5 Cara Anti Ribet Membuat Akun Google My Business

membuat Akun Google My Business

Mengetahui cara membuat akun Google My Business sangat diperlukan buat kamu yang sedang merintis sebuah usaha. Seperti kita ketahui, Google My Business adalah salah satu fitur yang sudah difasilitasi oleh Google buat kamu yang mempunyai bisnis, serta membantu memasarkannya secara online. Lewat Google My Business, Google bisa membantu pelanggan untuk menemukan bisnis yang kamu kelola.

Sebagai informasi, Google My Business atau dalam bahasa Indonesia disebut Google Bisnisku bisa menampilkan informasi mengenai lokasi, jadwal, sampai kontak dari bisnis bisnis yang kamu kelola. Melalui Google bisnisku, usaha kamu bisa dengan mudah ditemukan pelanggan lewat Google Pencarian. Hal ini pun bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan karena bisa menemukan informasi detail dari bisnis kamu.

Google Bisnisku memiliki pembagiannya tersendiri tergantung keperluan bisnis kamu, seperti:

  • Local Bisnis
  • Produk atau Merek
  • Perusahaan, Organisasi, ataupun Institusi
  • Seni
  • Hiburan
  • Olahraga
  • Dan lain sebagainya

Dalam membuat akun Google My Business, kamu sangat wajib mempunyai akun Google. Tidak hanya itu, kamu pun perlu mempunyai lokasi usaha yang jelas. Dengan demikian, pelanggan bisa dengan mudah menemukan lokasi usaha kamu di Google.  Selain itu, cara membuat akun Google My Business pun sangat mudah dan anti ribet. Berikut Cara Anti Ribet Membuat Akun Google My Business.

Membuat akun Google

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat Akun Google Bisnisku ialah membuat akun Google. Akun Google ini yang nantinya akan dipakai dalam membuat Google Bisnisku. Berikut cara membuat Akun Google.

  1. Masuk ke laman login Google (https://www.google.com/business/)
  2. Klik daftar yang ada di bawah kolom username dan password
  3. Isi semua formulir yang tersedia, seperti nama, hingga tanggal lahir
  4. Setelah semua formulir di isi dan melakukan verifikasi, akun siap digunakan

Akan tetapi, kalau kamu telah mempunyai akun Google, bisa langsung lanjut ke langkah nomor 2.

Login ke akun Google

Sebenarnya setelah kamu membuat akun Google, otomatis sudah login. Namun, apabila kamu telah punya akun Google dan belum tahu cara loginnya, berikut adalah cara mudanya:

  1. Masuk ke laman login Google (https://www.google.com/business/)
  2. Isi username dan password akun Google kamu
  3. Klik Login

Daftar ke Google My Business

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan buat kamu yang ingin daftar Google My Business, berikut caranya:

  1. Masuk ke laman pembuatan Google My Business (https://business.google.com/create)
  2. Di laman tersebut, kamu akan mendapati form-form yang harus diisi, mulai dari nama usaha sampai alamat bisnis.

Setelah kamu mengisi semua form, maka kamu bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

Halaman utama Google My Business

Setelah Kamu mengisi semua form dengan benar, maka kamu akan langsung masuk ke halaman utama Google My Business. Nah, halaman utama Google Bisnisku ini dapat kamu sunting atau edit dengan klik Edit. Kemudian, kamu bisa melakukan konfigurasi halaman utama Google Bisnisku. Bahkan, kamu dapat menambahkan logo, gambar, jam operasional, dan lain sebagainya.

Verifikasi Sekarang

Cara selanjutnya, kamu harus melakukan verifikasi Google My Business lewat email dengan klik Verify Now. Kemudian, masukkan email yang menerima kode verifikasi dari Google. Kode tersebut berisi 5 angka yang acak. Kalau kamu telah memasukkan email, langsung klik Send Postcard. Verifikasi ini sangat perlu karena untuk memastikan Maps atau Google Bisnisku bisa muncul di pencarian Google.
Baca juga ini:
Perbedaan SEO Dan SEM Yang Harus Anda Ketahui

Akhirnya, Akun Google My Business Anda telah jadi. Bagaimana? Cara membuat akun Google My Business memang mudah. Kamu dapat membuat Google Bisnisku lewat PC maupun laptop. Google My Business dan Maps usaha kamu bisa muncul di mesin pencari Google setelah 1 x 24 jam verifikasi.

Sangat disarankan untuk menggunakan nama Google My Business sesuai dengan kata kunci di Google Adwords. Juga, jangan menggunakan nama brand atau merek ketika usaha kamu masih belum populer. Selamat mencoba.

Tags:

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

jasa seo malang

Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Murah Malang

Tujuan utama SEO adalah untuk menaikkan peringkat situs website di pencarian Google. Adapun dampak dari menggunakan jasa SEO Malang bisa meningkatkan pendapatan bisnis kamu. SEO dapat menjadi salah satu teknik

Need Help? Chat with us