Logo jasaahliseo

10 Cara Optimalisasi Halaman 404 Website Jadi Menarik

Cara Optimalisasi Halaman 404

Share:

Cara optimalisasi halaman 404 jadi informasi yang penting diketahui para pengelola situs web, khususnya website bisnis. Ada beberapa hal yang menjadikan metode ini penting Anda ketahui. Satu di antaranya adalah memastikan pelanggan tidak kecewa pada layanan di situs web Anda. Lantas, bagaimana cara untuk optimalisasi halaman 404 ini?

Sekilas Tentang Halaman 404

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara optimalisasi halaman yang menampilkan kode 404, sudahkah Anda tahu apa penyebabnya? Perlu diketahui, halaman 404 adalah laman yang mungkin sudah kadaluarsa sehingga tidak bisa dikunjungi lagi oleh pengguna internet. Selain itu, halaman 404 juga bisa muncul karena beberapa alasan berikut:

  1. Perubahan desain laman yang tidak tersimpan dengan benar. Misalnya, pengetikan ulang URL terdapat kesalahan eja.
  2. Pemindahan URL ke laman baru tetapi tidak disesuaikan dulu tautan lamanya.
  3. Laman tidak sengaja terhapus tetapi Anda tidak tau cara memulihkannya.
  4. Pengguna internet masuk ke laman dengan URL tidak tepat.

Sebenarnya, masih ada banyak alasan lain kenapa halaman 404 bisa muncul di perangkat pengguna internet. Namun, problem-nya terdapat di bagian paham tidaknya pengguna tersebut pada halaman 404.

Seandainya memahami hal tersebut, pengguna biasanya akan mencari cara lain agar bisa masuk ke laman sebenarnya. Misalnya dengan mengecek ulang URL atau menggunakan kata kunci lain supaya masuk ke laman yang dibutuhkan di situs web Anda.

Akan tetapi, sayangnya masih banyak pengguna internet yang belum memahami halaman 404. Oleh karena itu, orang-orang ini biasanya akan meninggalkan situs web Anda dengan cepat. Fatalnya, ini bisa mengurangi rate website dan peluang transaksi jadi lebih kecil (jika situs bisnis).

Baca lebih lanjut  [Panduan Lengkap] Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

10 Cara Optimalisasi Halaman 404 untuk Meningkatkan Konversi di Website

Anda tentu tidak ingin ini terjadi, bukan? Karena itu, beberapa cara optimalisasi halaman 404 di bawah ini sebaiknya dicoba diterapkan ke platform website Anda:

1. Optimasi dengan Menambahkan Gambar Produk Terbaik

Cara pertama untuk memastikan halaman 404 di situs web Anda bisa berguna adalah membuatnya jadi tempat promosi barang lain. Cara kerja metode pertama ini sama seperti ketika toko fisik Anda kehabisan stok Komik One Piece. Kemudian, Anda menggunakan tempat tersebut untuk menyimpan Komik Kimetsu no Yaiba.

Untuk mengoptimasi halaman 404 dengan metode ini, Anda bisa mengubah desainnya jadi lebih sederhana. Gunakan beberapa gambar terbaik barang yang tersedia di situs untuk menarik perhatian pengunjung. Contoh situs bisnis yang sudah menerapkan cara ini adalah Steve Madden. Anda dapat melihatnya sebagai bahan referensi.

2. Perlihatkan Ulasan Pengguna di Laman 404

Berdasarkan riset ahli di bidang SEO dan bisnis, ulasan pengguna jadi salah satu poin menarik untuk konsumen. Kabarnya, 88% pengguna internet mudah mempercayai bagus tidaknya kualitas barang dari banyaknya ulasan. 

Sementara itu, sekitar 94% pengguna internet akan dengan mudah membeli barang yang dicarinya ketika melihat review dan bintang banyak. Dua data di atas bisa dijadikan dorongan bagi Anda untuk segera mengoptimalkan halaman 404. 

Terutama dengan menjadikan halaman tersebut sebagai tempat menaruh ulasan pengguna. Meski belum banyak yang menerapkan cara optimalisasi halaman 404 ini, itu bisa jadi keuntungan. Sebab, Anda bisa jadi yang pertama merasakan manfaat besarnya menerapkan metode ini.

3. Desain dengan Tawaran Promo Menarik di Laman 404

Jika dianalogikan sebagai toko lagi, halaman 404 ini seperti cabang yang tutup karena alasan tertentu. Misalnya, toko perlu diperbaiki, hanya tutup untuk sementara, atau memang harus pindah selamanya.

Baca lebih lanjut  Update Algoritma Google Core dan Update Spam Maret 2024 pada SEO

Jika itu terjadi pada toko Anda, dalam hal ini halaman situs web ataupun toko fisik, langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah menawarkan promo. 

Misalnya, karena baru buka di laman baru, Anda bisa menawarkan produk yang dicari pengunjung di laman 404 dengan diskon khusus. Anda juga bisa sekalian mengajak pengunjung laman untuk mendatangi alamat baru halaman yang dicarinya.

4. Ubah Halaman 404 Jadi Laman Pencarian dengan Desain Kata-Kata Menarik

Untuk cara keempat ini sudah terbilang umum. Namun, Anda perlu mencobanya untuk menghibur pengunjung yang mungkin kecewa sudah masuk ke halaman 404.

Sebagai informasi, cara optimasi halaman error dengan mengubahnya jadi tempat pencarian yang dilengkapi desain menarik sudah dilakukan situs “Etsy”. Anda bisa mengeceknya untuk tahu seperti apa konsepnya.

Sebagai gambaran kecil, laman error ini dilengkapi kolom pencarian khusus sementara sisanya adalah teks lain. Supaya tampak lebih berkesan, Anda juga bisa menambahkan kata-kata menarik di halaman 404 ini. Contohnya, “Belum menemukan apa yang kamu cari? Yuk coba cari yang lainnya di sini.”

5. Buat Desain Panduan ke Laman Sebenarnya

Jika situs web Anda memiliki terlalu banyak produk sehingga sulit dioptimasi dengan cara tadi, sebaiknya lakukan cara kelima. Dengan cara ini, Anda hanya perlu menerapkan layout sebagaimana laman lainnya. Namun, tidak perlu ada teks atau tawaran apa pun.

Untuk menarik perhatian pengunjung agar tidak langsung keluar situs, sematkan beberapa nama produk yang dilengkapi link internal. Kemudian, arahkan laman tersebut agar bisa sampai ke produk serupa yang dicari pengunjung. Cukup mudah, bukan?

6. Desain dengan Kata-Kata Menarik

Jika ingin memberikan kesan lebih menarik di hati pengunjung Anda, buat halaman 404 jadi tempat humor. Contohnya Anda bisa menempatkan kata lucu misalnya, seperti “Aduh. Salah jalan. Kita balik ke beranda, yuk!”

Contoh di atas adalah kata-kata yang bisa Anda temukan saat salah memasuki laman salah URL di beberapa website besar seperti Bibli. Sementara itu, laman 404 ditunjukkan dengan gambar ayam dan permintaan maaf.

Baca lebih lanjut  SEMRush: Pengertian, Fitur, dan Cara Pakai [Terupdate 2024]

Selain situs belanja online tadi, laman Unsplash, Airbnb, hingga Amazon juga punya karakter sendiri untuk laman yang tidak berfungsi. Anda bisa memeriksanya satu per satu jika butuh gambaran lebih mengenai maksud cara optimalisasi halaman 404 di poin keempat ini.

7. Buat Permintaan Maaf dengan Meme Wajah Anda

Di beberapa toko fisik, Anda mungkin tak jarang menemukan foto pemilik toko tersenyum. Kemudian, ada teks permintaan maaf toko tutup sementara atau yang lainnya.

Cara tersebut juga bisa Anda manfaatkan sebagai ide menarik dalam mendesain laman 404. Untuk diketahui, cara optimalisasi halaman 404 ini juga sudah dilakukan situs belanja “Mint”.

Meski terkesan sederhana, teknik ini dapat memberikan kesan tersendiri di benak pengunjung. Oleh karena itu, situs bisnis Anda bakal minim resiko kehilangan pelanggan.

8. Buat Pop-up Opsi Keluar atau Dapatkan Diskon

Tidak suka dengan hal-hal berlebihan? Anda bisa membuat desain optimasi halaman rusak ini dengan cara biasa.

Contohnya, membuat pop-up atau notifikasi dengan dua opsi, yaitu keluar atau tetap stay di halaman. Supaya pengunjung lebih tertarik buat tetap di halaman, Anda bisa menawarkan promo atau diskon di tombol stay. Kemudian, arahkan ke halaman tawaran menarik yang mungkin disukai pengunjung halaman 404 di situs web Anda.

9. Ajak untuk Melihat Laman Lain

Cara optimalisasi halaman 404 selanjutnya adalah mengajaknya ke halaman lain. Anda bisa mengajaknya ke laman beranda yang seperti yang dilakukan Blibli ataupun situs belanja lainnya. Opsi lainnya, Anda pun bisa mengajaknya melihat situs serupa dengan kata kunci yang dicari pengunjung.

10. Sengaja Buat URL 404

Cara terakhir, buat halaman dengan URL 404. Ini bisa membantu meminimalisir risiko pengunjung masuk ke laman yang salah. Namun, tetap pastikan desainnya menarik supaya pengunjung merasa tertarik melakukan konversi di situs web Anda.

Sudah Paham Cara Optimalisasi Halaman 404?

Itulahi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimasi halaman error 404. Setelah tahu beberapa caranya, bagaimana? Anda sudah paham cara memperbaiki halaman error dan menjadikannya peluang konversi di situs? 

Jika belum, Anda dapat mempelajari kembali cara optimalisasi halaman 404 ini dan menemukan teknik terbaik memasangnya. Sebagai alternatif mudah, pengelola situs bisa juga memanfaatkan kinerja dari penyedia layanan jasa SEO seperti halnya di www,jasaahliseo.com. Melalui jasa ini, pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan dari teknik optimalisasi situs yang dilakukan. 

Cara optimalisasi halaman 404

Pasalnya, JasaAhliSEO telah terpercaya dalam melakukan riset mendalam untuk menemukan beberapa hal yang mungkin menghambat kinerja situs. Dengan penerapan ilmu algoritma yang tepat, Anda akan merasakan perbedaannya. Segera kunjungi halaman situs utama untuk mulai berkonsultasi.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us