Logo jasaahliseo

Ahrefs: Pengertian, Penjelasan Fitur, dan Cara Menggunakannya [Terupdate 2024]

Ahrefs

Share:

Salah satu tantangan yang harus dihadapi para pengelola situs web ialah algoritma Google yang terus berubah-ubah. Jika tidak dihadapi dengan teknik yang benar, situs web yang dikelola berkemungkinan besar akan tenggelam. Adapun salah satu upaya untuk memastikan situs tetap muncul di permukaan laman hasil pencarian (SERP) adalah menggunakan alat SEO seperti Ahrefs.

Bila Anda baru mengetahui nama alat tersebut dan ingin mengenalnya lebih lanjut, simak informasi di artikel berikut hingga tuntas!

Mengenal Sekilas Tentang Ahrefs

Untuk diketahui, Ahrefs merupakan tools mengecek keoptimalan strategi SEO. Seperti kekuatan kata kunci, tautan balik, dan masih banyak lagi. Alat ini dikembangkan oleh Dimitry Gerasimenko sejak tahun 2010. Saat ini, ada jutaan pengguna platform ini yang terdiri dari berbagai kalangan. Mulai dari pengelola situs, agensi SEO, perusahaan, hingga lembaga pendidikan.

Dibandingkan dengan tools lainnya, Ahrefs dapat menampilkan laporan performa SEO suatu situs dengan data yang lebih lengkap. Bukan hanya mengenai kata kunci dan tautan balik, melainkan jumlah trafik, peringkat domain, hingga kekurangan situs juga.

Berkat informasi yang lengkap dari situs ini, para pengelola website bisa mendapatkan gambaran lebih mengenai strategi SEO yang harus dilakukan. Besar kemungkinan juga, situs yang dikelolanya akan naik rangking di mesin pencarian.

6 Fitur Terbaik di Ahrefs

Di platform ini, fitur yang tersedia bisa dikatakan belum terlalu banyak. Namun, tiap-tiapnya punya peran penting untuk meningkatkan performa situs web. Berikut ini adalah beberapa fitur utama yang tersedia di alat SEO ini:

1. Site Explorer

Site Explorer adalah fitur utama yang terdapat di platform penganalisis SEO ini. Dengan alat ini, Anda bisa mengetahui jumlah backlink yang terlihat. Tak hanya itu, alat ini juga bisa mengetahui tautan balik apa saja yang terdapat di situs web kompetitor.

Untuk diketahui, alat-alat dalam menu Site Explorer yang bisa digunakan untuk fungsi tersebut ialah organic research traffic dan backlink checker. Di samping kedua alat tersebut, ada yang dinamakan paid traffic research untuk mengetahui strategi kompetitor memakai iklan berbayar atau sebaliknya.

Baca lebih lanjut  Fungsi KPI SEO: Pengertian dan Keberhasilan Optimalisasi Website Anda

2. Site Audit

Dalam platform ini juga ada yang disebut “Site Audit”. Fitur tersebut dapat menganalisis kondisi situs web dan menginformasikan kekurangan yang ada di dalamnya. Dengan ini, Anda bisa segera mengatasi masalah yang mungkin terjadi. Menariknya lagi, alat ini dapat memberikan informasi secara berkala tanpa harus melakukan pengecekan berulang.

3. Keyword Explorer

Di tools SEO Ahrefs ini juga tersedia alat untuk menganalisis kata kunci. Yaitu, “Keyword Explorer”. Dengan alat ini, Anda bisa menemukan kata kunci dilengkapi volume pencarian. Kemudian, ada juga hasil kata kunci populer di negara tertentu untuk Anda yang ingin mengoptimalkan SEO lokal.

Didalamnya juga terdapat menu untuk melakukan analisis ranking difficulty. Ada juga tambahan metrik hingga SERP overview dan position history guna memastikan kata kunci yang dipilih sesuai untuk situs Anda.

4. Content Explorer

Ahrefs juga mempunyai fitur dengan nama “Content Explorer”. Manfaatnya untuk menganalisis rupa-rupa topik yang ada di internet serta popularitasnya di masyarakat.

Dengan memakai alat ini, Anda bisa merencanakan konten selanjutnya yang akan dibuat. Tentunya dengan mempertimbangkan topik-topik yang berpotensi dicari banyak masyarakat. Yang mana, topik tersebut bisa didapatkan referensinya dari Content Explorer.

5. Rank Tracker

Rank Tracker jadi fitur yang memiliki peran penting di setiap langkah penerapan teknik SEO apapun. Pasalnya, setiap kali selesai menerapkan teknik baru, pastinya Anda ingin tahu kenaikan kualitas situs. Salah satunya bisa dengan cara melihat rangkingnya di fitur ini.

Selain posisi situs web, konten dengan kata kunci tertentu juga dapat diketahui peringkatnya. Jadi, menggunakan alat ini akan membantu Anda mendapatkan grafis ringkas mengenai kemajuan situs Anda.

Cara Menggunakan Fitur di Ahrefs

Untuk Anda yang tak sabar mencoba menggunakan alat SEO Ahrefs, sebaiknya jangan lewatkan informasi tentang cara menggunakannya terlebih dulu. Terlebih jika sebelumnya Anda belum pernah menggunakan alat satu ini. Langsung saja simak selengkapnya di bawah!

1. Daftar Akun dan Pilih tipe Premium

Sebagai informasi, sebagian fitur dari alat ini tidak bisa digunakan secara gratis. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki akun premium terlebih dulu dengan mendaftar dan berlangganan.

Adapun nominal harga untuk layanan yang bisa didapatkan dari alat ini terbilang bervariasi. Tergantung pada jenis akun premium yang ingin Anda gunakan. 

Contohnya, jenis akun premium Lite membutuhkan biaya langganan sebesar US99 dolar atau setara dengan Rp1.3 jutaan per bulannya. Sementara itu, layanan paket standar dibanderol US179 dolar atau Rp2.4 jutaan. Untuk tipe akun advance, harganya adalah US399 atau Rp5.5 jutaan. Yang terakhir ialah paket agency dengan harga US999 dolar, yakni Rp13.8 jutaan.

Baca lebih lanjut  Keyword Manager SEMRush: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakan? 

2. Cari Tahu Kompetitor dengan Site Explorer

Bila sudah memiliki akun berlangganan, Anda bisa menggunakan Ahrefs untuk mencari siapa kompetitor situs yang dikelola. Untuk hal ini, fitur “Site Explorer” bisa digunakan.

Caranya sendiri cukup mudah. Cukup input nama domain situs Anda dan kompetitor. Jika peringkatnya lebih tinggi, Anda bisa menyusun rencana khusus supaya posisinya di mesin pencari bisa tersalip. Sebaliknya, jika peringkatnya lebih rendah, pastikan posisi situs web Anda tetap aman.

3. Ketahui Konten Kompetitor yang Menyumbang Trafik

Setiap situs web pastinya mempunyai beberapa konten terbaik yang menyumbang banyak trafik. Anda perlu mengetahui informasi tersebut agar posisi kompetitor yang berada di atas bisa dilewati.

Dengan mengetahui konten terbaik darinya, Anda juga bisa menulis ulang artikel tersebut. Tentu saja dengan gaya bahasa yang lebih baik dan isi lebih berbobot. Untuk mendapatkan informasi ini, Anda bisa menggunakan fitur “Site Explorer” juga kemudian masuk ke menu “Keyword Explorer”.

4. Manfaatkan Backlink Checker untuk Tahu Tautan Balik di Situs Kompetitor

Langkah berikutnya dalam menggunakan Ahrefs ialah memanfaatkan fitur pengecek backlink. Anda bisa memakai backlink checker untuk mengetahui sumber tautan balik yang terdapat di situs kompetitor. Kemudian, bandingkan dengan tautan balik di situs Anda untuk memastikan mana yang tidak sama.

Selain memperhatikan sama tidaknya situs pengirim backlink, kredibilitas situs tersebut juga perlu diperhatikan. Sebab sangat percuma jika tautan balik yang mengarah ke website Anda berjumlah banyak tetapi kredibilitas situsnya kurang jelas.

Guna memastikan tautan balik yang masuk ke situs punya kualitas tinggi, Anda juga bisa memakai fitur filter. Fitur tersebut dapat mengurangi kemungkinan masuknya tautan balik dari situs asal pengirim backlink.

5. Gunakan Keyword Explorer untuk Mendapatkan Kata Kunci Potensial

Setelah mengecek sumber backlink, Anda bisa mengumpulkan kata kunci untuk daftar konten selanjutnya yang akan dibuat. Gunakan fitur Keyword Explorer untuk mendapatkan kata kunci yang potensial bagi situs Anda.

Sebagai informasi, kata kunci yang direkomendasikan situs ini pasti memiliki tingkat kesulitan berbeda untuk mencapai posisi teratas. Kendati begitu, jika berhasil menempatkan konten dengan volume pencarian tinggi di peringkat teratas, Anda pasti merasa sangat puas.

6. Pantau Ranking Konten

Apabila Anda sudah menentukan apa saja kata kunci yang akan dijadikan konten, berikutnya adalah melakukan pemantauan performanya. Anda bisa memakai fitur Rank Tracker dari Ahrefs.

Baca lebih lanjut  Apa itu Minify: Pengertian, Cara optimasi, hingga Manfaatnya!

Cara pantaunya sendiri cukup mudah, Anda dapat mengetikkan kata kunci langsung di kolom yang terdapat di laman “Rank Tracker”. Tidak butuh waktu lama, laporan tentang posisi kata kunci di mesin pencarian akan ditampilkan.

Selain cara tadi, jika Anda sudah pernah melakukan peninjauan peringkat konten, selanjutnya tidak perlu lagi memulai dengan cara tadi. Secara otomatis, layanan Ahrefs bisa memberikan laporan tentang kemajuan ataupun kemunduran peringkat konten Anda.

7. Tinjau Performa SEO Website dengan Tools Audit

Bagian yang sangat penting dalam memastikan performa situs web Anda tetap naik adalah meninjaunya secara berkala. Di Ahrefs, Anda bisa menggunakan SEO Audit. Caranya hanya perlu memasukkan nama domain Anda di kolom yang tersedia.

Berikutnya, laman situs tersebut akan menampilkan laporan tentang keadaan website Anda. Laporan tersebut bisa dijadikan acuan dalam memecahkan masalah yang terdapat di situs Anda dan segera memutuskan solusinya.

Apakah Menggunakan Ahrefs Efektif untuk Menaikkan Ranking Situs?

Jika dilihat dari fungsi alat SEO ini, secara keseluruhan memang dapat memberikan layanan terbaik. Ahrefs dapat membantu melakukan analisis domain Anda ataupun kompetitor. Menawarkan kata kunci unggulan hingga mendapatkan banyak lalu lintas di situs webnya.

Alat ini juga menyediakan kata kunci lebih banyak untuk bahasa tertentu. Selain itu, tautan balik di situs Anda juga dapat dicek kesehatannya dengan ahli. Adapun mengenai efektivitasnya naik ke peringkat pertama bisa dikatakan cukup sulit, tetapi bukan tidak mungkin.

Hanya saja, menggunakan strategi SEO dengan satu alat bisa jadi kurang memuaskan hasilnya. Terlebih, proyek tersebut pasti juga butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikannya. Menyoal harganya, langganan paket SEO dari Ahrefs cukup worth it untuk memenuhi kebutuhan tiap konsumen dengan tujuan berbeda.

Sudah Paham Apa itu Ahrefs?

Itu tadi informasi seputar alat optimasi SEO dengan nama Ahrefs. Mulai dari pengertiannya, fitur, sampai cara menggunakannya.

Jika menurut Anda alat tersebut kurang direkomendasikan untuk pemula, perspektif tersebut memang benar. Pasalnya, tidak sedikit orang mungkin belum memahami sejumlah istilah penting dalam SEO yang kerap terdapat di laporan yang diberikan alat ini.

Oleh karena itu, para pemula yang butuh bantuan untuk meningkatkan performa situs webnya sebaiknya menggunakan jasa ahli SEO berpengalaman. Salah satunya adalah Jasa Ahli SEO.

Banner Jasa Ahli SEO

Untuk diketahui, agen yang menyediakan layanan peningkatan kinerja SEO ini dapat dihubungi melalui kontak telepon di laman www.jasaahliseo.com. Anda bisa memesan berbagai macam layanannya yang terdiri dari perbaikan rangking SEO, digital marketing, hingga management social media.

Yang menarik, jasa ini dapat memberikan laporan kemajuan situs yang dikelolanya dengan sederhana. Jadi, klien bisa memahami isi laporan tersebut. Jika kurang dipahami, agen SEO ini juga dapat menjelaskannya secara lebih rinci.

Sampai di sini, bagaimana? Sudah paham seputar Ahrefs dan cara bijak menggunakannya? Jika Anda merupakan pemula di bidang SEO, pastikan mengenali dasar-dasarnya dulu dan bila perlu gunakan Jasa Ahli SEO. Terlebih, agen ini juga menggunakan banyak alat SEO terbaik, salah satunya adalah Ahrefs.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us