Logo jasaahliseo

Tips Meningkatkan Otoritas situs dengan Backlink Gratis Berkualitas

backlink gratis

Share:

Jika berbicara mengenai situs web, ada banyak unsur yang bisa membuat situs tersebut unggul. Salah satu yang sering diburu para blogger adalah backlink. Komponen ini memiliki peran penting dalam peningkatan situs web. Anda bahkan bisa mendapatkan backlink gratis dengan menerapkan cara yang tepat.Secara umum, backlink terbagi menjadi 2, yaitu berbayar dan gratisan. Jika Anda memiliki budget lebih, bisa menggunakan backlink berbayar. Sedangkan jika menggunakan cara yang lebih hemat, memanfaatkan backlink gratisan bisa jadi alternatif lainnya.Meskipun terkadang dipandang sepele, backlink yang didapat secara gratis tidak seburuk yang orang bayangkan. Teknik ini juga mampu membuat web Anda mendapatkan kredibilitas lebih.Memahami algoritma Google seperti penggunaan backlink memang tidak mudah, namun Anda bisa mempelajarinya secara otodidak dan mencoba beberapa cara yang akan diulas di bawah ini!

Definisi Umum Backlink 

Sebelum jauh membahas mengenai cara mendapatkan backlink gratis, Anda perlu ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian dari komponen ini. Secara garis besar, backlink adalah tautan atau link yang akan mengarah ke website Anda.Penggunaannya dianggap lebih mudah untuk teknik optimasi yang juga akan mendapatkan nilai tersendiri di mata mesin pencarian seperti Google. Link ini akan dipasang dalam sebuah blog atau website yang nantinya mengarah ke artikel yang ada di situs Anda.Umumnya terdapat dua jenis backlink yakni backlink Nofollow dan backlink Dofollow. Keduanya terlihat serupa namun memiliki beberapa perbedaan. Meski begitu, kebanyakan para blogger lebih suka menggunakan jenis backlink Dofollow karena efek yang cukup signifikan.

Tingkatkan Kualitas Website dengan Backlink Gratis Berkualitas

Anda tidak akan merasa rugi karena adanya backlink berkualitas dari sebuah situs, mampu menaikkan ranking di search engine result pages. Sehingga nilainya akan terlihat semakin bagus. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan backlink gratis guna meningkatkan otoritas situs web Anda:
Baca lebih lanjut  Ahrefs: Pengertian, Penjelasan Fitur, dan Cara Menggunakannya [Terupdate 2024]

1. Lakukan Blogwalking atau Berkomentar di Situs Lain

Untuk mendapatkan backlink secara gratis, Anda juga bisa melakukan blogwalking di suatu website. Blogwalking, yaitu membuka blog-blog lain dan meninggalkan jejak berupa link ke website Anda juga bisa jadi salah satu tautan balik. Jadi, Anda bisa mendapatkan backlink yang dibutuhkan tanpa perlu membayar biaya tertentu.

2. Pastikan Membuat Konten yang Unik dan Berbobot

Konten adalah hal penting yang dapat mempengaruhi baik buruknya otoritas situs web Anda. Pasalnya, meskipun peringkat website ditentukan oleh mesin pencari, dasar dari pemeringkatan tersebut ialah pembaca yang merupakan manusia.Jadi, guna memastikan situs web Anda menarik perhatian pengunjung, pastikan konten yang dibuat punya nilai tersendiri. Mulai dari keunikan yang tidak ada di situs lain hingga bobotnya lebih baik dari konten kompetitor. Meski terkesan sepele, faktanya hal inilah yang bakal membuat orang-orang tertarik membuka website Anda.Selain menarik perhatian orang-orang yang berstatus reader, para pemilik blog juga bisa tertarik pada situs Anda jika kualitasnya baik. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan backlink secara gratis.

3. Ikuti Kompetisi Menulis dengan Tema Seperti Niche Konten Website

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink gratis ialah dengan mengikuti kompetisi menulis di suatu situs. Namun, pastikan tema yang dibahas dalam konten sama dengan niche website Anda..Jadi, jika Anda ingin memasukkan link yang bisa menuju ke situs web milik sendiri, hal ini tidak akan terlalu sulit. Terlebih jika maksud penerapan link tersebut untuk menguatkan fakta dan data dalam konten.

4. Menulis di Blog Content Sharing

Sulit menemukan kompetisi menulis yang mengizinkan penanaman tautan balik? Anda bisa memanfaatkan blog content sharing kalau begitu. Sebagai informasi, ada cukup banyak situs content sharing yang bisa dijadikan tempat mengunggah konten tulisan dengan backlink di dalamnya.Beberapa di antara situs web tersebut di antaranya, ada Kompasiana dan situs Medium. Anda juga bisa memanfaatkan situs presentasi, yaitu Slideshare untuk menanam backlink.

5. Gabung dengan Forum yang Populer

Selain memanfaatkan situs content sharing, forum yang populer dan bisa diisi tulisan siapa saja juga bisa dipakai untuk tanam backlink. Contoh forum tersebut di antaranya, ada forum.detik.com, code.web.id, vivanews, kompas.forum, dan masih banyak lagi.
Baca lebih lanjut  Jasa SEO Tangerang Berpengalaman, Ini Cara Memilihnya!
Usahakan ikut forum ini bukan untuk coba-coba. Maksudnya, jauh lebih baik jika Anda konsisten menulis di forum ini  agar bisa mendapatkan manfaat penanaman backlink secara lebih optimal. Termasuk untuk meningkatkan otoritas situs web Anda juga.

6. Saling Kirim Backlink dengan Pemilik Situs Lain

Cara ini cukup sering dilakukan para pengelola situs web yang sudah punya jaringan dengan beberapa pemilik website lainnya. Jika networking Anda dengan beberapa pengelola situs juga bisa dikatakan bagus, tak ada salahnya menggunakan cara satu ini.Anda bisa mengajak pengelola website lain untuk bekerja sama dalam menanamkan backlink. Jadi, setiap kali membuat konten dan dilengkapi tautan menuju website teman Anda, backlink juga akan dikirimkan teman ke website ini.Apabila Anda ingin melakukan tips ini, pastikan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam aktivitas yang wajar. Maksudnya, jangan terlalu berlebihan supaya situs web Anda tidak dianggap spam oleh Google.

7. Gunakan Tools untuk Mendapatkan Backlink Gratis

Untuk mendapatkan backlink gratis lebih mudah, Anda juga bisa memanfaatkan tools khusus yang dapat dipakai secara free. Sebagai informasi, saat ini ada banyak tools yang bisa digunakan untuk mendapatkan backlink secara percuma. Contohnya adalah Ahrefs, Moz, Ubersuggest, dan Majestic.Tools tersebut bisa digunakan untuk menganalisis backlink milik sendiri maupun kompetitor. Selain itu, beberapa alat juga berguna untuk mengetahui kualitas backlink. Jika ditemukan kualitasnya buruk, sebaiknya segera remove backlink tersebut untuk menghindari turunnya otoritas website Anda.

8. Miliki Blog Cadangan

Salah satu cara yang terbilang mudah dilakukan untuk mendapatkan backlink ialah memiliki blog cadangan. Dengan blog tersebut, Anda bisa membuat konten-konten yang ditanami backlink ke situs utama.Namun sebelum itu, pastikan untuk menaikkan otoritas blog cadangan juga. Dengan begitu, kualitas situs utama juga bisa dipastikan selalu bagus.

9. Branding Merek

Untuk mendapatkan backlink secara gratis, Anda juga bisa membangun nama situs dengan cara membuat giveaway. Buat semenarik mungkin agar para pemilik blog mau berkontribusi pada acara yang Anda buat.Selain itu, Anda juga bisa membuat aturan yang mengharuskan penanaman backlink sebagai salah satu syarat menang giveaway-nya. Selain giveaway untuk orang beruntung, Anda juga bisa memberikan hadiah pada semua yang mengikuti programnya. Jadi, akan ada lebih banyak orang yang tertarik untuk ikut acaranya.
Baca lebih lanjut  Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Murah Malang

Dapatkan Backlink Berkualitas dari Jasa Ahli SEO

Cara terakhir yang akan dibahas di sini untuk mendapatkan backlink ialah menggunakan jasa ahli SEO. Jasa ini biasanya memiliki sejumlah cara terbaik untuk mendapatkan backlink berkualitas sehingga bisa meningkatkan otoritas website Anda.Pasalnya, jasa ahli SEO seperti www.jasaahliseo.com pasti melakukan riset mendalam terlebih dulu sebelum memasang backlink. Jadi, tiap backlink yang tertuju ke situs Anda dipastikan bagus.Jika Anda tertarik mendapatkan backlink gratis, cara-cara di atas bisa didapatkan. Namun, untuk mendapatkan backlink berkualitas dengan harga terjangkau, Anda bisa menghubungi www.jasaahliseo.com.Melalui penerapan ilmu SEO yang tepat Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Selain harga yang kompetitif, penyedia layanan jasa ini juga dilengkapi dengan tenaga yang berpengalaman dibidangnya. Tidak hanya soal backlink saja, tim juga akan menganalisa secara teliti apa saja yang patut diperbaiki dari situs yang Anda kelola.

FAQ tentang Backlink Gratis

Backlink adalah tautan atau link yang mengarah ke website Anda dari situs lain. Backlink penting karena mereka dapat meningkatkan otoritas dan peringkat situs web Anda di hasil mesin pencarian.

Anda dapat mendapatkan backlink gratis dengan beberapa cara, seperti melakukan blogwalking dan meninggalkan komentar di situs lain, memastikan konten Anda unik dan berbobot, mengikuti kompetisi menulis dengan tema yang sesuai dengan niche situs Anda, bergabung dengan forum populer, dan menggunakan alat seperti Ahrefs atau Moz untuk menganalisis backlink

Backlink Nofollow dan Dofollow terlihat serupa, tetapi perbedaannya terletak pada atribut HTML yang mengikuti tautan. Backlink Dofollow memungkinkan “link juice” untuk mengalir dari satu situs ke situs lain, sementara backlink Nofollow tidak mengizinkannya. Backlink Dofollow cenderung lebih diinginkan karena dapat memiliki efek yang lebih signifikan pada peringkat situs.

Memiliki blog cadangan memungkinkan Anda membuat konten dengan backlink ke situs utama Anda. Ini adalah cara yang efektif untuk mendapatkan backlink, asalkan Anda juga meningkatkan otoritas blog cadangan Anda.

Anda dapat menggunakan jasa ahli SEO untuk mendapatkan backlink berkualitas. Jasa ahli SEO seperti www.jasaahliseo.com dapat melakukan riset mendalam dan memasang backlink yang bagus untuk meningkatkan otoritas situs web Anda.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us