Logo jasaahliseo

Apa Itu HTTPS? Pengertian, Fungsi,dan Jenis

Apa Itu HTTPS Pengertian, Fungsi,dan Jenis

Share:

Masih banyak yang belum tahu mengenai apa itu HTTPS. Bahkan di kalangan orang-orang yang memiliki situs web sekalipun. Padahal, istilah ini cukup penting diketahui pengertiannya, fungsinya, maupun jenis-jenisnya.

Pasalnya, pengetahuan tersebut bisa jadi pegangan guna memastikan situs web tetap aman ke depannya.  Sebagai informasi dasar, bahwa ada banyak istilah yang semestinya para pengelola dan pengguna website harus pahami. 

Tidak sedikit pengetahuan yang bisa Anda dapatkan melalui internet. Jadi jangan lewatkan pembahasan mengenai format HTTPS pada artikel di bawah ini!

Pengertian HTTPS

Untuk diketahui, HTTPS adalah format situs web yang sudah terenkripsi oleh sistem keamanan internet (SSL). Situs web yang memiliki protokol ini biasanya sudah melalui beberapa tahapan pendataan sehingga dinyatakan aman oleh sistem internet.

Jadi artinya, jika situs web dilengkapi protokol HTTPS, besar kemungkinan website tersebut benar-benar aman dikunjungi siapa saja. 

Namun, kini terdapat beberapa platform yang menawarkan pemberian sertifikasi HTTPS gratis pada pengguna website. Mengetahui hal ini, sebaiknya Anda tidak senang dulu. Pasalnya, beberapa di antaranya justru bisa membahayakan website Anda.

6 Fungsi HTTPS yang Perlu Diketahui

Mengenyampingkan soal platform penyedia layanan pemberian format HTTPS, tahukah Anda fungsi dari protokol tersebut. Selain menunjukkan jaminan keamanan pada pengunjung situs web, protokol ini juga punya fungsi seperti berikut ini:

1. Meningkatkan Keamanan Situs Web

Situs yang menjamin keamanan bagi pengunjungnya sudah pasti aman juga untuk berbagai data di dalamnya. Jelasnya, salah satu fungsi HTTPS ini adalah memastikan situs web Anda jadi lebih aman. Dengan demikian, tidak perlu khawatir mengenai data-data yang ada selama Anda rutin meningkatkan keamanan website dengan memperbarui format HTTPS.

Baca lebih lanjut  Mengapa Jasa SEO Penting Untuk Bisnis Online Anda?

2. Memperbesar Peluang Dikunjungi Banyak Pengguna Internet

Salah satu alasan pentingnya Anda untuk mengetahui apa itu HTTPS ialah fungsinya juga mencakup peningkatan performa traffic. Situs web yang baik dan aman pasti lebih banyak dikunjungi pengguna internet sebab faktor terkait keamanan dapat mempengaruhi ranking. Oleh karena itu, situs web yang aman bisa jadi punya peluang lebih besar untuk ada di posisi teratas dalam SERP.

3. Mendapatkan Positive Value dari Google dan Pengunjung

Adanya fungsi HTTPS seperti di poin dua tentu tidak serta-merta terwujud adanya. Namun sebelum itu, situs web Anda akan mendapatkan pandangan yang positif dari pengguna internet maupun web crawler.

Jika situs web Anda dipandang baik oleh komputer maupun manusia, jelas algoritma internet akan menunjukkan perkembangan yang positif. Bagian inilah yang juga jadi alasan pentingnya Anda tahu apa itu HTTPS sebab guna memastikan website terus tampak baik di pandangan Google.

4. Menjadikan Situs Web Bisnis Tampak Lebih Kredibel

Fungsi ketiga dari protokol HTTPS adalah menjadikan situs web Anda tampak lebih kredibel. Mengetahui adanya fungsi ini maka dapat dikatakan secara kontras jika format ataupun sertifikasi keamanan ini penting untuk situs web bisnis. Selain itu, berbagai website khusus perusahaan ataupun organisasi ternama juga sebaiknya menggunakan protokol ini.

Tidak heran jika sebagian website besar pasti menggunakan format ini. Selaras dengan fungsinya, protokol ini juga meminimalisir resiko malware yang mungkin bisa menyerang situs di internet.

5. Kompatibel dengan Banyak Peramban

Untuk diketahui, saat ini ada banyak peramban atau browser baru yang bermunculan. Namun sayangnya, rata-rata tidak bisa mengakses website dengan protokol HTTP saja. Beda halnya dengan format HTTPS, beberapa browser seperti Mozilla, Firefox, dan lain sebagainya juga dapat mengaksesnya dengan mudah.

Baca lebih lanjut  Terlengkap! Cara Menggantikan Tema Wordpress

Sehingga kemungkinan pengunjung tidak hanya dari mesin pencarian Google saja. Dampaknya, situs Anda akan mendapatkan kunjungan yang lebih besar.

6. Dapat Dilengkapi Fitur Autentikasi Website

Tak hanya sampai pada fungsi kelima. Mengetahui apa itu HTTPS juga penting sebab dengan begitu, Anda pun bisa memberikan keamanan ganda pada situs web. Adapun keamanan ini tidak hanya ada karena sertifikasi HTTPS-nya. Akan tetapi, karena adanya fitur autentikasi website yang dapat diaktifkan jika punya protokol ini.

Sebagai informasi, fitur autentikasi website ini serupa dengan captcha. Di mana setiap pengunjung yang dirasa mencurigakan oleh sistem bakal langsung dialihkan ke laman ini. Maksudnya tak lain adalah untuk mengetahui apakah pengunjung itu manusia atau bukan.

Jenis-Jenis HTTPS dan Kegunaannya

Setelah mengenal apa itu HTTPS dan fungsinya, berikut ini beberapa jenis yang perlu Anda ketahui. Adapun tujuan mengetahui hal ini adalah memastikan agar Anda tidak salah memilih penyedia layanan sertifikasi keamanan situs web. Langsung saja, ini dia beberapa jenis HTTPS:

1. Extended Validation SSL

Jika situs web yang Anda kelola merupakan milik lembaga ternama, sebaiknya gunakan jenis Extended Validation atau EV SSL. Jenis ini mampu memastikan situs web benar-benar kredibel dan aman dari berbagai risiko.

Namun, perlu diketahui oleh Anda jika cara mendapatkan sertifikat ini terbilang cukup rumit. Mulai dari keharusan mengirimkan dokumen hingga status hukum. Untuk mendapatkan protokol HTTPS jenis ini, biasanya dibutuhkan waktu lebih dari dua minggu.

2. Organization Validated SSL

Apa itu HTTPS Organization Validated? Perlu diketahui, meski dinamakan Organization Validated SSL, jenis ini lebih direkomendasikan untuk situs komersial. Misalnya, toko online, perusahaan, ataupun brand.

Baca lebih lanjut  5 Tips Memilih Jasa SEO di Indonesia yang Berpengalaman

Jika Anda memiliki situs web dengan fokus pada hal-hal komersial seperti yang sudah disebutkan, pengajuan sertifikasi ini bisa dilakukan. Adapun keuntungan dari memilih sertifikasi HTTPS ini ialah kemudahan dalam pengakuannya. Terlebih jika dibandingkan dengan jenis EV SSL.

3. Domain Validated SSL

Jika situs web Anda digunakan untuk kebutuhan pribadi, misalnya menyimpan portofolio, sertifikasi Domain Validated cocok dipilih. Lantas, apa itu HTTPS Domain Validated SSL?

Untuk diketahui, jenis ini sebetulnya sama saja seperti SSL lainnya. Bedanya, keamanan dengan sistem ini bisa didapatkan secara lebih mudah. Harganya pun relatif terjangkau.

Pemilik situs web juga tidak perlu mengirimkan dokumen-dokumen pendukung untuk mendapatkan sertifikasi ini. Nantinya, Anda hanya perlu melakukan verifikasi secara dua arah dengan penyedia sertifikasi saja.

4. Beberapa SSL HTTPS Gratis

Jika Anda ingin mendapatkan sertifikasi keamanan situs web secara lebih mudah dan tanpa bayar, produk tersebut bisa Anda dapatkan. Adapun jenis-jenisnya terdiri dari Single Domain SSL, Multi-Domain SSL, Wildcard SSL, dan juga Unified Communications SSL.

Jika situs web Anda belum berkembang dan tidak ada pengelolaan serius, pengamanannya bisa saja menggunakan beberapa penyedia SSL tadi. Namun, jika situs web dikelola secara lebih serius, ada baiknya memilih salah satu dari tiga penyedia sertifikasi pertama yang dibahas.

apa itu HTTPS

Sudah Paham Apa itu HTTPS dan Fungsinya?

Sampai di sini, sudahkah Anda memahami tentang HTTPS dan fungsi pentingnya? Sebetulnya, pengetahuan seperti ini memang terbilang mudah dipahami. Namun, beberapa dari Anda mungkin kesulitan memahami langkah lanjutan untuk mendapatkan sertifikasi keamanan berupa protokol ini. 

Jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya lakukan konsultasi dengan jasa ahli SEO seperti di www.jasaahliseo.com.

Jasa ini bisa membantu Anda meningkatkan keamanan situs web dengan banyak alternatif. Termasuk dengan mendaftarkan pada layanan sertifikasi SSL. Selain itu, penyedia layanan jasa ini dilengkapi dengan beberapa paket optimasi yang bisa meningkatkan performa situs. 

Dibekali dengan tenaga profesional yang siap membantu mengatasi berbagai permasalahan dan kesulitan situs yang Anda kelola. Kunjungi website utama di www.jasaahliseo.com untuk melihat berbagai layanan yang Anda butuhkan. 

JasaAhliseo.com – Solusi Terbaik untuk Sukses Online Anda! Kami adalah Jasa SEO Indonesia. Dengan tim ahli berpengalaman dan strategi yang terbukti, kami akan membantu situs web Anda meraih peringkat tertinggi di mesin pencari. Dapatkan hasil yang terukur dan hubungi kami sekarang!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us