Logo jasaahliseo

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO Internasional

Share:

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal. 

Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki konten, sampai dengan pengoptimalan bagian tag. Jika Anda ingin situs web maju dan bertahan dalam jangka waktu panjang, sebaiknya terapkan strategi ini. 

 

Pengertian SEO Internasional

SEO internasional merupakan teknik untuk meningkatkan keterlibatan website Anda di search engine results page (SERP) multinasional. Baik di mesin pencari yang menggunakan bahasa maupun wilayah berbeda dari lokasi website

Dengan menggunakan SEO internasional, suatu website dirancang agar lebih siap bersaing di pasar global. Tak hanya itu, situs web Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak audiens dari berbagai lokasi. Bahkan meskipun konten original yang terdapat di website hanya menggunakan satu bahasa. 

 

Cara Optimasi SEO Internasional 

Untuk memastikan terwujudnya tujuan dari penerapan SEO internasional, terdapat langkah-langkah penting yang perlu dilakukan. Diantara langkah tersebut, Anda bisa menggunakan satu bahasa di tiap laman, menerapkan tag HReflang, mengoptimasi URL global, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya bisa diketahui dalam cara optimasi international SEO di bawah ini. 

1. Gunakan Satu Bahasa di Tiap Halaman

Memastikan tiap halaman konten menggunakan satu bahasa bertujuan agar mesin penelusur lebih mudah memahami maksud isi konten. Misalnya, jika konten ditargetkan untuk masyarakat di Jerman, artikelnya bisa dibuat menggunakan bahasa Jerman. Cara ini memungkinkan konten tersebut menduduki peringkat teratas sehingga visibilitasnya cukup tinggi di halaman hasil penelusuran wilayah Jerman.

2. Terapkan Tag HReflang 

Untuk mengoptimalkan performa situs web di pasar global, tag HReflang perlu dipasang. Tag yang dapat dipasang dengan struktur HTML, sitemap XML, ataupun HTTP ini dapat membantu audiens lebih mudah memahami isi konten.

Baca lebih lanjut  Manfaat AI untuk SEO? Berikut 7 Manfaat AI yang Wajib Tahu

Pasalnya, meskipun satu halaman dibuat dengan satu bahasa khusus, HReflang memungkinkannya untuk diterjemahkan secara otomatis ke bahasa lain berdasarkan wilayah pengguna. Bahkan, Anda juga bisa mengoptimasi pengaturannya sehingga audiens dapat mengubah bahasa terjemahan yang diinginkan.

3. Gunakan Struktur URL untuk Situs Global 

Untuk memudahkan audiens dalam mengakses situs web Anda, sebaiknya gunakan struktur URL yang relevan untuk pengunjung global. Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan ccTLD atau domain tingkat atas kode negara. Contohnya, domain Jepang menggunakan kode .jp, domain Inggris memakai .uk, dan sebagai.

Sebagai informasi, penerapan jenis URL tadi dapat memastikan target geografis yang ditetapkan makin kuat. Pasalnya, Google membaca bahwa konten yang Anda buat ditujukan hanya untuk masyarakat di wilayah tertentu. Selain itu, tingkat kredibilitas situs web juga meningkat berkat adanya format domain yang dengan negara target.

Selain URL ccTLD, URL relevan untuk situs global juga mencakup tipe link yang dilengkapi subfolder dengan kode nama negara target. Contohnya, domainsample.com/jp/konten-1 untuk konten negara Jepang.

Sebagai informasi, jenis URL relevan untuk SEO internasional ini dapat mengkonsolidasikan otoritas domain. Terutama di mata mesin pencari. Selain itu, membuat jenis URL ini terbilang lebih mudah dibandingkan ccTLD. Segmentasi konten di dalamnya juga lebih jelas dan variatif.

Satu lagi pilihan URL relevan untuk optimasi international SEO. Yaitu, subdomain yang umumnya menggunakan kode negara sebelum nama domain. Contohnya, jp.example.com untuk situs bertarget masyarakat Jepang.

4. Tingkatkan Kinerja Situs Menggunakan CDN

Langkah optimasi situs selanjutnya bisa dengan meningkatkan kinerjanya menggunakan CDN (content delivery network). Penggunaan elemen tersebut dapat mempercepat waktu loading website secara signifikan di berbagai wilayah target. Dengan demikian, di mana pun audiens mengakses situs Anda, tiap-tiapnya akan merasa puas dengan kinerjanya.

5. Manfaatkan Media Sosial dan Ulasan Pengguna 

Untuk memaksimalkan hasil optimasi international SEO, Anda juga sebaiknya memanfaatkan media sosial maupun ulasan pengguna. Pasalnya, keduanya berguna untuk memudahkan peningkatan visibilitas situs di berbagai negara. Tak hanya itu, kemudahan juga terasa dalam penargetan bahasa, termasuk membuat konten dengan bahasa resmi di wilayah tertentu.

6. Tangani Masalah Duplikat Konten dan Kanonikalisasi

Masalah duplikat konten yang terdapat di situs web Anda perlu diatasi sesegera mungkin. Terutama jika ingin proses meningkatkan performanya di pasar global makin lancar. Pasalnya, keberadaan konten duplikat umumnya jadi salah satu pemicu turunnya peringkat suatu website. Dengan mengoptimasi bagian duplikasi konten, Anda bisa memastikan kelancaran situs web dalam menjangkau audiens internasional.

Baca lebih lanjut  Mengenal Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Melakukan Backlink

Selain dengan mengatasi masalah duplikat, konten juga sebaiknya dikanokalisasi atau disederhanakan. Hal tersebut dapat membantu audiens lebih mudah memahami bahasa dalam konten. Terutama jika Anda menggunakan fitur pengalih bahasa. Keberadaan konten yang sederhana dapat menjadikannya tetap mudah terbaca meskipun dialihbahasakan ke berbagai bahasa lainnya.

Langkah-Langkah Membangun Strategi SEO Internasional yang Efektif

Selain menerapkan teknik di atas, dalam optimasi SEO internasional juga diperlukan penerapan strategi lain untuk mengefektifkan langkah-langkah tersebut. Diantara strategi yang harus dilakukan adalah membuat tujuan jelas dari optimasi SEO ini hingga memaksimalkan kualitas terjemahannya.

  • Tetapkan Tujuan Jelas Penerapan SEO Internasional

Menetapkan tujuan jelas dalam upaya optimasi SEO ini penting dilakukan untuk memastikan keberhasilan kampanye. Pasalnya, keberadaan target terukur dapat memaksimalkan upaya-upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Beda halnya dengan optimasi tanpa tujuan jelas yang berkemungkinan besar akan terhenti di tengah jalan karena beberapa faktor. Seperti target audiens yang ingin dijangkau tidak pasti sehingga upaya optimasi tidak dilakukan secara fokus dan bertahap.

Adapun untuk mencapai tujuan tersebut, Anda perlu melakukan penelitian komprehensif mengenai pasar lokal hingga perilaku audiens. Untuk hal tersebut bisa digunakan alat-alat SEO, seperti Google Keyword Planner, Google Trends, dan Google Search Console.

  • Analisis Persaingan dengan Kompetitor 

Strategi menyukseskan upaya optimasi SEO internasional juga mencakup analisis mendalam seputar persaingan dengan kompetitor. Tentu di wilayah berbeda akan ada beberapa situs beda yang akan jadi pesaing Anda. Untuk mengetahui situs mana saja, Anda bisa memanfaatkan platform SEMRush, Moz, ataupun Ahrefs.

Alat-alat SEO tadi juga berguna untuk memberikan insight lengkap mengenai strategi efektif untuk memenangkan persaingan situs di tiap wilayah target.

  • Gunakan Bahasa Tertentu untuk Satu Wilayah Target 

Saat menargetkan suatu wilayah, situs web Anda harus dipastikan menggunakan satu bahasa tertentu. Contohnya, bahasa Jepang untuk target di wilayah Jepang.

Ini dikarenakan, meskipun situs sudah menerapkan tag HReflang, alat tersebut mungkin belum sesuai untuk kebanyakan audiens di negara target. Untuk menentukan harus tidaknya situs web menggunakan bahasa tertentu untuk satu wilayah target, Anda sebaiknya melakukan penelitian. 

Ketahui apakah target audiens Anda terbiasa klik laman yang diterjemahkan atau lebih menyukai konten berbahasa original yang mereka gunakan sehari-hari.

  • Bangun Tautan Lokal untuk Tingkatkan Performa SEO 

Strategi internasional SEO juga dapat dimaksimalkan hasil optimasinya dengan membangun tautan lokal di wilayah target.  Misalnya, jika Anda menargetkan audiens di wilayah Texas, pastikan untuk mendapatkan backlink dari situs yang berlokasi di negara tersebut. Situs tersebut juga harus relevan dengan niche website Anda untuk meningkatkan performanya di mesin pencari. 

Baca lebih lanjut  Tips Moz: Tools SEO yang Efektif untuk Riset Keyword dan Analisa Website

Dengan taktik ini, Anda tak hanya bisa menjangkau audiens dari pencarian organik. Namun, pengunjung situs web setempat juga bisa menjadi titik awalnya website Anda ditemukan. 

  • Buat Konten dengan Bahasa Populer di Dunia 

Jika Anda kesulitan dalam membuat konten dengan berbagai bahasa, tak ada salahnya menghadirkan konten yang menggunakan bahasa populer di dunia. Seperti bahasa Inggris dan juga Mandarin. 

Mengingat banyaknya penutur kedua bahasa tersebut, konten Anda jadi bisa dengan mudah diakses banyak orang di pasar global. Bahkan meskipun tanpa adanya tag khusus.

  • Lengkapi Situs dengan Menu Navigasi Pengalih Bahasa

Jika memilih menggunakan satu bahasa yang tidak begitu populer, sebaiknya lengkapi situs web dengan menu navigasi pengalih bahasa. Bagian ini sangat penting untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Anda bisa menambahkan beberapa pilihan bahasa yang sesuai dengan target audiens agar user experience makin tinggi.

  • Riset Kata Kunci untuk Target Pasar

Untuk memastikan konten yang dibuat benar-benar relevan dengan kebutuhan pengguna di suatu wilayah, penting bagi Anda untuk membuat kata kunci khusus. Secara umum, cara memilih kata kunci untuk berbagai bahasa cukup sama dengan menentukan keyword saat membuat konten berbahasa Indonesia.

Bedanya, Anda perlu mempertimbangkan bahasa dari keyword utama ataupun turunannya agar tetap relevan dengan kebutuhan audiens. Alat untuk membantu Anda menemukan kata kunci SEO internasional adalah Google Keyword Planner dan SEMRush. Keduanya bisa digunakan untuk menemukan kata kunci potensial di berbagai negara yang Anda targetkan.

  • Memaksimalkan Kualitas Terjemahannya

Langkah terakhir dalam memastikan keberhasilan upaya penerapan strategi internasional SEO adalah memaksimalkan kualitas terjemahannya. Makin baik dan mudah dipahami alihan bahasa konten maka situs web Anda akan disukai oleh target pengunjung di wilayah tertentu.

Untuk mendapatkan user experience yang tinggi, sebaiknya Anda memastikan akurasi bahasa asli dalam konten serta terjemahan ke bahasa target. Anda bisa melakukan evaluasi secara mandiri maupun menggunakan ahli bahasa agar kualitas terjemahannya lebih meyakinkan. Opsi lainnya, Anda bisa memilih menggunakan plugin translate dan berinvestasi dengan nominal terbaik untuk mendapatkan hasil yang sama baiknya. 

Jasa SEO Murah

Yuk, Terapkan SEO Internasional dengan Jasa Ahli SEO! 

Itu tadi sejumlah informasi mengenai jenis SEO internasional. Dimulai dari pengertian sampai cara optimasinya. Kesimpulannya, jenis international SEO merupakan strategi untuk meluaskan jangkauan pasar Anda di kancah global. Adapun cara untuk mencapai tujuan tersebut, perlu dilakukan peningkatan visibilitas dan memaksimalkan kualitas situs web agar user experience makin tinggi. 

Situs web Anda bisa mendapatkan user experience yang tinggi dengan mengoptimasi bahasa dalam konten agar mudah dibaca audiens. Di samping itu, struktur URL yang jelas untuk target di wilayah tertentu juga dapat membantu mensukseskan penerapan strategi SEO ini.

Untuk memastikan Anda bisa mencapai tujuan dari penerapan international SEO, manfaatkan layanan Jasa Ahli SEO. Tim SEO berpengalaman ini dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan implementasi strategi internasional SEO. 

Mulai dari memastikan kata kunci relevan untuk target di berbagai negara hingga memastikan konten memiliki bahasa yang mudah dipahami audiens. Untuk mendapatkan pelayanan terbaik Jasa SEO Internasional, lakukan konsultasi segera via nomor telepon tertera di www.jasaahliseo.com. 

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us