Logo jasaahliseo

10 Alat SEO untuk Cek Traffic Website yang Wajib Kamu Tahu

Share:

Sebagai pengelola website, kamu harus tahu pentingnya alat cek traffic website. Di era serba modern seperti saat ini, sebagian besar masyarakat pasti sudah tidak asing dengan situs di internet. Ada banyak informasi penting yang bisa kamu dapatkan melalui banyak platform yang disediakan.

Mulai dari blog pribadi, hingga membangun blog untuk kepentingan usaha atau perusahaan. Semua keberhasilan tersebut tentu tidak lepas dari adanya traffic. Dimana kunjungan dari setiap orang ke dalam website sangat berpengaruh.

Seberapa bagusnya website kamu, tidak akan berpengaruh banyak jika trafiknya sedikit. Begitu pula sebaliknya, kamu bisa memiliki kredibilitas lebih jika kunjungan dalam situs tergolong besar. Untuk mendapatkan informasi lebih, mari simak artikel lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Traffic

Semua website pasti membutuhkan kunjungan. Ini bisa menjadi tolak ukur mengenai tinggi rendahnya sebuah situs. Traffic sendiri adalah jumlah keseluruhan orang yang mengunjungi website. Hal ini mencakup beberapa kegiatan. Mulai dari membuka halaman, membaca hingga durasi yang dihabiskan ketika berkunjung.

Nantinya semua data akan direkam secara lebih spesifik oleh sistem data. Umumnya, traffic terbagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari referral traffic, direct traffic, social traffic, organic traffic dan paid traffic. 

Dari semua jenis di atas, yang paling disukai oleh mesin pencarian adalah model organic traffic. Hal ini karena, organic bisa dikatakan pure kunjungan orang tanpa ada campur tangan teknik tertentu.

Inilah Deretan Alat Cek Traffic Website yang Mudah Digunakan

Ada beberapa langkah strategis yang bisa kamu lakukan untuk melihat seberapa besar perkembangan situs. Salah satunya dengan mengetahui jumlah traffic untuk bahan pertimbangan dalam melihat performanya. Inilah beberapa rekomendasi alat cek traffic website yang bisa kamu gunakan:

  • Ubersuggest

Mungkin sebagian orang mengenal Ubersuggest sebagai tools untuk riset kata kunci. Namun ternyata, situs ini juga menawarkan fitur lain, yakni untuk cek traffic sebuah website. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memasukkan nama domain kemudian menentukan nama Negara. 

Baca lebih lanjut  Tips Cara Bikin Website Lewat HP, Khusus Pemula

Nantinya sistem akan bekerja untuk memproses data untuk menampilkan traffic website. Salah satu keunggulan tools ini adalah dapat digunakan secara gratis. Namun jika kamu ingin mendapatkan layanan yang lebih lengkap, bisa mencoba untuk versi berbayar.

  • Google Analytics

Alat cek traffic website yang sering digunakan adalah Google Analytics. Tools buatan Google cukup kredibel  dan dapat diandalkan. Ini merupakan platform yang mampu membuat insight data situs pengguna. Selain penggunaan yang sangat mudah, kamu juga bisa memanfaatkannya secara gratis. 

Pengguna bisa melihat lalu lintas data situs secara lengkap. Mulai dari traffic pengunjung, bounce rate, volume dan beberapa fitur lainnya. Tak hanya itu, Google Analytics juga membantu pengguna untuk mengenal lebih jauh mengenai target konsumen yang dianggap potensial untuk website.

  • Semrush

Mungkin sebagian besar orang mengenal situs ini untuk mencari kata kunci. Namun lebih dari itu, Semrush dapat dimanfaatkan untuk melihat traffic web.  Tools ini adalah alat SEO yang memungkinkan pengguna untuk melakukan audit web, analisis kompetitor hingga peluang terbaik untuk melihat backlink. Sehingga kamu bisa melihat seberapa besar kinerja situs sehingga melihat perbandingan mengenai performanya. Semrush tersedia dalam dua versi. Yakni versi gratisan dan berbayar. 

  • Alexa

Salah satu situs yang dapat diandalkan selanjutnya adalah tools besutan Amazon yang berbasis di California yakni Alexa. Alat ini cukup familiar untuk para pengelola web. Tak ayal jika Alexa sering dijadikan referensi untuk melihat statistic data pengunjung. Tak butuh waktu lama, pengguna hanya perlu memasukkan nama domain dan system akan menampilkan hasilnya. 

  • SE Ranking

SE Ranking kerap dimanfaatkan untuk memantau posisi kata kunci dengan akurasi yang tinggi. Tools ini menawarkan banyak fitur, mulai dari melacak penempatan kata kunci, cek SEO web sehingga mampu mendapatkan target audience tepat. Dari banyak perbandingan, SE Ranking dianggap kompeten untuk memberikan rekomendasi backlink berkualitas hingga audit situs yang lengkap.

  • SimilarWeb

Tidak jauh berbeda dengan beberapa platform di atas, SimilarWeb merupakan alat yang juga menyajikan informasi mengenai lalu lintas data website. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan informasi lebih mengenai analisis kompetitor, mengidentifikasi peluang pasar, meningkatkan kinerja website hingga memantau persaingan kata kunci lain.

  • Ahrefs

Bagi pakar SEO, alat cek traffic website ini sepertinya tidak asing. Untuk para pemula, bisa mencoba yang versi gratisan. Namun umumnya untuk pegiat SEO menggunakan versi berbayar untuk mendapatkan fitur lengkap. 

Baca lebih lanjut  Tips Optimasi SEO On-Page Untuk Meningkatkan Ranking Website

Kelebihan Ahrefs adalah mampu menampilkan overview traffic secara lebih jelas berdasarkan top pages, top keyword, domain analytics, site explorer hingga domain checker.

  • Siteprice

Kemudahan lain yang bisa kamu rasakan untuk cek traffic adalah melalui Siteprice. Cukup memasukkan nama website di dalam kolom pencarian, maka system akan menampilan overview mengenai data statistic situs yang kamu kelola. 

Secara umum, data yang ditampilkan akan diukur melalui beberapa metrik. Mulai dari rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung, daily pageview, hingga estimasi mengenai jumlah kunjungan per hari.

  • Website Worth Calculator

Jika masih bingung mengenai cara cek traffic web, tools satu ini bisa kamu coba. Sekilas Website Worth Calculator tidak jauh beda dengan beberapa tools yang sudah dijelaskan. Melalui situs ini, pengguna bisa melihat laporan lengkap yang akan ditampilkan dalam kontek harian, hingga tahunan. 

  • Histats

Alternatif lain yang tidak kalah canggih adalah Histats. Alat ini cukup digemari karena kemudahan serta dapat digunakan gratis. Beberapa fitur yang ditawarkan seperti monitoring mengenai jumlah visitor serta mampu melakukan pengecekan secara real time.  Sehingga pemilih situs bisa melihat pengunjung online di waktu bersamaan.

Untuk mulai menggunakannya, kamu tidak harus unduh aplikasi namun hanya dengan login pada situs utamanya. Ini merupakan tools yang menyediakan system statistic cukup akurat.

Bingung Mengelola Situs Web? Yuk Coba Jasa SEO Profesional

Saat ini, banyak orang yang menjadikan blogger sebagai ladang mencari cuan. Hal ini dirasa umum, karena pengguna internet kini semakin  bertambah. Sehingga peluang untuk mendapatkan penghasilan dari cara ini masih terbuka lebar. 

Jika kamu merupakan salah satu pemilik website dan merasa kesulitan dalam mengelola, gunakan penyedia jasa SEO untuk mengatasinya. Portal online yang juga menyedia Jasa SEO terpercaya dan profesioanl adalah di www.jasaahliseo.com

Baca lebih lanjut  Tips SEO: Mengenal Jenis Traffic Website yang Wajib Tahu

Ada beberapa teknik SEO yang digunakan sesuai algoritma Google saat ini. Bahkan jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengisi konten, penyedia jasa ini bisa membantu dengan menghasilkan konten berkualitas yang berpeluang tinggi masuk page one Google.

Kamu tidak perlu ragu, karena penyedia jasa ini telah memiliki visibilitas tinggi untuk memberikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Didukung dengan para ahli yang berdampak untuk peningkatan situs. Kamu bisa berkonsultasi dengan contact person yang bisa diakses melalui laman utama di www.jasaahliseo.com.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us