Logo jasaahliseo

Cara Optimasi Lokal Seo yang Tepat dan Sukses

cara optimasi lokal SEO

Share:

Ada berbagai cara yang memang harus dilakukan untuk memaksimalkan potensi bisnis, salah satunya yaitu dengan memastikan bisnis Anda muncul di halaman pertama mesin pencari. Bukan hanya penggunaan SEO untuk cakupan yang lebih luas, Anda juga bisa memanfaatkan local SEO yang akan bisa menjangkau target lokal atau mereka yang berada di sekitar area bisnis Anda. 

Lalu apa itu local SEO dan bagaimana cara untuk mengoptimalkannya? Local SEO adalah metode optimasi SEO yang dipakai untuk meningkatkan visibilitas bisnis lokal. Cara ini tentu saja akan membantu bisnis masuk di halaman pertama mesin pencari dimana nanti pengguna bisa menemukan Anda dengan mudah sesuai dengan lokasi atau area terdekat. 

Dengan pengaplikasian yang tepat, maka Anda nantinya akan bisa memperoleh lebih banyak traffic ke website ataupun peningkatan pembelian. Sebuah riset menyatakan jika 47 % pencarian Google adalah pencarian informasi lokal. Informasi dengan tipe near me atau close by pun juga akan semakin meningkat selama dua tahun terakhir. 

Tentu saja ini menunjukkan betapa pentingnya penggunaan local SEO sebagai cara bisnis, khususnya apabila tujuan Anda adalah menguasai area lokal. Lalu seperti apa cara optimasi lokal Seo yang tepat itu?

Beberapa Cara Melakukan Optimasi Local SEO

Kebanyakan orang akan melakukan pencarian informasi di internet terlebih dahulu sebelum nanti akan memutuskan untuk membeli sesuatu. Dari sinilah peran local SEO, yaitu nantinya akan membantu calon pembeli terdekat untuk bisa menemukan bisnis Anda. Bahkan tidak sedikit yang akhirnya mengunjungi lokasi bisnis bahkan melakukan pembelian. Lalu bagaimana cara optimasi lokal Seo agar strategi ini berjalan maksimal?

  • Memakai Google My Business

Cara optimasi lokal Seo pertama yaitu dengan menggunakan cara ini. Apakah Anda sudah menggunakan Google My Business? Jika misalnya belum, segera buat akun dan lakukan verifikasi. Apabila misalanya sudah memiliki akun, coba cek kembali mengenai kelengkapan profil Anda. Pastikan hal berikut telah dilakukan sehingga bisnis lebih mudah ditemukan dalam pencarian lokal, diantaraya:

Baca lebih lanjut  Mengenal Apa Itu Backlink? Pengertian, Manfaat, dan Melakukan Backlink

Mengisi nama, lokasi, nomor telepon aktif, kategori bisnis, jam operasional, foto, serta deskripsi bisnis. Dalam hal ini lakukan update apabila misalnya memang ada perubahan informasi. Tentunya mengajak pelanggan untuk memberikan review supaya nanti bisnis Anda semakin kredibel, juga jangan lupa untuk merespons mereka.

  • Riset keyword

Pemakaian keyword yang tepat tentu saja akan menaikkan peringkat bisnis dalam mesin pencari dan menjadi cara optimasi lokal Seo selanjutnya. Itulah sebabnya sebenarnya sangat penting untuk melakukan riset. Ketika riset keyword, maka perhatikan juga mengenai volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, saran kata kunci, search intent dan sebagainya. 

Dalam hal ini Anda juga bisa memakai Google Keyword Planner dengan target local keywords yang lebih spesifik sehingga mereka mungkin nantinya akan melakukan pembelian. Bukan hanya itu saja, Anda pun juga bisa memakai Google Trends untuk bisa memastikan keyword yang Anda pilih masih banyak dicari.

  • Menciptakan Konten Lokal

Konten lokal ini sangat berhubungan erat dengan lokasi bisnis Anda. Sebagai contoh, jika Anda sedang menjalankan bisnis hotel di Bali, maka Anda bisa mengeksplor konten lokal mengenai Bali seperti berbagai tempat wisata menarik yang memang layak untuk dikunjungi, makanan khas Bali yang patut untuk dicoba, beberapa event yang akan ataupun yang mungkin sedang berlangsung, dan sebagainya. 

Itulah cara optimasi local seo yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa website untuk kebutuhan bisnis.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us