JasaAhliSEO

10 Perbedaan Blog dan Website Panduan Lengkap

perbedaan blog dan website

Mungkin sebagian orang masih bingung untuk membedakan website dan blog. Sekilas keduanya hampir mirip. Tapi sebenarnya pengertiannya sangat berbeda lho. Penasaran dengan perbedaan blog dan website tersebut? Yuk, simak tulisan di bawah ini.

Ini dia Perbedaan Blog Dan Website Yang Harus Diketahui

Dibawah ini merupakan perbedaan sederhana blog dan website yang harus kalian ketahui sebelum membuatnya.

Perbedaan dari Tujuan

Perbedaan blog dan website yang pertama adalah dari segi tujuan. Sebuah situs web sangat cocok sebagai branding dan transaksi, sedangkan blog bisa digunakan untuk menjangkau audiens dengan cara yang lebih komunikatif dan persuasif melalui kisah hidup atau pengalaman sehari-hari. Dengan kata lain, keduanya memiliki perbedaan, tetapi mereka juga mampu bekerja sama.

Perbedaan dari Isi

Perbedaan blog dan website yang kedua adalah isi dalam konten. Konten dalam sebuah berisi tentang sebuah pengalaman, opini, atau aktivitas blogger dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, dalam sebuah blog juga berisi tentang kegiatan bisnis yang sedang dijalankan oleh blogger, seperti penjualan produk dan jasa.

Sedangkan isi dalam sebuah website berisi tentang informasi yang lebih lengkap tentang produk atau jasa perusahaan. Misalnya, sejarah, alamat, kontak perusahaan, dan produk lengkapnya. Dengan kata lain, isi dalam sebuah website ini berisi nama bisnis dengan kata kunci yang terkait dengan produk atau layanan.

Arah Komunikasi

Perbedaan blog dan website yang ketiga adalah arah komunikasi. Dalam sebuah blog lebih cenderung diketahui lebih interaktif, sedangkan untuk website hanya bersifat satu arah saja. Dalam sebuah blog, orang bisa meninggalkan komentar di setiap konten yang dibaca, selain itu, pemilik konten juga bisa membalas komentar tersebut. Hal ini berarti menunjukkan bahwa ruang diskusi blog itu lebih besar.

Ini menjadi perbedaan yang besar antara blog dan website, karena dalam website adanya kolom komentar, kebanyakan lebih cenderung untuk menawarkan form kotak atau mengarahkan pengunjung ke nomor atau media sosial tertentu.

Dari Gaya Bahasa

Perbedaan blog dan website yang sering dijumpai adalah gaya bahasanya. Jika Anda perhatikan, blog seringkali menggunakan bahasa yang santai dan komunikatif, karena bertujuan untuk lebih berkomunikasi dengan target audiens dengan karakter yang jelas. Dengan hal ini, konten dalam blog juga mudah dinikmati dan mudah dipahami.

Sedangkan dalam website itu lebih profesional dan resmi. Alasannya yaitu dengan target audiens website lebih umum. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan website juga lebih formal dan tepat agar pesan yang disampaikan mudah untuk diresapi.

Intensitas Update Posting

Perbedaan blog dan website yang ketiga adalah Intensitas update, untuk blog dan website sangat berbeda. Karena dalam blog lebih fokus pada konten, intensitas update lebih sering. Bisa diperkirakan dalam sebuah blog memposting konten setiap hari. Dan juga pada titik tertentu yang akan memperbarui kontennya agar informasi yang disampaikan tetap mutakhir.

Intensitas update posting konten pada website lebih statis daripada blog, situs web lebih cenderung jarang memposting dan memperbarui konten. Hanya jika diperlukan saja, seperti perubahan informasi produk atau layanan, rilis fitur baru, dan yang lainnya.

Pengelolaan Konten

Perbedaan blog dan website adalah dalam pengolahannya. Biasanya dalam blog dijalankan oleh satu atau lebih penulis. Penulis ini yang sering mendapat julukan sebagai blogger. Sementara dalam website, biasanya diorganisir oleh perusahaan profesional atau khusus yang memiliki tim khusus, seperti developer, editor, desainer web, dan masih banyak lagi

Hard Selling

Perbedaan blog dan website adalah gaya bahasa. Dalam sebuah blog umumnya softsellingnya atau bahkan tidak ada intent commercial sama sekali. Beberapa blogger dapat melakukan soft selling dengan menceritakan masalah sehari-hari yang ditemukan seputar produk atau jasa lalu membuat barang atau jasa tersebut sebagai solusinya. Seperti, menjelaskan masalah kulit kusam berjerawat akibat debu atau kotoran dalam berkendara lalu mempromosikan produk krim wajah.

Sedangkan dalam gaya bahasa website biasanya lebih mengedepankan hardselling, di mana perusahaan menjelaskan secara eksplisit barang atau jasa yang dijual dengan menjelaskan manfaat dan kegunaan barang atau jasa tersebut.

Pembagian Kategori

Perbedaan blog dan website adalah dalam pembagian kategori artikel. Biasanya dalam blog artikel atau konten lebih mengkategorikan berdasarkan topik kontennya. Sedangkan website lebih melakukan kategori berdasarkan produk atau layanan yang mereka tawarkan.

Fitur Berlangganan

Perbedaan blog dan website adalah dalam fitur berlangganan via RSS Feed, tombol subscribe, atau newsletter. Dengan mengingat intensitas blog akan lebih tinggi dan uptodate, biasanya blog memiliki fitur berlangganan via RSS Feed, maupun email untuk mendapatkan update konten terbaru.

Sedangkan dalam website kita dapat menemukan tombol subscribe atau newsletter. Biasanya ini akan berfungsi agar pengunjung mengetahui update seputar produk atau jasa terkait informasi promo, katalog produk baru.

Pola Interaksi

Perbedaan blog dan website adalah segi interaksi. Secara tidak langsung sebuah blog berkomunikasi secara dua arah, sedangkan website hanya bisa berkomunikasi satu arah. Intinya dalam blog bisa dijadikan sebagai bentuk diskusi, sedangkan dalam situs web lebih ke arah memberikan informasi tanpa menerima sanggahan.

Promo jasa seo

Itulah beberapa perbedaan blog dan website yang harus Anda ketahui. Jangan sampai keliru dalam menilai keduanya, ketika Anda salah membuat wadah untuk konten Anda, maka secara tidak langsung akan memberikan pengaruh kurang kepada pembaca. 

Jika masih kurang jelas, Anda bisa cek langsung di jasaahliseo.com, disana banyak sekali informasi menarik seputar blog dan website. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasanya untuk menulis artikel dalam blog ataupun website. 

Baca juga ini: Jasa SEO Profesional Indonesia: Pengertian, Manfaat, dan Layanan

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

jasa seo bulanan

Jasa SEO Bulanan Profesional Terjamin

Jasa SEO bulanan tidak luput dari proses optimasi SEO untuk website agar sesuai dengan target. Sebagian besar pelaku bisnis digital lebih memilih menggunakan jasa SEO untuk membantu mengoptimalkan website.  Hal

pengertian seo

Pengertian SEO: Cara Kerja, Teknik dan Manfaatnya

Apa pengertian SEO? SEO merupakan salah satu strategi digital marketing untuk membuat website Anda tampil pada peringkat teratas. Secara tidak langsung SEO akan mempromosikan dan mengenalkan profil website atau produk

Perbedaan SEO dan SEM Wajib Tahu

Anda wajib tahu perbedaan SEO dan SEM karena kedua hal ini saling berkaitan dalam dunia digital marketing. SEO atau SEM adalah alat yang dapat membantu memaksimalkan kegiatan digital marketing Anda.

Need Help? Chat with us