Logo jasaahliseo

Apa itu Clickbait: Kelebihan dan Kekurangan yang wajib kamu tahu!

Clickbait

Share:

Clickbait adalah sebuah judul atau gambar yang dibuat menarik dan menggoda agar orang tertarik untuk mengklik dan membaca konten yang ada di baliknya. Biasanya, clickbait menggunakan kata-kata yang sensasional, provokatif, atau mengandung rasa penasaran yang tinggi. 

Lalu, Apa aja sih kelebihan dan kekurangan clickbait? Dan bagaimana cara membuatnya? Penasaran, kan? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Apa Kelebihan Clickbait?

Clickbait memang memiliki beberapa kelebihan, terutama bagi para pembuat konten. Berikut ini adalah beberapa kelebihan clickbait yang perlu kamu ketahui:

  • Meningkatkan Click Through Rate (CTR)

CTR adalah persentase orang yang mengklik konten dari jumlah orang yang melihatnya. Semakin tinggi CTR, berarti semakin banyak orang yang tertarik dengan konten tersebut. Clickbait bisa meningkatkan CTR dengan cara menarik minat pembaca dengan judul yang menjanjikan sesuatu yang menarik, lucu, atau mengagetkan.

  • Meningkatkan Pageviews

Pageviews adalah jumlah halaman yang dikunjungi oleh pengunjung dalam satu sesi. Semakin banyak pageviews, berarti semakin lama orang berada di website atau platform tersebut. Clickbait bisa meningkatkan pageviews dengan cara membuat konten yang panjang, berisi banyak gambar, atau dibagi menjadi beberapa halaman. Hal ini bertujuan untuk membuat pembaca penasaran dan ingin melihat lebih banyak.

  • Potensi Social Share

Social share adalah jumlah kali konten dibagikan oleh pengunjung di media sosial. Semakin banyak social share, berarti semakin banyak orang yang melihat dan mengenal konten tersebut. Clickbait bisa meningkatkan potensi social share dengan cara membuat konten yang relevan, bermanfaat, atau menghibur bagi pembaca. Hal ini bertujuan untuk membuat pembaca merasa ingin berbagi dengan orang lain.

Baca lebih lanjut  Jasa Iklan Google Ads Indonesia Bergaransi

Apa saja Kekurangan Clickbait

Clickbait memang memiliki beberapa kekurangan, terutama bagi para pembaca. Berikut ini adalah beberapa kekurangan clickbait yang perlu kamu ketahui:

  • Mendatangkan Traffic yang Tidak Sesuai

Traffic adalah jumlah pengunjung yang datang ke website atau platform. Traffic yang sesuai adalah traffic yang datang dari orang yang benar-benar tertarik dengan konten tersebut. Clickbait bisa mendatangkan traffic yang tidak sesuai dengan cara menipu atau menyesatkan pembaca dengan judul yang tidak sesuai dengan isi konten. Hal ini bisa membuat pembaca merasa kecewa, marah, atau bosan.

  • Bounce Rate Meningkat

Bounce rate adalah persentase orang yang meninggalkan website atau platform setelah melihat satu halaman saja. Semakin tinggi bounce rate, berarti semakin sedikit orang yang melihat konten lain di website atau platform tersebut.

Clickbait bisa meningkatkan bounce rate dengan cara membuat konten yang tidak memenuhi harapan, tidak berkualitas, atau tidak informatif bagi pembaca. Hal ini bisa membuat pembaca merasa tidak puas, tidak percaya, atau tidak tertarik.

  • Merusak Brand Image

Brand image adalah citra atau reputasi yang dimiliki oleh website atau platform di mata pembaca. Brand image yang baik adalah brand image yang dipercaya, dihormati, dan disukai oleh pembaca. Clickbait bisa merusak brand image dengan cara membuat konten yang tidak etis, tidak akurat, atau tidak profesional. Hal ini bisa membuat pembaca merasa tidak menghargai, tidak menghormati, atau tidak menyukai website atau platform tersebut.

Cara Membuat Judul Clickbait yang Baik Untuk Strategi Content Marketing

Clickbait memang bisa menjadi strategi content marketing yang efektif, asalkan digunakan dengan bijak dan bertanggung jawab. Berikut ini adalah beberapa cara membuat judul clickbait yang baik untuk strategi content marketing:

  • Gunakan Part Paling Menarik Sebagai Judul

Part paling menarik adalah bagian dari konten yang paling menonjol, unik, atau penting. Gunakan part paling menarik sebagai judul untuk menarik perhatian pembaca. Contohnya, “Saya Hanya Makan Pisang Selama Sebulan, Ini yang Terjadi!”

  • Memberi Teka-Teki Pada Judul

Teka-teki adalah pertanyaan atau pernyataan yang mengandung rahasia atau misteri. Memberi teka-teki pada judul untuk memancing rasa penasaran pembaca. Contohnya, “Dia Tidak Pernah Menyentuh Gitar, Tapi Bisa Bermain Lagu Ini dengan Sempurna. Caranya?”

  • Menggunakan Emosi Untuk Mendekatkan Pembaca

Emosi adalah perasaan atau reaksi yang timbul karena sesuatu yang dialami atau dilihat. Menggunakan emosi untuk mendekatkan pembaca dengan konten. Contohnya, “Saya Menangis Saat Melihat Foto Ini, Kamu Pasti Akan Merasakan Hal yang Sama!”

  • Buat Pembaca Merasa Terlibat

Terlibat adalah merasa menjadi bagian dari sesuatu atau memiliki hubungan dengan sesuatu. Buat pembaca merasa terlibat dengan konten dengan cara memberi tantangan, ajakan, atau pilihan. Contohnya, “Coba Tebak, Siapa yang Lebih Kaya, Bill Gates atau Jeff Bezos?”

  • Gunakan Teknik Copywriting

Copywriting adalah seni dan ilmu menulis teks yang bertujuan untuk mempromosikan atau menjual sesuatu. Gunakan teknik copywriting untuk membuat judul yang menarik, meyakinkan, dan mengajak pembaca untuk mengklik. Contohnya, “Inilah Cara Mudah dan Cepat untuk Membuat Website yang Profesional dan Menghasilkan Uang!”

Baca lebih lanjut  Cara Daftar Blog Gratisan Dengan Mudah Di Blogger

Banner Jasa Ahli SEO

Demikian artikel yang kami buat tentang apa itu clickbait, kelebihan dan kekurangan clickbait, dan cara membuat judul clickbait yang baik untuk strategi content marketing. Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi kamu untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas. Jangan lupa untuk selalu jujur, bertanggung jawab, dan profesional dalam membuat konten, ya. Terima kasih dan selamat mencoba!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us