Apa itu Copywriting, Pengertian, dan Jenis Copywriting Terbaru 2022

Apa itu Copywriting, Pengertian, dan Jenis Copywriting Terbaru 2022

APA ITU COPYWRITING

Tahukah anda bahwa copywriting sangat berpengaruh dalam konten marketing. Tahukah anda bahwa dengan menggunakan konten marketing anda dapat menghemat anggaran 62 % dari anggaran marketing anda. Selain itu anda juga akan mendapat keuntungan 3 kali lebih besar daripada marketing tradisional.

Sejarah Copywriting

John Emory Powers merupakan copywriter pertama didunia yang bekerja fulltime bukan paruh waktu. Zaman dulu copywriter kebanyakan kerjanya part time ,jarang sekali bekerja secara full time dan John inilah copywritwer yang pertama kali bekerja full time.

Ini terjadi pada tahun 1870 an jadi, ternyata ilmu copywriting ini sudah berusia satu setengah abad. Tahun 1870 an itu si John memulai pekerjaan paruh waktu sedangkan pada tahun 1880 dia mulai bekerja secara full time.Dengan kemampuan copywriting yang dimiliki si John ini ,dia berhasil meningkatkan omzet suatu toko dari 4 juta dollar menjadi 8 juta dollar .
Baca juga ini: Strategi Menempatkan Keyword Dalam Artikel SEO

Pengertian Copywriting

Copywriting merupakan salah satu teknik seni penulisan yang tujuannya untuk mendapat respon dari pembacanya.

Menurut Wikipedia ,copywriting adalah tulisan yang ditulis oleh seorang penulis / writer yang tujuannya disebar untuk kepentingan komersial. Media yang digunakan tidak hanya berupa tulisan,tetapi juga bisa berupa gambar ataupun video. Copywriting banyak digunakan untuk iklan seperti di website,landing page,majalah,koran,televisi,dan lain sebagainya.

Salah satu teknik yang digunakan dalam copywriting adalah AIDA (Attention,Interest,Desire, dan Action).

Jenis Copywriting

1. Marketing Copywriting

Selama ada tujuan pemasaran dari suatu produk atau jasa maka bisa disebut copywriting pemasaran / marketing copywriting.

Formatnya bisa berupa iklan bergambar,spanduk,youtube,selebgram,televisi dan lain lain. Marketing copywriting merupakan pemasaran yang paling banyak ditemui saat ini.

2. Direct Response Copywriting

Merupakan copywriting yang berfungsi untuk memperoleh tanggapan langsung dari konsumen.Contoh seperti mengarahkan mereka untuk berlangganan ebook,membagikan suatu konten,mengklik tombol CTA,dan lain lain

3. Brand Copywriting

Merupakan copywriting yang bertujuan untuk menyampaikan citra dan identitas dari suatu brand.Tujuannya agar brand lebih mudah dikenal dan mudah diingat oleh pelanggan.

4. SEO Copywriting

Merupakan copywriting yang berfokus menarik perhatian konsumen dan memposisikan konten google. Biasanya digunakan untuk promosi produk,landing page,dan juga kategori suatu produk.Juga berfokus membuat copywriting menggunakan kata kunci sehingga mudah ditemukan di SEO Google.

5. Technical Copywriting

Bertujuan untuk memberikan pemahaman /pembelajaran kepada pembaca tentang penggunaan suatu prodak . Copywriting jenis ini banyak ditemui di buku panduan, buku manual, bungkus mie/kopi instan, dan lainnya.

6. Public Relation Copywriting

Untuk copywriting jenis ini membutuhkan pemikiran yang lebih luas dan lebih berhati hati dalam berkomunikasi,karena tidak hanya bertugas memengaruhi bisnis tapi semua stakeholders yang terlibat didalamnya.

7. Email Copywriting

Email copywriting merupakan chanel marketing yang efektif sampai kini. Terlebih jika dikombinasikan dengan teknik email copywriting yang menarik,presentase open rate email bisa meningkat.

8. Social Media Copywriting

Tidak perlu bingung memilih social media seperti apa karena social media saat ini sangat banyak penggunanya,mulai dari facebook,Instagram,whatsapp,tiktok,dan masih banyak yang lain.Tinggal kita menentukan social media seperti apa yang cocok dengan barang yang kita tawarkan.

Agar copywriting mampu menarik banyak audiens,maka pelajarilah produk atau layanan yang kita tawarkan,memahami kebutuhan konsumen,membuat judul yang menarik,menulis copy yang berkualitas,dan diakhiri dengan kalimat ajakan / persuasif

Demikian penjelasan tentang copywriting.Jadi copywriting adalah suatu metode pembuatan materi marketing yang dapat membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu yang anda inginkan.

Tags:

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

jasa seo malang

Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Murah Malang

Tujuan utama SEO adalah untuk menaikkan peringkat situs website di pencarian Google. Adapun dampak dari menggunakan jasa SEO Malang bisa meningkatkan pendapatan bisnis kamu. SEO dapat menjadi salah satu teknik

Need Help? Chat with us