Logo jasaahliseo

Keyword Manager SEMRush: Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakan? 

Keyword Manager SEMRush Pengertian, Fitur, dan Cara Menggunakan 

Share:

Keyword Manager merupakan salah satu fitur terbaik di SEMRush yang bisa digunakan oleh para pengguna premium. Alat ini dapat digunakan untuk analisis kata kunci secara mendalam dengan jumlah ribuan. Selain itu, ada fungsi lain, seperti merekomendasikan kata kunci utama. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

Pastikan Anda menyimak ulasan berikut ini sampai tuntas. Sebab pada artikel ini, akan dibahas mengenai pengertiannya, fitur-fitur unggulan di dalamnya, serta cara menggunakannya. 

Pengertian Keyword Manager 

Keyword Manager atau alat pengelola kata kunci adalah solusi inovatif untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran. Pasalnya, alat ini tak hanya bisa menghasilkan ribuan kata kunci yang direkomendasikan dalam waktu sebentar.

Namun, alat ini juga bisa menganalisis kata kunci terbaik, mengelompokkannya, dan mengatur mana yang paling sesuai dengan situs Anda. Dengan menggunakan alat ini, Anda bisa memiliki banyak kata kunci yang nantinya dapat dijadikan ide konten untuk situs web.

Fitur-Fitur dalam Keyword Manager 

Anda mungkin bertanya, mengapa keyword Manager bisa membantu kampanye pemasaran? Jawabannya karena fitur-fitur di dalamnya memberikan banyak sekali manfaat. Berikut diantaranya:

1. Keyword Discovery 

Keyword Discovery adalah alat untuk menemukan kata kunci yang pas bagi situs web Anda. Cara kerja fitur ini tidak seperti alat riset kata kunci pada umumnya. Pasalnya, tool satu ini berupaya menampilkan kata kunci PPC (pay-per-click) yang sering digunakan orang saat mencari situs Anda. Dengan demikian, kata kunci tersebut nantinya bisa digunakan untuk memaksimalkan potensi munculnya situs Anda di laman hasil penelusuran.

2. Keyword Research dan Analytics 

Jenis fitur yang kedua adalah Keyword Research dan Analytics. Kegunaannya adalah meninjau peluang kata kunci yang baru ditemukan. Tiap kata kunci yang berpeluang memicu konversi akan dikatakan produktif atau high ranking potential. Sementara itu, kata kunci yang dianggap tidak relevan akan ditandai negatif. 

3. Cluster untuk Pengelompokan Kata Kunci 

Di dalamnya juga tersedia fitur bernama Cluster. Alat tersebut memungkinkan pengguna untuk memisahkan beberapa kata kunci dan memasukkannya ke dalam grup. Baik dengan mencentang kotak maupun klik bidang tag yang terdapat di bawah kata kunci. 

Baca lebih lanjut  Viral! Tips Digital Marketing Bulan Ramadan 2024 yang wajib kamu tahu!

Dengan mengelompokkan beberapa kata kunci ke dalam satu grup, Anda bisa lebih mudah ketika mengidentifikasinya. Selain itu, kata kunci dalam grup tersebut juga bisa diekspor berdasar tag hingga dikirim secara bersamaan ke alat lainnya. 

Sebagai informasi, satu cluster adalah sekumpulan kata kunci yang memiliki kesamaan topik. Nantinya, daftar cluster yang ada akan diurutkan berdasarkan volume pencarian dan juga tingkat kesulitannya.

4. Keyword Actions 

Adapun yang dimaksud dengan Keyword Actions adalah fitur untuk memprioritaskan tugas-tugas sebelumnya. Mulai dari menemukan kata kunci, meneliti, hingga mengelompokkannya. Selain itu, alat tersebut juga bisa mengambil tindakan dengan membuat konten grup iklan AdWords ataupun salinan website.

5. Sending Keyword 

Pada alat ini juga tersedia fitur “Sending Keyword” yang bermanfaat untuk mengirimkan kata kunci ke file lain dalam situs. Adapun cara untuk mengirimnya secara berkelompok bisa dengan opsi menyalin ataupun memindahkannya.  

6. Share Keyword 

Jika ingin membagi daftar kata kunci ke orang lain, Anda bisa menggunakan fitur “Share Keyword”. Alat tersebut terletak di bagian atas daftar keyword yang ada. 

Untuk memanfaatkan fitur ini, Anda juga harus menginput alamat email orang yang akan diberikan akses masuk ke dalam cluster. Jika ingin berbagi ke banyak orang sekaligus, cukup gunakan tanda “koma” sebagai pemisah alamat email berbeda.

7. Intent Column untuk Tahu Maksud Pencarian suatu Kata Kunci 

Alat Keyword Manager juga memiliki fitur “Intent Column” untuk memperkaya riset kata kunci dan hasil analisis. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan kelompok kata kunci berdasarkan maksud pencarian pengguna. Baik itu tujuan komersial, informasional, transaksional, maupun navigasi. 

Selain itu, Anda bisa menggunakan kata kunci yang sudah tergabung dalam kolom untuk revisi konten lama. Penggunaan kata kunci tersebut bisa menambah daya tarik sehingga situs web mampu mendapatkan lebih banyak kunjungan.

8. Update Metrics

Satu lagi fitur yang terdapat dalam alat satu ini, yakni “Update Metrics”. Sebagai informasi, terdapat beberapa elemen yang menampilkan informasi berbeda dalam matriks ini. Diantaranya, ada volume pencarian, fitur SERP, top competitor, dan juga persentase keyword difficulty.

9. Filter Jumlah Kata

Alat pengelola kata kunci dari SEMRush ini juga memungkinkan Anda untuk menemukan keyword berdasarkan karakter ataupun jumlah kata. Tak hanya itu, Anda juga bisa memfilter kata kunci yang ingin dicari dengan mengecualikan frasa tertentu. 

Baca lebih lanjut  Tips Cara Memantau Website SEO Anda 2023

Dengan cara ini, Anda bisa memastikan lebih cepat menemukan kata kunci sesuai dengan keinginan. Proses memilihnya untuk dijadikan konten juga bakal lebih cepat. 

Mengapa Keyword Manager Penting?

Keyword Manager sangat efektif untuk meningkatkan konversi dalam kampanye iklan digital. Karena hal itulah alat ini penting digunakan dalam proses optimasi search engine. Tak hanya sampai di situ, alat ini juga bisa memastikan proses optimasi lebih hemat waktu ataupun biaya.

Dengan menggunakan alat ini, konten yang dibuat dipastikan memiliki peringkat tinggi di laman hasil pencarian. Situs web juga bisa mendapatkan trafik berkualitas yang sesuai dengan target konsumen Anda. 

Di samping itu, konten dengan kata kunci yang dihasilkan dari analisis menggunakan alat ini juga bermanfaat untuk meningkatkan click-through-rate (CTR). Jadi, peluang benefit yang bisa didapatkan juga akan lebih besar.

Cara Menggunakan Keyword Manager 

Untuk menggunakannya, terdapat beberapa cara yang bisa Anda ikuti langkah-langkahnya. Seperti berikut ini:

1. Cara Membuat Daftar Kata Kunci

Untuk menambahkan daftar kata kunci, klik tombol “Buat daftar baru”. Tombol tersebut bisa ditemukan saat pertama kali Anda masuk ke alat pengelola kata kunci. Anda bisa mencoba alat tersebut dengan berlangganan langsung ataupun menggunakan fitur trial.

2. Cara Mengelompokkan Kata Kunci 

Jika sudah menemukan sejumlah daftar kata kunci yang dicari dan ingin mengelompokkannya, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Diantaranya menggunakan beranda alat ini, menu di atas Keyword Overview, Magic Tools,  Main Tables, ataupun Gap Keyword Tools. Anda juga bisa mengelompokkannya secara manual.

Adapun langkah-langkahnya sendiri tidak jauh berbeda. Anda hanya perlu klik tanda “plus” dan memasukkannya ke file daftar kata kunci yang tersedia. Dengan alat pengelola keyword ini, Anda bisa mengelompokkan 1000 kata kunci sekaligus. 

Tak hanya itu, pengelola keyword buatan SEMRush ini juga akan memberikan hasil analisis. Mencakup keyword difficulty, volume pencarian, seed keyword, intent dan masih banyak lagi.

3. Cara Menganalisis Matriks

Jika Anda ingin melihat hasil analisis dari tiap kata kunci yang tersedia, cukup buka filenya. Selanjutnya, akan terdapat informasi-informasi seperti berikut ini dalam bentuk tabel yang tersedia:

  • Keyword Difficulty, yaitu skor semua kata kunci dalam daftar. Ini menunjukkan tingkat kesulitan suatu keyword untuk berada di peringkat teratas laman hasil pencarian.
  • Volume Pencarian, yakni total rata-rata jumlah pencarian bulanan untuk kata suatu keyword.
  • Search Intent, matriks ini memperlihatkan kemungkinan niat pengguna ketika mencari suatu kata kunci.
  • Competition, yang terdapat dalam matriks ini adalah jumlah pengiklan yang ditampilkan untuk kata kunci dalam daftar. Semakin kecil jumlah pengiklan tentu semakin besar peluang menghasilkan konversinya. 
  • PPC (pay-per-click) yaitu harga untuk kampanye iklan dengan biaya yang ditotalkan berdasarkan klik pengguna. 
  • Write Content, yaitu fitur untuk membuat konten langsung dari kata kunci yang tersedia di cluster.
Baca lebih lanjut  Tips Menggunakan Keyword SEO yang tepat 2023

4. Cara Hapus atau Ubah Nama Daftar

Jika Anda ingin menghapus atau mengubah nama daftar kumpulan kata kunci, Anda bisa klik kotak “centang”. Selanjutnya pilih ikon untuk tindakan yang akan dilakukan. Baik itu menghapus ataupun mengubah nama. Anda juga bisa langsung berbagi ataupun membuat daftar baru dari kata kunci yang diseleksi.

5. Cara Menambah Daftar Kata Kunci ke Proyek 

Untuk Anda yang ingin menambahkan daftar kata kunci ke dalam proyek, klik opsi “Tambahkan”. Kemudian, tap menu “Tambahkan Peringkat Proyek” dan “Tambahkan Kata Kunci yang Dipilih” atau “Tambahkan Semua Kata Kunci”.

Jika sudah, Anda bisa menambahkan kata kunci tersebut ke Editor Konten manapun. Opsi lainnya adalah membuat artikel baru dengan klik “Create Content” di ujung sisi kanan.

Untuk menambahkan ke Editor Konten, tap ikon “titik tiga” dan temukan menu “Tambahkan ke Editor Konten”. Berikutnya, pilih salah satu atau beberapa artikel dari daftar setelah adanya pop-up yang muncul di layar perangkat Anda.

Biaya Berlangganan Keyword Manager 

Untuk bisa menggunakan alat pengelola kata kunci ini, Anda harus berlangganan salah satu paket di SEMRush. Adapun paket langganan yang bisa dipilih terdiri dari tiga opsi. 

Diantaranya adalah paket Pro dengan harga $129.95 per bulan. Kemudian, ada juga paket Guru yang sekitar biayanya $249.95 per bulan. Sementara itu, paket Bisnis seharga $499.95 per bulan. 

Meskipun berbeda-beda, biaya langganan platform analisis SEO ini dapat digunakan untuk memanfaatkan semua fiturnya. Adapun yang membedakan adalah jumlah maksimal proyek per bulan, jumlah kata kunci untuk dilacak, dan juga laporan yang bisa disimpannya.

Sudah Paham Cara Menggunakan Keyword Manager? 

Kesimpulannya, pengelola kata kunci merupakan alat solutif untuk Anda yang ingin memaksimalkan hasil dari kampanye iklan. Alat satu ini bisa memberikan rekomendasi kata kunci terbaik, melakukan analisis dan memberikan pengukuran beberapa aspek. Mulai dari tingkat kesulitannya berada di SERP, banyaknya pencarian, dan juga potensinya bisa berada di halaman pertama.

Untuk bisa memaksimalkan manfaatnya tadi, sejumlah fitur di dalamnya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Adapun cara menggunakannya, Anda perlu terlebih dulu berlangganan SEMRush. 

Kemudian masuk ke menu “Keyword Manager” dan mulai lakukan pembuatan daftar kata kunci yang dibutuhkan. Jika sudah mendapatkannya, Anda bisa mengelompokkannya ataupun melakukan tindakan lain sesuai dengan menu tersedia. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk lebih jelasnya.

Jika masih kesulitan, sebaiknya gunakan Jasa Ahli SEO. Yakni jasa optimasi search engine terpercaya di Indonesia yang menawarkan berbagai layanan perbaikan peringkat situs. Seperti technical SEO audit, konsultasi optimasi SEO on-pages, website audit, link building, dan masih banyak lagi. 

Jasa SEO Murah

Adapun keuntungan memilih Jasa Ahli SEO, salah satunya adalah menghemat biaya optimasi. Pasalnya, manfaat SEMRush dan berbagai alat terbaik lainnya bisa didapatkan dengan hanya satu kali bayar. Informasi selengkapnya, silahkan hubungi layanan jasa ini melalui kontak terdapat di www.jasaahliseo.com

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us