Logo jasaahliseo

Penjelasan Source Code dalam Dunia Pemrograman

Penjelasan Source Code dalam Dunia Pemrograman

Share:

Source code adalah bahasa pemrograman yang dapat Anda buat untuk tujuan tertentu. Dalam dunia programming sendiri, istilah ini biasa digunakan untuk menyimpan file-file penting agar tidak hilang atau dicuri orang. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut dan jelas, simak ulasan selengkapnya di bawah ini, ya.

Pengertian Source Code

Secara sederhana, kode sumber atau source code adalah sekumpulan kode yang terdiri dari huruf, angka, maupun simbol khusus. Yang kemudian, Anda simpan kode tersebut di tempat khusus agar tidak diketahui orang lain.

Mirip dengan pengertian secara umum tadi, dunia coding ini juga menyebut jika source code sebagai kode khusus. Maksudnya, ini bukan kode sembarangan sehingga perlu disimpan sebaik mungkin.

Sebagai informasi, terdapat beberapa jenis source code yang bisa Anda temukan. Di antaranya adalah Java, Bahasa C, dan PHP. Untuk Anda pelajari lebih lanjut, di bawah ini terdapat ulasan lebih lengkap seputar jenis-jenis source code tadi.

Jenis-Jenis Source Code dalam Dunia Pemrograman

Pada dasarnya, source code adalah komponen paling mendasar di lingkup coding. Kode ini juga dapat berfungsi agar komputer mengikuti perintah tertentu yang diminta pengguna perangkat. 

Untuk membuat kode tersebut, biasanya dipakai tools khusus. Mengenyampingkan soal tools-nya, beberapa jenis source code yang dimaksud kerap dibuat programmer adalah sebagai berikut.

  • Java Script

Dibandingkan jenis kode sumber yang lainnya, Java Script dianggap sebagai salah satu tipe termudah untuk dibuat. Selain itu, program Java Script juga menarik sebab dapat dibuat dan dijalankan melalui komputer pribadi maupun perangkat seluler.

Menariknya lagi, program satu ini mampu mendukung tampilan halaman tetap sama ketika dibuka di perangkat komputer maupun smartphone. Tak hanya sampai di situ, source code ini juga punya class library yang lengkap untuk Anda pelajari. 

Baca lebih lanjut  Cara Optimasi Google Ads Call Assets untuk Raih Banyak Telepon

Jadi, jika sebelumnya Anda menggunakan source code lain dan ingin menggantinya, beralih ke script ini takkan jadi masalah besar. Ini dikarenakan, Anda bisa memahami source code secara lebih mudah.

  • PHP

Jenis kedua source code adalah PHP atau Hypertext Preprocessor. Kode sumber ini paling banyak digunakan di antara jenis yang lainnya. Pasalnya, script PHP dapat dibuat secara gratis.

Selain itu, PHP juga punya server side scripting yang terintegrasi dengan  platform khusus. Tepatnya HyperText Markup Language. Jika Anda tertarik menggunakan script atau kode PHP ini, ini cocok untuk menghadirkan sifat dinamis pada situs web. Maksudnya, situs web Anda bisa dipastikan lebih fleksibel saat menggunakan source code ini.

  • Bahasa C

Adapun yang dimaksud bahasa C dalam programming, khususnya kode sumber adalah konsep dasar dalam pengkodean. Tidak kalah mudah dari Java Script, bahasa C juga dapat dibuat di semua tipe perangkat meskipun sistem operasinya beda.

Hal ini dikarenakan, bahasa C juga punya sifat portable dan flexible. Menariknya lagi, Anda dapat memindahkan source code di Linux ke Windows ataupun sebaliknya tanpa khawatir ada kerusakan file.

Sebagai informasi, umumnya bahasa C dalam source code adalah tipe script paling sering digunakan untuk mengembangkan berbagai macam software. Termasuk apapun program aplikasi, operating system, hingga compiler. 

Satu lagi unggulan bahasa C dibandingkan source code lainnya, yaitu mampu beroperasi dalam waktu lebih singkat. Hal ini dikarenakan, proses komunikasi sistem pengkodean ini langsung terhubung ke perangkat keras.

Jenis-Jenis File Source yang Perlu Diketahui

Setelah tau apa saja jenis kode sumbernya, Anda sebaiknya mengetahui rupa-rupa file extension untuk tiap source. Pasalnya, script beda bakal menghasilkan file ekstensi yang tidak sama juga. Adapun beberapa file yang dimaksud perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  •       Ekstensi file yang dibuat dengan bahasa C, di antaranya:

        “.c”,

        “.cpp”,

        “.h”, dan

        “.cls”.

  •       Ekstensi file yang dibuat menggunakan script Java, di antaranya:
Baca lebih lanjut  Strategi Internal Linking: Panduan Lengkap untuk Meningkatkan Performa SEO Anda

        “.js”, dan

        “.java”.

  •       Ekstensi file yang dibuat menggunakan script PHP, yaitu:

        “.php”.

Fungsi Source Code dalam Pemrograman

Usai mengetahui apa saja jenis file ekstensi untuk source code dalam pemrograman, Anda juga harus tau fungsi utama dari kode ini. Secara ringkas, fungsi utama source code adalah membuat program atau aplikasi dengan cara menuliskan script atau instruksi khusus.

Selain membuat, kode jenis ini juga bisa dibuat untuk mengontrol penuh alur kerja aplikasi. Mulai dari menentukan input maupun output, interaksi dalam program, hingga logika atau cara kerjanya.

Fungsi selanjutnya source code adalah mengubah ataupun melakukan perbaikan pada program yang tersedia. Anda yang memiliki source code khusus suatu aplikasi dapat membuat perubahan ataupun perbaikan pada program yang sudah dibuat.

Tak hanya sampai disitu, kode sumber yang sudah dimiliki juga bisa jadi kunci untuk membongkar program. Memperbaiki sistemnya agar performanya lebih baik, menambah fitur baru, menghadirkan bagian khusus, hingga mengizinkan pengembang lain untuk ikut memodifikasi program. 

Source code ini juga dapat berfungsi untuk hal-hal lain seputar program yang sudah dibuat, misalnya akan ada pembuatan versi baru.

Alasan Pentingnya Menjaga Source Code dalam Pemrograman

Jika Anda berhasil membuat program, source code adalah salah satu aset yang penting untuk dijaga. Ada beberapa alasan mengapa menjaga kode sumber ini jadi penting. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Meminimalisir Data Bocor

Salah satu alasan pentingnya menjaga source code ialah memastikan data di dalam program yang dibuat tidak bocor. Hal ini dikarenakan, berbagai data dalam program yang dibuat pasti penting untuk dijaga.

Adapun beberapa data yang dimaksud mencakup encryption key, password, API, dan masih banyak lagi. Informasi sensitif seperti ini memang tampak biasa untuk orang awam. Namun, programmer yang bergerak di bidang cybercrime bisa jadi memanfaatkan data sensitif itu untuk disalahgunakan. Anda tentu tidak ingin itu terjadi, bukan?

  • Menekan Risiko File Hilang Dicuri

Tak hanya sampai di risiko pertama, source code yang tidak diamankan dengan baik juga berisiko hilang dicuri. Hal ini jelas lebih berisiko fatal untuk program dan data di dalamnya.

Baca lebih lanjut  Tips Cara Memantau Website SEO Anda 2023

Beruntung jika hanya dimodifikasi tanpa menyebabkan masalah apa-apa. Namun, tidak sedikit orang yang biasanya memanfaatkan source code yang bocor untuk hal kurang baik. Oleh karena itu, Anda mungkin terkena imbas lebih dari kerugian biaya yang dirasakan di awal.

  • Mengurangi Serangan Cybercrime yang Tinggi

Alasan lain pentingnya menjaga source code adalah untuk mengurangi resiko serangan kejahatan siber. Hal ini dikarenakan, software yang Anda buat pasti belum sempurna sepenuhnya. Ada banyak bug yang perlu perbaikan dengan waktu tidak sedikit.

Jika kode sumbernya tidak dijaga dengan baik, Anda tidak bisa memperbaiki bug dalam program secara maksimal. Selain itu, akar masalahnya mungkin akan merembet ke mana-mana.

Alhasil, program yang dibuat bisa jadi sangat sulit untuk mencapai keberhasilan. Risiko beratnya, program yang dibuat mungkin menimbulkan masalah untuk penggunanya.

Sudah Paham Apa itu Source Code?

Itu tadi sedikit informasi dan penjelasan seputar source code. Jadi intinya, source code adalah kode yang Anda (pemrogram) buat untuk hal-hal tertentu, tepatnya dalam hal pembuatan software. Kode ini penting dijaga kerahasiaannya untuk memastikan tidak ada yang dirugikan. Baik itu Anda maupun pengguna yang mungkin memakai program buatan Anda.

Tidak hanya soal SEO, karena sebenarnya optimasi website itu memiliki cakupan yang cukup luas. Untuk membuat performa web menjadi lebih baik perlu optimasi menyeluruh. Seperti ketika menyinggung mengenai source code. Komponen ini juga diperlukan untuk meningkatkan pengunjung website

Optimasi HTML juga penting untuk membuat situs terlihat lebih menarik. Anda bisa mencoba untuk memeriksa source code. Bisa saja kode ini dapat disederhanakan untuk mengurangi ukuran dokumen file baik HTML mapupun CSS. Tak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah dalam memelihara dokumen yang ada. 

Source code

Namun kini Anda tidak harus bingung. Mengapa? Karena untuk menaikkan otoritas dan kredibilitas situs Anda bisa mempercayakan pada jasa SEO murah. Penyedia jasa SEO yang bisa Anda coba adalah di www.jasaahliseo.com

Tak perlu ragu, karena jasa ini sudah dipercaya dengan kualitas pelayanan yang mumpuni. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa ini. 

Melalui teknik tepat yang sesuai dan mengikuti algoritma mesin pencarian, mampu secara signifikan meningkatkan pengunjung. Segera kunjungi laman utama di www.jasaahliseo.com untuk melihat informasi lengkapnya.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us