Logo jasaahliseo

Keyword Gap SEMRush: Pengertian, Fungsi, Tips dan Bagaimana Cara Mengetahuinya 

keyword gap

Share:

Keyword gap merupakan jenis kata kunci yang dapat dipakai untuk memastikan situs web Anda lebih unggul dari kompetitor. Beberapa orang juga menyebut bahwa istilah ini merujuk pada teknik untuk menemukan kata kunci ideal yang belum dipakai oleh pesaing. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih dalam seputar teknik SEO dasar tadi, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Keyword Gap 

Jika diartikan dalam Indonesia, keyword gap (KG) adalah kesenjangan kata kunci. Sementara itu, apabila dipaparkan secara rinci, KG merupakan teknik SEO untuk menganalisis kesenjangan antara satu situs dengan situs lainnya. 

Bisa dikatakan juga bahwa teknik KG merupakan cara menemukan celah diantara banyaknya kata kunci serupa dalam tiap-tiap situs. Khususnya yang memiliki niche sama. Dengan menemukan gap keyword, persaingan yang ketat antar  situs dapat dimenangkan oleh website Anda. 

Sebagai gambaran, terdapat situs-situs dengan niche teknologi yang membahas “cara meningkatkan views Instagram”. Ada juga situs lain yang menggunakan kata kunci “cara meraih ribuan views reels IG”. 

Sementara itu, setelah dianalisis, banyak pengguna internet yang mencari “cara mendapatkan banyak like reels IG”. Namun, saat kata kunci tersebut dicari, halaman hasil pencarian justru menampilkan konten-konten dengan keyword sebelumnya. 

Dari gambaran tadi, bisa disimpulkan jika keyword gap dari kasus ini adalah “cara mendapatkan banyak like reels IG”. Jadi, Anda bisa memanfaatkan kata kunci tersebut untuk mendapatkan lebih banyak trafik dibandingkan situs kompetitor.

Fungsi Utama Keyword Gap 

Pada dasarnya, gap keyword adalah ide konten agar situs Anda memiliki perbedaan spesifik dan lebih unggul dari kompetitor. Selain itu, berikut adalah sejumlah fungsi lain dari adanya teknik menemukan kesenjangan kata kunci:

1. Meningkatkan Visibilitas Website 

Fungsi pertama dari gap keyword ialah meningkatkan visibilitas website. Hal ini terjadi dikarenakan belum umumnya konten yang dilengkapi kata kunci hasil dari analisis gap. 

Baca lebih lanjut  Apa itu Link Building: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Tak hanya karena penggunaan kata kunci yang berbeda dan variatif. Visibilitas situs web juga dapat semakin meningkat sebab Anda memahami lebih lanjut tentang pesaing. Seperti dalam hal strateginya dalam mendapatkan banyak visibilitas. Dari analisis KG juga, Anda bisa menemukan adanya bagian-bagian kurang pada situs web yang dikelola dan perlu segera diperbaiki.

2. Optimasi Konten agar Lebih Relevan dengan Kebutuhan Pengguna

Analisis gap keyword juga bermanfaat untuk menghadirkan lebih banyak konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jika Anda jadi user, pastinya cukup kecewa saat mencari informasi dengan kata kunci spesifik tetapi konten yang ditampilkan tidak relevan. 

Sementara itu, saat menemukan beberapa konten yang memuat kata kunci sesuai dengan yang dicari, tentu pengguna akan merasa puas dengan informasi yang didapatkan. Dalam hal ini, situs web yang memberikan konten sesuai dengan pencarian pasti akan lebih diingat. 

Jadi intinya, menggunakan kata kunci yang menjadi celah antara situs Anda dan kompetitor juga berfungsi untuk memenangkan audiens. Dari hal ini, situs web Anda berkemungkinan lebih cepat berkembang dan meningkat performanya secara signifikan dari waktu ke waktu.

3. Meningkatkan Peringkat Situs di Laman Hasil Penelusuran 

Menggunakan teknik analisis gap keyword juga dapat meningkatkan peringkat situs web di laman hasil penelusuran. Ini disebabkan makin tingginya peluang mendapat banyak trafik dan juga visibilitasnya. 

Selain itu, kata kunci yang digunakan juga belum banyak dipakai situs lain. Oleh sebab itu, audiens ataupun search engine akan menganggap konten Anda lebih relevan untuk keyword tersebut dibandingkan konten lainnya.

Tips Menemukan Keyword Gap yang Tepat

Jika Anda ingin menemukan kesenjangan kata kunci antara situs yang dikelola dengan pesaing, pahami tips-tips berikut ini: 

1. Pilih Kata Kunci yang akan Dianalisis 

Sebelum melanjutkan ke langkah-langkah pencarian keyword gap, Anda sebaiknya memiliki daftar kata kunci untuk dianalisis terlebih dulu. Selain itu, pastikan kata kunci tersebut sesuai dengan niche situs Anda.

Pasalnya, hanya berfokus pada mencari kata kunci yang tidak ada di laman hasil pencarian akan mengurangi manfaat yang bisa didapatkan. Situs Anda hanya bisa mendapatkan jumlah trafik tanpa adanya peningkatan konversi ataupun kemajuan.

2. Pahami Kebutuhan Umum mengenai Kata Kunci yang Sudah Ditentukan 

Jika sudah menemukan kata kunci yang menjadi celah antara situs web Anda dengan kompetitor, selanjutnya adalah pahami kebutuhan umum. Anda bisa mencoba menggunakan kolom pencarian dan mengikuti saran kata kunci spesifik. Selain itu, bisa juga dengan membuat pertanyaan yang mungkin ditanyakan orang lain mengenai kata kunci tersebut.

Baca lebih lanjut  Pengertian SEO Off Page dan Apa bedanya dengan SEO On Page

Jika di laman hasil penelusuran tidak ada jawaban yang relevan, Anda bisa langsung mengeksekusi kata kunci tersebut. Buat konten yang relevan dan lengkap sehingga pengguna merasa sangat terbantu dengan adanya informasi tersebut.

3. Buat Konten Terhubung dengan Produk Anda 

Apabila konten baru telah siap, Anda sebaiknya mengecek kembali untuk memastikan informasinya akurat. Tak hanya itu, pastikan juga ada keterkaitan dengan produk ataupun konten Anda yang lain di situs web. Jika ada keterkaitan, Anda pun bisa menerapkan internal link yang bisa menambah nilai SEO situs web.

4. Rajin Lakukan Evaluasi 

Setiap saat, kata kunci yang dicari orang-orang senantiasa berubah-ubah. Untuk memastikan situs web Anda tetap baik peringkatnya, perlu dilakukan langkah evaluasi dengan rajin. Dengan cara tersebut, Anda bisa menemukan lebih banyak gap keyword dan menghasilkan konten-konten baru sesuai kebutuhan pengguna.

Cara Mengetahui Adanya Keyword Gap 

Untuk diketahui, menemukan ataupun mengetahui adanya keyword gap tidak hanya bisa dengan cara manual seperti pencarian kata kunci spesifik. Namun, ada tools khusus yang bisa dimanfaatkan untuk optimasi SEO gap keyword: 

1. Cari Tahu Kompetitor 

Sebelum menggunakan tools, cara pertama menemukan gap keyword yang sesuai dengan niche situs Anda adalah mengetahui siapa saja kompetitor. Adapun yang dimaksud dengan kompetitor ini bisa ditentukan berdasarkan kesamaan bisnis, niche konten, maupun hal lainnya.

Jika Anda sudah menemukan beberapa pesaing, pastikan untuk mencatat beberapa diantaranya. Misalnya, 5 pesaing yang berada di tingkatan lebih atas dan 5 lainnya yang berada di bawah peringkat situs Anda.

2. Pilih Tools Digital untuk Hasil Lebih Akurat 

Adapun diantara tools yang bisa dimanfaatkan untuk menemukan gap keyword lebih akurat terdiri dari SEMRush, Alexa, dan Ahrefs. Ketiganya menawarkan layanan pengecekan keyword gap dengan hasil lebih akurat dibandingkan mengira-ngira atau hanya menggunakan mesin pencari. 

Namun, perlu diketahui bahwa alat-alat tersebut hanya bisa digunakan untuk pengguna yang berlangganan. Kendati begitu, Anda bisa mencoba fitur trial terlebih dulu untuk mengetahui keefektifan alatnya. Sebagai informasi, tools tadi juga bisa dipakai untuk menemukan backlink gap antara situs Anda dengan pesaing.

3. Temukan Celah Kata Kunci

Setelah menggunakan tools, Anda perlu mengumpulkan beberapa kesenjangan kata kunci dalam satu daftar khusus. Dengan demikian, Anda bisa melakukan analisis lanjutan, seperti membuat konten yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan audiens.

Contoh sederhana lainnya bisa dilihat dari kata kunci “cara belanja”. Beberapa situs mungkin memakai kata kunci spesifik “cara belanja menggunakan kartu kredit”. Kemudian ada juga yang membuat konten dengan kata kunci “cara belanja menggunakan kartu debit”. 

Baca lebih lanjut  Mengenal Lebih Jauh Mengenai Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa 

Sementara itu, ada saran kata kunci “cara belanja menggunakan e-wallet” yang jika di-klik ternyata hasil pencariannya mengarah ke konten dengan keyword tadi. Dari analisis tersebut, Anda bisa memakai saran kata kunci tersebut untuk membuat konten yang berpeluang memberikan lebih banyak audiens.

4. Lakukan Analisis Data Lanjutan 

Dari analisis gap keyword, pastinya ada cukup banyak hasil yang didapatkan. Namun, beberapa diantaranya memiliki volume pencarian yang lebih banyak dari yang lainnya. Karena hal tersebut, Anda sebaiknya memilih kata kunci yang akan digunakan agar bisa memberikan banyak manfaat.

Selain didasarkan pada volume pencarian, pastikan kata kunci juga relevan dengan situs web Anda. Baik dalam hal kesamaan niche maupun jenis produk yang ditawarkan. Jika sudah menemukan kata kunci paling berpotensi memberikan banyak manfaat, selanjutnya buat kontennya. Pastikan konten yang Anda buat informatif sehingga bisa bermanfaat juga untuk banyak audiens. 

5. Monitoring Hasil Penggunaan Keyword Gap 

Cara terakhir mengetahui adanya gap keyword adalah dengan memonitor hasil penggunaan celah kata kuncinya. Anda bisa menganalisis data trafik dan peringkatnya di laman hasil pencarian setelah konten dengan kata kunci tersebut dibuat. Dengan analisis, Anda juga bisa mengetahui kemungkinan adanya situs lain yang menggunakan kata kunci serupa dan melampaui peringkat situs Anda.

Sudah Paham Apa itu Keyword Gap? 

Sampai di sini, Anda paham dengan apa itu keyword gap? Pada intinya, istilah tadi merujuk pada teknik menemukan kata kunci yang bervolume cukup tinggi. Namun, belum ada kontennya dari situs lain maupun website Anda yang relevan dengan kata kunci tersebut. Alhasil, mesin pencari justru menampilkan konten dengan kata kunci berbeda dari pencarian.

Teknik ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan lebih banyak trafik baru. Selain itu, situs web Anda juga berpeluang mendapatkan peringkat pertama di laman hasil penelusuran. Tak berhenti sampai disitu, manfaat dari menemukan gap keyword dan menggunakannya juga berfungsi untuk mendekatkan Anda pada target market. Khususnya jika situs web yang dikelola dibuat untuk kampanye. 

Adapun cara menerapkan teknik gap keyword di situs Anda perlu dipastikan sesuai dengan kebutuhan. Jelasnya, bukan sembarang celah kata kunci yang bisa dipakai. Namun, harus ada relevansi antara keyword dan situs web Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengoptimasi gap keyword, sebaiknya minta bantuan dari layanan berpengalaman seperti Jasa Ahli SEO. Ini adalah penyedia jasa SEO dan juga layanan digital marketing yang dapat membantu mengembangkan situs web Anda dengan pengoptimalan di segi kata kunci. 

Jasa SEO Murah

Tak hanya itu, aspek-aspek lain dalam situs web juga akan dioptimasi secara maksimal sehingga website Anda mampu berada pada halaman pertama. 

Itulah informasi seputar keyword gap. Dimulai dari pengertian, fungsi, tips menemukan dan cara mengetahui adanya aspek tersebut diantara website Anda dan pesaing. Jika butuh layanan optimasi SEO, jangan salah pilih. Percayakan pada jasa penyedia profesional dan berpengalaman, yaitu Jasa Ahli SEO.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memesan layanan dari jasa ini. Kunjungi website utama hanya www.jasaahliseo.com

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us