JasaAhliSEO

Cara Menulis Artikel SEO Menjadi Profesional

cara menulis artikel seo

Ada beberapa cara menulis artikel SEO yang perlu Anda perhatikan dalam membuat konten pada website. Mengingat SEO merupakan salah satu faktor terbesar yang berpengaruh terhadap perkembangan traffic website.

Menulis artikel dengan baik tidaklah cukup untuk membuat website Anda menempati posisi teratas hasil pencarian. Anda harus memastikan jika artikel yang Anda buat merupakan artikel yang ramah mesin pencari. 

Caranya Anda perlu menerapkan teknik SEO dalam pembuatan artikel agar lebih ramah mesin pencari. Artikel SEO friendly adalah artikel yang sesuai dengan algoritma terbaru mesin pencari. 

Cari Jasa SEO? Hubungi kami sekarang 085694640209

Cara Menulis Artikel SEO

Perlu Anda tahu jika menulis artikel dengan kategori baik tidaklah cukup untuk meningkatkan traffic website. Anda perlu menerapkan sejumlah cara menulis artikel dengan penerapan SEO yang tepat. 

Artikel SEO merupakan artikel yang mengikuti aturan algoritma terbaru dari mesin pencari serta menarik pembaca. Dengan ini tentu saja website Anda berpeluang untuk tampil pada halaman teratas hasil pencarian. 

Berikut lima langkah menulis artikel SEO friendly yang perlu Anda perhatikan dan terapkan. 

1. Riset Kata Kunci

Cara pertama menulis artikel SEO yang perlu Anda lakukan adalah riset kata kunci atau keyword. Penggunaan keyword yang tepat sangat penting untuk Anda lakukan. 

Anda harus menemukan kata kunci yang memiliki volume pencarian besar, sesuai Niche website dan memiliki persaingan relatif kecil. 

Kata kunci yang memiliki volume besar adalah kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet. Hal ini tentu akan memberikan dampak positif pada traffic website dimana akan semakin menarik banyak pembaca. 

Pemilihan kata kunci yang sesuai dengan Niche website akan membantu membuat konten tetap relevan. Selain itu, akan semakin sesuai dengan kebutuhan para pengunjung website Anda. 

Contohnya website kesehatan, akan lebih cocok membahas tips hidup sehat, cara mengobati penyakit dan semacamnya. 

Agar mendapatkan peluang besar dalam memenangkan posisi tertinggi pada mesin pencari, Anda perlu menggunakan keyword yang membuat memiliki persaingan kecil. 

Keyword dengan persaingan kecil memiliki beberapa faktor bisa jadi bukan kompetitor yang besar. Atau belum banyak yang membahas tentang kata kunci tersebut. 

Agar menemukan kata kunci yang tepat, Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Ada banyak tools riset kata kunci gratis yang bisa Anda gunakan seperti Google Trends, KWFinder atau Ubersuggest. 

2. Penyebaran Kata Kunci Sewajarnya

Salah satu kesalahan yang sering pemula lakukan dalam membuat artikel adalah menyebar kata kunci secara berlebihan. Mereka menganggap jika semakin banyak kata kunci yang tersebar, maka semakin cepat artikel muncul pada halaman pencarian. 

Padahal kenyataannya penyebaran kata kunci secara berlebihan merupakan praktik spam. Praktik ini sangat jauh dari standar menulis artikel SEO friendly. 

Google menganggap artikel yang memiliki penyebaran keyword secara berlebihan sebagai spam karena menurunkan kualitas artikel. Selain itu dapat membuat pembaca merasa tidak nyaman. 

Praktik ini sering disebut sebagai keyword surfing. Jika sudah mengalami kondisi ini, maka rangking website akan turun bahkan bisa terhapus dari hasil pencarian. 

Sebaiknya Anda melakukan penyebaran kata kunci sewajarnya saja dan sesuai dengan kebutuhan. Perlu Anda ingat jika tujuan Anda dalam menulis artikel adalah untuk mudah dibaca manusia. 

Sehingga Anda harus memastikan jika artikel yang Anda buat mengandung pembahasan yang berbobot dan nyaman untuk pengguna baca. 

3. Penambahan Konten Visual

Anda bisa menambahkan beberapa konten visual dengan jumlah secukupnya pada artikel. Konten visual dapat berupa gambar, gif, infografis, ilustrasi, bagan hingga meme. 

Anda perlu tahu jika otak manusia memproses data visual sebanyak 60 ribu kali lebih cepat daripada tulisan. Sehingga memasukkan konten visual ke dalam artikel dapat membantu pembaca semakin memahami isi dari artikel tersebut. 

Selain itu, minat pembaca akan naik sebesar 80% ketika membaca informasi dengan konten visual yang memiliki kombinasi warna. Dapat berupa warna yang tidak bertabrakan atau warna yang sesuai dengan desain website Anda. 

Daripada tulisan, 91% pengguna internet lebih suka dengan konten visual.  Artikel yang memuat konten visual sebagai pendukung kejelasan akan membuat pembaca semakin betah. 

Konten visual bisa Anda dapatkan melalui berbagai website penyedia gambar gratis seperti unsplash dan pixabay. Bahkan Anda juga bisa membuat konten visual sendiri melalui Canva atau media editing lain. 

Promo jasa seo

4. Optimasi Gambar 

Penambahan konten visual ke dalam artikel memang cukup penting, namun memerlukan langkah optimasi. Optimasi bertujuan untuk menghemat penyimpanan, menjaga kenyamanan pengunjung dan website menjadi lebih cepat. 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengubah nama file gambar. Ubah nama file gambar menjadi singkat, jelas dan pastinya sesuai dengan kata kunci. 

Kedua, Anda perlu memasukkan all text pada gambar secara lengkap. Pemberian all text pada gambar akan mempermudah mesin pencari dalam mengidentifikasi topik yang Anda bahas. 

Jika memungkinkan, Anda bisa memasukkan kata kunci ke dalam all text ini.  

Ketiga, format gambar harus tepat sesuai dengan jenis gambar yang Anda pilih. Misalnya PNG untuk gambar dengan detail penuh dan jpeg untuk foto. 

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengkompres gambar. Kompres gambar bisa Anda lakukan ketika ukuran gambar sangat besar. 

Pada umumnya gambar yang harus Anda kompres adalah gambar yang memiliki ukuran diatas 100 kb. Kompres gambar hanya akan mengecilkan ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya. 

Ada banyak website kompres gambar gratis yang bisa Anda coba seperti TinyPNG dan ILoveIMG. 

5. Memahami Intent Pengguna

Intent merupakan informasi yang pengguna inginkan ketika melakukan pencarian berdasarkan kata kunci tertentu. Search intent merupakan salah satu faktor penilaian google SEO sehingga perlu Anda perhatikan. 

Intent yang tepat akan memunculkan konten yang relevan dengan kebutuhan pengguna internet. Pengunjung akan betah berlama-lama dalam website Anda ketika menemukan intent yang sesuai. 

Hal ini akan membuat google menganggap jika artikel Anda sangat bermanfaat dan perlu untuk mendapatkan rangking tertinggi. Intent pengguna sendiri cukup mudah Anda pahami. 

Anda hanya perlu mengintip sejumlah artikel kompetitor pada hasil pencarian (SERP). 

Manfaat Umum Menulis Artikel SEO

Ketika Anda berhasil melakukan kelima cara menulis artikel SEO diatas, Anda akan merasakan manfaatnya. 

Manfaat Umum yang akan Anda dapatkan adalah traffic website meningkat. Karena artikel SEO berpeluang untuk muncul pada posisi teratas dan mendatangkan banyak pengunjung. 

Menulis artikel SEO memang cukup mudah untuk Anda lakukan secara mandiri. Namun hasil yang Anda dapatkan tidaklah sebaik ketika menggunakan jasa SEO. 

Belum lagi jika Anda melakukan kesalahan dalam membuat artikel SEO yang pasti berdampak buruk pada website. Jasaahliseo.com bisa menjadi upaya terbaik untuk membantu proses optimasi website. 

Jasaahliseo.com merupakan jasa optimasi SEO profesional. Dengan jasaahliseo.com, Anda tidak perlu bersusah payah melakukan proses optimasi website yang memakan waktu cukup lama. 

Nantinya Anda akan mendapatkan dampak positif berupa peningkatan traffic pada website Anda. Selain itu jasa ini dapat mengkonversi pengunjung menjadi customer, hasilkan penjualan lebih banyak hingga kenaikan omset secara drastis.

Baca juga ini: Jasa SEO Handal Berikut Keunggulan Kami 2023

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

jasa seo bulanan

Jasa SEO Bulanan Profesional Terjamin

Jasa SEO bulanan tidak luput dari proses optimasi SEO untuk website agar sesuai dengan target. Sebagian besar pelaku bisnis digital lebih memilih menggunakan jasa SEO untuk membantu mengoptimalkan website.  Hal

pengertian seo

Pengertian SEO: Cara Kerja, Teknik dan Manfaatnya

Apa pengertian SEO? SEO merupakan salah satu strategi digital marketing untuk membuat website Anda tampil pada peringkat teratas. Secara tidak langsung SEO akan mempromosikan dan mengenalkan profil website atau produk

Perbedaan SEO dan SEM Wajib Tahu

Anda wajib tahu perbedaan SEO dan SEM karena kedua hal ini saling berkaitan dalam dunia digital marketing. SEO atau SEM adalah alat yang dapat membantu memaksimalkan kegiatan digital marketing Anda.

Need Help? Chat with us