Selain itu, bisa juga dengan teknik promosi di media sosial.

Meskipun tampak sederhana, penerapan teknik SEO off-page tadi tentunya diperlukan keahlian khusus. Oleh karena itu, jika Anda merasa butuh bantuan ahli untuk menerapkan tekniknya, Jasa Ahli SEO bisa dipercaya untuk menangani tugas tersebut. 

Jasa SEO Murah

Jasa Ahli SEO adalah tim optimasi mesin pencari yang berpengalaman. Tim ini dapat membantu meningkatkan performa website Anda dengan menerapkan teknik SEO off pages, local SEO, pemasaran konten, dan sebagainya. 

Ada beberapa layanan yang bisa Anda dapatkan melalui penyedia jasa optimasi SEO ini. Mulai dari pembuatan website, pembuatan artikel, audit konten, digital marketing, social media management hingga jasa iklan Google Ads. Hubungi sekarang juga melalui kontak yang tertera di www.jasaahliseo.com untuk informasi selengkapnya!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us