JasaAhliSEO

Google Analytics: Paduan Lengkap untuk Pemula

Google Analytics: Paduan Lengkap Untuk Pemula

Apa itu Google Analytics – Bagi anda yang sering berselancar dalam dunia digital menggunakan platform google, tentunya tidak akan asing lagi dengan istilah satu ini. Apa itu Google Analytics? Google analytics merupakan suatu tool yang mana wajib dimiliki oleh setiap pemilik website. Untuk apa sih google analytics ini. Salah satu fungsinya adalah untuk pemantauan trafik web.

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan pemantauan terhadap trafik web? Anda harus terlebih dahulu melakukan pemasangan atau penginstallan Google Analytics di website lalu anda dapat dengan mudah melakukan pemantauan trafik web anda sendiri. Bukan hanya trafik, platform ini juga dapat menyediakan data seperti sumber dari trafik tersebut, data demografi, konten populer dan lain – lain.

Apa sih keuntungannya kita bisa mengetahui trafik web kita dengan menggunakan Google Analytics, salah satunya adalah dapat anda gunakan sebagai bahan evaluasi konten dan situs web seperti apakah ada teknis yang perlu diperbaiki atau tidak? Adakah konten yang kurang menarik dan harus dibagaimanakan konten tersebut? Bagaimana caranya?

 

Cara Menginstall Google Analytics

 Untuk mengenal lebih jauh lagi mengenai Apa itu Google Analytics, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja jenis data yang ada di Google Analytics. Baik, pertama adalah realtime, demografi pengunjung, perilaku pengunjung, jumlah trafik, darimana sumber trafik dan yang terkahir adalah jenis data yang berupa kecepatan website.

Cara memasang google analytics di web pertama adalah dengan membuat akun google analytics. Anda perlu membuat akun anda untuk mendapatkan sebuat tracking code untuk dipasang pada dashboard admin pada web yang ada. Pertama, masuk ke halaman utama pada platform dan klik tombol sign in yang ada, biasanya tombol tersebut terletak di bagian atas halaman. Pilih Google Analytics.

Setelah berhasil, anda akan diarahkan menuju halaman login. Anda perlu memasukkan alamat email gmail yang anda gunakan. Jika anda belum memiliki gmail, anda bisa melakukan registrasi gmail terlebih dahulu dengan memilih tombol create account yang tersedia. Anda akan diminta menuliskan password untuk bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya. Klik sign up.

Untuk membuat akun baru, anda akan diminta mengisi beberapa masukan yang tampil dalam platform tersebut. Setelah anda mengisi, klik tombol get Tracking ID. Item yang diperlukan sebelum mengklik tombol get tracking ID adalah nama akun, nama website, Url website, kategori industri dan reposting time zone. Jika anda telah berhasil anda akan melihat adanya tracking code dan salin.

Ada banyak cara yang dapat anda gunakan dengan tracking code tersebut, salah satunya adalah dapat menambahkannya secara langsung pada file header.php dengan penggunaan plugin. Lakukan install plugin dengan login pada web, aktifkan plugin masuk ke menu setting dan pilih Google Analytics kemudian tempel salinan kode tadi pilih tombol save changes. Tracking code sudah berhasil ditambah.

 

Istilah yang Sering Digunakan dalam Google Analytics

Untuk mahir dalam penggunaan platform Google Analytics, tentunya anda juga perlu menguasai apa saja sih istilah – istilah yang terdapat dalam platform tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama, jika Google Analytics ini memiliki banyak sekali menu dan juga bagian. Jika anda tidak mengenal istilah yang anda, tentunya akan sangat membingungkan anda untuk dapat melanjutkan langkah selanjutnya.

Berikut ini adalah istilah-istilah yang sering digunakan:

  1. Organizations

    Merupakan istilah untuk mengelompokkan semua file dalam satu folder. Dimana dengan istilah ini anda bisa mengunakan beberapa layanan pada google sekaligus seperti layanan Analytics, tags manager dan juga optimize. Dengan ini, anda juga bisa mengatur pengguna akses data dan juga interaksi antar produk.

  2. Accounts

    Tentunya ini tidak asing lagi. Karena ini merupakan sebuah akses poin anda dalam layanan analytics. Setidaknya, perlu satu akun untuk dapat memantau pergerakan dari Google Analytics.

  3. Properties

    Ini merupakan sebuah sebutan untuk objek yang mana metriknya telah dipantau oleh analytics seperti website, aplikasi ponsel ataupun berupa device dengan tracking ID.

  4. Views

    Merupakan sebuah sebutan untuk data spesiik yang mungkin anda inginkan dalam sebuah properti yang ada, misalkan untuk masing-masing view.

  5. Session

    Merupakan sebuah interaksi antar pengguna dengan halaman web dalam jangka waktu tertentu.

  6. Bounce rate

    Merupakan sebuah presentase atau jumlah pengunjung yang meninggalkan web setelah mereka melihat satu halaman saja.

 

Bagaimana cara menggunakan Google Analytics

Dengan realtime pada file overview anda bisa melakukan pengecekan metrik realtime web. Data yang bisa terekam bisa berupa jumlah pengguna, pembagian pengguna berdasar device, pageview permenit atau perdetik, top referral, top social traffic, top keywords, top active pages dan juga top locations yang tersedia dalam bentuk sesederhana mungkin.

 

Apa Itu Google Analytics

Kesimpulan yang dapat ditarik dari beberapa penjelasan di atas adalah bahwa google analytics menawarkan beberapa fitur statistik mengenai web yang mana fitur tersebut dapat membantu anda dalam membuat suatu konten sesuai dengan target visitor anda. Ini merupakan suatu tool yang wajib bagi para pemilik web. Langkah pertama yang harus anda ambil adalah dengan melakukan instal.

Jika penginstallan terhadap google analytics telah anda lewati dengan mudah maka anda dapat melakukan penambahan tracking code ke dalam web anda. Untuk lebih menguasai secara maksimal mengenai Apa itu Google Analytics, anda juga perlu memahami berbagai istilah yang terdapat dalam platform tersebut untuk dapat memudahkan pergerakan anda.

Tags:

1 komentar untuk “Google Analytics: Paduan Lengkap untuk Pemula”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

blog dan website

Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

Siapa yang tidak mengenal blog yang berisi tulisan tulisan di internet bahkan mungkin yang setiap hari anda baca di google, yaitu adalah blog. Lalu bagaimana dengan website, sederhananya adalah website

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

Need Help? Chat with us