Logo jasaahliseo

Google Knowledge Panel: Arti, keuntungan, dan cara melakukannya

Google Knowledge Panel

Share:

Halo, apa kabar, sahabat google? Selamat datang di blog kami yang sederhana dan penuh dengan informasi bermanfaat dan informatif ini. Pada artikel Kali ini kami mau berbagi informasi tentang sesuatu yang mungkin Kamu sering lihat di Google, tapi tidak tahu apa itu. Namanya adalah Google Knowledge Panel.

Nah, Apa itu Google Knowledge Panel? Apa keuntungannya? Bagaimana cara melakukannya? Penasaran, kan? Yuk, Simak ulasannnya di bawah ini.

Apa itu Google Knowledge Panel?

Google Knowledge Panel adalah kotak informasi yang muncul di sebelah kanan halaman hasil pencarian Google ketika Kamu mencari entitas (orang, tempat, organisasi, benda) yang ada di dalam Knowledge Graph. Knowledge Graph adalah basis data yang berisi fakta-fakta tentang entitas yang dikumpulkan Google dari berbagai sumber terpercaya di web.

Tujuan Google Knowledge Panel adalah untuk membantu Kamu mendapatkan gambaran singkat tentang informasi yang berkaitan dengan topik yang Kamu cari berdasarkan pemahaman Google terhadap konten yang tersedia di web.

Apa keuntungan Google Knowledge Panel?

Google Knowledge Panel memiliki beberapa keuntungan, baik untuk entitas yang ditampilkan maupun untuk pengguna yang mencari informasi. Berikut adalah beberapa keuntungan Google Knowledge Panel:

  • Meningkatkan visibilitas dan kredibilitas

Google Knowledge Panel membuat entitas yang ditampilkan lebih menonjol dan mudah dikenali di halaman hasil pencarian Google. Ini bisa meningkatkan visibilitas dan kredibilitas entitas tersebut di mata pengguna.

Baca lebih lanjut  Cara Memilih Jasa SEO Jogja Terbaik dan Berpengalaman

Misalnya, jika Kamu mencari nama seorang penulis, Kamu bisa melihat Google Knowledge Panel yang berisi informasi tentang penulis tersebut, seperti biografi, karya, penghargaan, dan lain-lain. Ini bisa membuat Kamu lebih tertarik dan percaya dengan penulis tersebut.

  • Menyediakan informasi yang relevan dan akurat

Google Knowledge Panel menyediakan informasi yang relevan dan akurat tentang entitas yang dicari. Informasi ini berasal dari sumber-sumber terpercaya yang telah diverifikasi oleh Google. Ini bisa membantu pengguna mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.

Misalnya, jika Kamu mencari nama sebuah restoran, Kamu bisa melihat Google Knowledge Panel yang berisi informasi tentang restoran tersebut, seperti alamat, jam buka, nomor telepon, rating, ulasan, dan lain-lain. Ini bisa membantu Kamu memutuskan apakah Kamu ingin mengunjungi restoran tersebut atau tidak.

  • Memudahkan interaksi dan konversi

Google Knowledge Panel memudahkan pengguna untuk berinteraksi dan melakukan konversi dengan entitas yang ditampilkan. Google Knowledge Panel menyediakan tombol-tombol yang bisa digunakan pengguna untuk menghubungi, mengikuti, memesan, membeli, atau melakukan aksi lainnya dengan entitas tersebut.

Misalnya, jika Kamu mencari nama sebuah band, Kamu bisa melihat Google Knowledge Panel yang berisi informasi tentang band tersebut, seperti genre, anggota, album, lagu, dan lain-lain. Kamu juga bisa melihat tombol-tombol yang bisa digunakan untuk mendengarkan, menonton, atau membeli musik mereka.

Bagaimana cara melakukannya?

Bagaimana cara mendapatkan Google Knowledge Panel untuk entitas Kamu? Sayangnya, tidak ada cara pasti untuk melakukannya, karena Google Knowledge Panel dibuat secara otomatis oleh Google berdasarkan informasi yang tersedia di web. Namun, ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk meningkatkan peluang Kamu mendapatkan Google Knowledge Panel, yaitu:

  • Membuat dan mengoptimalkan konten yang berkaitan dengan entitas Kamu

Kamu harus membuat dan mengoptimalkan konten yang berkaitan dengan entitas Kamu di web, seperti situs web, blog, media sosial, platform video, platform musik, platform podcast, dan lain-lain.

Baca lebih lanjut  Penjelasan dan Solusi: Keyword Cannibalization yang Dapat Membahayakan Website

Konten Kamu harus informatif, relevan, dan berkualitas. Kamu juga harus menggunakan kata kunci, judul, deskripsi, tag, dan atribut lainnya yang sesuai dengan entitas Kamu. Ini bisa membantu Google mengenali dan memahami entitas Kamu dengan lebih baik.

  • Menggunakan sumber terpercaya dan terverifikasi

Kamu harus menggunakan sumber terpercaya dan terverifikasi yang berkaitan dengan entitas Kamu, seperti Wikipedia, IMDb, Google My Business, Google Scholar, dan lain-lain. Kamu harus membuat dan mengupdate profil Kamu di sumber-sumber tersebut dengan informasi yang akurat dan lengkap.

Kamu juga harus memastikan bahwa informasi Kamu konsisten di semua sumber tersebut. Ini bisa membantu Google mengumpulkan dan menyajikan informasi Kamu dengan lebih baik.

  • Mengklaim dan memperbarui Google Knowledge Panel Kamu

Jika Kamu sudah memiliki Google Knowledge Panel, Kamu harus mengklaim dan memperbarui Google Knowledge Panel. Kamu bisa mengklaim Google Knowledge Panel Kamu dengan cara mengikuti langkah-langkah yang ada di situs web resminya. Setelah Kamu mengklaim Google Knowledge Panel, Kamu bisa memperbarui informasi Kamu dengan cara mengikuti langkah-langkah yang ada di situs website resminya. 

Kamu bisa menambah, mengubah, atau menghapus informasi yang Kamu anggap perlu. Kamu juga bisa memilih gambar yang ingin Kamu tampilkan di Google Knowledge Panel Kamu. Ini bisa membantu Google menampilkan informasi Kamu dengan lebih akurat dan sesuai dengan keinginan Kamu.

Banner Jasa Ahli SEO

Demikian artikel yang kami buat tentang Google Knowledge Panel. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi kamu yang ingin menggunakan Google ini. Jika Kamu memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Jika Kamu suka artikel ini, silakan bagikan ke teman-teman Kamu yang juga ingin belajar tentang Google ini. Terima kasih dan selamat mencoba!

Baca lebih lanjut  5 Alasan Mengapa SEO Penting untuk Bisnis Online Anda

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us