Logo jasaahliseo

Cara Automatically Created Assets pada Google Ads 2024

Automatically Created Assets

Share:

Automatically Created Assets merupakan opsi baru yang bisa dipilih dalam pembuatan iklan menggunakan layanan Google Ads. Fitur satu ini sebelumnya hanya dapat digunakan untuk pengiklan yang menggunakan bahasa Inggris. 

Namun saat ini, ada lebih banyak bahasa yang sudah bisa mencoba kecanggihan fitur baru buatan Google ini. Jika Anda tertarik menerapkannya, ketahui lebih lanjut mengenai fitur ini terlebih dulu di ulasan berikut.

Sekilas Tentang Google Ads dan Kelebihannya

Google Ads merupakan salah satu platform yang dapat digunakan untuk mengiklankan produk di internet. Khususnya dalam lingkup peramban ini maupun platform dari pengembang sama, salah satunya adalah YouTube.

Alat yang dulunya dikenal dengan nama Google AdWords ini telah digunakan sejak tahun 2000. Dengan pengguna yang makin meningkat saat ini menunjukkan bahwa platform sangat efektif membantu pengusaha mengembangkan bisnisnya.

Hal ini dikarenakan cara kerjanya yang cukup sederhana. Google menjadi mesin pencari yang banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia. Oleh sebab itu, setiap orang yang melakukan pencarian di platform ini akan melihat iklan dari mitra yang mendaftar di Google Ads.

Sebagai informasi, alat untuk beriklan ini memiliki kelebihan dibandingkan beberapa teknik pemasaran lainnya. Adapun kelebihan Google Ads di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Target audiens dapat dikustomisasi berdasarkan lokasi geografis, perilaku di internet, dan kata kunci. 
  • Pebisnis bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan kesuksesan masing-masing.
  • Terdapat kebijakan Pay-per-Click (PPC) atau pembayaran per klik. Ini memungkinkan anggaran pemasaran dapat ditekan sebab pembayaran total hanya berdasarkan jumlah pengeklik bukan lamanya jangka waktu beriklan.
  • Tersedia alat analitik real-time sehingga kinerja iklan dapat dilihat secara langsung. Data yang tersedia sangat rinci dan akurat sehingga bisa dijadikan acuan untuk perbaikan strategi iklan.
  • Tidak ada syarat langganan dalam jangka waktu tertentu. Pengguna Google Ads bebas mengontrol kapan akan mengaktifkan layanan ataupun menonaktifkannya.

Apa itu Automatically Created Assets?

Automatically Created Assets adalah fitur terbaru dalam Google Ads yang dapat membantu pengiklan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Fitur yang disebut dengan ACA ini memungkinkan platform mampu membuatkan copywriting yang responsif secara otomatis.

Baca lebih lanjut  Bagaimana Optimasi dan Tingkatkan Google Ads Optimization Score

Sebagai informasi, copywriting yang dimaksud di sini terdiri dari heading dan description. Alat ini bermanfaat untuk memaksimalkan pengalaman pengguna internet dalam menemukan produk yang dicarinya. Untuk pebisnis, peluang mendapatkan konversi terbilang lebih besar berkat ini sebab iklan dibuat lebih menarik serta sesuai dengan kebutuhan audiens.

Manfaat Automatically Created Assets

Setidaknya, ada tiga manfaat utama yang ditawarkan Google Ads untuk pengguna fitur Automatically Created Assets. Di antara manfaat tersebut akan dibahas di bawah:

1.  Mengoptimalkan Performa Iklan

Penggunaan fitur ACA dapat mengoptimalkan performa iklan. Ini dikarenakan produk yang Anda jual akan ditawarkan dalam bahasa lebih variatif dan unik. Menariknya lagi, Anda tidak harus memiliki kemampuan copywriting jika ingin beriklan. Dengan adanya alat ini, pemasaran pun bisa dilakukan lebih mudah dan praktis.

2.  Meningkatkan Relevansi Hasil Penelusuran dan Peluang CTR

Banyaknya variasi teks iklan bakal menjadikannya tetap relevan saat ditampilkan di layar search results page siapa pun. Dengan demikian, peluang CTR atau click through rate akan lebih tinggi.

Ini dikarenakan kombinasi kalimat iklan yang dipastikan sesuai dengan kata kunci yang digunakan orang-orang. Seperti diketahui, tiap orang umumnya mencari produk tertentu dengan kalimat unik. Misalnya, HP terbaru 2023, HP terbaik 2023, ponsel kamera 50 MP, dan HP Rp3 jutaan.

Meskipun berbeda-beda, iklan HP yang Anda tawarkan bisa jadi muncul dan diklik oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan, ACA otomatis mengisi deskripsi dengan kata kunci serupa.

3.  Menghemat Waktu dan Anggaran

Keberadaan fitur Automatically Created Assets juga bermanfaat untuk menghemat waktu dan anggaran iklan. Hal ini terjadi karena Anda tidak perlu memikirkan kalimat yang bagus untuk beriklan.

Di samping itu, Anda juga tak perlu menyewa orang untuk memperbarui kalimat iklan. Sebab, kecanggihan fitur ini juga otomatis membantu mengganti judul ataupun deskripsi iklan jika performanya buruk.

Cara Kerja Fitur Automatically Created Assets

Untuk memberikan manfaat-manfaat tadi, fitur ini bukan hanya perlu diaktifkan, melainkan dioptimasi juga. Hal ini dikarenakan cara kerjanya yang perlu melalui beberapa tahapan seperti berikut ini:

1.  Google Membaca Aset Iklan yang Dibuat Manual

Untuk memastikan fitur ACA memberikan manfaat yang diharapkan, Google meminta Anda mengisi opsi kalimat iklan manual terlebih dulu. Selanjutnya, pengembangan kalimat bisa dilakukan oleh kepintarannya.

Anda bisa membuat kalimat apapun di kolom iklan manual. Seperti nama produk, keunggulan produk, dan keuntungan belanja di tempat Anda. Contohnya, Cat Tembok BAGUS, Anti Bocor dan Warna Tahan Lama, dan harga paling murah garansi 2 tahun.

2.  AI Mengecek Iklan Memenuhi Syarat

Google Ads memiliki sejumlah kebijakan dan persyaratan yang harus dipenuhi pengguna. Termasuk dukungan bahasa yang saat ini telah meliputi Spanyol, Italia, Portugis, Jerman, Belanda, dan juga Jepang.

Baca lebih lanjut  Geotargeting Google Ads, Strategi Iklan Low Budget

Karena aturan tersebut, tidak sembarang iklan bisa ditayangkan oleh platform ini. Teknologi AI dalam platform akan memeriksa terlebih dulu apakah iklan memenuhi syarat atau sebaliknya.

3.  Google Membuat Judul dan Deskripsi Baru

Apabila iklan memenuhi persyaratan, Google akan membuat copywriting baru yang lebih variatif. Dalam hal ini, kata kunci yang dibuat di kolom manual akan dipertimbangkan serta dijadikan acuan untuk membuat copywriting baru.

Secara umum, teks iklan yang diciptakan Google merupakan hasil kombinasi. Tepatnya antara kalimat manual yang lebih dulu dibuat dengan informasi lain tentang produk di situs web Anda.

4.  Google Menampilkan Copywriting yang Lebih Variatif di Halaman Hasil Penelusuran

Setelah fitur Automatically Created Assets aktif, otomatis produk Anda akan diiklankan dengan bahasa lebih variatif. Kemudian, setiap kata kunci serupa dicari, produk yang Anda iklankan akan muncul di pencarian.

Cara Terbaik Menggunakan Fitur Automatically Created Assets

Guna memastikan cara kerjanya berlangsung lancar, terdapat langkah-langkah yang mesti dilakukan. Cara terbaik menggunakan fitur ACA ini di antaranya adalah sebagai berikut:

1.  Siapkan Situs Web Bisnis yang Berkualitas

Untuk beriklan di Google Ads, pastikan memiliki situs web berkualitas terlebih dulu. Adapun yang dimaksud berkualitas bukan hanya merujuk pada peringkat situs jadi yang teratas. Namun, keberadaan desain responsif dan data informatif juga dapat membuktikan kualitas situs web.

Oleh karena itu, Anda harus memastikan situs web berisi informasi seputar produk yang dijual dengan data akurat. Pastikan juga tidak ada malware yang bisa menyebabkan turunnya kualitas website Anda.

2. Pastikan Konten Iklan Akurat

Selain menyiapkan situs berkualitas, buat juga konten iklan yang akurat. Hindari berlebihan dalam membuat teks copywriting yang bisa membuat pelanggan Anda merasa tertipu.

Google Ads memiliki kebijakan sendiri mengenai ini sehingga jika terjadi pelanggaran, bukan tidak mungkin situs web Anda akan dikenakan sanksi. 

Guna memastikan iklan produk Anda otomatis diperbarui oleh fitur Automatically Created Assets, siapkan juga jadwal untuk mengelola situs. Kemudian, pastikan untuk selalu meng-update informasi dalam situs guna mempertahankan kualitasnya.

3.  Pertahankan Judul dan Deskripsi yang Dibuat Manual

Tidak ada yang tahu iklan mana yang bisa mempengaruhi konsumen dan menghasilkan konversi. Oleh karena itu, sebaiknya pertahankan judul dan deskripsi iklan yang dibuat manual untuk meningkatkan performanya. Keberadaan bagian tersebut juga dapat membantu Google menemukan kombinasi kalimat yang lebih menarik sesuai dengan value produk Anda.

4.  Lakukan Analisis dan Perbaikan

Iklan yang dibuat oleh fitur ini akan memastikan kalimatnya dirasa menarik oleh audiens. Namun, hasil berupa konversi ditentukan kembali oleh tiap-tiap audiens. Beberapa orang mungkin urung membeli produk karena alasan tertentu.

Untuk memastikan hal tersebut tidak berlangsung terus-menerus, melakukan analisis dan memperbaiki kesenjangan yang ada ialah alternatif terbaik. Gunakan alat analitik yang tersedia, identifikasi kekurangan, dan segera perbaiki agar kampanye lebih berhasil.

Baca lebih lanjut  Cara Mudah Membuat dan Memasang Google Tag Manager

Cara Aktifkan Fitur Automatically Created Assets

Setelah tahu cara terbaik menerapkan opsi pembuatan teks iklan otomatis, berikut adalah cara untuk mengaktifkannya:

  •       Pertama, Anda bisa masuk ke akun Google Ads.
  •       Gulir ke bawah dan temukan ikon “Kampanye”, kemudian klik menu tersebut.
  •       Tap opsi Pengaturan”.
  •       Pilih kampanye iklan yang ingin diubah komponen kalimat copywriting-nya ataupun ditambahkan aset otomatis.
  •       Ketuk tombol di samping kata “Aktif” dan “Terapkan”.

Jika suatu waktu Anda ingin menonaktifkan fitur tersebut, cukup ubah pengaturannya lagi dengan langkah-langkah di atas. Kemudian, ketuk tombol “Matikan” yang ada di laman kampanye iklan. Setelah itu, Anda bisa memastikan bahwa variasi kalimat iklan tidak lagi diganti secara otomatis.

Cara Melihat Performa Iklan

Sebelum Anda memutuskan untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur penambahan aset otomatis dalam iklan, sebaiknya lakukan analisis lebih dulu. Tujuannya guna mengetahui berapa persen kenaikan performa maupun penurunannya ketika Anda menggunakan fitur tersebut atau sebaliknya.

Adapun cara untuk menganalisis performa iklan bisa dimulai dengan masuk ke laman Google Ads. Selanjutnya, temukan kolom “Performance” di menu kampanye iklan.

Selanjutnya, halaman akan menampilkan informasi daya iklan dengan tabel dan peringkat. Seperti rata-rata atau kualitas sangat baik. Jika butuh masukan untuk perbaikan performanya, Anda bisa klik peringkat tersebut.

Gunakan Automatically Created Assets untuk Tingkatkan Performa Iklan 

Kesimpulannya, Automatically Created Assets adalah fitur baru yang terbilang penting digunakan oleh pebisnis di era modern. Fitur ini bisa digunakan untuk memaksimalkan potensi mendapatkan konversi dari iklan di media online, terkhusus di mesin pencari Google.

Dengan fitur ini, konten iklan produk Anda akan memiliki bahasa lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan pengguna internet. Opsi ini bisa memberikan kepraktisan dalam pelaksanaan strategi digital marketing dan membantu mencapai tujuan misi kampanye iklan. 

Fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah melalui laman Kampanye di Google Ads. Namun sebelum itu, Anda perlu memastikan situs web memiliki informasi seputar produk yang ditawarkan. Buat juga copywriting manual guna memastikan fitur Automatically Created Assets menghasilkan kalimat iklan yang sesuai dengan keunggulan produk Anda.

Cara ini cukup efektif untuk menambah daya jual produk Anda. Kendati begitu, penting untuk mengutamakan kualitas situs web sebab faktor tersebut paling mempengaruhi tingkat konversi.

Ingin iklan Anda tampil di halaman 1 google? selalu mendapatkan banyak prospek dan budget iklan yang murah. Sekarang saatnya menggunakan Jasa Google Ads terbaik di indonesia. https://jasaahliseo.com/ menawarkan layanan beriklan google ads terbaik, dengan start harga Rp 300.000 per 7 hari, tertarik? segera Hubungi kontaknya sekarang untuk konsultasi secara gratis! 085694640209

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us