Logo jasaahliseo

Kumpulan Cara Optimasi SEO Youtube agar Banyak Tayangan

SEO Youtube

Share:

SEO Youtube merupakan salah satu kunci kesuksesan Anda sebagai Youtubers. Hampir sama dengan teknik SEO untuk situs web, kunci kesuksesan tersebut juga jadi strategi untuk meningkatkan visibilitasnya. Sehingga konten yang diunggah bisa mendapatkan banyak penonton dan berada di posisi teratas dalam laman hasil pencarian.

Jika Anda ingin meningkatkan performa channel Youtube, strategi ini sebaiknya diterapkan. Lantas, bagaimana cara optimasinya?

Pengertian SEO Youtube

SEO Youtube adalah strategi optimasi mesin pencari di platform berbagi video, tepatnya Youtube. Adapun yang termasuk teknik ini meliputi optimasi bagian video yang diunggah hingga deskripsi informasi kontennya.

Dengan mengoptimasi hal-hal terkait video, maka konten dipastikan mampu menjangkau lebih banyak pengguna Youtube. Bukan saja mendapatkan jumlah tayangan tinggi, melainkan kualitas interaksinya juga erat.

Cara Kerja SEO Youtube

Youtube menjadi salah satu mesin pencari yang menampilkan konten video dengan jumlah pengguna tak kalah banyak bila dibandingkan dengan Google. Meski begitu, cara kerja salah satu produk Google Developer ini tidak sama seperti search engine pada umumnya.

Platform ini bekerja dengan memanfaatkan algoritma khusus yang mempertimbangkan kualitas video, judul, deskripsi, dan juga tagarnya. Faktor lain algoritma platform video ini juga melingkupi jumlah tayangan, durasi tayangan, dan engagement atau interaksi pengguna.

Meskipun cara kerjanya tidak sama, teknik-teknik dalam optimasi search engine Youtube tidak jauh beda dengan SEO Google. Seperti keharusan mengutamakan penggunaan kata kunci, peningkatan kualitas konten dan resolusinya, sampai menggunakan deskripsi yang relevan.

10+ Cara Optimasi SEO Youtube

Berikut adalah cara optimasi SEO Youtube yang lebih lengkap dan efektif untuk meningkatkan performa channel Anda. Pastikan untuk mengoptimalkan tiap-tiapnya untuk hasil yang lebih maksimal:

1. Unggah Konten dengan Durasi Tepat 

Durasi konten menjadi salah satu faktor yang menentukan tinggi rendahnya tayangan video yang Anda unggah. Seperti diketahui, beberapa orang pastinya ada yang selalu ingin menonton video dengan durasi pendek sementara yang lainnya menginginkan durasi lebih lama.

Hal tersebut biasa dipengaruhi kebutuhan dari adanya konten yang diinginkan. Misalnya, konten memasak yang umumnya disukai orang tidak lebih dari 30 menit. 

Baca lebih lanjut  5 Manfaat Jasa SEO untuk Tingkatkan Keuntungan Penjualan

Sementara itu, konten podcast dengan durasi lebih dari 60 menit kebanyakan lebih disukai dibandingkan durasi yang lebih singkat. Adapun durasi ideal untuk konten-konten informatif, seperti halnya berita dan pengetahuan umum adalah 5 menit minimal.

Tak hanya berpengaruh pada audiens, durasi juga mempengaruhi kemampuan indexing mesin penelusur. Makin tepat sasaran durasinya maka mesin penelusur bisa lebih mudah menemukannya.

2. Pastikan Kualitas Video Bagus dan Bervariasi

Beberapa pengguna Youtube suka menonton video dengan kualitas tinggi. Sementara itu, pengguna lainnya lebih mengutamakan hematnya pemakaian data internet sehingga memilih menonton video dengan kualitas sedang atau bahkan rendah.

Mengingat bervariasinya preferensi pengguna maka sebaiknya Anda mengunggah video yang paling berkualitas tinggi dan jernih. Kemudian, sediakan opsi untuk menonton video dengan kualitas sedang dan rendah agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan tiap penonton.

3. Penggunaan Keyword Harus Relevan dengan Judul dan Deskripsi

Tak kalah penting dari menghadirkan konten video yang punya kualitas jernih, Anda juga perlu menentukan keyword-nya. Pastikan konten yang diunggah punya kata kunci yang cukup berpotensi dicari banyak orang.

Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan kata kunci tersebut dalam judul dan deskripsi. Pasalnya, dua bagian tersebut jadi salah satu elemen yang akan diindeks pertama kali oleh mesin pencari maupun pengguna Youtube. 

Untuk memastikan keyword tersebut efektif meningkatkan jumlah tayangan, sebaiknya menempatkan kata kunci secara tepat. Sehingga kalimat yang tertera sebagai judul maupun deskripsi tetap terlihat natural meskipun telah digabungkan dengan kata kunci.

4. Buat Judul yang Unik dan Tidak Terlalu Panjang 

Selain menerapkan kata kunci, penting bagi Anda untuk menentukan judul yang potensial menarik perhatian pengguna. Buat judul seunik mungkin dengan jumlah kata ideal.

Adapun jumlah kata ideal untuk judul sebetulnya tidak ada aturan pastinya. Hanya saja, sebaiknya gunakan judul yang tidak terlalu panjang sehingga pengguna bisa melihat keseluruhan kalimatnya di laman hasil penelusuran langsung. 

Di samping memperhatikan jumlah kata dalam judul serta keunikannya, Anda sebaiknya memperhatikan relevansinya dengan isi konten. Misalnya, jika konten memuat informasi tutorial memasak, judul sebaiknya mengandung kata kunci terkait. 

5. Pastikan Deskripsi Dibuat Sesuai dengan Konten 

Tak hanya bagian judul, deskripsi juga penting diperhatikan agar sesuai dengan isi konten. Dengan membuat deskripsi yang sesuai, algoritma Youtube akan lebih mudah melakukan indexing pada konten Anda. 

Anda juga bisa menerapkan kata kunci dalam deskripsi agar search engine lebih mudah memahaminya. Selanjutnya, mesin pencari akan menentukan relevan tidaknya konten untuk pencarian dengan keyword tersebut.

6. Tambahkan Hashtag yang Tepat di Bagian Deskripsi

Hal lain yang sebaiknya dioptimasi dalam konten Youtube ialah hastag atau tagar. Fungsinya mirip dengan kata kunci yang dapat membantu search engine menemukan konten relevan dengan pencarian pengguna.

Namun, hashtag yang sebaiknya dipakai memiliki jumlah kata maksimal 3. Contohnya, jika konten memuat informasi cara memasak sayur lodeh, Anda bisa pakai tag “cara memasak”, “resep sayur lodeh”, dan semacamnya.

Baca lebih lanjut  Ciri-Ciri Jasa SEO Semarang Aman dan Terpercaya 

7. Bagikan Link Youtube di Berbagai Platform

Untuk menjangkau banyak pengguna Youtube tentu bukan hal yang mudah. Apalagi jika channel Anda baru dibuat.

Oleh karena itu, Anda perlu mendekat ke semua pengguna internet untuk menemukan audiens yang tepat. Salah satu caranya dengan membagikan link konten ke beberapa platform, baik media sosial ataupun website yang Anda kelola.

Selain bisa menjangkau lebih banyak pengunjung, menempatkan tautan konten pada platform lain bisa menambah otoritas channel Anda. Sehingga kredibilitasnya di mata search engine akan meningkat secara signifikan.

8. Buat Thumbnail yang Menarik, Unik, dan Deskriptif 

Thumbnail adalah gambaran pertama yang orang lihat dari konten video Anda. Elemen ini akan sangat menentukan apakah penonton akan melanjutkan melihat konten tersebut atau sebaliknya.

Karena hal itu, pastikan agar Anda membuat thumbnail video yang menarik dan menimbulkan rasa penasaran di diri penonton. Dengan thumbnail yang bagus, video unggahan Anda dipastikan naik tingkat CTR-nya serta minim resiko down rate akibat klik-keluar sebelum menonton.

9. Hadirkan CTA yang Unik agar Ada Aksi dan Interaksi antar Penonton 

Cara optimasi SEO Youtube yang tak kalah penting ialah menghadirkan CTA yang unik dan mendorong adanya interaksi. Untuk diketahui, CTA atau call to action adalah ajakan untuk melakukan sesuatu yang dapat meningkatkan performa konten.

Seperti meninggalkan komentar dan memberikan like sehingga konten video lebih mudah naik ke peringkat atas. Anda juga bisa meminta penonton untuk men-subscribe channel yang dimiliki serta mengaktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan konten selanjutnya.

Agar penonton dengan senang hati melakukannya, CTA tersebut sebaiknya dihadirkan dalam bentuk kalimat yang tak terkesan mengajak. Namun, kesannya ialah memberikan keuntungan pada mereka.

Contohnya, Anda meminta penonton meninggalkan komentar berisi saran konten selanjutnya yang harus dibuat dan mereka butuhkan. Dengan CTA tersebut, orang-orang akan terdorong meninggalkan komentar sebab mereka merasa butuh Anda membuat konten yang diinginkannya.

10. Terapkan Closed Caption atau Subtitle dalam Video 

Saat ini, konten Youtube di satu negara sudah bisa diakses oleh audiens di berbagai wilayah. Dengan jangkauan yang semakin luas maka sebaiknya konten Anda juga memiliki fitur lebih lengkap.

Salah satunya dengan menghadirkan subtitle bahasa asing untuk penonton luar negeri. Subtitle atau closed captions bisa dibuat secara mandiri maupun menggunakan fitur dalam Youtube sebelum konten diunggah.

Namun, akurasinya akan lebih tinggi jika Anda membuat subtitle-nya secara mandiri. Di samping berguna untuk penonton luar negara, jangkauan pemirsa konten dengan subtitle juga mencakup orang-orang berkebutuhan khusus.

11. Pantau dan Evaluasi Performa Konten Youtube

Usai menerapkan langkah-langkah optimasi di atas, pastikan tidak lupa memantau dan mengevaluasi performa tiap konten yang diunggah. Dengan melakukan kedua langkah tersebut, Anda bisa mengetahui apa yang sebaiknya diperbaiki untuk meningkatkan performanya.

Baca lebih lanjut  Mengapa Jasa SEO Penting Untuk Bisnis Online Anda?

Macam-Macam Tools untuk Optimasi SEO Youtube

Untuk mengevaluasi konten yang diunggah, Anda bisa menggunakan tools SEO Youtube. Beberapa diantara alat tersebut ada yang bisa digunakan secara gratis maupun berbayar. Jika Anda ingin mencoba tiap-tiapnya, berikut beberapa pilihan tools untuk optimasi dan evaluasi SEO konten Youtube yang bisa digunakan:

  • TubeBuddy

TubeBuddy adalah fitur analisis kata kunci dalam video, termasuk metadata, judul, tag, hingga anotasi. Alat ini cukup mudah digunakan. Anda juga bisa menggunakannya hanya dengan menginstal eksistensinya di Chrome.

  • VidIQ

Selain TubeBuddy, Anda bisa mencoba VidIQ untuk melihat insight mengenai performa suatu kata kunci. Platform yang dapat memberikan analisis mendalam ini juga bisa memberikan saran kata kunci relevan untuk konten yang Anda buat.

  • Google Keyword Planner

Anda juga bisa mencari kata kunci terbaik untuk diterapkan ke bagian-bagian dalam konten dengan menggunakan Google Keyword Planner. Salah satu alat terbaik dalam SEO Google ini bisa melakukan keyword research dengan cepat dan tepat.

Wawasan yang diberikan juga cukup lengkap. Mencakup volume sampai potensinya mendapatkan kunjungan. 

  • Youtube Rank

Untuk melihat rangking konten Anda, gunakan saja Youtube Rank. Alat SEO Youtube ini bisa memantau efektivitas langkah-langkah optimasi yang sudah dilakukan dengan memperlihatkan posisi konten di SERP.

  • Youtube Analytics

Anda juga bisa memanfaatkan Youtube Analytics untuk mengetahui besaran impact yang dihasilkan dari konten. Dari statistik yang ditampilkan alat ini, Anda bisa membuat konten yang lebih dibutuhkan pengguna serta berpotensi memberikan benefit untuk Anda.

  • RapidTags

Jika Anda kesulitan menentukan tagar untuk konten, RapidTags bisa digunakan. Tool satu ini bisa memberikan beragam pilihan hashtag yang sesuai dengan kata kunci dan konten unggahan.

Untuk memakainya, cukup masukkan URL video Anda ataupun topik yang dibahas. Secara otomatis dan singkat, alat ini akan memberikan banyak opsi tag yang bisa Anda gunakan untuk diterapkan di deskripsi konten tersebut.

  • Google Trends

Selain Google Keyword Planner, alat lain dari Google yang bisa dipakai untuk optimasi SEO Youtube adalah Google Trends. Alat ini bisa dipakai untuk menemukan kata kunci yang cukup dicari masyarakat.

Dengan kata kunci dari alat ini, Anda bisa lebih mudah merencanakan topik konten yang akan dibuat. Selain itu, kata kunci tersebut juga bisa jadi kunci viralnya konten yang diunggah.

  • Rival IQ

Untuk memaksimalkan hasil optimasi SEO platform Youtube, Anda bisa memakai Rival IQ. Alat ini berguna untuk mengidentifikasi kompetitor, mulai dari pertumbuhannya, langkah-langkahnya dalam menggaet audiens di bagian kata kunci, tag, hingga judul.

Siap Menerapkan SEO Youtube untuk Raih Banyak Viewers?

Pada intinya, SEO Youtube jadi salah satu faktor yang bisa menentukan sukses tidaknya channel yang Anda kelola. Adapun untuk memastikannya optimal, teknik-teknik yang bisa dilakukan mencakup optimasi kualitas video, isi konten, kata kunci, judul, tagar, dan deskripsi.

Selain itu, optimasi yang tak kalah penting dilakukan adalah memperbaiki thumbnail dan CTA agar menarik. Kemudian hadirkan closed captions untuk menjangkau lebih banyak viewer.

Sampai di sini, Anda sudah siap menerapkan SEO untuk Youtube dan meraih banyak viewers? Jika Anda sudah mencoba tetapi kesulitan mendapatkan hasil terbaik, sebaiknya manfaatkan jasa optimasi SEO terpercaya.

Banner Jasa Ahli SEO

Melalui Jasa Ahli SEO  Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan untuk membantu mengoptimasi performa channel. Ini adalah penyedia layanan jasa optimasi yang terbukti terpercaya dan berkualitas. Terdapat layanan social media management yang juga akan mempengaruhi jangkauan channel Anda agar lebih dikenal. 

Bahkan tidak hanya itu, jasa SEO ini menyediakan berbagai layanan menarik lainnya mulai dari pembuatan website, pembuatan artikel berkualitas, audit situs hingga jasa iklan Google Ads. Tertarik menggunakannya? Hubungi sekarang juga untuk mendapatkan kesempatan konsultasi gratis dan tahu hal-hal perlu dimaksimalkan di bagian SEO Youtube Anda hanya di www.jasaahliseo.com.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us