Logo jasaahliseo

Mengenal Apa itu Spam Score Checker? dan Cara menurunkan Spam Score

spam score checker

Share:

Spam score checker merupakan salah satu alat analisis yang penting diketahui para pengelola situs web. Tujuannya tidak lain untuk memastikan performa webnya dapat terus meningkat. Selain itu, pengecekan menggunakan alat ini juga dapat mencegah website terkena banned oleh Google.

Setelah tahu pentingnya alat ini, apakah Anda sudah mengenal seperti apa cara kerjanya? Jika belum, pastikan untuk menyimak artikel ini. Di sini juga akan dibahas mengenai makna tiap skor yang dihasilkan dan cara agar skornya aman untuk situs web Anda.

Apa itu Spam Score Checker?

Spam score, dan checker. Dari ketiga kata yang digabungkan menjadi satu ini, dapat disimpulkan maknanya secara sederhana. Yakni, pengecek skor spam. Lebih jelasnya, ini adalah tool untuk mengetahui tingkatan skor spamming di situs web Anda.

Untuk diketahui, persentase skor yang ditampilkan oleh tool  ini terdiri dari rentang 1 sampai dengan 100. Semakin kecil skor spam di situs Anda, maka bisa diartikan jika kondisinya cukup baik atau bahkan sangat baik. Sementara itu, jika skornya tinggi, website Anda mungkin terancam rusak performanya dalam waktu dekat.

Untuk diketahui, algoritma persentase skor spam ini diperkenalkan situs Moz di tahun 2015. Adapun skala baik buruknya skor spam bisa dilihat dari rentangan berikut:

  •       1% sampai 30% = Sangat baik / Baik
  •       31% sampai 60% = Cukup baik / Buruk
  •       60% sampai 100% = Sangat buruk / Berbahaya

Faktor Penentu Spam Score

Setelah tahu rentangan persentase skor yang dihasilkan spam score checker, Anda mungkin penasaran mengenai faktor yang mempengaruhinya. Karena hal itu, di bawah ini sudah terangkum faktor yang paling sering menjadi penentu skor spam. Apa saja itu?

Baca lebih lanjut  [Panduan Lengkap] Cara Memperbaiki Permalink di WordPress

1. Konten Website

Faktor pertama yang dapat menentukan tinggi rendahnya skor spam di situs pengecek ialah konten situs. Seberapa tinggi kualitas konten di web Anda akan mempengaruhi performa SEO-nya, begitu juga dengan nilai spam. Karena itulah, penting bagi pengelola situs web untuk jujur dalam membuat konten.

Pastikan tidak ada unsur plagiarisme dalam konten. Selain itu, Anda juga perlu memastikan konten berbobot dalam hal isi. Tidak asal tulisan, tetapi memuat pengetahuan yang dibutuhkan oleh audiens situs web Anda. Anda dapat mempelajari informasi lebih lengkap mengenai konten yang berkualitas di artikel lainnya.  

2. Kata Kunci

Adapun faktor kedua yang dapat mempengaruhi hasil persentase spam score checker adalah kata kunci. Meskipun terdengar sederhana, faktanya pemilihan dan penerapan kata kunci tidak bisa sembarangan. Pasalnya, kata kunci dengan volume berlebihan ataupun penerapannya tidak sesuai aturan juga bisa menjadikan nilai SEO-nya rendah. Oleh karena itu, skor spam bisa jadi tinggi.

Mengingat akan hal tersebut, Anda sebaiknya mempelajari lebih dalam mengenai kata kunci. Mulai dari cara memilih, jumlah ideal, hingga posisi penempatannya yang paling tepat.

3. Skor Spam Dipengaruhi oleh Backlink

Faktor lain yang dapat menentukan skor spam adalah backlink. Untuk situs web yang baru dibangun, faktor ini dianggap masih mudah dikelola. Pasalnya, backlink biasanya hanya didapat dari website yang Anda kenali.

Lain dengan situs web yang sudah besar. Keberadaan web Anda yang telah diakui otoritasnya memungkinkan orang-orang mengirimkan tautan balik secara cuma-cuma. Namun, kualitasnya bisa jadi tidak begitu baik. Oleh karena itu, Anda harus senantiasa mem-filter tautan balik di website guna memastikan tiap backlink punya kualitas yang baik.

4. Anchor Text

Anchor text merupakan kata kunci yang umumnya disebut sekali dalam situs web. Selain itu, kata kunci tersebut biasanya dilengkapi internal link sehingga ketika diklik, otomatis laman yang dimaksud akan terbuka.

Sebagai informasi, anchor text sangat bagus untuk membantu halaman konten di situs web Anda terjangkau oleh pengunjung. Namun, kata kunci ini dapat memberikan dampak buruk apabila tidak ditempatkan sebagaimana harusnya. 

Baca lebih lanjut  Jasa SEO Profesional Indonesia: Pengertian, Manfaat, dan Layanan

Misalnya, memaksa menaruh kata “skincare terbaru” di konten dengan tema teknologi. Terkesan sepele, tetapi pengaruh dari penempatan anchor text ini sangat besar untuk performa situs Anda.

5. Desain Situs Web

Faktor lain yang dapat mempengaruhi persentase hasil spam score checker ialah desain situs atau biasa disebut template website. Anda mungkin tahu jika hal ini sangat mempengaruhi performa SEO

Pasalnya, cepat tidaknya loading situs juga dipengaruhi hal ini. Karena itu, skor spam situs Anda juga terpengaruh oleh desainnya. Makin simpel dan responsif desain situs web maka dipastikan skor spamnya akan lebih kecil.

Cara Melihat Skor Spam Website

Jika Anda penasaran cara mengetahui skor spam di situs web yang dikelola, pastikan mengetahui beberapa info pentingnya dulu. Adapun di antara informasi penting itu, yang pertama adalah situs pengeceknya. 

Terdapat beberapa situs spam score checker yang dapat Anda gunakan. Namun, salah satu yang paling direkomendasikan adalah Moz. Untuk cara menggunakannya sendiri terbilang sangat mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Miliki akun di Moz.
  2. Siapkan URL situs web yang akan dicek skornya.
  3. Masuk ke menu Spam Score atau klik tautan https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/spam-score.
  4. Pada kolom yang tersedia, input URL yang sudah disiapkan.
  5. Kemudian, cek skornya dengan tap tombol di sebelah kanan.
  6. Tunggu beberapa saat sampai hasil skornya muncul.

Untuk diketahui, Moz jadi alternatif terbaik sebab tidak hanya menampilkan data skor spam. Akan tetapi, ada juga informasi algoritma SEO lainnya, seperti linking domain, tautan inbound link, dan lain-lain.

Cara Menurunkan Skor Spam Website

Apabila Anda mendapati skor spamnya tinggi, pastikan untuk segera menurunkannya. Adapun cara menurunkan skor spam website di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Gunakan SSL untuk Memaksimalkan Keamanan Situs

Dalam situs web, SSL menjadi bukti keamanannya. Google akan mendeteksi aman tidaknya suatu situs dengan sertifikasi ini. Karena itu, persentase yang dihasilkan spam score checker juga terpengaruh oleh aspek ini. Jadi, penting bagi Anda untuk memastikan website terenkripsi dengan SSL.

2. Kurangi Penggunaan Meta Tag

Meta tag biasa juga disebut meta description. Bagian ini dapat memperlihatkan garis besar suatu konten pada pembaca saat di laman SERP. Sebagaimana fungsinya, yakni memperlihatkan garis besar maka pastikan Anda tidak berlebihan dalam membuatnya. 

Baca lebih lanjut  Google Search Console: Panduan Lengkap, Manfaat, Tips dan Trik

Makin panjang meta tag maka besar kemungkinan situs web Anda dianggap spam sehingga nilainya bisa jadi tinggi di sistem pengecek. Jadi, kurangi penggunaan meta tag jika tidak ingin nilai spam situs jadi tinggi.

3. Pakai TLD yang Terpercaya

TLD (Top Level Domain) dapat diartikan sebagai format suatu URL. Contohnya, .com, .id, .net, dan lain-lain. Beberapa contoh TLD tadi sangat umum dan populer. Jadi, otoritas web dengan TLD ini dapat dikatakan cukup tinggi. Beda halnya dengan TLD yang jarang digunakan, seperti .xyz atau .info. Kedua format tersebut lebih berisiko merusak performa situs Anda.

4. Perhatikan Rasio Dofollow dan Nofollow

Dofollow dan nofollow ialah link yang dibangun dalam konten. Bedanya, dofollow adalah link yang dapat dirayapi search engine sementara nofollow sebaliknya. Karena secara fungsi lebih penting dofollow, pastikan rasionya lebih besar dari nofollow.

5. Hapus Backlink yang Tidak Berkualitas

Situs web Anda juga bisa mendapatkan nilai rendah di pengecek spam jika tiap backlink yang ada memiliki kualitas tinggi. Oleh sebab itu, pastikan untuk menghapus backlink yang tidak berkualitas. Anda dapat menggunakan tools seperti broken link checker by Ahrefs guna mengetahui ada tidaknya backlink yang tidak berkualitas di situs.

Sudah Mengenal Spam Score Checker?

Setelah membaca informasi di artikel, bagaimana? Sudah cukup mengenal tool satu ini? Jika Anda butuh bantuan untuk mengenal lebih dalam tentang spam score checker atau ingin menurunkan nilainya, menggunakan Jasa SEO bisa solusinya. Penyedia jasa terpercaya sebagai rekomendasi terbaik adalah di www.jasaahliseo.com.

Melalui penyedia jasa ini, pengguna akan mendapatkan banyak keuntungan. Mulai dari pengerjaan cepat, meningkatkan kepopuleran website dan meningkatkan performanya. Sehingga dapat dijangkau banyak orang. 

Dikerjakan oleh para ahli yang handal dengan solusi dan strategi tepat untuk mengatasi segala permasalahan dalam situs. Untuk melihat detailnya, Anda bisa langsung mengunjungi halaman utama di http://www.jasaahliseo.com. 

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

Need Help? Chat with us