Logo jasaahliseo

XML Sitemap: Pengertian, Manfaat, dan Cara Optimasinya

XML Sitemap

Share:

Bagi pengelola website, ada beberapa unsur pendukung yang perlu diperhatikan. Salah satunya dengan penggunaan XML Sitemap. Karena tidak hanya tertuju pada sebuah konten saja, kecepatan atau bahkan tampilan. Semua aspek harus bekerja sama untuk membuat situs tersebut terlihat kredibel. 

Sitemap sendiri menjadi faktor penting yang turut berkontribusi memberikan nilai plus bagi situs Anda. Seperti halnya mesin penelusur, Google. Hal tersebut, seiring dengan bertambahnya kompleksitas mesin pencarian yang mengembangakan format protokol ini menggunakan format XML pada tahun 2005 lalu.

Bagi Anda yang mungkin belum begitu paham serta masih mencari tahu seluk beluk unsur XML ini, simak artikel berikut hingga selesai. Pasalnya, Anda akan menemukan ulasan mengenai pengertian, fungsi hingga cara optimasi file XML ini.

 

XML Sitemap Adalah?

Sitemap disebut juga sebagai peta situs. Komponen ini umumnya berisi daftar url penting dari sebuah halaman situs. Biasanya, berbentuk XML (Extensible Markup Language). Peta situs ini, selain memberikan efek positif pada website, juga mempermudah pengunjung menemukan informasi dari sebuah halaman website.

Khusus untuk XML Sitemap, ini merupakan format yang cukup multifungsi. File ini dapat membantu perluasan dan penyajian informasi terkait konten berita, gambar video serta halaman local website.

Baca juga ini: Apa itu Sitemap Website? Jenis, Fungsi, dan Cara Membuat

Melalui sitemap ini juga, pengunjung bisa melihat daftar isi dari konten yang pemilik website suguhkan. Biasanya, mesin penelusur juga menggunakan sitemap ini untuk mengindeks dan memahami situs web. Setelah proses indexing berhasil dilakukan, maka mesin pencarian seperti Google akan memberikan peringkat atau rangking pada halaman tersebut.

Baca lebih lanjut  Inilah 3 Cara Agar Toko Online Banyak Pengunjung 

Penggunaan komponen peta situs ini, sangat membantu search engine untuk menemukan halaman web dengan cepat, efektif dan terstruktur.

 

Beberapa Manfaat Utama File XML Sitemap

Peran dari komponen XML Sitemap ini cukup penting sehingga kini para pengelola website hampir semua menggunakan struktur filenya. Mulai dari mengoptimalkan strategi SEO hingga memberikan rangking tinggi pada search engine Google. Untuk lebih jelas, berikut beberapa keuntungan penggunaan peta situs XML:

1 . Memudahkan Indexing Website

Seperti pernah disinggung sebelumnya, peta situs ini berperan penting untuk memudahkan crawling dan indexing website. Sitemap berfungsi untuk memberitahu mesin pencarian bahwa website tersebut telah update halaman baru. 

Secara spesifik, hal ini juga menunjang mesin telusur  untuk menganalisa situs secara lebih efektif. Yakni dengan mengindeks halaman yang ada dan melacak konten baru serta memodifikasi konten yang sudah tersedia di website.

2. Mengoptimalkan Kinerja SEO

Ini menjadi cara ampuh untuk memaksimalkan  kinerja SEO. Mengapa? Karena peta situs dapat membantu search engine memahami struktur website dan menyuguhkan konten paling relevan kepada pengunjung.

3. Menaikkan User Experience

Secara umum, adanya peta situs sitemap tentu memudahkan pembaca untuk menentukan halaman yang diinginkan. Pengguna bisa melacak situs web dan melihat seluruh informasi secara lebih mudah. Dengan menaikkan keterbacaan pembaca, maka dapat menaikkan pengalaman pengguna lebih baik.

4. Meningkatkan Potensi Percepatan Bisnis

Karena konten halaman memiliki file XML Sitemap, maka secara otomatis struktur dari isi konten dapat terbaca oleh mesin pencarian. Sehingga ketika ada pengunjung yang menari kata kunci tertentu, maka Google akan memberikan rekomendasi terbaik dan paling relevan. Dampaknya, cukup baik untuk meningkatkan bisnis yang Anda kelola

5. Meminimalisir Kesalahan dan Membantu Search Engine Membedakan Halaman Duplikat

Terkadang pemilik web tidak menyadari adanya konten duplikat yang ikut ter-upload dan hal ini memberikan dampak negatif pada kesehatan SEO situs. File XML Sitemap ini akan membantu mesin pencarian untuk mengidentifikasi serta membedakan adanya halaman duplikat.

Baca lebih lanjut  Screaming Frog: Fitur, Manfaat, Hingga Cara Proses Penggunaannya

 

Cara Optimasi XML Sitemap dan Hal-Hal yang Penting Diperhatikan 

Cara optimasi XML sitemap tidak hanya melibatkan adanya file berisi halaman postingan, tag, gambar, dan sebagainya. Namun, ini juga mencakup struktur dan sistem didalamnya untuk lebih memudahkan proses crawling oleh mesin pencari. Lantas, bagaimana cara optimasi file XML sitemap yang baik?

Sitemap XML (Extensible Markup Language) bisa dioptimasi dengan menggunakan beberapa cara. Mulai dengan membuatnya menggunakan plugin, situs web khusus, sampai menerapkan hal-hal penting dalam penerapannya seperti berikut ini.

  • Optimasi Menggunakan Plugin 

Cara pertama dalam optimasi file XML bisa dengan menggunakan plugin. Adapun plugin yang bisa digunakan untuk membuat file penyimpanan halaman-halaman yang ada di situs web Anda terdiri dari beberapa pilihan.

Diantaranya adalah Google XML Sitemap, Plugin Yoast SEO, dan Plugin All in SEO. Tiap-tiap plugin tersebut bisa digunakan dengan cara berbeda. Anda bisa mencari informasi cara menggunakan tiap-tiap plugin tersebut untuk lebih jelasnya.

Baca juga ini: 7 Plugin SEO WordPress yang Wajib Dipakai

  • Gunakan Cara Manual dengan XML-sitemaps.com

Jika ingin membuat sitemap XML secara manual, Anda bisa menggunakan tool khusus. Tepatnya di website XML-website.com. 

Membuat file XML di situs tersebut tergolong menguntungkan sebab tidak memakan banyak ruang dalam website. Namun, langkah-langkahnya lebih panjang dibandingkan menggunakan plugin.

  • Submit Sitemap XML

Apabila sitemap XML situs web sudah tersedia, segera lakukan submit. Langkah ini bertujuan untuk memberitahu mesin pencari mengenai keberadaan halaman-halaman yang perlu diindeks di situs web Anda.

Sebagai informasi, pengiriman atau pemberitahuan adanya file XML bisa dilakukan ke Google Search Console dan juga Bing Webmaster Tools. Ini dikarenakan Google dan Bing jadi dua mesin pencari yang paling banyak penggunanya.

  • Perhatikan Hal-Hal yang Perlu Dilakukan dalam Optimasi XML 

Agar optimasi XML sitemap yang dilakukan tadi berdampak positif, pastikan memperhatikan beberapa hal. Terutama dalam hal struktur file-nya. Misalnya ketika menyimpan halaman berkualitas, halaman arsip, dan halaman penulis dianjurkan sebaiknya dipisah.

Baca lebih lanjut  Manfaat dan Dampak Terbesar Menggunakan Jasa SEO Profesional yang Wajib Kamu Tahu

Selain itu, Anda juga perlu membagi sitemap XML untuk konten tulisan dan video. Sebaiknya Anda juga tak lupa menambahkan tanggal keterangan terakhir kali sitemap tersebut diindeks.

Hal-hal sederhana ini memungkinkan proses indexing dapat dilakukan crawler lebih mudah dan cepat. Sehingga tujuan adanya sitemap XML, yakni mempermudah pengindeksan dan menaikkan peringkatnya di mesin pencari dapat tercapai segera.

  • Terapkan Tips Lain untuk Mengoptimalkan Hasil Optimasi XML Sitemap 

Setelah memperhatikan beberapa hal mengenai struktur sitemap XML tadi, Anda juga sebaiknya mengikuti beberapa tips dalam penerapan cara optimasi ini. Diantaranya, pastikan Anda mengetahui peraturan di sitemap.org agar file yang dibuat sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan Google.

Tips berikutnya, pastikan hanya menaruh money page alias halaman yang bisa menghasilkan benefit dalam sitemap XML. Ini dapat memastikan peluang adanya indexing jadi lebih tinggi.

Kemudian, pastikan menghindari adanya status kode non-200, URL no-index, dan juga URL kanonik. Hal-hal yang perlu dihindari tadi berisiko membuat crawler mengabaikan halaman sitemap XML yang telah Anda buat. Sehingga cara optimasi yang sudah Anda lakukan akan sia-sia dan tidak menghasilkan dampak apapun.

 

Optimasi XML Sitemap Lebih maksimal dengan Jasa SEO Terbaik

Mungkin beberapa hal belum sepenuhnya Anda mengerti. Terutama mengenai penerapan XML Sitemap seperti pada ulasan di atas. Seseorang bisa saja mempelajari namun optimisasi yang dihasilkan belum tentu bisa maksimal.

Ketika Anda ragu dan bingung untuk menerapkan metode paling tepat, mempercayakan kepada jasa SEO mungkin bisa menjadi langkah yang layak dicoba. Rata-rata penyedia jasa ini memiliki strategi khusus untuk membuat situs Anda naik peringkat dengan berbagai teknik optimasi yang benar.

Banner Jasa Ahli SEO

Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah di Jasa Ahli SEO. Melalui penyedia jasa ini, Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan. Mulai dari menaikkan peringkat web, memperluas jangkauan pengunjung hingga menaikkan profit bisnis. 

Didukung dengan tim handal yang siap membantu segala permasalahan dan mengatasi kendala yang ada di dalam situs. Seperti halnya ketika terjadi masalah pembuatan XML Sitemap. Selain itu, di www.jasaahliseo.com juga melayani web desain, social media management hingga jasa iklan Google Ads.

Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mencari tahu kendala yang dan mengatasinya. Segera kunjungi halaman website utama sekarang juga untuk mendapatkan tawaran menariknya!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us