Logo jasaahliseo

Cara Membuat SEO di Blogspot Untuk Meningkatkan Trafik Situs Anda

cara membuat SEO di Blogspot

Share:

Tidak hanya WordPress, Blogspot juga jadi salah satu platform yang banyak digunakan masyarakat untuk membuat blog. Platform ini menawarkan banyak sekali keuntungan yang tak kalah menarik dari WordPress. Namun sayangnya, belum banyak yang tahu mengenai cara membuat SEO di Blogspot.

Bagi pengguna WordPress, menerapkan SEO tentu bisa dikatakan lebih mudah. Hal ini dikarenakan, platform CMS atau Content Management System ini dilengkapi fitur yang lebih lengkap serta ketersediaan plugin terbilang banyak. Oleh karena itu, langkah mengoptimasi SEO bisa dengan memanfaatkan plugin yang ada.

Meski begitu, pengguna Blogspot juga bisa merasakan kemudahan dalam optimasi SEO jika menggunakan cara di bawah ini. Bagaimana caranya? Baca selengkapnya di artikel teknik SEO ini, ya.

 

Keuntungan Menggunakan Blogspot

Sebelum membahas lebih detail tentang cara membuat SEO di Blogspot, tak ada salahnya mengulas apa saja keuntungan menggunakan platform ini. Anda yang baru berencana membuat konten di platform ini juga mungkin ingin tahu keuntungan menggunakan Blogspot.

Baca lebih lanjut  Jasa SEO Profesional Indonesia: Pengertian, Manfaat, dan Layanan

Untuk diketahui, keuntungan pertama menggunakan Blogspot ialah kemudahan dalam membuatnya. Jika Anda ingin membuat konten di platform ini, cukup lakukan pendaftaran dengan menggunakan akun Google. 

Di sini, calon pengguna yang tidak begitu paham Bahasa Inggris juga dapat dengan mudah melakukan pendaftaran sebab tersedia berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Keuntungan kedua, Blogspot diklaim jauh lebih mudah dimonetisasi. Hal ini dikarenakan, platform blogging ini merupakan bagian dari Google. Oleh karena itu, jika suatu domain dianggap berkualitas dan memenuhi kualifikasi, bukan hal sulit bagi Google untuk menawarkan fitur Adsense.

Keuntungan ketiga, Blogspot sepenuhnya gratis. Ini dikarenakan, tidak ada fitur-fitur khusus yang hanya bisa digunakan dengan pembayaran. Jadi, bisa disimpulkan jika template dan semua fitur yang tersedia bisa dibuka tanpa harus membayar.

 

Cara Membuat SEO di Blogspot untuk Meningkatkan Trafik Situs

Adapun cara meningkatkan trafik situs Blogspot Anda bisa dilakukan dengan menerapkan tips di bawah ini. Dimulai dengan merencanakan domain, konten, kata kunci, hingga optimalisasi SEO teknikal untuk meningkatkan experience pengunjung. Berikut informasi cara membuat SEO di Blogspot selengkapnya yang perlu Anda tahu:

 

1. Buat Domain yang Profesional

Jika Anda belum memulai pembuatan domain ataupun berniat mengganti namanya, pertimbangkan untuk menggunakan nama yang sudah populer. Dibandingkan dengan memakai nama sendiri, penggunaan domain berupa brand terkenal, seperti “ponselsamsung.com” bisa dikatakan lebih mudah naik peringkat.

Meskipun pemilihan nama domain seperti tadi tidak gratis, langkah pertama ini bisa jadi awal mula kesuksesan situs web Anda. Hal ini dikarenakan, membangun domain brand dengan merek yang sudah populer tidak akan lebih sulit daripada branding nama sendiri. Terlebih jika Anda memang belum dikenal banyak orang.

 

2. Pertimbangkan Niche Konten dalam Blogspot

Tips kedua, pastikan Anda tahu apa saja niche yang akan dibahas dalam situs. Jika ingin fokus pada satu niche. Misalnya teknologi, hal ini tentu akan lebih mudah untuk Anda mencari kata kunci utama. Risikonya, pasar yang bisa disasar dengan satu niche atau topik maka kemungkinan jauh lebih besar dibandingkan situs yang memiliki banyak niche.

Baca lebih lanjut  Cara Menaikkan Ranking Website di Mesin Pencarian Google 2024

Sementara itu, jika membuat konten dalam banyak niche, Anda mungkin kesulitan memenangkan persaingan. Terkecuali, Anda memiliki tim atau partner yang bisa membantu membangun situs web tersebut.

 

3. Riset Kata Kunci Utama

Langkah kedua yang bisa dilakukan sebagai cara membuat SEO di Blogspot ialah meriset kata kunci utama. Poin ini penting Anda perhatikan sejak awal dan seterusnya.

Hal ini dikarenakan, tiap konten yang dibuat dengan kata kunci utama memiliki peluang lebih besar untuk naik peringkat. Namun, pastikan penggunaan kata kunci dalam artikel Anda juga tepat. Hindari menggunakannya dalam jumlah 2% lebih dari total kata di artikel.

 

4. Gunakan Long Tail Keyword pada Artikel

Untuk diketahui, long tail keyword merupakan kata kunci yang biasanya muncul di kolom pencarian Google setelah Anda mengetikkan suatu keyword. 

Contohnya, Anda menginput kata “Lipstik ombre”. maka Google akan menampilkan beberapa saran long tail keyword. Mulai dari lipstik ombre untuk kulit sawo matang, lipstik ombre untuk kulit kuning langsat, dan masih banyak lagi.

Sebagai informasi, volume pencarian kata kunci panjang tadi memang bisa dikatakan kecil. Namun, kata kunci tersebut ada sehingga bisa diartikan bahwa sekelompok orang biasa mencari informasi tersebut. Oleh karena itu, kemungkinan besar artikel Anda akan muncul untuk keyword tersebut jika memasukan long tail keyword.

 

5. Optimasi Judul agar Relevan dan Menarik

Tak hanya di segi domain dan konten, salah satu cara membuat SEO di Blogspot juga bisa dengan mengoptimalkan judul. Anda mungkin tahu bahwa judul adalah kepalanya konten. Oleh karena itu, tidak bisa dielak jika seseorang hanya akan membuka artikel di laman website Anda ketika merasa tertarik dengan judulnya.

Baca lebih lanjut  Apa itu Link Building: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Jika ingin membuat judul yang menarik minat pengunjung internet, Anda bisa menggunakan kata kunci utama. Kemudian, terapkan judul yang sesuai dengan isi konten artikel.

 

6. Hadirkan Meta Description yang Dilengkapi Kata Kunci

Meta description atau deskripsi meta ialah uraian singkat tentang isi artikel. Anda bisa melihat ini di bawah judul konten pada laman results page.

Jika ingin domain dalam Blogspot naik peringkat,  Anda perlu memperhatikan pembuatan meta description. Adapun cara membuat SEO di Blogspot dalam hal pembuatan deskripsi meta ini bisa dengan menghadirkan kata kunci di dalamnya. Ini dimaksudkan agar laman website bisa muncul saat seseorang mencari kata kunci serupa di mesin pencari.

 

7. Optimasi URL

Untuk memastikan orang-orang tertarik membuka situs web Anda, gunakan URL yang mudah dibaca. Contohnya, “lowongankerja.id/asisten-perawat”. 

Dibandingkan dengan URL “lowongan%kerja%.id/20%asisten=20%perawat”, besar kemungkinan orang-orang akan lebih tertarik pada konten dalam situs yang memiliki URL terbaca. Seperti contoh sebelumnya. Untuk itu, Anda bisa mengoptimasinya di setting permalink.

cara membuat SEO di Blogspot

 

8. Optimasi Gambar

Cara membuat SEO di Blogspot agar lebih optimal lagi, Anda bisa menghadirkan gambar di setiap konten. Namun, pastikan jumlah gambarnya tidak berlebihan.

Tak hanya memastikan ada tidaknya gambar, Anda juga sebaiknya memilih tipe Alt Image pada gambar. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa masuk ke gambar postingan, kemudian properties, dan isi title text maupun alt-text.

 

Ingin Optimasi SEO Blogspot untuk Hasil yang Lebih Maksimal?

Secara umum, mengoptimasi SEO di Blogspot tidak jauh beda caranya dengan optimalisasi SEO WordPress. Selain dengan menggunakan cara membuat SEO di Blogspot tadi, Anda juga perlu menerapkan teknik lainnya. Seperti menerapkan internal link, memanfaatkan backlink, memaksimalkan loading website, dan masih banyak lagi.

Jika ingin SEO Blogspot lebih optimal dengan segera, tetapi belum bisa menerapkan langkah-langkah di atas, ada satu cara paling efektif. Anda bisa menghubungi Jasa Ahli SEO di www.jasaahliseo.com

Jasa ini dapat membantu mengoptimalkan performa SEO di situs web Anda sehingga trafik bisa meningkat secara signifikan. Hal ini tidak terlepas dari teknik optimasi yang tepat dan tertarget. Anda akan dibantu oleh tim dan dapat melakukan konsultasi secara gratis.

Maraknya para pengelola blog, membuat persaingan akan semakin ketat. Dengan memilih jasa yang tepat, Anda bisa memaksimalkan kinerja website sehingga memperbesar keuntungan. Segera kunjungi laman resminya untuk mendapatkan informasi lengkapnya!

FAQ tentang Artikel SEO Friendly

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us