Mengoptimasi Gambar SEO dengan Alternative Text atau Alt Text

Mengoptimasi Gambar SEO Dengan Alternative Text Atau Alt Text

Ingin gambar website anda masuk di mesin pencarian Google? Sekarang saatnya untuk coba optimasi SEO dengan Alt Text. Apa sih SEO Alt Text? Alt Text singkatan dari Alternative Text yang berfungsi untuk menjelaskan maksud gambar yang kita pasang di situs kita. Jadi google akan mengerti gambar apa yang kita pasang di situs kita, dan memiliki tujuan untuk memberikan suatu keterangan pada gambar.

Faktanya dalam teknik SEO untuk melakukan optimasi gambar sangatlah penting, karena memiliki pengaruh yang cukup penting dalam teknik SEO. Sekitar 20% sepenting inilah mengapa kita harus melakukan optimasi SEO dengan Alt Text.

Kebanyakan orang jika sedang mencari gambar yang ia cari pastinya mereka akan cari dulu melalui browsing google, tentunya akan sangat bermanfaat karena dapat mendatangkan traffic pada website. Lalu pertanyaannya adalah bagaimana Anda bisa memanfaatkan sumber traffic ini ? Jawabannya adalah Alt Text atau yang kerap disebut sebagai alternatif teks pada gambar.

 

Apa Itu Alt Text

Teks alternatif (teks alternatif) adalah kata atau frasa yang dapat disisipkan sebagai atribut dalam dokumen HTML (Hypertext Markup Language) untuk memberi tahu maksud dan tujuan pada gambar tentang topik atau konten suatu gambar.

Teks alt muncul di kotak kosong yang biasanya berisi gambar. Teks alternatif bermanfaat saat tautan gambar tidak tersedia karena URL rusak atau diubah atau masalah lainnya.

Atribut alt dimulai dengan urutan karakter alt= dan kemudian berisi teks alt dalam tanda kutip. contohnya, atribut alt=”Storm Surge” mungkin muncul di tag gambar HTML untuk foto. Di sebagian besar browser, mengarahkan penunjuk ke gambar yang berisi atribut alt sehingga teks alt muncul di dalam kotak kecil di bawah penunjuk.

Saat memilih teks alternatif, penting untuk memastikan bahwa teks tersebut memberitahu calon pengunjung sebanyak mungkin tentang gambar tersebut, menggunakan kata kunci tertentu. Sehingga akan sangat bermanfaat untuk sebuah website karena akan sangat terbantu untuk diproses optimasi SEO.

 

Penerapan Teks Alternatif 

Jika anda benar-benar serius ingin mengoptimasi website anda dengan teks alternatif? Saya yakin untuk melakukan proses optimasi SEO dengan teks alternatif tidak akan sia-sia jika anda benar-benar serius melakukannya.

SEO Alt Text

Gambar diatas adalah salah satu contoh mengapa anda perlu mengoptimasi gambar pada website anda. Ketika seseorang sedang mencari suatu gambar di google, maka google akan menampilkan semua gambar yang berkaitan dengan apa yang anda cari.

Contoh yang saya lakukan pada gambar diatas, dimana saya sedang mencari gambar SEO, maka Google akan memunculkan semua gambar yang berkaitan dengan SEO, semua gambar yang tampil di halaman tersebut tentunya sudah dioptimasi pada gambarnya dengan cara Optimasi alt text? Seperti yang saya sudah jelaskan caranya sangat mudah hanya dengan mengisi teks alternatif atau alt text.

 

Mengapa Alt Text Itu Penting untuk melakukan optimasi SEO?

 

1. Mudah ditemukan di google

Alt text merupakan proses optimasi yang begitu penting dalam proses optimasi SEO agar setiap pengguna akan lebih mudah menemukan website anda. Harus tetap di tujuan yang sama yaitu memberikan informasi yang tepat agar website anda akan lebih mudah untuk melakukan optimasi.

 

2. Memberikan kesan yang baik pada website anda.

Alt text yang benar, akan memberikan informasi yang tepat untuk pengunjung website anda, sehingga pengunjung akan lebih menyaman untuk membaca sebuah konten anda, sehingga akan memberikan pengalaman yang baik untuk sang pembaca. Ketika anda sedang membaca sebuah artikel atau majalah kebanyakan dari mereka pasti akan memberikan suatu gambar untuk membantu visual kita agar setiap makna yang dibuat dapat tersampaikan oleh si pembaca, sehingga akan memberikan kesan yang baik terhadap pengunjung anda.

 

3. Peluang besar untuk mendapatkan trafik Organik

Manfaat yang luar biasa dari alt text adalah bisa mendapatkan peluang yang besar untuk mendatangkan trafik yang organik. Mengapa bisa menjadi peluang yang besar untuk bisa mendatangkan trafik? Karena jika anda melakukan optimasi yang benar akan bisa mendatangkan trafik dari mana saja, sehingga anda bisa mendapatkan pengunjung dari berbagai akses dan berbagai macam cara.

 

Cara Menulis Alt Text yang Benar

Agar proses optimasi alt text kita bisa lancar, kita perlu tahu cara menulis alt text yang benar agar gambar website akan mudah dioptimasi oleh google. Berikut ini cara menulis alt text yang benar:

Deskripsi gambar yang detail

Tujuan pertama dibuatnya alt text adalah untuk memberikan penjelasan secara tertulis mengenai gambar yang ada bagi pengguna. Agar, pengguna akan lebih mudah lagi jika kita mengisi deskripsi dengan konten marketing serta kata kunci tertarget.

Isi Alt text yang lebih pendek

Pada tampilan gambar alt text akan akan muncul biasanya hanya 125 karakter saja. Maka dari itu kita harus membuat isi alt text sesingkat mungkin dan sebagus mungkin.

Masukan target keyboard

Alt text menjadi sebuah peluang besar bagi kita semua, karena akan sangat membantu kita untuk menjangkau pengunjung lebih banyak oleh karena itu masukan kata kunci pada alt text  kita agar jangkauan pada pengunjung menjadi lebih luas.

Jangan Berikan Alt Text yang sifatnya dekoratif

Gambar memiliki banyak bentuk dan kegunaan di situs web Anda. Jika ada gambar yang hanya untuk hiasan atau peningkatan penampilan tanpa konteks yang relevan, maka sebaiknya tidak ditulis apa-apa.

Gambar tombol CTA juga memerlukan Alt Text

Jika Anda memiliki tombol ajakan bertindak yang ditampilkan dengan gambar, seperti “kirim”, “baca lebih lanjut”, “daftar sekarang”, “hubungi kami”, dll., jangan lupa untuk menyimpan teks alternatif di dalamnya. Dalam kasus gambar yang tidak sempurna, pengguna masih tahu apa yang dilakukan tombol.

 

Kesimpulan

Demikian cara mengoptimasi gambar SEO alternative text atau alt text yang sudah kami jelaskan, semoga dapat dimengerti. Jika anda bisa mengoptimasi alt text dengan benar, tentunya akan menghasilkan trafik organik yang bagus untuk website kita. Mengoptimasi gambar dengan alternative text dapat membantu Anda menaikkan trafik menuju website Anda lewat gambar dan foto. Teks alternatif baiknya dibuat dengan mendeskripsikan gambar secara menyeluruh dan menyisipkan kata kunci long tail seorganik mungkin. Jika Anda tidak yakin bahwa website Anda sudah teroptimasi dengan baik, Anda bisa menghubungi JasaahliSEO.com merupakan penyedia jasa SEO profesional yang akan membantu meningkatkan website anda dengan teknik dan strategi SEO professional.

Tags:

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

jasa seo malang

Keuntungan Menggunakan Jasa SEO Murah Malang

Tujuan utama SEO adalah untuk menaikkan peringkat situs website di pencarian Google. Adapun dampak dari menggunakan jasa SEO Malang bisa meningkatkan pendapatan bisnis kamu. SEO dapat menjadi salah satu teknik

Need Help? Chat with us