Logo jasaahliseo

Backlink Media Nasional : Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukan Backlink Media

backlink media nasional

Share:

Backlink sangat berpengaruh pada optimasi SEO di era digital ini. Salah satu link tautan yang paling kuat ialah backlink media nasional. Jenis tautan ini banyak digunakan oleh para pengelola website dan terbukti menghasilkan efek positif secara instan.

 

Mengenal Apa Itu Backlink Media Nasional

Backlink dapat diartikan sebagai link eksternal yang mengarah pada website tersebut. Backlink yang berkualitas akan memberikan manfaat besar bagi sebuah website. Seperti peringkat teratas dan stabil pada Google dan menjadi website yang kredibel karena sering direkomendasikan.

Sedangkan backlink media nasional sendiri merupakan link yang berasal dari sebuah media nasional. Adapun media nasional yang menggunakan backlink seperti Detik.com, Tirto.id, Kompas.com, CNN Indonesia, Republika Online, Tempo.co, Suara.co, dan Okezone.com dan beberapa situs besar lainnya.

Backlink pada media menciptakan hubungan antara website yang memberikan tautan dengan website yang menerima tautan. Media nasional online memiliki kepercayaan dan otoritas yang tinggi pada ranah digital sehingga jika sebuah website mendapatkan backlink dari website tersebut akan berdampak positif.

Penempatan backlink melibatkan penerapan artikel yang relevan di website media nasional. Sehingga situs yang tertaut akan meningkat pula otoritas, kredibilitas, serta peringkat SEO-nya. Terlebih jika mereka sudah me-review produk maupun jasa yang ditawarkan, maka Domain Authority website Anda akan terdongkrak.

Baca juga ini: [LENGKAP] Tips Backlink Berkualitas Untuk Optimasi SEO

Mengapa Harus Menggunakan Backlink Media Nasional?

Tentu dengan menggunakan backlink jenis ini, akan memberikan pengaruh positif pada website Anda. Kelebihan dari backlink dari media adalah kekuatan yang diberikan. Media nasional sudah jelas memiliki otoritas yang tinggi dan dapat mendongkrak performa dari website lain di mesin pencarian.

Banyak blogger yang memanfaatkan backlink media ini untuk mendapatkan posisi krusial di mesin pencarian. Namun, tautan dari media ini tidak ramah bagi blogger pemula. Alasanya, karena untuk bergabung dan mendapatkan backlink media nasional, Anda harus bekerjasama terlebih dahulu atau menggunakan jasa SEO profesional yang telah berafiliasi dengan media yang dituju.

Baca lebih lanjut  SEMRush: Pengertian, Fitur, dan Cara Pakai [Terupdate 2024]

Apa Saja Manfaat dari Backlink Media Nasional?

Selain meningkatkan performa dari website yang dikelola, backlink media juga memberikan banyak manfaat lainnya yang menguntungkan bagi website Anda. Untuk penjelasan lebih dalam, berikut beberapa uraian yang perlu Anda perhatikan:

 

1. Menaikkan Ranking pada Mesin Pencarian

Backlink dari media nasional memberikan kontribusi yang besar bagi sebuah website di mesin pencarian untuk masuk ke peringkat atas. Karena kestabilan di peringkat atas, maka website tersebut akan mendapatkan traffic yang ramai serta memberikan profit.

Dengan mendapatkan backlink dari media nasional, situs Anda akan mudah ditemui dan dikunjungi pada kata kunci tertentu. Sehingga tidak menutup kemungkinan situs tersebut banyak dicari oleh para pengunjung dan berpotensi mendapat rekomendasi peringkat teratas.

 

2. Mempercepat Proses Pengindeksan pada Website

Backlink dari media nasional juga dapat mempercepat proses pengindeksan sebuah website yang ditautkan. Sebab, dengan mendapatkan tautan dari website nasional yang memiliki otoritas tinggi, akan mudah terbaca oleh Google.

Pengunjung dari website media nasional yang tertarik pada suatu topik tertentu dengan website Anda, maka akan diarahkan untuk mengunjungi website tersebut melalui backlink. Hal ini menjadi peluang besar untuk memperluas jangkauan dan menarik pengunjung.

 

3. Otoritas Website Meningkat

Manfaat selanjutnya adalah otoritas website Anda akan meningkat melalui backlink dari media yang kredibel ini. Secara umum media nasional unggul dengan tingkat otoritas, kredibilitas, dan domain authority yang tinggi. Sehingga hal tersebut dapat berpengaruh pada situs-situs yang terhubung melalui tautan link ini.

Media nasional juga memiliki reputasi yang tinggi serta dianggap sebagai sumber berita yang akurat dan terpercaya. Dampaknya, situs yang tertaut mampu bersaing dengan website lainnya.

Pengunjung yang cerdas pastinya akan berhati-hati saat memilih website yang dikunjungi. Dengan dukungan dari media nasional, website Anda akan mendapat kepercayaan dari para pengunjung yang menunjukkan ketertarikan dan dinilai sebagai sumber yang terpercaya pula.

Bagaimana Cara Melakukan Backlink Media Nasional?

Agar website yang Anda kelola mendapatkan backlink yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Berikut ini tahapan cara melakukan backlink dari media nasional:

1. Memperhatikan Relevansi Konten

Hal paling utama dalam melakukan backlink adalah tingkat relevansi tautan yang dibangun oleh website. Semakin tinggi tingkat relevansinya, maka semakin berkualitas backlink Anda.

Misalnya, niche blog Anda adalah travelling, maka Anda dapat menautkan link pada website travelling yang memiliki kredibilitas baik. Anda bisa mendapatkan backlink asalkan secara konsisten membuat konten yang berkualitas.

 

2. Menggunakan Tools Backlink

Anda bisa juga mendapatkan backlink dari pihak ketiga menggunakan tools backlink. Cara ini dilakukan untuk dapat meng-upgrade website Anda dengan cepat. Tools yang dapat digunakan seperti Ahrefs, Ubersuggest, dan banyak yang lainnya.

Baca lebih lanjut  Ubersuggest: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakannya [Terupdate 2024]

Melalui tools tersebut Anda dapat menemukan keyword yang relevan dengan konten yang Anda buat. Anda juga dapat memilih website yang memiliki kualitas terbaik untuk didekati secara personal yang kemudian dilanjut dengan memasangkan backlink pada website Anda. Jangan lupa memaksimalkan kualitas website dengan baik.

Baca juga ini: Cara Mengetahui Backlink Kompetitor Menggunakan Tools SEO

3. Memanfaatkan Content Sharing Platform

Mencoba untuk memanfaatkan content sharing platform juga tidak ada salahnya. Anda dapat menautkan backlink pada platform yang sudah terkenal seperti Hipwee, IDN Times, Medium, dan lain-lain.

Sebelum menautkan backlink, pastikan konten yang Anda buat memiliki relevansi pada konten yang dituju. Dengan begitu akan mempermudah website Anda mendapatkan backlink yang berkualitas.

 

4. Lakukan Guest Blogging

Guest Blogging bisa menjadi cara untuk mendapatkan backlink. Kegiatan ini adalah cara dimana Anda menuliskan artikel yang akan dipublikasikan pada website milik pihak lain. Namun, perlu diperhatikan juga bagaimana kualitas website yang akan Anda buat, apakah kualitasnya sudah baik atau belum.

Jika websitenya memiliki kualitas bagus, maka tidak ada salahnya mencoba untuk menautkan klink. Hal ini akan memberikan pengaruh pada website yang dikelola. Namun sayangnya, traffic yang dihasilkan tidak selalu bagus.

 

5. Memilih Website dengan Traffic Tinggi

Pilihlah website media nasional yang memang memiliki traffic yang tinggi. situs dengan pengunjung yang besar akan lebih banyak memberikan eksposur serta peluang untuk mendapatkan backlink pada website Anda.

Memilih website dengan traffic tinggi tentunya juga akan meningkatkan otoritas website Anda. Situs yang dikelola juga lebih kredibel dan dianggap lebih terpercaya. Sehingga website Anda akan memperoleh banyak manfaat.

 

6. Menggunakan Copywriting yang Profesional

Tidak dapat dipungkiri, copywriting menjadi daya tarik tersendiri pada dunia bisnis termasuk mengelola website. Proses pemasangan backlink kerap kali melibatkan penerbitan artikel maupun konten khususnya media nasional. Maka tidak heran copywriting menjadi hal yang sangat penting.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu konten yang disiapkan untuk dipublikasikan pada website media nasional memiliki kualitas yang sangat baik. Konten yang dibuat harus menarik pembaca serta sesuai dengan ketentuan editorial dari website tersebut.

Konten yang berkualitas memiliki beberapa syarat yaitu informatif, original, dan pastinya relevan. Konten tersebut akan sangat menarik dan dibutuhkan bagi pembaca. Dengan demikian, konten artikel Anda akan berpotensi untuk dipublikasi dan mendapatkan backlink.

 

7. Perhatikan Spesifikasi Backlink

Ketika membangun backlink dari media nasional, spesifikasi tautan juga perlu diperhatikan. Idealnya, backlink diletakkan di bagian konten utama. Kemudian teks yang dijadikan tautan atau disebut anchor text harus relevan dengan isi halaman dan menggambarkan secara akurat isi halaman yang ditautkan.

Baca lebih lanjut  Pengertian Artikel Pilar, Ciri - Ciri dan Cara Membuatnya

Anda juga perlu memperhatikan apakah backlink tersebut bersifat dofollow atau nofollow. Backlink dofollow akan memberikan kontribusi yang lebih pada peringkat SEO, sedangkan nofollow masih memberikan nilai namun tidak memberikan kontribusi yang sama kepada otoritas website yang ditautkan.

 

8. Memahami Dasar-Dasar Penulisan SEO Content

Pemahaman tentang dasar-dasar SEO sangat penting jika ingin menggunakan backlink media nasional. Terlebih jika Anda menggunakan jasa backlink. Hal ini juga akan memudahkan Anda saat melihat insight langsung dari website serta melihat letak perubahan dari sebelum menggunakan backlink hingga sesudah menggunakannya.

Jika sudah memiliki website sendiri dan ingin menggunakannya sebagai kepentingan bisnis, pemahaman SEO sangat penting untuk dikuasai.

 

Apa Saja Tantangan Menggunakan Backlink Media Nasional?

Menggunakan backlink dari media nasional memang memiliki banyak manfaat. Namun ada juga tantangan yang perlu diatasi dalam penggunaan backlink. Apa sja, yuk simak selengkapnya:

  • Kualitas Backlink

Tidak semua backlink memiliki kualitas yang baik. Sebelum menggunakan backlink, Anda perlu memperhatikan apakah backlink yang diperoleh berasal dari sumber yang berkualitas dan relevan dengan website Anda atau tidak.

  • Kepatuhan Hukum

Penggunaan backlink juga memiliki aturan. Namun, aturan tentang penggunaan backlink dapat berubah dan bisa menjadi rumit. Anda harus memahami serta mematuhi pedoman hukum yang berkaitan dengan backlink nasional.

  • Tingkat Persaingan yang Ketat

Tren jasa backlink nasional semakin marak. Persaingan untuk mendapatkan backlink dari sumber ternama juga semakin ketat. Disini Anda perlu bersaing dengan pesaing lainnya agar mendapatkan backlink yang berkualitas.

  • Biaya yang Diperlukan

Menggunakan jasa backlink terlebih pada media nasional memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih jika Anda menggunakan backlink dari website media nasional yang kredibel.

Dengan menggunakan backlink media nasional memang berpeluang meningkatkan kualitas website yang sedang Anda kelola. Carilah website yang memiliki kredibilitas tinggi dan juga tinggi traffic. Dengan website tersebut maka akan memberikan dampak positif yang besar pada website yang Anda kelola. Pundi-pundi rupiah juga akan terkumpul dari backlink yang mengarah pada website yang Anda.

 

Banner Jasa Ahli SEO

 

Jasa Backlink Profesional dan Terpercaya

Dengan mengekmati ulasan di atas, kini Ana sudah tahu gambaran umum pentingnya backlink untuk sebuah situs web. Terlebih jika bicara mengenai link dari media nasional. Mungkin tidak mudah untuk setiap pengelola web mendapatkan backlink berkualitas ini. Sebagai alternatifnya, Anda bisa mempercayakan pada jasa SEO profesional yang telah terpercaya seperti halnya di www.jasaahliseo.com.

Melalui perusahaan jasa ini, Anda bisa mendapatkan link berkualitas untuk membuat sebuah web mampu bersaing di ranah digital. Jasa ini telah berpengalaman dan terbukti memberikan jaminan sesuai dengan kesepakatan di awal. Kunjungi situsnya untuk melihat detail informasi lebih lanjut.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us