Logo jasaahliseo

Cara Menganalisis Kompetitor SEO! Gak Pake Ribet!

Cara Menganalisis Kompetitor

Share:

Salah satu kiat sukses dalam berkompetisi di bidang SEO adalah menganalisis kompetitor. Bagi Anda yang ingin menerapkan teknik ini, cara menganalisis kompetitor dalam artikel berikut perlu diketahui. Yuk, langsung saja simak selengkapnya di sini!

Apa itu Analisis Kompetitor SEO?

Analisis kompetitor merupakan serangkaian teknik untuk mengetahui hal-hal terkait kompetitor Anda di bidang SEO. Dimulai dari mengetahui identitas hingga strategi yang diterapkannya dalam proses optimasi mesin pencari.

Cara ini ditujukan agar Anda dapat mengetahui bagian unggul dari kompetitor maupun kelemahannya. Dengan begitu, kedua aspek yang diketahui nantinya dapat dimanfaatkan untuk menyusun strategi SEO Anda. Yang mana, strategi baru tersebut diharapkan punya peluang tinggi lebih bagus hasilnya.

Baca juga ini: Cara Mengetahui Backlink Kompetitor Menggunakan Tools SEO

Mengapa Analisis Kompetitor Penting?

Analisis SEO milik kompetitor menjadi penting serupa halnya dalam persaingan di bidang bisnis dunia nyata. Artinya, makin banyak pengetahuan Anda tentang kompetitor maka pasti lebih mudah bagi Anda untuk melewati posisinya.

Dengan analisis, Anda bisa mengetahui langkah terbaik yang harus dilakukan untuk bisa berada sejajar dengan kompetitor. Tentunya tanpa harus mengalami banyak trial and error yang bisa jadi merugikan situs web Anda. Selain itu, cara analisis kompetitor juga penting sebab dapat memberikan beberapa  manfaat berikut:

  • Mengetahui Siapa Kompetitor SEO Sebenarnya

Manfaat analisis yang pertama adalah mengetahui siapa kompetitor situs web Anda. Sebagai informasi, yang dimaksud pesaing Anda tidak selalu situs web dengan niche sama. Akan tetapi, website yang memiliki niche berbeda sekalipun bisa saja menjadi pesaing. Hal ini dikarenakan, beberapa situs tak jarang mengunggah konten dengan topik random.

  • Mengidentifikasi Kelemahan Strategi Kompetitor

Tidak ada satupun hal yang sempurna, begitu juga dengan teknik SEO. Alhasil, Anda bisa saja mengetahui kekurangan-kekurangan yang terdapat di kompetitor dengan melakukan analisis.

Kekurangan tersebut bisa dijadikan sebagai acuan ketika Anda merencanakan strategi serupa dengan pesaing. Cukup menambahkan bagian yang kurang maka peluang performa situs web Anda bisa jadi lebih baik.

  • Mendapat Informasi tentang Seberapa Besar Usaha untuk Berkompetisi

Analisis juga bermanfaat untuk mengetahui gap antara Anda dan kompetitor. Lebih lanjut, Anda juga bisa mengetahui seberapa sulit untuk mengalahkannya.

Baca lebih lanjut  Strategi Menempatkan Keyword Dalam Artikel SEO

Hasil analisis berupa data high-value yang dapat dikatakan rahasia juga bisa dipakai untuk menyusun strategi paling penting dilakukan dan sebaliknya. Lebih jelasnya, Anda pun dapat menghemat banyak hal dalam memastikan SEO situs lebih unggul dibanding pesaing. Mulai dari waktu, tenaga, hingga uang.

7 Cara Menganalisis Kompetitor SEO yang Perlu Diketahui

Jika Anda ingin mencoba menganalisis kompetitor, sebaiknya lakukan tujuh tahapan di bawah ini. Dimulai dengan mencari tahu siapa kompetitor Anda hingga membuat strategi terbaik untuk diterapkan di situs yang dikelola. Selengkapnya di bawah, ya!

1. Cari Tahu Website Mana yang Jadi Kompetitor

Tahapan yang pertama yaitu mencari tahu website mana yang jadi kompetitor Anda. Untuk ini, lakukan pencarian informasinya langsung di search engine.

Misalnya, untuk konten dengan kata kunci “SEO Teknikal”. Dengan mengetikkan kata keyword tersebut di mesin pencarian, ada banyak situs di halaman pertama yang akan jadi pesaing Anda.

Selain bersaing dalam hal konten, situs juga bisa menemukan website kompetitor yang berjalan dengan tema ataupun bisnis sama. Contohnya, jika perusahaan Anda menjual produk minuman kesehatan, ada banyak juga situs lain yang menawarkan produk serupa dan akan jadi pesaing.

2. Riset Keyword dan Tentukan Mana yang akan Digunakan

Untuk memenangkan kompetisi SEO, cara analisis kompetitor kedua yang penting dilakukan ialah meriset kata kunci. Anda perlu mengetahui apa saja keyword yang sebaiknya digunakan untuk memperbesar peluang naik tingkat di SERP (Search Engine Results Page).

Adapun kata kunci yang digunakan nantinya dapat diserupakan dengan pesaing ataupun sebaliknya. Namun sebelum itu, riset sebaiknya dilakukan dengan memanfaatkan Tools SEO khusus. Seperti KWFinder, Google Keyword Planner, Ubersuggest, hingga Ahrefs.

Selain untuk memperbesar peluang naik tingkat, penggunaan keyword yang tepat juga dapat membantu orang-orang lebih mudah menemukan situs web Anda. Misalnya, jika situs web Anda menawarkan produk berupa jasa outsourcing, kata kunci yang tepat harus berkaitan dengan jasa tersebut. Tidak disarankan menggunakan kata kunci yang tidak relevan sama sekali sebab bisa menurunkan rangking situs Anda.

3. Dapatkan Data High-Level dengan Tools Website Analyzer

Langkah berikutnya adalah menemukan data-data penting sebagaimana dimaksud sebelumnya. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan alat seperti Moz, Ubersuggest, dan juga Ahrefs. Namun, platform tersebut memerlukan akun langganan, kecuali Ubersuggest yang menyediakan paket percobaan.

Adapun data penting atau high-level yang perlu dikumpulkan dan dianalisis di antaranya:

  •       jumlah trafik per bulan,
  •       jumlah kata kunci yang mendatangkan trafik,
  •       jumlah landing page yang terindeks mesin pencari, dan
  •       jumlah tautan balik.
Baca lebih lanjut  Begini Cara Kerja SEO Off Page yang Wajib Kamu Tahu di Tahun 2024

Untuk mendapatkan informasi-informasi tersebut, Anda bisa menautkan link situs web kompetitor di salah satu tool di atas. Secara otomatis, data tersebut bisa didapatkan dengan mudah.

Setelah tahapan ini selesai dilakukan, Anda juga bisa menganalisis data tersebut pada situs yang dikelola. Kemudian, lakukan perbandingan untuk mengetahui perbedaannya. Yang mana, selanjutnya itu bisa dijadikan jalan untuk mengetahui kekurangan situs web Anda juga.

4. Ketahui Sumber Trafik Website Kompetitor dengan Menemukan Keyword yang Digunakan

Poin keempat yang perlu dianalisis adalah sumber trafik website-nya. Mengenai ini, Anda bisa mencari tahu kata kunci utama yang dipakai kompetitor. Namun, hindari asal memilih kata kunci tersebut.

Misalnya, jika pesaing Anda memiliki nama yang besar, lebih baik pilih kata kunci dengan volume rendah. Pasalnya, makin besar volume pencarianmya maka semakin banyak juga pesaing yang harus Anda lewati jika ingin berada di peringkat atas hasil pencarian.

Sebagai informasi, sumber trafik sendiri tidak hanya berupa hasil pencarian di search engine. Namun, platform lain juga bisa jadi sumbernya. Untuk itu, Anda membutuhkan tools yang komprehensif agar bisa mendapatkan informasi penting satu ini.

Saat ini, Ahrefs adalah salah satu alat terbaik yang menawarkan fitur untuk mengetahui data tadi. Di platform ini, terdapat menu “Top Pages” yang bisa di-klik untuk melacak data statistik seputar pesaing Anda.

5. Cek On-Page SEO Kompetitor untuk Melihat Format Konten

Cara menganalisis kompetitor selanjutnya ialah mengecek SEO on-page. Dalam hal ini, bagian format konten perlu perhatian lebih untuk mengetahui pengaruhnya terhadap performa situs web. Jika formatnya ternyata berbeda, Anda mungkin bisa mencoba meniru format tersebut.

Tak hanya format dalam hal penempatan heading dan sub heading. On-page SEO juga perlu dianalisis untuk mengetahui cara dan strategi kompetitor dalam membuat tag dan meta tag.

Seperti diketahui, beberapa situs web tak jarang menerapkan aturan berbeda dalam pembuatan tag ataupun meta tag. Ada yang mengacu pada aturan SEO dalam hal jumlah kata. Di sisi lain, tak sedikit juga yang mengutamakan sampainya maksud dari kedua bagian tersebut. Untuk diketahui, beberapa bagian lain on-page yang perlu dianalisis di antaranya:

  • Jumlah kata per konten,
  • Media berupa gambar/video, dan
  • Struktur internal link.

Supaya langkah ini bisa dilakukan lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan Screaming Frog atau tool semacamnya. Alat tersebut juga dapat memberikan data mengenai bagian plus maupun minus dari kompetitor ataupun situs Anda secara lebih lengkap.

6.     Cek Backlink Kompetitor

Bagian lain yang harus dianalisis adalah backlink. Meskipun tak jarang disebut tidak penting bagi sebagian orang, faktanya tautan balik cukup membantu meningkatkan jumlah trafik suatu website. Oleh karena itu, eksistensinya tetap krusial.

Baca lebih lanjut  Bagaimana Cara Membuat Website Resume Profesional

Di situs kompetitor, pengecekan backlink dilakukan untuk mengetahui dari mana saja sumbernya. Anda juga bisa mengetahui konten apa saja yang mendapatkan lebih banyak backlink. Dengan cara analisis kompetitor ini, Anda pun bisa mencoba langkah menanamkan backlink di website serupa.

Selain itu, analisis juga dapat dimanfaatkan untuk dipelajari bagian anchor-nya. Jadi, meskipun Anda tidak mendapatkan backlink dari situs serupa, ada kesempatan yang lebih baik. Yakni, mendapatkan tautan balik dari situs terpercaya lainnya.  Lebih lengkap mengenai manfaat pengecekan backlink di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Menerapkan Strategi Serupa atau ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). 

Langkah ini bisa membantu Anda mendapatkan banyak referensi mengenai situs mana saja yang sebaiknya diincar tautan baliknya.

  • Memastikan Kata Kunci Bisa Bersaing

Manfaat kedua adalah memastikan kata kunci yang Anda gunakan tidak mudah kalah oleh kompetitor. Hal ini bisa diketahui sebab pengecekan backlink dapat menghasilkan informasi mengenai strategi yang sedang dilakukan kompetitor. Apakah kompetitor sedang fokus dalam perbaikan SEO atau di aspek lainnya.

  • Mempermudah Penyusunan SEO

Manfaat terakhir, pengecekan backlink juga bisa membantu mempermudah penyusunan strategi SEO untuk situs web Anda. Biasa disebut dengan istilah outranking website. Langkah tersebut nantinya harus dipastikan mampu menggeser beberapa kompetitor di atas dan mempertahankan posisi baik Anda dibandingkan kompetitor di bawah.

7. Susun Winning Formula

Langkah yang terakhir adalah menyusun strategi SEO untuk situs web Anda atau winning formula. Untuk hal ini, pastikan mencatat garis besar dari data-data yang dihasilkan sebelumnya. Kemudian, buat strategi yang teruji lebih baik dari kompetitor untuk diterapkan.

Sebagai informasi, langkah pembuatan plan ini sangat penting dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, memenangkan kontestasi SEO tidak bisa dikatakan mudah. Terlebih jika kompetitor Anda termasuk situs web yang sudah berusia lama dan punya otoritas tinggi.

Kendati begitu, dengan rutin melakukan analisis dan perbaikan strategi di situs web, menjadi lebih baik setingkat dari kompetitor tidak mustahil. Anda hanya perlu menerapkan cara analisis kompetitor di atas dan menyiapkan strategi baru yang lebih baik.

Banner Jasa Ahli SEO

Ingin Menganalisis Kompetitor SEO Tanpa Ribet?

Jika langkah-langkah di atas dirasa terlalu sulit, terdapat alternatif yang lebih mudah dilakukan. Untuk bisa mendapatkan data seputar kompetitor, Anda bisa menggunakan jasa ahli SEO. Agen optimasi search engine yang bisa ditemukan di www.jasaahliseo.com ini menyediakan banyak layanan untuk meningkatkan performa situs web Anda.

Selain analisis data, Anda juga bisa mendapatkan layanan Jasa SEO berkelanjutan. Mulai dari bagian optimasi SEO on-page hingga perbaikan di aspek backlink.

Tertarik untuk mendapatkannya? Langsung saja hubungi Jasa Ahli SEO via kontak tertera di situs ini.

Demikian informasi seputar cara analisis kompetitor, manfaat, dan juga pengertiannya. Yuk, mulai terapkan cara-caranya untuk meningkatkan kualitas situs web yang Anda kelola!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us