Logo jasaahliseo

Strategis Cara Meningkatkan Domain Authority dan Mengoptimalkan Website

cara meningkatkan Domain Authority

Share:

Peringkat situs web tidak hanya berdasar pada penilaian mesin pencari milik Google, akan tetapi terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi itu. Salah satunya adalah skor Domain Authority (DA). Mengingat hal ini, tidak sedikit pengelola website yang mencari cara meningkatkan Domain Authority agar peringkatnya di Google SERP bisa naik.

Lantas, sebenarnya apa itu Domain Authority dan manfaatnya? Lalu bagaimana cara meningkatkan salah satu faktor pemeringkatan ini? Jika Anda menanyakan hal serupa, simak jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Domain Authority?

Domain Authority adalah skor dengan nilai 1 sampai 100 yang menunjukkan kualitas dan otoritas suatu situs web. Makin tinggi nilainya maka bisa disimpulkan bahwa kualitas website tersebut juga bagus.

Sebagai contoh, Anda bisa melihat skor untuk website Google. Situs web nomor satu di dunia ini memiliki skor 100 di Moz Rank. Sementara itu, website lain yang juga sekelas dunia, yakni Wikipedia hanya memiliki skor 74.

Untuk diketahui, tingginya nilai DA sama dengan besarnya jumlah traffic pada situs web tersebut. Nilai tersebut juga berpeluang makin meningkatkan CTR atau click through rate. Selain itu, ada lebih banyak manfaat lain dari adanya skor Domain Authority.

Manfaat Domain Authority

Memiliki Domain Authority yang tinggi artinya situs web punya tingkat kepercayaan sangat besar dari masyarakat. Dengan demikian, situs tersebut dipastikan bakal lebih mudah mendapatkan lebih banyak pengunjung, baik dari dalam maupun luar negara. Inilah salah satu faktor yang membuat Google makin banyak digunakan saat ini.

Baca lebih lanjut  Apa itu Minify: Pengertian, Cara optimasi, hingga Manfaatnya!

Selain manfaat tersebut, Domain Authority juga bisa membantu situs web Anda berada di halaman pertama Google SERP. Bahkan, website dengan DA tinggi juga bisa menduduki peringkat pertama secara terus-menerus. 

Cara Meningkatkan Domain Authority

Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari tingginya skor DA, pastikan untuk menyimak cara meningkatkan Domain Authority di bawah ini. Berikut merupakan panduan singkat yang bisa Anda coba:

1. Bangun Internal Link yang Kuat

Sebagai informasii, internal link adalah tautan yang terdapat dalam situs web dan mengarah pada konten lain dalam website tersebut. Sekilas, teknik SEO ini memang terkesan remeh dan tidak penting.

Namun faktanya, strategi ini benar-benar mampu menciptakan jaringan yang sangat kuat dalam situs web. Selain itu, pengunjung juga bisa mendapatkan lebih banyak informasi serupa tetapi bervariasi hanya dengan mengunjungi satu situs web.

Dengan banyaknya konten berkualitas di situs web, pengunjung juga bisa lebih mudah mengingat domain website tersebut. Sederhananya, pengunjung akan mengenal dengan baik situs web tersebut. 

Oleh karena itu, orang-orang ini tidak akan ragu lagi untuk mengunjungi situs Anda jika sewaktu-waktu mencari informasi dan menemukan konten Anda di laman manapun.

2. Aktifkan Fitur Mobile untuk Situs Web

Di zaman sekarang, para pengguna internet lebih banyak mengakses browser menggunakan perangkat mobile. Hal ini dikarenakan, ponsel lebih mudah dibawa kemana saja. Jadi, ketika seseorang butuh informasi, akses yang dirasa paling cepat adalah dengan smartphone.

Seiring waktu, para pengelola situs harus memahami kebutuhan mayoritas pengguna internet. Walaupun memang masih banyak orang yang mengakses internet dengan desktop, jumlah pengguna mobile browser jauh lebih banyak.

Jadi, supaya situs web Anda lebih banyak mendapatkan trafik, aktifkan fitur mobile agar tampilan website jadi mobile-friendly. Jika sudah diaktifkan, jangan lupa untuk mengeceknya menggunakan tools SEO guna mengetahui tampilan mobile situs web Anda. Saat ini, ada banyak alat yang bisa digunakan untuk itu, salah satunya adalah Mobile-Friendly Test by Google Dev.

Baca lebih lanjut  7 Trik Copywriting Google Ads yang Harus Anda Ketahui untuk Menarik Pelanggan

3. Gunakan Jasa SEO untuk Meningkatkan Loading Speed

Menurut penelitian sebagian besar ahli SEO, para pengguna internet tidak suka membuka situs web yang memiliki tingkat loading lama. Hal ini juga dibuktikan dengan data bahwa hampir semua pengguna browser akan meninggalkan situs web yang memiliki load speed lebih dari tiga detik.

Jika situs web Anda bermasalah dalam hal ini, salah satu cara meningkatkan Domain Authority adalah dengan segera mengoptimalkannya. Untuk tahu apakah load speed atau page speed halaman situs web Anda bagus atau sebaliknya, gunakan tools SEO seperti Google Page Speeds.

Apabila hasil analisis menunjukkan kecepatan loading halaman situs web Anda lebih dari tiga detik, sebaiknya segera gunakan jasa SEO. Terlebih jika Anda belum tahu cara jitu meningkatkan page speed website yang dikelola.

4. Rutin Upload Konten Berkualitas

Konten berkualitas menjadi bagian terpenting dalam suatu situs web. Tanpa ini, orang-orang akan dengan mudah meninggalkan website yang dikunjunginya. Efek buruknya lagi, akibat konten yang tidak relevan dengan kebutuhan pengunjung, website Anda juga bisa saja mengalami bounce rate.

Untuk mencegah hal itu, pastikan selalu rutin mengunggah konten yang bernilai tinggi. Adapun yang dimaksud bernilai tinggi di sini bukan hanya menyangkut bahasan atau topik yang sesuai dengan niche. Namun, yang dimaksud konten berkualitas juga soal bahasan dengan sifat padat dan jelas atau informatif.

Anda sebaiknya tidak membuat konten yang terlalu panjang atau terlalu pendek. Pastikan untuk konsisten mengunggah konten dengan jumlah kata yang ideal. Yakni, antara 500 kata hingga 1500 kata per konten.

5. Maksimalkan Tautan Balik

Cara meningkatkan Domain Authority selanjutnya adalah dengan memaksimalkan tautan balik atau backlink. Untuk hal ini, pastikan backlink yang Anda dapatkan berasal dari situs-situs dengan otoritas baik atau sangat baik.

Baca lebih lanjut  [Panduan Lengkap] Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

Sementara itu, jika terdapat backlink dari situs yang tidak terpercaya, sebaiknya Anda segera menghapusnya. Pasalnya, tautan balik tersebut bisa menyebabkan kualitas situs web Anda menurun. Buruknya lagi, website Anda juga bisa saja terkena malware jika membiarkan backlink tidak berkualitas.

Guna mengetahui mana backlink berkualitas dan sebaliknya, Anda bisa mengeceknya menggunakan tool Backlink Checker. Sebagai percobaan, Anda bisa menggunakan versi gratisnya dari Ahrefs.

6.  Rajin Evaluasi Konten dan Analisis Kekuatan Kompetitor

Cara berikutnya untuk mendapatkan DA yang baik di situs perangkingan adalah dengan rajin mengevaluasi konten. Baik milik website yang dikelola maupun konten kompetitor.

Seperti diketahui, persaingan ketat untuk menjadi yang nomor satu di Google SERP tidak berbeda seperti berkompetisi di dunia bisnis. Anda tidak boleh lengah dan terus memperbaiki kualitas konten.

Untuk memberikan perbaikan yang maksimal, Anda perlu tahu apa yang spesial dari konten kompetitor dan kelemahan konten Anda. Dengan cara seperti itu, kualitas konten yang bisa Anda hadirkan dipastikan akan terus meningkat.

7. Maksimalkan Teknik SEO

Cara meningkatkan Domain Authority yang terakhir adalah memaksimalkan teknik SEO. Baik SEO on page maupun off page, secara teknikal maupun yang lainnya.

Sebagai contoh, untuk mengoptimalkan SEO on page, Anda bisa melakukan riset keyword yang berkualitas dan berjangka panjang. Selain itu, optimalkan juga mengenai ukuran teks, font, gambar, dan lain sebagainya.

Untuk mengoptimalkan SEO off page, Anda bisa memaksimalkan backlink dan rajin promosi situs web. Sementara itu, memperbaiki SEO technical bisa dengan menghadirkan XML Sitemap yang berguna membantu crawler mengetahui konten-konten berkualitas di website Anda.

Domain Authority Tetap Rendah? Jangan Bingung, Gunakan Jasa SEO Terbaik

Ketika Anda merasa sudah melakukan beberapa langkah di atas secara otodidak namun masih tidak begitu signifikan, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah berkonsultasi dengan jasa penyedia optimasi website

Dari sekian nama yang ada, salah satu jasa penyedia terbaik adalah melalui jasaahliseo.com. Ada banyak alasan mengapa Anda perlu memilih jasa ini. 

Jasa Ahli SEO didukung oleh tim berpengalaman yang tidak hanya berfokus pada tampilan desain human friendly, namun juga optimasi menyeluruh yang bisa memberikan dampak besar pada situs Anda. Selain itu, para pengguna juga akan mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Kunjungi jasaahliseo.com sekarang juga untuk informasi lengkapnya.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us