Logo jasaahliseo

Ubersuggest: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya [Terupdate 2024]

Logo Ubersuggest

Share:

Salah satu platform yang dapat membantu penulis dan pengelola website dalam membuat rencana konten adalah Ubersuggest. Aplikasi ini sudah ada cukup lama. Sejak tahun 2018, tools ini dikembangkan lebih lanjut oleh ahli SEO ternama, Neil Patel. Lantas, apa kegunaan atau fungsinya?

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan jawaban pertanyaan tadi. Selain itu, sejumlah informasi mengenai alat ini juga akan dibahas. Jadi, pastikan membacanya sampai tuntas!

Apa itu Ubersuggest?

Sampai hari ini, Ubersuggest terkenal sebagai platform yang dapat membantu digital marketer dalam mempromosikan suatu produk atau jasa. Hal ini dikarenakan, media ini bisa memberikan informasi mengenai kata kunci apa yang sedang ramai dicari orang-orang. Dengan mengetahui kata kunci tersebut, digital marketer tidak akan kesulitan membuat konten yang bisa mendekatkannya ke calon pelanggan.

Kendati begitu, prosesnya memang tidak sesederhana penjelasan tadi. Terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan setelah Anda mengetahui kata kunci dari platform ini. Sebelum itu, kata kunci juga perlu dipilih dan dipilah dengan mempertimbangkan banyak hal. Seperti volume pencarian, tingkat kompetisi, dan masih banyak lagi.

5 Fungsi Ubersuggest

Tahukah Anda? Media kenamaan internasional, seperti Twitter, Spotify, hingga Nike menggunakan aplikasi ini untuk membuat content marketing planning. Bukan tanpa alasan. Banyaknya fitur bermanfaat serta kredibelnya data yang dihasilkan tool ini membuatnya dipilih banyak perusahaan maupun individu. Sebagai informasi, berikut ini adalah 4 fungsi utama dari aplikasi Ubersuggest:

  1. Menganalisis kata kunci secara lebih intensif dengan menggunakan fitur Keyword Analyzer.
  2. Mendapatkan informasi mengenai tingkat persaingan kata kunci dengan website kompetitor.
  3. Menemukan data seputar tingkat keberhasilan praktik SEO yang telah diterapkan dalam situs web.
  4. Mengecek jumlah trafik di situs web milik sendiri ataupun kompetitor.
  5. Melakukan audit dan mendapatkan rekomendasi cara meningkatkan performa SEO website.

Kelima fungsi alat ini bisa didapatkan secara bersamaan oleh pengguna yang berlangganan. Sementara itu, pengguna dengan akun gratis dapat memakai alat ini untuk menemukan kata kunci saja. Durasi penggunaannya pun dibatasi hingga kali ketiga percobaan setiap harinya.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan layanan dari aplikasi ini, mungkin akan menanyakan berapa biaya langganan Ubersuggest? Untuk diketahui, terdapat tiga pilihan jenis akun premium dengan harga bervariasi.

Baca lebih lanjut  Strategi Menempatkan Keyword Dalam Artikel SEO

Di antaranya, akun individual perlu membayar sebesar $12 per bulan. Kemudian, biaya langganan akun untuk bisnis adalah $20 per bulan. Sementara itu, jenis akun untuk agensi atau enterprise adalah $40 per bulan.

Mengetahui adanya ketentuan dan harga tadi, Anda juga mungkin bertanya apakah membayar untuk berlangganan di platform ini cukup worth it?

Cara Menggunakan Ubersuggest Terbaru

Sebelum membahas perbandingan antara biaya langganan dan hasil yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan platform ini, ketahui terlebih dulu cara menggunakannya. Berikut adalah step by step untuk menggunakan Ubersuggest.

1. Lakukan Riset Kata Kunci Utama

Salah satu fungsi utama dari aplikasi ini adalah meriset kata kunci. Untuk hal ini, Anda bisa login terlebih dulu ataupun sebaliknya. Namun, jika ingin mendapatkan layanan lebih lengkap, disarankan untuk memiliki akun terlebih dulu. Anda juga bisa memanfaatkan akun trial untuk mencoba fitur-fitur unggulannya.

Adapun cara riset kata kunci dengan alat ini bisa dengan memasukkan kata tertentu di kolom yang tersedia. Sebelum ke tahap selanjutnya, Anda bisa mengoptimasi lokasi negara dan bahasa yang ingin didapatkan data mengenai popularitas kata kuncinya. Jika sudah, klik “Enter”.

Di laman berikutnya, Anda bisa mendapatkan sejumlah informasi penting yang terdiri dari volume pencarian dan tingkat kesulitan SEO (SD). Ada juga tingkat kesulitan pencarian berbayar (PD) dan harga untuk kampanye produk dengan iklan menggunakan alat ini (CPC)

2. Riset Kata Kunci Turunan

Tak hanya mencari kata kunci utama. Alat ini juga bisa dipakai untuk menemukan keyword turunan dan sejenisnya. Mendapatkan jenis kata kunci ini biasanya dapat membulatkan konten yang akan dibuat. Jelasnya, tulisan Anda bisa lebih yakin terarah bahasannya, tidak merembet ke mana-mana.

Adapun cara untuk mendapatkan kata kunci tersebut, pertama-tama klik menu “Keyword Ideas” di “Keyword Analyzer”. Selanjutnya, lihat tab “Suggestions”. Setelahnya, Anda bisa mendapatkan banyak kata kunci turunan dari keyword utama yang diketikkan di kolom tersedia.

Sebagai informasi, selain bagus untuk membulatkan bahasan konten, menempatkan kata kunci turunan juga dapat meningkatkan nilainya di mata mesin pencari. Oleh karena itu, konten dengan beberapa kata kunci turunan tak jarang lebih cepat masuk top rank hasil pencarian.

Jika Anda butuh bukti, gunakan fitur “Search Results” untuk mengetahui performa situs web lain yang menggunakan kata kunci referensi dari Ubersuggest. Dari fitur tadi Anda bisa mendapatkan data berupa estimasi jumlah pengunjung setiap bulan. Banyaknya backlink yang masuk ke konten, otoritas domainnya, dan jumlah dibagikan.

3. Buat File Proyek Hasil Riset Kata Kunci

Agar pencarian kata kunci yang sudah dilakukan tidak terbuang begitu saja, baiknya buat file hasil proyek tersebut. Untuk membuatnya tidak begitu sulit, Anda hanya perlu memiliki akun terlebih dulu di tool ini.

Baca lebih lanjut  Jasa SEO Profesional Indonesia: Pengertian, Manfaat, dan Layanan

Jika sudah memiliki akun, Anda bisa melakukan langkah mencari kata kunci seperti tadi setelah membuat file di “New Project”. Kemudian, tambahkan nama setelah klik “Add Your First Project”.

Setelah sampai di tahap tersebut, setiap data yang dihasilkan oleh tool ini bisa Anda simpan di platform. Jadi, Anda bisa melihatnya kembali kapanpun jika dibutuhkan.

4. Cek Jumlah Lalu Lintas Situs Web

Jika butuh informasi seputar website kompetitor dan ingin mengecek jumlah lalu lintasnya, tools ini punya fitur “Competitive Analysis”. Anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui informasi tadi ataupun trafik di situs milik sendiri.

Adapun cara menggunakan fitur “Competitive Analysis” di antaranya, klik menu tersebut yang terdapat di beranda tool ini. Selanjutnya, tap “Traffic Overview” dan masukkan nama situs yang akan dianalisis jumlah trafiknya.

Dengan fitur tersebut, selanjutnya akan didapatkan sejumlah data yang terdiri dari kata kunci organik dan estimasi banyaknya trafik per bulan. Ada juga jumlah backlink yang didapatkan situs web dan rangkingnya di mata search engine.

Menggunakan alat ini akan memberikan keuntungan bagi pemilik situs web ataupun perusahaan. Pasalnya,  proses analisis kompetitor jadi lebih singkat sebab dirangkum oleh beberapa fiturnya. Dengan informasi ringkas tersebut, Anda juga bisa meniru langkah kompetitor agar bisa menduduki peringkat lebih baik darinya. 

5. Audit Performa SEO Website

Situs web Ubersuggest juga bisa dipakai untuk mengaudit performa SEO website Anda. Adapun langkah-langkah untuk melakukan proses audit bisa dimulai dengan mengetuk fitur “SEO Explorer”, kemudian klik “SEO Analyzer”.

Setelahnya, Anda akan mendapatkan informasi seputar nilai SEO atau SEO score. Tak hanya itu, ada juga critical error, yaitu hal-hal yang sebaiknya segera diperbaiki. Informasi lainnya adalah warning yang merupakan data apa saja yang dapat diperbaiki dalam waktu tertentu. Terakhir terdapat rekomendasi cara untuk memperbaiki masalah di situs web Anda.

Apakah Menggunakan Layanan Ubersuggest Worth It?

Mengetahui adanya harga untuk setiap layanan terbaik dari tool ini, lantas apakah biaya tersebut worth it dengan hasilnya? Pada faktanya, hal tersebut tidak bisa digeneralisasi. Hal ini dikarenakan berbeda tingkat kemampuan seseorang dalam memahami SEO.

Jadi, jika Anda sudah cukup mahir dan tahu caruk-maruk mengenai ini, berlangganan tools Ubersuggest bisa dikatakan sangat worth it. Terlebih, biaya per bulannya rata-rata ratusan ribu saja jika dirupiahkan.

Namun, bagi Anda yang tidak begitu paham seputar cara kerja mesin pencari dan juga SEO maka sebaiknya cari layanan yang lebih lengkap. Jelasnya, layanan tersebut juga menawarkan penggunaan aplikasi seperti Ubersuggest disertai beberapa jasa lainnya.

Baca lebih lanjut  Cara Memulai Blog Profesional dan Menghasilkan Uang

Dengan menggunakan jasa tersebut, kenaikan performa SEO dapat lebih terjamin. Pasalnya bukan hanya optimasi kata kunci yang dilakukan, melainkan beberapa cara lainnya juga. Jika tertarik, Anda bisa menggunakan Jasa SEO pada agensi SEO seperti Jasa Ahli SEO dalam hal ini.

Mengapa Memilih Jasa Ahli SEO?

Untuk diketahui, terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika Anda memilih berlangganan perusahaan jasa SEO ini. Berikut adalah beberapa di antara keuntungan yang dimaksud:

Biaya Langganan Murah

Anda bisa membandingkan biaya layanan dari jasa SEO ini dengan beberapa agensi lainnya. Kemudian, bandingkan juga dengan sejumlah layanan yang diberikan.

Secara keseluruhan, biaya langganan dari Jasa Ahli SEO ini terbilang lebih murah. Kendati begitu, kualitas layanan agensi ini tidak perlu dipertanyakan. Anda juga dapat mengetahui testimoni pengguna yang puas dengan pelayanan dan fitur service yang diberikan.

Layanan Optimasi SEO Lengkap

Jasa Ahli SEO juga menawarkan layanan yang terbilang lengkap. Menariknya, ketika Anda berlangganan satu paket layanan, beberapa tambahan servis lain bisa didapatkan secara sekaligus. Jadi, satu harga untuk banyak layanan secara bersamaan, tentu menguntungkan, bukan?

Laporan Real-time Setiap Bulan

Yang terbaik dari layanan jasa ini adalah laporan real-time setiap bulannya. Perusahaan ini juga berkomitmen untuk memberikan laporan secara transparan sehingga Anda benar-benar diuntungkan setelah berlangganan.

Jika Anda kurang memahami laporan yang diberikan, tim jasa ini juga dapat membantu menjelaskannya. Anda hanya perlu menghubungi saat jam kerja. Jasa ini sangat terbuka untuk berkomunikasi dan berkonsultasi dengan kliennya 24 jam.

Bergaransi

Satu lagi layanan terbaik dan menguntungkan Anda dari jasa ini, yaitu garansi untuk klien. Garansi tersebut terdiri dari perpanjangan waktu kontrak optimasi SEO tanpa harus ada tambahan biaya. Hal ini berlaku apabila proses optimasi dalam jangka waktu tertentu tidak mendapatkan hasil sebagaimana kesepakatan. Baca kecepatan kinerja terlebih dahulu sebelum memastikan untuk berlangganan.

Banner Jasa Ahli SEO

Sudah Paham Seputar Ubersuggest?

Sampai di sini, bagaimana? Sudah cukup paham mengenai apa itu Ubersuggest, fungsi dan juga cara menggunakannya?

Jika belum, tidak perlu khawatir. Karena manfaat dari alat ini tetap bisa didapatkan secara lebih praktis dan mudah. Anda hanya perlu berlangganan SEO pada jasa SEO terbaik dan terpercaya.

Hubungi Jasa Ahli SEO di www.jasaahliseo.com. Ini adalah opsi terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Jika butuh informasi lebih lanjut mengenai agen SEO satu ini, jangan ragu untuk hubungi melalui kontak tertera di halaman website utama. Yuk, tingkatkan performa situs web Anda dengan Ubersuggest dan Jasa Ahli SEO!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us