Logo jasaahliseo

Apa itu Local SEO: Pengertian, Keuntungan, dan Cara Strateginya

Apa itu local SEO

Share:

Apa itu local SEO? Jika Anda mencari jenis-jenis teknik optimasi search engine (SEO), pastinya menemukan istilah tersebut. Untuk diketahui, local SEO adalah strategi terbaik yang sebaiknya tidak dilewatkan pengelola situs web bisnis.

Pasalnya, teknik SEO ini dapat menjangkau lebih banyak audiens berkualitas yang punya peluang tinggi melakukan konversi di situs Anda. Selain itu, teknik local SEO juga memastikan kehadiran online website Anda lebih terdeteksi banyak orang, khususnya di kawasan tertentu. Untuk tahu selengkapnya tentang teknik satu ini, yuk cek informasi di bawah!

Apa itu Local SEO?

Secara sederhana, arti local SEO adalah teknik optimasi mesin pencari di lokasi tertentu. Baik satu lokasi maupun beberapa tempat sekaligus. Strategi ini bertujuan untuk memastikan situs bisnis Anda dilihat lebih banyak orang sehingga meningkatkan kemungkinan adanya transaksi jual beli.

Bila Anda belum memahami apa itu local SEO, gambaran berikut bisa disimak. Ketika Anda berada di Kota Bandung, kemudian mencari lokasi makan siang terdekat di Google, otomatis mesin pencari akan menampilkan rekomendasi. Adapun rekomendasi yang ditampilkan umumnya berada tak jauh dari posisi Anda berada.

Untuk diketahui, rekomendasi yang diberikan oleh Google pada Anda dipengaruhi oleh teknik SEO lokal. Lebih jelasnya, situs-situs bisnis yang muncul di halaman hasil penelusuran telah berhasil menerapkan strategi lokal SEO di kawasan Bandung.

Adapun cara menerapkan teknik lokal SEO ini harus menggunakan tools lain. Yaitu, Google My Business. Anda bisa mendaftar secara mandiri dengan email di platform tersebut untuk memulai penerapan strategi ini. 

Mengapa Local SEO Penting? 

Setelah tahu sekilas tentang apa itu local SEO dan gambarannya, perlu diketahui bahwa teknik ini penting diterapkan di situs-situs bisnis. Terdapat sejumlah alasan yang mendasari pernyataan tersebut.

Diantaranya, data menyebutkan bahwa lebih dari 75% masyarakat di Amerika Serikat hingga Jerman menggunakan Google ketika mencari suatu produk. Tidak berbeda dengan itu, konsumen di Indonesia juga kini telah banyak yang memanfaatkan search engine saat mencari informasi produk. 

Selain itu, local SEO jadi penting diterapkan sebab data Maps memperlihatkan peningkatan drastis di pencarian menggunakan keyword “di dekat saya”. Tak main-main, peningkatannya mencapai lebih dari 100% dari tahun ke tahun.

Baca lebih lanjut  Tips Memilih Jasa SEO Indonesia Murah dan Berkualitas

Hal-hal tadi memperkuat pentingnya penerapan SEO lokal. Pasalnya, kehadiran online bisnis Anda di mesin pencari yang menggunakan keyword “terdekat” dipengaruhi oleh lokasi geografis.

Bagaimana Cara Kerja Local SEO?

Pada bahasan apa itu local SEO sebelumnya sudah disebutkan salah satu faktor yang mempengaruhi cara kerja teknik optimasi ini, yaitu kata kunci. Contohnya, “di dekat saya”, “terdekat”, “di (nama kota/daerah)”, dan sebagainya.

Namun di samping faktor-faktor tadi, cara kerja SEO lokal juga dipengaruhi oleh hal lain. Diantaranya adalah relevansi antara kata kunci yang dipakai pengguna internet dan profil bisnis. 

Faktor selanjutnya adalah jarak antara pengguna internet dan juga lokasi situs web bisnis Anda. Selain itu, local SEO juga dipengaruhi oleh keunggulan situs bisnis. Karena faktor-faktor ini, penting bagi Anda untuk memastikan jelasnya profil di Google My Business dan baiknya otoritas situs web. 

Dengan hal tadi, situs bisnis Anda tidak hanya akan tampil di pengguna internet yang memakai kata kunci berkaitan dengan lokasi. Orang-orang di lokasi tertentu yang mencari produk dengan keyword seperti “restoran ayam bakar” saja juga bisa mendapatkan rekomendasi terdekat.

Keuntungan Menerapkan Teknik Local SEO

Dengan menerapkan teknik local SEO, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Tak hanya mendapatkan kemungkinan adanya jual beli seperti dikatakan di poin apa itu local SEO. Beberapa keuntungan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menaikkan Angka Konversi Secara Signifikan 

Penerapan teknik ini dapat menaikkan angka konversi secara signifikan. Hal ini telah dibuktikan sejumlah studi. Para ahli menyebut jika penerapan strategi lokal SEO 50% lebih efektif menghasilkan konversi dibandingkan iklan konvensional.

Hal ini dikarenakan, orang-orang bisa dengan mudah meningkat kepercayaannya pada suatu bisnis berkat layanan terintegrasi. Seperti untuk terhubung dengan bisnis secara langsung melalui panggilan ataupun pesan.

  • Memenangkan Persaingan Bisnis

Menerapkan lokal SEO juga bisa memenangkan persaingan bisnis. Hal ini disebabkan karena tingkat kompetisi di dunia digital tidak begitu ketat. Data menyebutkan bahwa hanya 44% bisnis yang terdaftar di Google My Business.

Dengan tingkat kompetisi yang tergolong cukup rendah sementara jumlah konsumennya tinggi maka bisnis Anda bisa selangkah lebih maju dari kompetitor. 

  • Meningkatkan Brand Awareness 

Teknik local SEO juga bisa meningkatkan brand awareness. Seperti diketahui, seiring tingginya kehadiran online bisnis Anda di halaman hasil pencarian maka makin banyak orang yang akan mengenal namanya.

Selanjutnya, jumlah trafik juga berpeluang meningkat sehingga situs web bisnis Anda makin dikenal. Dengan tingginya tingkat brand awareness, bisnis Anda bisa dikenal dalam jangka waktu panjang.

  • Mudah Menyusun Rencana Pemasaran Jangka Panjang

Setelah mendapatkan keuntungan-keuntungan tadi, teknik local SEO juga bisa memudahkan penyusunan rencana pemasaran dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan adanya insight yang ditampilkan langsung oleh Google My Business.

Baca lebih lanjut  Backlink Media Nasional : Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukan Backlink Media

Dengan statistik tersebut, Anda bisa mengevaluasi setiap metode pemasaran yang sudah dilakukan agar hasilnya lebih optimal.

Cara Optimasi Local SEO

Setelah tahu apa itu local SEO, cara kerja, dan juga keuntungannya, berikut adalah cara optimasi teknik satu ini. Dimulai dengan mengoptimalkan profil bisnis, menggunakan kata kunci lokal, mengoptimasi SEO on page, hingga memaksimalkan otoritasnya.

1. Optimasi Profil Situs di Google My Business

Bagian dalam optimasi local SEO yang pertama kali perlu dilakukan adalah profil situs di Google My Business. Untuk melakukannya, Anda bisa mendaftar di platform tersebut, kemudian buka “Google Maps” dan daftarkan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga perlu mengisi profil di Google My Business secara lengkap serta benar. Jika data-datanya telah terisi lengkap, Anda perlu menunggu review dari pihak Google agar bisnis terdaftar.

2. Lakukan Riset Kata Kunci untuk SEO Lokal

Cara optimasi selanjutnya adalah dengan riset kata kunci lokal. Adapun yang dimaksud kata kunci lokal adalah jenis keyword yang berkaitan dengan produk maupun layanan lokal. 

Dengan menggunakan kata kunci tersebut, Anda bisa mendapatkan lalu lintas lokal yang lebih sesuai dengan target bisnis. Adapun cara mendapatkan kata kunci lokal yang sesuai dengan bisnis Anda bisa dimulai dengan meneliti pesaing.

Kemudian, lihat apa saja yang dilakukan pesaing sehingga Anda punya referensi dalam memulai penerapan teknik SEO lokal. Anda juga bisa menggunakan alat Organic Research  dari SEMrush untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci lokal.

3. Dapatkan Review Positif dari Audiens maupun Klien

Selain mendaftar di Google My Business seperti disinggung di bagian apa itu local SEO, pengoptimalan teknik ini juga mencakup review dari audiens. Untuk memastikan situs web Anda dikenal baik oleh konsumen, ulasan yang tersedia harus dipastikan baiknya. 

Dengan banyaknya ulasan positif, dipastikan frekuensi kunjungan audiens juga semakin meningkat. Hal tersebut akan berdampak baik untuk kelangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang

Adapun cara agar situs bisnis Anda mendapatkan banyak ulasan positif, pastikan memberikan layanan terbaik setiap saat. Selain itu, Anda bisa meminta setiap pelanggan yang memberikan ulasan menambahkan foto produk yang dibelinya agar review-nya makin terpercaya.

4. Optimasi SEO On Page 

Langkah selanjutnya dalam optimasi local SEO ialah mengoptimalkan bagian on page. Sebagai informasi, SEO on page sendiri mencakup banyak hal. Mulai dari riset kata kunci, judul menarik, deskripsi unik, hingga keseluruhan isi konten yang menarik dan informatif.

Baca lebih lanjut  Mengenal Apa itu Spam Score Checker? dan Cara menurunkan Spam Score

Teknik ini penting dilakukan bersamaan dengan SEO lokal agar posisi bisnis Anda makin naik ke peringkat atas. 

5. Terapkan NAP Citations

Teknik SEO lokal juga perlu dimaksimalkan dengan menghadirkan NAP citations. Sebagai informasi, NAP adalah data singkat mengenai bisnis Anda. Data ini terdiri dari nama, alamat, dan juga nomor telepon.

Makin sederhana dan jelas NAP citations yang dipasang maka bisnis Anda berpeluang makin mudah masuk halaman hasil penelusuran. Selain memperhatikan kesederhanaan dan kejelasan infonya, pastikan data yang ditambahkan sebagai NAP citations tidak berbeda dengan yang tertera di laman lain. Entah itu di media sosial, situs web, entah di laman lainnya.

6. Pastikan Nama Brand Jelas dan Unik

Untuk mendapatkan hasil optimal dari teknik yang dibahas dalam artikel apa itu local SEO ini, Anda perlu mengoptimasi nama brand. Bagian ini perlu dibuat semenarik mungkin dan juga unik.

Ini dikarenakan, menggunakan nama brand yang pasaran atau bahkan meniru bisa mengurangi kualitas website Anda. Tak hanya itu, Google juga akan kesulitan mendeteksi adanya bisnis Anda jika namanya sulit terbaca atau terlalu umum.

7. Tingkatkan Otoritas Website 

Teknik local SEO juga bisa optimal hasilnya jika otoritas situs web tinggi. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan adanya optimasi SEO off pages agar otoritas situs web makin baik. Dengan tingginya tingkat otoritas, peluangnya masuk halaman hasil penelusuran akan makin tinggi. 

8. Berikan Feedback untuk Ulasan Konsumen 

Langkah lain untuk memaksimalkan hasil optimasi SEO lokal adalah dengan memberikan feedback untuk ulasan konsumen. Contohnya, jika konsumen memberikan saran, Anda bisa mempertimbangkannya. 

Sementara itu, jika konsumen merasa kurang puas, Anda sebaiknya memberikan tanggapan berupa permintaan maaf dan perbaikan layanan ke depannya. Semakin Anda aktif menanggapi ulasan konsumen maka konsumen akan semakin percaya akan kredibilitas bisnis Anda.

Selanjutnya, perkembangan bisnis juga bisa makin lancar sebab ulasan konsumen juga menentukan keberhasilan lokal SEO. Biasanya, ulasan konsumen juga menjadi awal mula adanya adanya teknik word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut.

Sudah Paham Apa itu Local SEO?

Sampai di sini, Anda sudah paham apa itu local SEO? Pada intinya, lokal SEO adalah teknik optimasi mesin pencari yang menargetkan audiens di lokasi tertentu. 

Dengan menerapkan teknik tersebut, bisnis berpeluang dikenal lebih banyak orang sekitar. Selain itu, tingkat konversi juga berkemungkinan meningkat seiring makin tingginya kepercayaan konsumen pada bisnis Anda.

Untuk menerapkan teknik lokal SEO, Anda bisa mengoptimasi situs web di Google My Business hingga Google Maps. Terutama di bagian profil dan juga ulasan. Jika keduanya dioptimasi, bisnis Anda akan lebih mudah ditemukan orang-orang yang mencari kata kunci serupa di mesin pencari.

Jasa SEO Murah

Bagi Anda yang kesulitan menerapkan teknik-teknik seperti disebut dalam ulasan apa itu local SEO ini, Anda bisa mengandalkan Jasa Ahli SEO. Layanan optimasi search engine yang berpengalaman ini melayani berbagai penerapan teknik SEO untuk menjadikan situs web masuk halaman pertama.

Termasuk optimasi Google My Business, digital marketing, SEO on page, SEO off pages, dan sebagainya. Untuk konsultasi dengan Jasa Ahli SEO secara gratis terkait apa itu local SEO ataupun teknik lainnya, hubungi kontak tersedia di www.jasaahliseo.com sekarang juga!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us