Logo jasaahliseo

Begini Cara Kerja SEO Off Page yang Wajib Kamu Tahu di Tahun 2024

Begini Cara Kerja SEO Off Page yang Wajib Kamu Tahu di Tahun 2024

Share:

Bagi pengelola website proses maupun cara kerja SEO off page menjadi salah satu aspek penting. Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan kredibilitas dan visibilitas peringkat website di mesin pencarian. Menjadi rahasia umum jika teknik SEO adalah teknik yang paling ampuh untuk meningkatkan rangking sebuah situs di Google.

Dengan penerapan teknik yang benar maka tujuan utamanya akan terpenuhi. Penerapan ini juga memperkuat branding web secara menyeluruh. Ada beberapa komponen utama yang perlu diperhatikan. Seperti halnya SEO off page ini,oleh karena itu mari simak hingga tuntas ya!

 

Pengertian SEO Off Page

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara kerja dari SEO off page, alangkah baiknya untuk cari tahu terlebih dahulu tentang pengertian dasar dari optimasi yang satu ini. Secara garis besar teknik SEO off page ialah rangkaian metode yang dilakukan di luar halaman situs website yang tujuannya untuk meningkatkan ranking kredibilitas otoritas di mesin pencarian.

Jalur eksternal yang dilalui dari optimasi ini adalah untuk mendongkrak ranking website.Ada beberapa cara umum yang sering dilakukan, seperti kerjasama dengan influencer membangun link building atau bergabung dengan beberapa forum komunitas.

 

Cara Kerja SEO Off Page

Setelah tahu mengenai definisi umum dari optimasi SEO ini, ketahui juga mengenai beberapa teknik yang termasuk didalam jenis optimasi ini. Untuk diketahui, penerapan teknik SEO off page dapat terasa dampaknya dalam hal hasil penelusuran. Makin banyak situs web yang ditanamkan tautan balik mengarah ke website Anda maka peluangnya muncul di halaman pertama bakal lebih besar.

Selain meningkatkan otoritasnya di mata mesin pencari, situs Anda juga bisa mendapatkan kepercayaan audiens. Ini dikarenakan, survei menunjukkan bahwa sebagian besar orang lebih memilih mengeklik tautan di halaman pertama saat mencari suatu informasi.

Teknik ini penting untuk dipelajari secara mendalam karena melibatkan beberapa strategi khusus yang layak untuk diulas, berikut selengkapnya:

 

1. Mulai dengan Memaksimalkan Penggunaan Backlink

Pada dasarnya, SEO off page sangat erat kaitannya dengan tujuan memperkenalkan situs Anda pada khalayak ramai. Jika diserupakan dengan teknik lain, penerapan SEO off page terbilang sama seperti branding.

Baca lebih lanjut  Domain Authority: Strategi dan Cara Efektif Meningkatkannya pada Website Anda

Namun, langkah pertama untuk optimasi atau penerapan cara kerja SEO off page ialah dengan memaksimalkan penggunaan backlink. Untuk diketahui, backlink adalah tautan yang terdapat di situs lain dan mengarah ke website Anda.

Backlink sendiri sebaiknya diterapkan di situs-situs yang kredibel. Hal ini berguna untuk memastikan orang-orang yang melihat tautan ke situs Anda juga lebih percaya kualitas website Anda.

Sebagai informasi, tautan balik ini bisa ditanamkan dengan model dofollow ataupun nofollow. Keduanya bisa didapatkan secara cuma-cuma dari situs lainnya ataupun Anda yang membuatnya sendiri. Seperti membuat konten berkualitas tinggi yang nantinya dikirim ke forum terbuka untuk siapa saja.

 

2. Optimasi Bisnis dengan Registrasi Google My Business

Selain mengupayakan pembuatan tautan balik di berbagai situs kredibel, Anda juga perlu mengoptimasi bisnis dengan melakukan registrasi di beberapa platform. Salah satunya adalah Google My Business yang bisa sangat berperan penting dalam meningkatkan awareness situs web.

Dengan terdaftarnya situs Anda di platform tersebut maka akan lebih mudah untuk proses membuat iklan jika ingin memperluas jangkauannya. Tak hanya itu, pendaftaran di Google My Business juga dapat memastikan situs web Anda punya visibilitas dan trafik lebih tinggi.

Kendati begitu, perlu diketahui juga bahwa terdapat sejumlah informasi penting yang harus diterapkan saat pendaftaran bisnis Anda di platform ini. Di antaranya adalah nomor telepon, alamat perusahaan atau pemilik situs, dan deskripsi menarik yang menggambarkan keseluruhan konten website-nya.

Dengan informasi-informasi tersebut, fitur yang bisa Anda dapatkan secara gratis ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi situs Anda. Seperti memberitahu orang-orang mengenai kredibilitas situs dan menambah tingkat kepercayaan mereka.

 

3. Direktori Bisnis di Berbagai Platform Usaha Lainnya

Bukan hanya penting mendaftarkan situs di Google My Business. Namun, Anda juga sebaiknya memilih beberapa direktori bisnis yang punya otoritas tinggi untuk dijadikan lokasi meningkatkan awareness. Misalnya seperti GrabFood dan GoFood jika Anda punya usaha kuliner. Anda juga bisa punya toko online sendiri di situs belanja.

Dengan adanya informasi situs ataupun usaha Anda di tempat lain, cara kerja SEO off page tanpa backlink bisa tetap maksimal. Orang-orang akan mengenal usaha Anda dan berpeluang mencarinya di internet jika tertarik mendapatkan produk yang ditawarkan.

 

4. Bangun Komunitas Online yang Relevan dengan Usaha

Jika situs web Anda hanya halaman untuk berbagai informasi menarik, seperti berita atau konten evergreen, sebaiknya cari komunitas online. Seperti situs terbuka Kompasiana, Kumparan, Republika, dan sebagainya.

Baca lebih lanjut  Keyword Stuffing: Definisi, Dampak Bahayanya, Ciri-Ciri dan Contoh!

Situs-situs yang dapat mengunggah konten siapapun ini bisa dimanfaatkan untuk mengunggah artikel yang Anda buat. Kemudian jangan lupa, terapkan backlink yang mengarah ke situs web Anda.

Bergabung ke komunitas seperti ini juga bagus untuk situs-situs milik perusahaan. Pasalnya, selain dapat berbagi informasi di situsnya, Anda juga bisa bergabung dalam grup yang lebih privat, seperti WhatsApp group ataupun di channel Telegram.

 

5. Tingkatkan Brand Awareness dengan Brand Mention

Meningkatkan brand awareness menggunakan cara kerja SEO off page juga bisa dengan hanya mention nama brand Anda. Meskipun tidak ada backlink atau tautan balik, orang-orang bisa jadi penasaran dengan situs Anda. Terlebih jika Anda mampu membuat copy iklan yang menarik.

 

6.  Cara Kerja SEO Off Page dengan Optimasi Media Sosial

Supaya hasil optimasi SEO off page lebih maksimal, pastikan untuk menghadirkan situs web Anda di media sosial juga. Mulai dari LinkedIn, Twitter, Instagram, Facebook, dan sebagainya.

Dengan keberadaannya di berbagai platform media sosial lainnya, orang tidak akan kesulitan menemukan informasi situs web Anda di mana pun. Hal ini juga bisa meningkatkan kredibilitas dan otoritas website Anda secara tidak langsung.

 

7. Hadirkan Customer Review

Langkah lain untuk mengoptimasi situs web Anda ialah dengan menghadirkan customer review. Hal ini bisa diterapkan di berbagai platform. Baik itu media sosial maupun situs web Anda di internet.

Untuk diketahui, hadirnya review langsung dari konsumen lain yang telah mencoba produk Anda tentunya akan lebih meningkatkan kepercayaan audiens. Terlebih jika review tersebut benar-benar dibuat oleh konsumen Anda.

 

8. Ukur Performa dan Evaluasi

Cara lain untuk memaksimalkan cara kerja SEO off page yaitu dengan mengukur performanya setelah penerapan langkah-langkah tadi. Anda bisa menggunakan alat analisis seperti Google Analytics untuk melacak trafik, sumber tarik, hingga peringkat situs Anda dari waktu ke waktu.

Setelahnya, lakukan evaluasi kembali langkah-langkah yang telah dilakukan. Anda bisa memperbaiki apa yang kurang guna memastikan hasilnya jauh lebih maksimal.

 

Tips SEO Off Page yang Penting Diketahui Pengelola Website agar Masuk Halaman Satu

Guna memaksimalkan kinerjanya, Anda juga harus mengetahui beberapa hal yang mampu membuat website masuk ke halaman satu mesin pencarian. Mari lihat beberapa poinnya:

  • Faktor Penting SEO Off Page

Seringnya yang orang tahu, SEO off page lebih berkaitan dengan langkah memasang backlink di situs lain menggunakan teknik blackhat. Yaitu, memanfaatkan mesin untuk membuat situs-situs baru dan menanamkan tautan balik secara massal ke website Anda. Cara tersebut tergolong aman tetapi dapat berisiko menyebabkan kerusakan pada situs web Anda jika dilakukan terlalu sering.

Baca lebih lanjut  Solusi Praktis Mengatasi Halaman Web Tidak Tersedia: Panduan SEO 2023

Untuk diketahui, banyaknya tautan balik yang mengarah ke situs web Anda memang penting dalam meningkatkan awareness. Namun, faktor penting tersebut bukan hanya terletak pada kuantitas, melainkan kualitasnya juga. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk membuat tautan balik secara natural.

  • Gunakan Alat Analisis Ranking SEO Off Page

Guna mengetahui bagaimana tingkat otoritas situs web Anda, dibutuhkan juga alat analisis khusus untuk mengeceknya. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Matrix Moz SEO yang dapat mengetahui tingkat Domain Authority (DA). Tak hanya itu, Page Authority (PA) juga dapat dilihat dengan menggunakan alat analisis tersebut.

 

Yuk Ketahui, Beberapa Contoh SEO Off Page

Sebagai informasi, SEO off page ini tidak hanya mencakup tautan balik yang ditanamkan di luar situs web. Namun, ada juga beberapa contoh lain dari penerapan SEO ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  •  Brand mentions, yaitu teknik penyebutan nama situs web Anda di konten website lain tanpa adanya tautan yang tertanam.
  •  Influencer outreach, yakni langkah brand awareness dengan memanfaatkan content creator ataupun orang-orang berpengaruh.
  •  Social networking merupakan strategi memperluas jaringan dengan memanfaatkan sosial media.
  •  Content marketing berkaitan dengan pemasaran nama merek menggunakan situs-situs kredibel seperti LinkedIn.
  • Broken link building, teknik satu ini bertujuan untuk menghidupkan laman yang rusak dan mengisinya dengan konten Anda yang berisi tautan balik.
  • Newsletter, cara menerapkan teknik SEO off page ini memanfaatkan email untuk meningkatkan otoritas situs web Anda.
  •  Guest author, cara ini berkaitan dengan teknik menjadi penulis untuk situs web lain. Anda bisa mengajak pemilik situs web lain untuk melakukan kolaborasi.
  •  Content forum, Anda juga bisa berpartisipasi menjadi penulis di situs atau forum terbuka untuk siapa saja. Langkah ini akan memudahkan Anda untuk menerapkan SEO off page dengan cara menerapkan tautan balik.

 

Banner Jasa Ahli SEO

Raih Keberhasilan SEO Off Page dengan Memanfaatkan Jasa Ahli SEO

Meraih keberhasilan memang bukan hal mudah, namun Anda masih berkesempatan menjadikan situs web performa maksimal dengan memanfaatkan kinerja jasa SEO profesional. Sebagai rekomendasi utama, Anda bisa mempercayakan pada www.jasaahliseo.com untuk membantu mengoptimasi situs web yang Anda kelola.

Dengan teknik cermat dan tepat, akan membuat situs Anda berpotensi besar masuk ke halaman pertama. Perusahaan jasa ini telah menangani puluhan klien secara profesional. Pelanggan bisa langsung memesan optimasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website.

Kesulitan dalam pengelolaan bisa dilakukan dengan cepat dan efisien. Untuk mendapatkan informasi lengkap, Anda bisa mengunjungi website utamanya dan berkonsultasi secara langsung. Yuk optimalkan kinerja website Anda dengan jasa SEO terbaik di www.jasaahliseo.com.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us