JasaAhliSEO

Pengertian SEO: Cara Kerja, Teknik dan Manfaatnya

pengertian seo

Apa pengertian SEO? SEO merupakan salah satu strategi digital marketing untuk membuat website Anda tampil pada peringkat teratas. Secara tidak langsung SEO akan mempromosikan dan mengenalkan profil website atau produk dari bisnis Anda. 

Website Anda dapat tampil pada peringkat teratas hasil pencarian sesuai keyword tertentu lewat penerapan SEO. Search Engine Optimization termasuk kepanjangan dari SEO.  Masih banyak perjalanan yang harus Anda ketahui agar website Anda berada pada peringkat teratas hasil pencarian. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih lengkap tentang SEO. 

Sedang Cari Jasa Google Ads? Hubungi kami sekarang 085694640209

Pengertian SEO

Sekilas Anda sudah mengetahui pengertian singkat dari SEO dan cara kerjanya secara umum. Namun itu semua tidak cukup untuk membuat website Anda berada pada peringkat teratas.  Secara umum SEO merupakan serangkaian usaha untuk membuat suatu website mengalami peningkatan visibilitas. Visibilitas ini terletak pada halaman mesin pencari sesuai dengan keyword tertentu. 

Website Anda akan lebih mudah terlihat dan mendapatkan rangking teratas hasil pencarian dengan menerapkan tools SEO. Hal ini tentu saja akan memberikan dampak positif untuk website Anda.  Dengan penerapan SEO, website Anda akan mendapatkan banyak traffic dari jumlah pengunjung. Pada umumnya traffic website yang berasal dari teknik SEO merupakan traffic organik. 

Traffic organik berasal dari hasil pencarian alami dengan menggunakan keyword tertentu tanpa bantuan iklan.

Jenis Traffic SEO

Pada pembahasan pengertian Search Engine Optimization, pasti anda memahami sekilas  tentang traffic SEO. Berikut tiga jenis Traffic SEO yang perlu Anda optimalkan untuk mendatangkan semakin banyak pengunjung. 

1. Branded Traffic

Branded Traffic merupakan traffic yang berasal ketika pengguna melakukan pencarian dengan menggunakan nama brand Anda. Secara umum, traffic ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan traffic organik. 

Namun branded traffic hanya menggunakan keyword yang berkaitan dengan brand Anda saja. Jenis traffic ini tidak boleh Anda biarkan dan harus selalu Anda optimalkan. 

Sudah dapat Anda pastikan jika orang yang mencari nama brand Anda adalah orang yang ingin mengetahui informasi tentang brand tersebut. Pastikan website Anda optimal sehingga selalu berada pada peringkat teratas hasil pencarian. 

2. Organik Traffic

Hasil pencarian keyword yang relevan dengan website merupakan pengertian dari organik traffic SEO.  Misalnya ketika Anda memiliki website yang membahas tentang kesehatan. Otomatis dalam website tersebut mengandung keyword seputar kesehatan. 

Kemudian website Anda memiliki kesempatan untuk muncul ketika pengguna internet melakukan pencarian dengan menggunakan keyword tersebut. 

Ketika Anda menerapkan teknik SEO dengan tepat, otomatis kesempatan tersebut menjadi semakin meningkat. Website Anda akan berkesempatan mendapatkan traffic besar ketika sering muncul dalam mesin pencarian. 

3, Referral Traffic

Berbeda dengan organik traffic dan branded traffic, referral traffic adalah traffic yang hanya bisa Anda dapatkan dari luar website Anda sendiri. Bisa berupa link rujukan dari website, sosial media dan blog pihak lain yang sudah memiliki traffic bagus. Jumlah orang yang mengklik link tersebut akan berpengaruh pada banyaknya traffic yang website Anda dapatkan. 

Bahkan Anda bisa menemukan dua buah website yang saling berkaitan satu sama lain. Dengan cara saling memberikan link ke satu sama lain yang dapat Anda sebut dengan praktik reciprocal link. 

Cara Kerja SEO

Semua mesin pencari baik google, Yahoo, big dan mesin pencari lain memiliki algoritma tersendiri dalam memilih website. Algoritma ini akan memilih website apa saja yang bisa tampil pada halaman pertama hasil pencarian. 

Memang tidak ada cara khusus untuk membuat website Anda berada pada posisi tersebut. Namun Anda sejumlah proses yang harus kamu pelajari untuk mengetahui cara kerja dari SEO.  SEO memiliki cara kerja Crawling yang artinya isi dari halaman sebuah website akan google telusuri secara sekilas. Termasuk website yang baru Anda publikasikan atau website terbaru. 

Selanjutnya, SEO bekerja dengan melihat Rangking atau proses penyusunan urutan halaman yang akan muncul dalam hasil pencarian. Pada umumnya hasil pencarian yang relevan google tentukan dengan Artificial Intelligence (AI) oleh mesin pencari. 

Sehingga tidak semua pengguna akan menemukan hasil yang sama persis dengan pengguna lain.  Proses Indexing juga perlu Anda perhatikan karena termasuk dalam cara SEO bekerja. Indexing merupakan proses ketika mesin pencari menelusuri perpustakaan untuk memasukkan halaman website. 

Promo jasa seo

Halaman ini telah google telusuri berdasarkan kualitas, konten yang relevan hingga kredibilitas penerbit. 

Setiap website pasti memiliki keunikan masing-masing baik dari segi konten, teknologi hingga target pasar. Otomatis proses SEO dari setiap website berbeda, sehingga tidak ada serangkaian langkah terbaik yang bisa Anda implementasikan. 

Namun ada beberapa indikator yang harus Anda perhatikan dalam mengoptimasi sebuah website. 

Pertama, Anda perlu memperhatikan user intent yang merupakan gambaran tentang tujuan pengguna melakukan pencarian. Kedua, Core Web Vitals yaitu serangkaian metrik untuk menilai UX (User Experience) sebuah website. 

Teknik SEO Terbaik

Begitu banyaknya teknik SEO yang ada, mungkin membuat Anda merasa bingung harus menerapkan yang mana. Berikut beberapa teknik SEO terbaik yang bisa Anda terapkan dari sekian banyaknya teknik SEO yang ada. 

1. Riset Keyword

Salah satu kesalahan fatal pemilik blog dan website adalah tidak melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat konten. Kata kunci yang relevan bagi pembaca dapat Anda temukan melalui riset keyword. 

Anda perlu memperhatikan volume pencarian, SERP, tingkat kesulitan keyword, search intent dan saran kata kunci. Ini merupakan kelima indikator riset keyword yang perlu Anda perhatikan. 

2. Gunakan Plugin Yoast SEO

Jika website Anda menggunakan wordpress, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO untuk serangkaian optimasi. Yoast SEO merupakan plugin yang menyediakan berbagai fitur untuk meningkatkan kualitas SEO website Anda. 

Seperti meta description, analisis konten, mengubah title tag, mengubah permalink, verifikasi google webmaster tools dan submit XML Sitemap. 

Yoast SEO juga memberikan analisis panjang kalimat, jumlah keyword dan analisis panjang artikel. Sehingga konten website Anda akan lebih cepat terselesaikan. 

Baca juga ini: Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Murah Bulanan

3. Sitemap

Sitemap merupakan sebuah daftar yang berisi semua halaman website yang dapat terakses baik oleh mesin pencari atau pengunjung. Sitemap membantu website Anda akan terindeks lebih cepat dan lebih mudah pengguna temukan. 

Selain itu ketika terdapat perubahan struktur pada website, Sitemap akan langsung memberitahu mesin pencari. Sitemap terbagi menjadi dua jenis yaitu HTML sitemap dan  XML Sitemap. 

HTML Sitemap merupakan sitemap yang pengguna internet akses. Sedangkan XML Sitemap adalah sitemap yang mesin pencari akses. 

4. Tingkatkan Kecepatan

Durasi loading yang lambat merupakan salah satu hal yang sangat pengunjung benci. Lama kelamaan pengunjung akan merasa jengkel dan kemudian meninggalkan website tersebut demi mencari website lain yang bisa memberikan informasi lebih cepat. 

Pengunjung website tidak akan mentoleransi loading website yang lambat meskipun konten website tersebut menarik. Sebanyak 53% pengunjung akan meninggalkan sebuah website yang memiliki loading lebih dari 3 detik. 

Bahkan 79% pengguna yang kecewa dengan loading lambat tidak akan kembali ke website tersebut. Sehingga Anda wajib meningkatkan kecepatan loading website dengan menggunakan teknik SEO. 

5. Optimasi Gambar 

Agar pengunjung tidak mudah bosan, Anda bisa menambahkan gambar ke konten blog atau website. Ternyata gambar juga dapat membantu pengunjung untuk lebih memahami isi konten Anda. 

Namun penambahan gambar ke konten website juga mesti Anda perhatikan. Hal ini karena gambar yang memiliki ukuran besar justru akan memperlambat loading website. Oleh karena itu Anda perlu melakukan optimasi gambar dengan cara mengkompres ukuran gambar sebelum Anda upload. Anda harus memastikan jika ukuran gambar tidak lebih dari 100 kb. 

Sehingga gambar yang ada tidak membuat halaman website menjadi berat dan loading lambat. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk optimasi gambar selain dengan mengompres gambar. 

6. Target Long Tail Keyword

Menurut jumlah kata, kata kunci atau keyword terbagi menjadi dua jenis yaitu long tail keyword dan short tail keyword. Long tail keyword merupakan kata kunci yang terdiri dari tiga kata atau lebih. Sedangkan short tail keyword adalah kata kunci yang terdiri hanya dari satu kata hingga dua kata. 

Jika keduanya Anda bandingkan, volume pencarian long tail keyword cenderung lebih kecil. Namun, long tail keyword terbukti lebih aktif dalam mendatangkan traffic. Ketika Anda bandingkan dengan short tail keyword, long tail keyword menghasilkan sebanyak 70% traffic. 

7. Internal Link Harus Maksimal

Internal link merupakan sebuah link dari satu halaman ke halaman lain dalam satu buah website yang sama. Mesin pencari akan lebih mudah memahami konteks dan hubungan antar halaman melalui internal link. 

Perlu Anda tahu jika google lebih mengutamakan website yang memiliki konten saling berhubungan. Hubungan antar konten bisa Anda tunjukkan dengan sebuah internal link. 

Secara tidak langsung, internal link akan membantu meningkatkan waktu yang pengunjung habiskan dalam mengakses website Anda. Pengunjung akan lebih mudah berpindah dari halaman satu ke halaman lain pada website Anda. 

Manfaat SEO untuk Website Bisnis Anda

Setelah mengetahui pengertian SEO, jenis traffic, cara kerja hingga teknik SEO terbaik, pasti Anda bertanya tanya apa manfaat dari penerapan SEO?. Padahal banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis selain menggunakan SEO. 

Namun perlu Anda tahu, dalam website bisnis sebagian besar traffic datang dari mesin pencarian. Hal ini tentu memberikan pengaruh yang besar terhadap keberhasilan website dalam mencapai tujuannya. 

Berikut 5 manfaat SEO yang tidak boleh Anda lewatkan! 

1. Menjaring Target Audiens Secara Tepat

Selain membantu audiens dalam menemukan website Anda, SEO juga membantu Anda menemukan target audiens secara tepat. Caranya Anda perlu membidik kata kunci yang sesuai dengan search intent atau mengetahui tujuan audiens mencari kata kunci tertentu. 

Algoritma google lebih terfokus pada pengalaman pencarian yang unik. Konten yang muncul pada halaman pencarian merupakan rekomendasi konten dari hasil pertimbangan karakteristik audiens. 

Penerapan SEO dalam website Anda akan berpotensi membuat website Anda mudah tampil ke audiens yang sesuai target. Hal ini tentu akan membuat traffic dan konversi berpeluang mengalami peningkatan. 

2. Investasi Jangka Panjang

Mungkin Anda kurang tahu bahwasanya SEO merupakan sebuah investasi jangka panjang. Karena Search Engine Optimization mampu memperbesar kesempatan bisnis. Hal ini didukung dengan hasil pencarian yang relevan berpengaruh dengan keputusan pembeli sebanyak 39%. Posisi website pada google akan menjadi lebih kuat dan dapat bertahan lama dengan membangun traffic organik. 

Berbeda dengan PPC atau Pay Per Click dimana jika Anda berhenti membayar, maka secara otomatis website Anda langsung turun ke 0. Hal ini karena secara otomatis website Anda akan segera tersingkir dari peringkat teratas hasil pencarian. 

Itulah alasan mengapa dalam mengembangkan website bisnis, SEO sangat sering menjadi rekomendasi dibandingkan dengan SEM. Karena meskipun keduanya berpotensi mengeluarkan uang, SEO terbukti lebih optimal. 

Baca juga ini: Strategi Menempatkan Keyword Dalam Artikel SEO

3. Membangun Top-of-Mind Brand 

Top-of-Mind Brand merupakan brand yang pertama kali pelanggan ingat saat pertama kali memikirkan kategori produk. Anda pasti sudah tahu jika SEO adalah investasi jangka panjang.  Ketika website Anda telah berhasil menempati bahkan menguasai halaman pertama google, website Anda akan memiliki akar yang lebih kuat. Sehingga website Anda tidak akan mudah tergeser karena kredibilitas website sudah terbukti.  

Selain itu, google akan lebih mudah memberikan kepercayaan pada konten-konten website anda yang lain. Apalagi dengan dukungan traffic dan rekomendasi google dalam merekomendasikan situs yang sudah pernah audiens kunjungi. 

Karena hal ini, audiens tidak akan mudah lupa dengan website Anda karena konten Anda sering muncul dalam hasil pencarian. Jika website Anda berhasil menguasai halaman pertama, calon pelanggan sudah tidak minat untuk melirik produk tetangga. 

4. Audiens Lebih Mudah Menemukan Website

Anda pasti sudah tahu jika SEO merupakan strategi jitu untuk memudahkan audiens sesuai target dalam menemukan website Anda. Hal ini karena SEO dapat membuat website Anda berada pada halaman pertama hasil pencarian google. 

Sudah jelas posisi ini memberikan pengaruh besar terhadap traffic website. Anda harus tahu, sebanyak 75% orang akan merasa malas melakukan scrolling dari halaman satu ke halaman yang lain. 

Jika Anda berada pada posisi audiens, Anda pasti juga akan melakukan hal yang sama. Anda pasti lebih memilih untuk mengakses informasi dari website yang tampil pada halaman pertama hasil pencarian. 

5. Meningkatkan Konversi Serta Penjualan

Jika Anda bandingkan dengan trik marketing lain, SEO dapat menghasilkan lebih banyak pelanggan. Bahkan SEO juga mampu memberikan konversi pada website hingga mencapai 14,6%.  Hal ini karena target audiens yang terjangkau SEO lebih luas serta lebih efektif jika Anda bandingkan dengan trik marketing lain. Apalagi pengguna Google jauh lebih banyak ketimbang platform lain. 

Artinya konten website Anda akan semakin mudah untuk pengguna temukan dan semakin besar mendapatkan traffic. Apalagi ketika audiens mencari dengan keyword yang berbeda konten Anda tetap masuk dalam hasil pencarian mereka. 

Bahkan traffic bisa Anda kelola menjadi banyak hal dari yang awalnya adalah calon pelanggan potensial menjadi calon pelanggan sungguhan. 

Promo jasa seo

Sudah Yakin Untuk Menerapkan SEO?

Bagaimana? Apakah Anda sudah yakin untuk menerapkan SEO setelah mengetahui pengertian SEO? Bahkan Anda tidak hanya mengetahui pengertiannya saja, Anda juga mengetahui teknik, cara kerja, jenis traffic hingga manfaat dari SEO. 

Jika Anda masih ragu untuk menerapkan SEO pada website karena langkah yang harus Anda lakukan rumit. Anda bisa memakai jasaahliseo.com untuk membantu meningkatkan traffic website Anda. 

Dengan jasaahliseo.com, website Anda akan berada pada halaman pertama pencarian, omset naik drastis hingga penjualan semakin meningkat.   Jasaahliseo.com bekerja secara profesional dengan teknik SEO yang berkualitas. Sehingga mampu membuat website Anda menempati halaman pertama hasil pencarian google.  Terdapat layanan SEO yang cukup lengkap, bahkan Anda bisa berkonsultasi ketika bingung dalam memilih paket SEO. 

Baca juga ini: Cara Menulis Artikel SEO Menjadi Profesional

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

pengertian seo

Pengertian SEO: Cara Kerja, Teknik dan Manfaatnya

Apa pengertian SEO? SEO merupakan salah satu strategi digital marketing untuk membuat website Anda tampil pada peringkat teratas. Secara tidak langsung SEO akan mempromosikan dan mengenalkan profil website atau produk

Perbedaan SEO dan SEM Wajib Tahu

Anda wajib tahu perbedaan SEO dan SEM karena kedua hal ini saling berkaitan dalam dunia digital marketing. SEO atau SEM adalah alat yang dapat membantu memaksimalkan kegiatan digital marketing Anda.

cara menulis artikel seo

Cara Menulis Artikel SEO Menjadi Profesional

Ada beberapa cara menulis artikel SEO yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten pada website. Mengingat SEO merupakan salah satu faktor terbesar yang berpengaruh terhadap perkembangan traffic website. Menulis artikel

Need Help? Chat with us