Logo jasaahliseo

Artikel SEO friendly: 8 Strategi Efektif untuk Membuat Judul SEO Friendly

Artikel SEO friendly

Share:

Artikel SEO friendly merupakan salah satu kunci agar website Anda lebih mudah menempati posisi teratas dalam search engine ataupun results page. Namun, bagaimana cara agar artikel yang dibuat memiliki sifat SEO friendly?

Sebagai informasi, ada banyak strategi yang bisa dilakukan guna menjadikan konten dalam situs web Anda ramah SEO. Salah satunya adalah judul yang relevan dan memiliki kata kunci dengan volume cukup tinggi. Selain itu, judul juga harus memiliki karakteristik tertentu lainnya. Di antaranya akan dibahas dalam artikel ini. Jadi, simak sampai habis, ya!

Apa itu Artikel SEO Friendly?

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai karakteristik khusus atau strategi guna menjadikan judul bersifat SEO friendly, tahukah Anda makna istilah ini? Untuk diketahui, artikel SEO friendly bukan hanya tentang konten yang memiliki judul dengan kata kunci terbaik.

Namun, judul tersebut juga harus dipastikan sesuai dengan isi konten yang dimuat. Jika judul dan isi bisa dikatakan rumpang, dipastikan pengunjung tidak akan bertahan lama di laman website Anda. Alhasil, ini bisa menyebabkan bounce rate.

Selain itu, isi yang tidak selaras dengan kata kunci dan judul juga bisa menyebabkan Google menganggap konten Anda sebagai spam. Oleh karena itu, konten akan kesulitan naik peringkat setelah diindeks Google.

8 Strategi Efektif untuk Membuat Judul SEO Friendly

Bagi Anda yang ingin menjadikan artikel SEO friendly dimulai dari judul, di bawah ini terdapat strateginya untuk diketahui. Anda juga bisa menerapkan teknik-teknik di bawah supaya hasil optimasi SEO-nya makin maksimal:

1. Sematkan Kata Kunci Utama

Langkah pertama untuk membuat judul SEO friendly bisa dengan menempatkan kata kunci utama di dalamnya. Inilah kenapa menemukan kata kunci untuk konten situs web menjadi hal yang penting.

Baca lebih lanjut  Mengenal Lebih Jauh Mengenai Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Biasa 

Selain untuk acuan isi artikel, kata kunci juga bisa jadi daya pikat utama sebuah konten situs web. Anda pun tentu tahu jika artikel yang dibuat harus ditargetkan untuk pembaca yang merupakan manusia.

Oleh karena itu, jika artikel membahas tentang “Cara menjadi YouTubers”, pastikan tiga kata tersebut masuk dalam judul. Dengan demikian, orang-orang yang mencari informasi cara jadi YouTubers bisa menemukan konten Anda sebab mesin pencari juga mudah memunculkannya.

2. Buat Judul yang Memikat

Membuat judul yang mengandung kata kunci tidak boleh asal-asalan, Anda perlu memastikan tiap kalimatnya dirasa menarik oleh manusia. Coba perhatikan dua contoh judul di bawah ini yang menggunakan kata kunci Resep Lemper Ayam.

  1. Memasak Lemper Ayam dengan Resep Lemper Ayam Berikut
  2. Ini Dia Resep Lemper Ayam Paling Mudah, Dijamin Anti Gagal!

Jika Anda menemukan konten dengan dua judul di atas, mana yang kira-kira bakal dibuka lamannya? Peluangnya lebih besar nomor dua, bukan?

Ini dikarenakan, judul nomor dua dibuat dengan kalimat lebih efektif dan memikat pembaca yang ingin memasak lemper ayam dengan mudah. Sementara itu, contoh judul kedua tidak dibuat dengan mengutamakan dua kunci tadi. Hanya memasukkan kata kunci saja.

3. Gunakan Kata Ajaib

Jika belum tau cara membuat judul yang memikat, Anda bisa menggunakan kata-kata ajaib. Untuk diketahui, kata-kata ajaib atau yang mampu menyihir pembaca agar tertarik umumnya termasuk diksi sifat. Contohnya, murah, mudah, aman, terbaik, bagus, dan lain sebagainya.

Jika judul disematkan kata-kata tersebut, besar kemungkinan pengguna internet akan lebih tertarik untuk meng-klik artikelnya. Sebab biasanya, pengguna internet akan merasa informasi yang dicarinya bisa ditemukan dalam konten dengan judul memikat.

Sedang Cari Jasa SEO Profesional? Hubungi kami sekarang 085694640209

4. Optimasi Jumlah Kata dalam Judul

Guna mengoptimalkan artikel SEO friendly, judul harus dibuat dengan jumlah kata yang ideal. Berdasarkan hasil riset ahli SEO, disarankan agar judul tidak lebih dari 12 kata. Sementara itu, jumlah karakter idealnya adalah 60 huruf sampai dengan 70 huruf, terhitung dengan spasi.

Dengan jumlah kata yang ideal, mesin penelusur bisa lebih mudah memahami konten di situs web Anda. Selain itu, jumlah kata yang ideal juga memungkinkannya tampil secara keseluruhan di SERP. Jelasnya, kecil kemungkinan ada kata yang tidak muncul di tampilan laman hasil penelusuran.

Baca lebih lanjut  Berbagai Tips Menulis Artikel SEO Secara Cepat dan Tepat

5. Terapkan Penjelas dengan Bilangan

Jika Anda membuat artikel dengan konten berupa cara atau hal-hal yang perlu dibuat rinci, pastikan membuatnya dalam bentuk listing. Paling tidak, buat penomoran dalam jumlah 5 angka.

Selain membuat isi artikel dengan rinci menggunakan penomoran, Anda bisa menerapkan jumlah listing tersebut dalam judul. Misalnya, jika dalam konten terdapat 10 cara membuat judul blog terbaik, Anda bisa menuliskan bilangan tersebut. Sebagai saran, tempatkan bilangan tersebut di posisi pertama, kedua, atau ketiga dalam judul.

6. Masukkan Istilah yang Sering Dicari Pengguna Internet

Beberapa orang tak jarang mencari suatu konten dengan kata kunci berupa istilah asing. Oleh karena itu, Anda juga harus bisa mengetahui apa yang kerap dicari pengguna internet.

Contohnya, saat ini ada banyak orang yang mencari gaya busana dengan kata outfit. Dibandingkan membuat judul dengan kata “Gaya busana kekinian” akan lebih baik jika Anda menuliskannya dengan istilah baru. Contoh, “Tampil Kece dengan Rekomendasi Outfit Wanita Berikut Ini”.

7. Buat Judul Berupa Pertanyaan 

Artikel SEO friendly juga bisa diwujudkan dengan membuat judul berupa pertanyaan pengunjung browser. Misalnya, “Apakah Skizofrenia Bisa Disembuhkan?”

Seperti diketahui, tidak sedikit orang yang memasukkan kueri Google dengan kalimat interogatif. Jika judul yang dibuat benar-benar relevan dengan informasi yang dicari pengunjung, besar kemungkinan mesin pencari akan memunculkannya di halaman pertama.  

Dengan demikian, konten website Anda juga tidak akan kesulitan mendapatkan posisi teratas di SERP. Pasalnya, Google yang melakukan indexing juga mudah menemukan konten yang Anda buat.

8. Hindari Penggunaan Judul Duplikat

Tidak sedikit orang yang berpikir jika meniru judul suatu konten top ranking otomatis akan membawa kontennya ke posisi teratas juga. Padahal, spekulasi tersebut tidak benar adanya.

Sebaliknya, jika Google mengetahui judul yang Anda buat merupakan hasil tiruan, bukan tidak mungkin situs web bakal kena teguran. Entah itu berupa turunnya otoritas, jumlah pengunjung, entah tanda-tanda lain yang menunjukkan website sulit berkembang.

Guna memastikan artikel SEO friendly, Anda harus kreatif membuat judul. Anda bisa menggunakan strategi dari poin pertama hingga kedelapan supaya hasil optimasinya makin maksimal.

Siap Menjadikan Artikel Website Lebih SEO Friendly?

Bagi Anda yang belum terbiasa membuat judul artikel SEO friendly, pelajari lebih lanjut strateginya dari ahlinya langsung. Anda bisa menghubungi Jasa SEO Terpercaya di jasaahliseo.com.

Baca lebih lanjut  Breadcrumb SEO: Definisi, Keuntungan, dan Bagaimana Cara Membuat

Selain mengoptimasi judul artikel agar lebih ramah SEO, Anda juga bisa menghubungi jasa ini untuk pengoptimalan strategi lainnya. Mulai dari pengoptimalan SEO on page, SEO off page, maupun teknikal dalam upaya meningkatkan peringkat situs web Anda. 

Tidak banyak pegiat digital yang mengetahui rumus teknik dasar untuk SEO. Sehingga tidak sedikit yang merasa putus asa dan berhenti di tengah jalan. 

Anda yang mungkin merasa kesulitan, bisa mempercayakan optimasi website hanya di jasaahliseo.com. Didukung dengan tenaga terampil dan berpengalaman untuk membuat kredibilitas situs Anda semakin baik. Segera kunjungi websitenya sekarang!

FAQ tentang Artikel SEO Friendly

Apa yang dimaksud dengan artikel SEO friendly?

Artikel SEO friendly adalah jenis konten yang dirancang agar lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan menempati posisi teratas dalam halaman hasil pencarian. Konten tersebut tidak hanya mengandung kata kunci yang relevan tetapi juga sesuai dengan isi konten yang disajikan.

Mengapa penting untuk menggunakan kata kunci utama dalam judul artikel?

Penggunaan kata kunci utama dalam judul artikel memungkinkan mesin pencari untuk dengan mudah mengidentifikasi dan menampilkan konten Anda kepada pengguna yang mencari topik yang terkait. Ini membantu meningkatkan kemungkinan konten Anda muncul di halaman hasil pencarian.

Bagaimana cara membuat judul yang menarik bagi pembaca?

Anda dapat membuat judul yang menarik dengan menggunakan kata-kata ajaib atau diksi sifat yang mampu menarik perhatian pembaca. Selain itu, membuat judul yang memikat dengan kalimat yang efektif juga dapat membantu menarik minat pembaca untuk membuka dan membaca konten Anda.

Mengapa penting untuk menghindari penggunaan judul duplikat dalam konten?

Penggunaan judul duplikat dapat merugikan peringkat situs web Anda dalam mesin pencari dan dapat memicu penurunan otoritas situs web. Google dapat menilai konten tersebut sebagai duplikat atau kurang orisinal, yang dapat mengurangi jumlah pengunjung dan menghambat pertumbuhan situs web.

Apa manfaat penggunaan pertanyaan sebagai judul artikel?

Penggunaan judul berupa pertanyaan dapat menarik minat pembaca yang sering mencari jawaban atau informasi tertentu. Dengan menyajikan pertanyaan yang relevan dengan isi konten, kemungkinan besar artikel Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian, meningkatkan jumlah kunjungan dan peringkat situs web Anda.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us