Logo jasaahliseo

Tujuan SEO untuk Bisnis Anda yang Wajib Anda Tahu!

tujuan seo

Share:

Sebagai pelaku bisnis digital sudah seharusnya Anda mengetahui tujuan SEO dalam proses optimasi website. SEO atau Search Engine Optimization memiliki peranan penting untuk membuat sebuah website menjadi lebih optimal. 

Pengertian SEO sendiri merupakan sebuah upaya untuk membuat visibilitas atau ranking website pada mesin pencari mengalami peningkatan. Biasanya SEO menerapkan berbagai teknik optimasi kata kunci yang telah diriset sebelumnya. 

Website yang telah teroptimasi dengan baik adalah website yang menempati posisi teratas hasil pencarian. Melalui pencarian kata kunci tertentu yang relevan sesuai dengan konten website. 

Promo jasa seo

Tujuan SEO untuk Website

Banyak orang yang telah membuktikan jika SEO merupakan salah satu strategi marketing terampuh. Mungkin, sebagai seorang pemula Anda pasti bertanya-tanya apa tujuan dari penerapan SEO

SEO dapat memenuhi tujuan pelaku bisnis digital dalam mengembangkan sebuah website. Tujuan-tujuan tersebut antara lain. 

1. Meningkatkan Brand Awareness

Tujuan SEO yang pertama adalah meningkatkan brand awareness menjadi lebih luas baik secara online atau offline. Hal ini merupakan sebuah tujuan website yang berkelanjutan. 

Karena peningkatan traffic dapat membuat perusahaan mengukur banyaknya jumlah pengunjung. Pengunjung ini dapat berupa yang hanya sekedar membaca informasi atau membeli produk yang Anda tawarkan. 

Secara tidak langsung, pengunjung akan mengenal bahkan mengingat produk atau layanan yang Anda tawarkan. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena berpengaruh besar terhadap keputusan pengunjung. 

Apakah mereka hanya sekedar melihat produk yang ditawarkan atau bahkan mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut. 

2. Meningkatkan Sales 

Anda pasti tahu jika sebagian besar pengguna internet mencari informasi melalui google. Sehingga penerapan optimasi SEO pada website memiliki peran yang sangat penting. 

Baca lebih lanjut  Keyword Mapping: Pengertian, Fungsi, dan Cara Melakukannya

Jika sebuah website berhasil menempati posisi teratas hasil pencarian. Maka secara otomatis semakin banyak audiens yang dapat Anda jangkau. 

Audiens yang mengetahui website Anda, akan mendatangkan peluang dalam peningkatan terhadap penjualan. Peningkatan penjualan tidak akan terjadi jika Anda tidak menerapkan optimasi SEO dalam website. 

Baca juga ini: Jasa SEO Bulanan Profesional Terjamin

3. Meningkatkan Traffic Website

Langkah mengoptimasi website menggunakan SEO bertujuan untuk membuat konten tertarget. Traffic website akan secara langsung Anda dapatkan melalui pencarian berdasarkan kata kunci. 

Semakin banyak orang yang mengetahui, mengenal hingga menikmati karya Anda akan menghasilkan traffic yang besar.

Hingga saat ini, ada ribuan website yang memanfaatkan traffic untuk membuat sebuah konten atau melayani iklan. Iklan yang tersedia mulai dari iklan banner hingga kelayakan kontekstual seperti google AdWords. 

Traffic website dapat Anda monetisasi tanpa adanya transaksi keuangan yang terjadi dalam website Anda. 

4. Upaya Manajemen Reputasi

SEO memiliki peran penting dalam upaya untuk manajemen reputasi melalui konten serta promosi yang lewat. Dengan SEO, tidak hanya mempertahankan reputasi perusahaan melainkan juga mengembalikan reputasi yang buruk. 

Reputasi perusahaan yang sudah menjadi buruk dapat Anda kembalikan menjadi lebih baik dengan optimasi SEO. Namun terdapat tantangan tersendiri untuk bisa mencapai hasil tersebut. 

Karena Anda harus membuat dan mengoptimalkan berbagai query dengan data yang valid. Data yang valid akan membuat pengunjung semakin mempercayai informasi yang Anda berikan. 

5. Penjualan Produk Meningkat

Tujuan lain dari optimasi SEO adalah meningkatkan penjualan produk. Penerapan teknik SEO yang tepat dengan dukungan ranking tinggi akan membuat pengunjung semakin percaya. 

Kondisi ini akan membuat pengunjung semakin yakin untuk membeli produk dari website yang mereka kunjungi. Ketertarikan pengunjung dalam membeli produk akan meningkatkan penjualan dan pendapatan perusahaan. 

Baca lebih lanjut  Fungsi SEO yang Wajib Diketahui Oleh Semua Orang

Ketika pengunjung merasa puas dengan produk dari website Anda, maka kemungkinan besar pengunjung akan mempromosikan produk dari mulut ke mulut. 

Sehingga akan lebih banyak orang yang tahu tentang produk Anda. Akhirnya, profit penjualan akan terus mengalami peningkatan. 

Namun, profit tidak meningkat begitu saja melainkan Anda harus mempertahankan kualitas produk dan layanan. Percuma jika banyak yang mengenal produk Anda, tetapi kualitas produk mengalami penurunan. 

Sedang Cari Jasa SEO Profesional? Hubungi kami sekarang 085694640209

Jenis-jenis Optimasi SEO

Setelah memahami tujuan optimasi SEO, pastinya Anda perlu mengetahui jenis-jenis Optimasi SEO. SEO memiliki beragam jenis berdasarkan cara optimasi tergantung dengan hasil yang ingin Anda capai. 

Agar hasil yang Anda dapatkan maksimal, Anda bisa menerapkan semua jenis SEO secara berulang dan beriringan. Sebenarnya, semua jenis SEO merupakan satu kesatuan yang saling mendukung antara satu dengan yang lain. 

Berikut tiga jenis SEO berdasarkan cara optimasinya!

A. On-Page SEO

On-Page SEO merupakan jenis SEO yang berhubungan dengan konten, elemen dan artikel yang ada dalam sebuah website. Anda harus memastikan konten serta elemen dalam sebuah artikel website memiliki sebuah sinyal. 

Sinyal inilah yang nantinya akan dijadikan sebagai indikator oleh mesin pencari. Sinyal yang dimaksud berupa struktur yang terdapat dalam sebuah konten website. 

Anda harus tahu jika Crawling google memiliki cara pembacaan yang berbeda terhadap sebuah konten. Pembacaan Crawling google tentu tidak sama seperti cara pembacaan manusia. 

Mesin pencari akan menggunakan sinyal tersebut untuk melakukan sebuah deteksi apakah halaman website memiliki sebuah konten atau tidak. 

On-Page SEO perlu Anda terapkan dengan baik dan tepat agar mendapatkan manfaat dari SEO. Selain mendatang banyak manfaat, penerapan SEO ini juga akan membuat kredibilitas website meningkat. 

Baca lebih lanjut  Layanan Jasa SEO yang Sering Digunakan dan Manfaatnya

B. Off-Page SEO 

Off-Page SEO berbeda dengan On-Page SEO yang hanya terfokus pada halaman website Anda saja. Off-Page SEO merupakan upaya optimasi yang terjadi diluar website Anda. 

SEO jenis ini adalah upaya untuk meningkatkan kredibilitas website utama berupa pemberian backlink atau tautan balik. Backlink bisa berasal dari komentar yang Anda berikan pada website orang lain. 

Namun, hanya website yang memberikan ijin untuk mencantumkan link saja yang bisa Anda gunakan. 

Off-Page SEO juga mampu membuat private blog network atau biasa orang kenal dengan sebutan PBN. PBN merupakan sekumpulan website yang dibangun untuk membantu menaikkan kredibilitas dari website utama. 

Caranya dengan memberikan backlink khusus secara bertahap. Sehingga backlink memiliki peran yang penting karena berpengaruh pada kualitas website.

C. Teknis SEO

Teknis SEO merupakan tahapan SEO yang tidak tertuju pada konten website. Namun lebih ke cara konfigurasi website agar lebih dikenal oleh mesin pencari ketika melakukan crawl. 

Anda hanya perlu melakukan tahapan ini sekali ketika baru memulai langkah optimasi website. Anda cukup memastikan pengaturan Crawling pada sebuah website telah aktif dan berjalan dengan baik. 

Keuntungan Optimasi SEO

Agar semakin mempermudah Anda dalam mengembangkan website, Anda bisa menggunakan jasaahliseo.com. Dengan jasa ini Anda tidak perlu bersusah payah melakukan semua tahapan optimasi SEO. 

Sudah pasti jasaahliseo akan memberikan tujuan SEO secara keseluruhan kepada website Anda. Website Anda berpeluang untuk meraih posisi tertinggi pada hasil pencarian. 

Secara otomatis traffic website akan mengalami peningkatan melalui hasil pencarian secara organik. Tidak hanya peningkatan traffic, melainkan Anda juga akan mendapatkan kenaikan penjualan dan omset secara drastis. 

Search Engine Optimization atau SEO adalah senjata rahasia untuk mendatangkan pengunjung tanpa menggunakan iklan. Oleh karena itu dalam penerapannya membutuhkan proses yang sangat detail. 

Baca juga ini: Perbedaan SEO Dan SEM Wajib Tahu

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us