Logo jasaahliseo

Tips Moz: Tools SEO yang Efektif untuk Riset Keyword dan Analisa Website

Logo moz tools SEO

Share:

Moz merupakan tools SEO yang banyak digunakan ahli untuk menganalisis performa situsnya. Program ini diciptakan pada tahun 2004 oleh Rand Fishkin dan Gillian Muessig. Awalnya hanya sebuah situs biasa tetapi mulai tahun 2013, website ini berkembang menjadi penyedia layanan analisis performa situs web.

Dibandingkan sejumlah tools lainnya, produk ini menawarkan insight yang lebih mendalam. Baik dalam hal analisis kata kunci, audit situs, kualitas link, dan sebagainya. Fitur unggulan di aplikasi ini, yaitu Domain Authority juga banyak digunakan sebab kemampuannya yang terpercaya dalam membantu meningkatkan visibilitas website. Yuk, ketahui lebih lengkap tentang tools ini di ulasan berikut!

Sekilas Tentang Moz

Moz adalah alat SEO yang menyediakan fitur link explorer, rank tracker, dan juga keyword explorer. Alat ini dirancang untuk memudahkan pemilik situs web dalam meraih kesuksesannya di internet. Baik untuk pengelola situs saja maupun pebisnis yang memanfaatkan internet dalam berkampanye.

Inti dari aplikasi ini adalah membantu memastikan situs masuk halaman pertama. Dengan demikian, visibilitas situs dan peringkatnya di Google akan meningkat.

Manfaat Tools Moz

Untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas situs web tentu tidak asal dilakukan oleh tools ini. Namun, Moz memberikan manfaat yang berguna untuk mewujudkan dua hal tadi. Di antara manfaat yang dimaksud dapat diketahui dari poin-poin berikut ini:

Memudahkan Optimasi Konten

Dengan alat ini, Anda bisa lebih mudah menemukan kata kunci paling sering dicari saat ini. Sehingga tidak ada lagi istilah kesulitan membuat konten baru yang berpotensi menambah trafik situs web.

Mengidentifikasi Link Masuk

Keberadaan backlink sangat berguna untuk meningkatkan kredibilitas situs. Namun, link yang tidak berkualitas justru akan memberikan efek sebaliknya. Supaya hal buruk tidak menimpa situs web Anda, alat ini bisa dipakai untuk menganalisis kualitas link.

Mendeteksi Masalah yang Mungkin Terjadi

Moz.com juga berguna untuk mendeteksi masalah yang mungkin terjadi. Sebab, ada banyak alat untuk melakukan audit situs secara lebih komprehensif. Pengelola web akan dimudahkan dengan kinerja dan fitur unggulannya untuk memastikan tidak terdapat masalah di dalam situs.

Baca lebih lanjut  Breadcrumb SEO: Definisi, Keuntungan, dan Bagaimana Cara Membuat

Memastikan Ranking Situs Selalu Baik

Alat ini juga dapat menginformasikan ranking situs dan apa saja yang mempengaruhi fluktuasinya. Jadi, Anda dapat menggunakan informasi tersebut untuk memastikan situs tetap bagus rangkingnya.

Menjadikan Situs Lebih Baik dari Kompetitor

Terdapat banyak tools yang bisa dimanfaatkan pengguna Moz.com untuk menganalisis kompetitornya. Berbekal informasi yang disajikan alat tersebut, maka Anda bisa membuat strategi agar selalu baik peringkatnya dibanding kompetitor.

Fitur-Fitur dalam Tools Moz dan Kegunaannya

Untuk mendapatkan sejumlah manfaat tadi, Anda dapat menggunakan beberapa fitur unggulan di aplikasi optimasi SEO ini. Diantara fitur yang dimaksud terdiri dari link explorer, fresh web explorer, keyword explorer, dan sebagainya. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Link Explorer

Fitur pertama di aplikasi Moz adalah link explorer. Kegunaannya yaitu menganalisa kualitas link masuk ke situs web Anda. Mulai dari otoritasnya berdasarkan domain authority, banyaknya inbound link, sampai dengan rangkingnya.  Dengan adanya informasi tersebut, Anda dapat menyimpulkan sendiri mengenai kualitas backlink yang masuk ataupun tautan yang akan disimpan di halaman konten.

2. Fresh Web Explorer

Fitur berikutnya yaitu alat untuk memantau situs web yang akan dipakai dalam memulai link building. Lebih jelasnya, alat ini berguna untuk memaksimalkan aktivitas promosi di situs web lain.

3. Keyword Explorer
Moz juga menyediakan fitur keyword explorer yang gunanya ialah meneliti kata kunci pencarian. Dengan alat ini, Anda dapat menemukan ide-ide konten baru yang berpotensi dicari banyak orang. Tak hanya itu, alat ini juga bisa memantau volume kata kunci setiap bulan, tingkat kesulitannya, CTR organik, dan juga skor prioritasnya.

 

Baca juga: Keyword Mapping: Pengertian, Fungsi, dan Cara Melakukannya

4. Site Crawl

Fitur alat SEO yang tidak boleh diabaikan yaitu site crawl. Alat ini berguna untuk memudahkan proses analisis teknikal SEO. Jadi, dimana situs mengalami performa menurun, Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengetahui sumber masalahnya. Pasalnya, di laman fitur ini akan terdapat laporan content issues. Seperti adanya konten duplikat, halaman dengan loading lambat, dan lain-lain.

5. Rank Tracker

Di aplikasi optimasi SEO ini, Anda juga bisa menggunakan fitur yang bernama rank tracker. Fitur tersebut berguna untuk melihat peringkat situs web di Google secara lebih mudah. Bukan itu saja, rank tracker juga bermanfaat untuk memberikan laporan komprehensif mengenai naik tidaknya posisi kata kunci. Ada juga search visibility untuk mengetahui estimasi klik dari kata kunci yang digunakan.

Baca juga ini: Cara Menaikkan Ranking Website di Mesin Pencarian Google 2024

6. Page Optimization

Alat satu ini juga memiliki fitur page optimization yang berguna untuk memperbaiki SEO on page. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai apa saja yang mesti dioptimalkan sehingga skor halaman bisa naik.

Baca juga ini: Tips Optimasi SEO On-Page Untuk Meningkatkan Ranking Website

7. MozBar

Salah satu fitur paling populer di Moz selain domain authority adalah MozBar. Alat ini dapat menampilkan data page authority ataupun domain authority situs web Anda. Tak hanya itu. Ada juga data lengkap mengenai tautan dan metrik halaman di situs web Anda yang ditampilkan oleh fitur ini.

Baca lebih lanjut  Cara Mudah Cek Pengunjung Website atau Traffic Website dengan Mudah

8. Insights

Fitur yang terakhir adalah insight. Anda bisa menggunakannya untuk meningkatkan performa SEO dengan cara membuat to-do-list dari hasil analisis Moz.com. Caranya ialah mengumpulkan setiap data yang didapat sebelumnya dengan laporan dari fitur ini. Kemudian perbaiki satu per satu elemen yang perlu ditingkatkan kualitasnya berdasarkan data yang ada. Dengan begitu, trafik organik bisa perlahan naik tingkat.

Panduan Menggunakan Tools Moz

Anda telah mengetahui sekilas tentang Moz, manfaat, dan juga fitur-fitur di dalamnya. Selanjutnya adalah informasi panduan yang mungkin Anda butuhkan karena ingin menggunakan alat ini. Lantas, bagaimana cara menggunakan alat ini?

1. Gunakan MozPro Campaigns

Sebagai informasi, tools ini sebetulnya dapat digunakan secara gratis. Namun, tidak semua fitur bisa dimanfaatkan jika menggunakan akun free. Beda halnya jika memilih paket berbayar.

Adapun salah satu paket berbayar yang bisa dimanfaatkan adalah MozPro Campaign. Paket ini cocok dipilih oleh pengelola situs web dengan niche apapun. Jika membeli paket ini, Anda bisa memanfaatkan alat-alat berikut.

Dimulai dari analisis audiens untuk meningkatkan trafik organik. Kemudian ada informasi peringkat setiap halaman konten Anda. Ini bertujuan untuk memaksimalkan kualitas konten yang lainnya. Ada juga alat audit untuk mengetahui bagian mana saja yang bagus performanya untuk meningkatkan rangking ataupun sebaliknya.

Dengan memanfaatkan MozPro Campaign, proses optimasi SEO akan memberikan hasil lebih optimal. Pasalnya, laporan performa situs web yang didapatkan jauh lebih banyak. Secara tidak langsung, Anda juga bisa memaksimalkan performa situs dengan mendalami laporan tersebut.

2. Manfaatkan MozLocal untuk Pebisnis

Jika situs web Anda digunakan untuk kampanye, sebaiknya manfaatkan MozLocal. Paket ini dapat digunakan setelah Anda mendaftar dengan Google atau Facebook dan mendapatkan verifikasi.

Dengan memanfaatkan paket ini, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan oleh target audiens. Terlebih lagi ada dua pilihan paket berbeda yang sesuai untuk usaha kecil ataupun perusahaan besar.

Baca lebih lanjut  Duplikat Konten: Apa itu Duplikat Konten, dan Bahayanya seperti Apa?

Jika memilih paket untuk usaha kecil, situs web bisa menjangkau kurang lebih 99 lokasi tempat target market perusahaan Anda. Sementara itu, paket MozLocal untuk perusahaan akan menjangkau lebih dari 100 lokasi.

Dengan paket optimasi MozLocal, Anda juga bisa memahami cara Google ataupun mesin pencari lain dalam memberikan peringkat. Alhasil, itu bisa digunakan untuk memperbaiki kualitas situs Anda di kemudian hari dan meminimalisir kegagalannya.

Berapa Biaya MozPro Campaign dan MozLocal

Mengenai biaya berlangganan MozPro Campaign ataupun MozLocal jelas tidak sama. Selain karena pelayanannya berbeda, terdapat paket-paket lain yang bisa Anda pilih berdasarkan kebutuhan dan budget tersedia.

Untuk MozPro Campaign, ada 4 opsi paket dengan durasi per bulan dan per tahun. Di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Paket Standar: Biaya langganan $99 per bulan atau $79 tiap bulan dengan durasi 12 bulan.
  • Paket Sedang: Durasi bulanan dengan harga $179 per bulan atau durasi tahunan $143 per bulan.
  • Paket Besar: Langganan per bulan $249 atau per tahun dengan biaya $199 per bulannya.
  • Paket Premium: Harga layanan per bulan sebesar $999 sementara per tahun $799 setiap bulannya.

Adapun biaya MozLocal terdiri dari 3 opsi saja. Yaitu, paket premium dengan harga $249 per bulan. Paket profesional dengan biaya $179 per bulan. Terakhir adalah paket penting dengan biaya $99 per bulan. Anda bisa memilih opsi yang pertama jika ingin menjangkau lebih dari 100 lokasi.

Jasa Optimasi Moz Terbaik untuk Meningkatkan Performa SEO

Pada intinya, Moz adalah tools yang sangat bermanfaat untuk menganalisis performa SEO situs web Anda. Jika ditemukan performanya kurang, alat ini juga dapat memberikan sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya.

Dibandingkan dengan alat ini, laporan yang diberikan Moz.com bisa dikatakan lebih banyak. Namun, beberapa dari Anda mungkin belum bisa menerjemahkan laporan berbentuk data-data di dalamnya. Oleh karena itu, tak ada salahnya mendapatkan bantuan dari jasa ahli SEO dalam mengoptimasi performa situs web Anda dengan aplikasi Moz.com.

Banner Jasa Ahli SEO

Dengan memilih Jasa SEO langsung, biaya service-nya pasti lebih terjangkau. Pasalnya, Anda juga bisa mendapatkan layanan optimasi menggunakan alat selain Moz sehingga hasilnya bisa lebih optimal. Anda tertarik menggunakan layanan jasa ahli SEO? Salah satu rekomendasi erbaik adalah di www.jasaahliseo.com. Tim profesional kami akan membantu segala permasalahan dan mengatasinya. 

Tidak hanya itu, tim akan melakukan optimasi khusus yang diperlukan untuk meningkatkan visibilitas situs Anda. Tunggu apa lagi, segera kunjungi situs utamanya untuk mendapatkan informasi lengkap. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu bersama customer service secara gratis.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us