Logo jasaahliseo

Tips Mempercepat Loading Website dengan Mudah dan Cepat

Tips Mempercepat Website

Share:

,Jika anda merasa kecepatan website itu tidak penting? Apakah kamu tahu salah satu faktor yang mempengaruhi ranking website adalah kecepatan loading website. Jadi bisa disimpulkan jangan pernah menganggap remeh dengan kecepatan website, ternyata penting banget di mata Google untuk menilai ranking website anda.

Pada tahun 2010, Google mengumumkan bahwa kecepatan web (page speed) adalah salah satu faktor yang mempengaruhi penilaian Google. Lalu pada tahun 2017 Google menegaskan bahwa kecepatan website itu sangat penting, Saat itu Google sudah meluncurkan update terbarunya yaitu “Mobile-First Pages”.

Test Kecepatan Website

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi, kita perlu cek kecepatan website anda terlebih dahulu agar kita bisa melihat kecepatan website anda, apakah sudah cepat? Disini saya akan memberikan 2 rekomendasi website yang bisa anda gunakan untuk cek kecepatan website anda, tools ini sudah sering digunakan oleh banyak orang, jadi anda bisa cek kecepatan website anda dengan gratis.

GTmertix

Salah satu website yang paling banyak digunakan sebagai tools test kecepatan website. Cara membaca test kecepatan pada website ini adalah Anda bisa melihat di GTmertix Grade, dalam penilaiannya berupa huruf, mulai dari A,B,C,D,E, dan indikator warna.

Baca lebih lanjut  Cara Memulai Blog Profesional dan Menghasilkan Uang

Penilaian yang paling bagus adalah mendapatkan penilaian di Grade A dan memiliki indikator warna hijau, artinya website anda sudah sangat cepat, jika belum mencapai Penilaian A saran kami segera melakukan optimasi kecepatan website anda.

test kecepatan wesite

Anda bisa melihat salah satu contoh website yang memiliki penilaian yang bagus, contohnya website JasaAhliSEO.com. Pada website JasaAhliSEO.com sudah memiliki penilaian yang sangat bagus, hasil dari penilaian GTmertix pada website JasaAhliSEO.com yaitu memiliki penilaian A dan berindikator berwarna hijau yang artinya website ini sudah memiliki kecepatan yang sangat bagus.

PageSpeed Insight

PageSpeed Insight merupakan tools gratis yang diberikan pada google untuk test kecepatan website. Anda bisa mencobai dengan gratis, pada PageSpeed Insight. Website ini dapat memberikan penilaian dengan angka dari 100-0 performance.

Jika performance website anda mendekati angka 100 artinya website anda sudah memiliki kecepatan loading website yang bagus,jika kurang dari 90 maka website anda perlu dioptimasi kecepatan situs anda.

test kecepatan website

Cara Mempercepat Loading Website anda

Jika website anda merasa bahwa kecepatan websitenya masih kurang? Artinya website anda perlu dioptimasi, jika tidak akan mempengaruhi ranking website anda dan dapat mempersulit perkembangan website anda, berikut ini adalah cara mempercepat website :

Jangan terlalu banyak menggunakan Plugin

Salah satu faktor utama yang membuat website anda lambat adalah menggunakan terlalu banyak plugin yang tidak dibutuhkan, ini bisa menjadi faktor mengapa website anda menjadi sangat lambat, karena setiap plugin yang anda gunakan terlalu banyak, akibatnya membuat website anda jadi sangat lambat sehingga mempengaruhi kecepatan loading website anda.

Pakai Tema website yang ringan

Memilih sebuah tema website yang sederhana dan ringan akan sangat mempengaruhi pada kecepatan website anda, karena terkadang sering menemukan bug codingan pada website tersebut, ataupun ada file yang error sehingga dapat memperlambat kecepatan website anda.

Baca lebih lanjut  Artikel SEO friendly: 8 Strategi Efektif untuk Membuat Judul SEO Friendly

Apalagi jika anda menggunakan tema wordpress, perhatikan terlebih dahulu pada rating tema, versi php yang digunakan, memiliki template yang responsif. 

Memilih sebuah tema yang tepat untuk website anda tentunya merupakan aspek yang paling penting dan anda tidak boleh sampai salah memilih. Karena mengubah template berulang-kali bisa mempengaruhi index google dan kehilangan fokus untuk membuat konten website anda, tentunya ini akan sangat merugikan waktu anda.

Optimasi Gambar

Faktor yang dapat mempengaruhi pada kecepatan loading website adalah file gambar yang terlalu besar sehingga membuat proses loading yang begitu panjang. Cara untuk menanganinya sangat mudah adalah anda harus kompress atau memperkecil ukuran gambar, ketika anda ingin kompress gambar, hal yang perlu anda tahu adalah jangan sampai gambar anda menjadi blur, karena akan mempengaruhi pada optimasi SEO anda. Kami akan memberikan beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk memperkecil ukuran file wgambar anda: 

Tools Gratis Kompress ukuran images:

Anda bisa menggunakan tools gratis yang kami rekomendasikan kepada anda, kompreslah setiap semua gambar yang ada di website anda.

Jika anda merasa website anda terlalu banyak yang harus di kompress, kami mempunyai solusi yang kedua yaitu menggunakan plugin Smush dari wordpress.

Smush

plugin kompress gambar

Anda hanya tinggal menginstalnya saja dan akan bisa setting sedikit pada plugin tersebut.

Semoga tips ini bisa membantu mempercepat website anda, mungkin saja anda memerlukan seorang Ahli SEO untuk membantu anda menangani optimasi SEO yang handal, kami bisa membantu anda dalam optimasi website anda menjadi website yang profesional, gunakan jasa dari jasaAhliSEO.com sekarang!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us