Logo jasaahliseo

Screaming Frog: Fitur, Manfaat, Hingga Cara Proses Penggunaannya

Logo Screaming Frog

Share:

Tools Screaming Frog sangat populer dikalangan SEO spesialis. Tools ini merupakan aplikasi terlengkap untuk analisis SEO dibandingkan aplikasi serupa. Alat ini dapat membantu Anda meningkatkan performa SEO website secara on-page. Fiturnya yang beragam sangat berguna para profesional di bidang SEO. Untuk melihat lebih jauh,mari simka ulasan lengkapnya pada artikel ini!

Apa Itu Tools Screaming Frog ?

Screaming Frog adalah software yang memang dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam melakukan analisis dan audit situs web. Software ini memberikan wawasan kepada pengguna informasi tentang permasalahan yang ada dan perlu untuk diperbaiki. Pengguna akan memperoleh informasi mendalam seputar struktur halaman, kata kunci, tautan serta elemen teknis yang berpengaruh.

Pengguna juga dapat memahami secara menyeluruh bagaimana mesin pencari bekerja untuk membaca maupun mengindeks suatu website. Screaming Frog  juga membantu para pengelola web untuk dapat muncul pada SERP. Yakni dengan mencegah trouble yang ada atau menghalangi bot mesin pencari untuk melakukan crawling yang dapat menyebabkan website tidak terindeks Google.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Screaming Frog?

Bagi digital marketer dan SEO specialist, penggunaan tools ini sangat bermanfaat untuk melakukan analisa dan optimalisasi website. Lebih dari itu, masih banyak manfaat lainnya yang diberikan oleh software ini, antara lain:

1. Analisis yang Mendalam

Manfaat utama dari Screaming Frog adalah analisis yang mendalam terhadap struktur dan elemen teknis pada suatu website. Hal ini dapat membantu pengguna untuk dapat memahami situs secara lebih spesifik.

2. Memantau Kesehatan Website

Aplikasi ini memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi URL yang bermasalah atau rusak, tag meta yang kurang optimal, maupun masalah teknis yang lainnya. Sehingga aplikasi analisa website ini dapat membantu Anda dalam memantau serta meningkatkan kesehatan website secara keseluruhan.

3. Pemahaman Tentang Struktur Link Tautan

Dengan menganalisis tautan internal maupun eksternal dapat membantu pengguna dalam memahami struktur tautan pada website. Selain itu, dapat pula memberikan wawasan tentang bagaimana halaman terkait dan berinteraksi.

4. Memantau Kinerja Gambar

Software analisa ini ternyata dapat melakukan analisa gambar pada website. Ini termasuk ukuran dan jenis file, serta membantu dalam memastikan kinerja sebuah website dan waktu pemuatan yang optimal.

5. Memantau Keamanan SSL/TLS

Manfaat lainnya yaitu dengan pemeriksaan protocol SSL/TLS. Sehingga dapat membantu pengguna dalam memastikan keamanan website serta memberikan perlindungan terhadap ancaman keamanan pada sebuah situs.

Baca juga ini: Ketahuilah! Apa Perbedaan SSL Gratis dan Berbayar? 

6. Memantau Perubahan

Tidak heran jika banyak orang merasa penasaran karena fiturnya yang luar biasa. Salah satunya yakni dapat memfasilitasi pemantauan perubahan pada website, sehingga memungkinkan pengguna dapat melacak dan mengevaluasi dampak perubahan tersebut.

Baca lebih lanjut  Cara Cek Keamanan Website yang Wajib Diketahui

7. Menyediakan Hreflang Audit

Dengan adanya audit hreflang dapat mendukung website dengan versi bahasa maupun regional. Pengguna juga dapat memastikan relevansi serta kesesuaian konten untuk pengguna di berbagai wilayah.

8. Terintegrasi Data Google Analytic dan Google Search Console

Manfaat lainnya yaitu dapat terintegrasi dengan data Google Analytic dan Search Console. Sehingga mampu memperkaya data analisis serta memberikan informasi yang lengkap dan konseptual.

Baca juga ini: Apa itu Google Search Console: Pengertian, Fungsi dan Panduan Lengkapnya

Screaming Frog, Ini Keuntungan yang Bisa Pengguna Dapatkan

Dilansir dari beberapa sumber seperti Growth Rocket, Tools Screaming Frog memiliki beragam fitur yang sangat bermanfaat bagi para Digital Marketer maupun SEO Specialist, diantaranya :

1. Mampu Menemukan Link yang Tidak Dapat Diakses

Fitur pertama yaitu menemukan link yang tidak dapat diakses dan link yang tidak dapat ditemukan oleh user atau disebut broken link. Masalah semacam ini bisa disebabkan oleh berbagai hal. 

Ketika  menemukan “404 page not found, tools ini dapat membantu Anda melakukan crawling dengan cepat untuk menemukan broken link tersebut dengan mengunduh datanya dan kemudian memperbaikinya.

2. Melakukan Audit Pada Link yang di Redirect

Selain membantu menemukan broken link, pengguna juga dapat menemukan redirect link sementara maupun permanen dengan tools ini. Selain itu, Anda juga dapat menemukan apakah redirect tersebut berhasil atau tidak.

Baca juga ini: Cara SEO Audit Website yang Baik dan Benar Terbaru

3. Melakukan Analisis Metadata

Dengan software ini, Anda dapat mengecek judul SEO serta meta deskripsi dari konten yang Anda buat saat aplikasi ini melakukan scrawling. Dari data yang ditampilkan, akan terlihat informasi lengkap mengenai metadata yang mungkin kurang sesuai untuk muncul pada SERP.

Baca juga ini: Search Term: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Optimasi

4. Mampu Menemukan Konten Duplikat

FItur lainnya adalah menemukan konten yang memiliki sebuah kesamaan signifikan sehingga mempengaruhi posisi artikel pada SERP. Selain menemukan konten duplikasi, Anda juga akan menemukan konten yang kurang baik, sehingga dapat dilakukan optimalisasi agar konten lebih baik.

Baca juga ini: Duplikat Konten: Apa itu Duplikat Konten, dan Bahayanya seperti Apa?

5. Melakukan Review Robot dan Directives

Anda dapat melihat URL yang telah diblokir oleh robots.txt. Hal tersebut dilakukan karena Google Search Central mengkonfirmasi bahwa file dari robots.txt menginformasikan data tersebut kepada search engine crawler dan membantunya menemukan URL mana yang bisa diakses sehingga load time yang dimiliki website Anda dapat dipercepat.

Baca juga ini: Pengertian Robots.txt: Fungsi, Cara Kerja dan Perbedaanya?

6. Dapat Membuat XML Sitemap

Tak hanya beberapa poin di atas, terdapat sebuah halaman-halaman penting atau disebut XML Sitemap. Anda dapat membuat XML Sitemap untuk melihat seluruh perubahannya, seberapa penting prioritasnya, serta berapa banyak total perubahan yang terjadi.

Baca juga ini: Apa itu Sitemap Website? Jenis, Fungsi, dan Cara Membuat

Fitur-Fitur Apa Saja yang Ditawarkan Screaming Frog?

Alat ini memang cukup bermanfaat dan memudahkan para pengelola web. Anda juga dapat melakukan evaluasi terhadap struktur website dengan menggunakan crawl yang interaktif. Adapun berbagai fitur yang ditawarkan yaitu :

  1. Unlimited list mode : Pada versi gratis terdapat batasan untuk mengunggah dan melakukan crawl, sedangkan pada versi berbayar tidak ada batasan URL.
  2. Crawl report : Klik kanan pada URL, maka pengguna dapat mengekspor crawl report yang menunjukkan bagaimana URL tersebut ditemukan selama proses crawling.
  3. Audit redirect saat migrasi : memudahkan proses audit redirect terutama pada migrasi situs. Pengguna dapat mengunggah list URL lama, memproses crawling, dan mengikuti rantai redirect hingga mencapai URL tujuan.
  4. AJAX crawling : fitur yang dapat melakukan crawl website yang mematuhi skema AJAX dari Google.
  5. Editing title page dan meta description : Pengguna dapat mengedit judul halaman dan meta deskripsi melalui snapshot emulator SERP, menunjukkan lebar pixel hingga bagaimana teks tersebut ditampilkan pada mesin pencari.
  6. SERP snippet : fitur yang memungkinkan pengguna dapat melihat SERP snippet ditampilkan dalam berbagai perangkat seperti tablet, mobile, maupun desktop.
  7. XML Sitemap Auditing : Fitur yang digunakan untuk mengunggah sitemap XML langsung pada tools untuk proses crawling serta memastikan tidak ada error yang terjadi pada sitemap.
  8. Canonical error : fitur yang memberikan ringkasan tentang masalah yang muncul berkaitan dengan canonical.
  9. Crawling authenticated staging sites : fitur yang mendukung autentikasi dasar dan digest authentication untuk membantu pengguna untuk crawl staging site atau development server yang perlu aktivitas login.
Baca lebih lanjut  Cara Memilih Jasa SEO yang Baik dan Benar

Apa Kelebihan dan Kelemahan Screaming Frog?

Screaming Frog memiliki banyak kelebihan. Pertama, dapat melakukan crawling situs web dengan sangat cepat sehingga membuat pengguna melakukan analisis secara efisien. Kedua,memberikan informasi yang lengkap terkait elemen pada situs web sehingga analisis dapat dilakukan lebih mendalam.

Selanjutnya, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih sehingga pengguna dapat memahami aspek kunci pada SEO dan mengoptimalisasi peringkat website. Tools ini juga dirancang dengan tampilan yang intuitif dan mudah digunakan terutama bagi pemula.

Tak hanya itu, beberapa keunggulan juga sudah terintegrasi dengan banyak tools SEO lainnya seperti Google Search Console, Google Analytic, Pagespeed Insight, Majestic, Ahrefs, dan Moz sehingga pengguna dapat melihat perbandingan hasil analisis pada masing-masing tools.

Namun sayangnya, untuk menggunakan Tools Screaming Frog perlu dilakukan instalasi pada komputer. Dengan menginstall pada komputer, tentunya membutuhkan space penyimpanan yang besar. Sehingga setiap membuat projek analisis SEO maka akan bergantung sisa HDD pada perangkat yang dimiliki. Besaran tiap projek pun tergantung pada banyaknya analisis pada setiap url.

Perangkat yang digunakan juga harus memiliki spek tinggi. Pada Windows 10+ dengan spesifikasi Core i7, RAM 16GB, dan VGA 8GB ternyata masih lambat. Hal ini mungkin karena berpengaruh pada jumlah url yang dianalisis.

Bagaimana Proses Analisa SEO Menggunakan Screaming Frog?

Ada beberapa langkah dalam melakukan proses analisa SEO. Sebelumnya, Anda perlu mengunduh aplikasi tersebut dalam perangkat, kemudian lakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan. Standar perangkat hardware yang dapat digunakan agar hasil analisa maksimal yaitu 1GB RAM untuk 32-bit dan 2GB RAM untuk 64-bit.

Agar performa yang didapatkan lebih baik, gunakan RAM 8GB agar terhindar dari crash saat proses crawling. Setelah konfigurasi selesai, buka aplikasinya kemudian masukkan URL website yang akan dianalisis. Proses crawling akan dimulai dan aplikasi akan mengumpulkan data tentang struktur dan konten di setiap halaman.

Baca lebih lanjut  5 Manfaat Jasa SEO untuk Tingkatkan Keuntungan Penjualan

Setelah selesai, Anda akan memperoleh data eksklusif mengenai setiap elemen yang ada pada website. Anda dapat melakukan analisa secara mendalam dan detail terkait apa yang perlu ditingkatkan. 

Dari hasil analisis tersebut, maka akan terlihat identifikasi masalah yang ditemukan. Seperti mengubah atau memperbaiki konten, metadata, maupun struktur website sesuai dengan rekomendasi yang diberikan.

Setelah dilakukan perbaikan, amatilah kinerja pada situs website yang dianalisis. Gunakan aplikasi secara berkala untuk dapat melacak kemajuan optimasi serta menemukan identifikasi masalah yang ter-update yang mungkin muncul pada website Anda.

Dalam melakukan proses crawling, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Proses crawling dapat dihentikan dan dilanjutkan sesuai dengan keinginan serta kebutuhan pengguna. Jika waktunya terlalu lama dan butuh dihentikan sementara, maka Anda dapat mem-pause prosesnya.

Saat proses crawling berlangsung, jangan mematikan maupun menutup perangkat. Hal tersebut akan menghilangkan seluruh data yang selesai crawling. Kemudian, Anda dapat menyimpan hasilnya dan melanjutkan prosesnya di waktu lain. Jadi, jangan khawatir jika harus mematikan perangkat sebab data tersebut bisa disimpan.

Apa Perbedaan pada Screaming Frog Versi Berbayar dan Versi Gratis?

Screaming Frog memiliki dua versi, yaitu versi gratis dan versi berbayar. Pada versi gratis, dilengkapi dengan fitur dasar. Jika Anda menggunakan yang versi gratis, Anda hanya dapat melakukan crawling dengan batas maksimal 500 URL saja. Tenang saja, versi gratis cukup efektif digunakan namun tergantung pada banyak data yang dibutuhkan.

Untuk versi yang berbayar ditawarkan seharga £199 atau sekitar Rp3.855.028, tentunya dilengkapi dengan fitur yang lebih canggih dan lengkap. Jumlah halaman yang diindeks lebih besar dibandingkan versi gratis. Anda juga dapat mengakses fitur-fitur premium serta mendapatkan dukungan yang lebih baik untuk mengoptimalisasi website Anda.

Fitur lanjutan yang dapat diakses pada versi berbayar antara lain: JavaScript Rendering, Crawl Comparison, Spelling and Grammar Checks, Custom Source Code Search, Custom Extraction, Google Analytics Integration, Search Console Integration, PageSpeed Insights Integration, dan Form-based Authentications.

Screaming Frog sangat membantu pada dunia SEO. Jika Anda berprofesi sebagai digital marketer maupun SEO specialist, aplikasi ini bisa menjadi pilihan yang efektif untuk dapat meningkatkan kinerja Anda dalam penerapan SEO.

Banner Jasa Ahli SEO

Bingung? Pilih Jasa Ahli SEO Profesional untuk Membantu Mengatasi Kesulitan Anda!

Setelah membaca uraian di atas, mungkin bagi pengelola web pemula perlu mencerna pembahasan tersebut lebih dalam. Ada beberapa fitur yang mungkin tidak Anda mengerti dan menerapkan caranya. 

Satu alternatif yang bisa dicoba adalah dengan memilih jasa SEO profesional seperti di https://jasaahliseo.com. Melalui penyedia jasa ini, Anda bisa mempercayakan kesehatan website dan mengatasi masalah yang mungkin menjadi penghambat situs Anda tidak mampu berkembang. 

Didukung dengan tim handal untuk melakukan optimasi yang sesuai dengan update algoritma mesin saat ini. Sehingga bisa dengan signifikan mampu meningkatkan branding website yang Anda bangun. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dan mencari tahu melalui situs utama di www.jasaahliseo.com. 

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us