JasaAhliSEO

SEO Link Building: Panduan Terlengkap Khusus Pemula (Edisi 2022)

SEO Link Building: Paduan Lengkap khusus Pemula (Edisi 2022)

Pada teknik SEO kita sering banget menemukan Link Building? Apa sih link building itu? Manfaatnya apa untuk website? Lalu kenapa banyak orang melakukan link building untuk websitenya? Semua pertanyaan tadi akan terjawab di artikel ini, karena kami akan membahas secara lengkap di sini.

Jika Anda sedang belajar tentang SEO atau sedang mencari penyedia layanan SEO, Anda mungkin pernah mendengar istilah tersebut. link building, backlink, atau inbound link. Semua kata tersebut sama, tetapi untuk kemudahan komunikasi kami hanya akan menggunakan kata “link building” dalam artikel ini.

Peran SEO didunia marketing sekarang dikenal dan di dengar di banyak website perusahaan. Salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan adalah teknik link building.

 

Apa itu Link Building?

Link building adalah strategi membangun backlink atau tautan balik yang bertujuan untuk memperluas domain referensi yang merupakan salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari.

Backlink yang berkualitas adalah backlink yang berasal dari website dengan traffic yang relevan, kredibel, dan trafik stabil. Meskipun hanya ada satu backlink berkualitas, itu mengatasi 100 backlink yang tidak berkualitas.

Tentunya website dengan backlink dari website spam yang terkena penalti oleh Google, akan sangat berbahaya untuk kesehatan website kita. Hukuman ini berupa penghapusan situs web dari hasil pencarian. Oleh karena itu, kegiatan membangun link building Anda harus fokus untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tinggi.

 

Mengapa Link Building itu sangat penting untuk website?

Algoritma SEO Google terus berkembang, tetapi satu hal yang tetap pasti: Backlink berkualitas, Backlink berkualitas adalah faktor utama dalam hasil pencarian Google.

Logikanya begini: Semakin banyak backlink berarti situs web Anda adalah situs web berkualitas yang dapat diikuti oleh situs web lain. Alhasil, Google memprioritaskan website Anda di hasil pencarian karena dianggap memiliki konten yang paling relevan di antara website lainnya.

Anda bisa mendapatkan backlink tersebut dengan mengembangkan strategi SEO Link Building. Itu sebabnya membangun link building itu sangat penting. Ini juga harus dilakukan oleh setiap pemilik situs web.

 

Jenis Link Building dalam SEO

Pada dasarnya ada 2 jenis link building dalam teknik SEO: 

  • Internal link building
    Internal link building adalah proses membangun backlink yang ditautkan dari satu situs web ke situs lainnya (masih dalam situs web yang sama).
  • Eksternal link building
    Untuk membangun jenis tautan ini, Anda perlu menggunakan situs web yang Anda targetkan sebagai tautan. Atau dengan kata lain, Anda membutuhkan backlink dari situs eksternal ke situs web Anda.

 

3 Syarat Utama Yang Harus Diperhatikan Pada Link Building:

 

1. Secara Organik Dan Alamia

Perkataan dari Matt Cutts seorang ahli SEO: 
Link building terbaik adalah link building yang terlihat seolah-olah seperti bukan link building”

Saya sangat setuju dengan pendapat ini. Jika Anda dengan sengaja membuat backlink, Kita dapat mengatakan bahwa Anda secara teoritis mencoba mengontrol peringkat Google, dan Google tidak menyukainya. Tetapi jika Anda cemas menunggu situs web lain memberikan backlink, tentu akan memakan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya.

Solusinya? Membangun backlink harus dilakukan secara organik dan alami. Jika Anda tiba-tiba menemukan ribuan backlink atau backlink berasal dari situs web yang sama, bisa dikatakan itu tidak alami.

 

2. Berasal Dari Situs Web Berkualitas

Mendapatkan backlink dari website spam percuma saja hasilnya akan sia-sia. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan dari halaman web mana backlink Anda berasal. Semakin tinggi kualitas sebuah website, maka semakin tinggi pula nilai backlink yang terdapat di Google View.

Situs web yang berkualitas memiliki fitur-fitur berikut:

  • Aktivitas dan tautan di situs web sangat hidup, bukan situs web mati
  • Tidak ada bagian spam
  • Mengandung konten berkualitas

Nah, jika Anda ingin membangun sebuah link, usahakan agar website Anda mendapatkan backlink yang berkualitas dari website tersebut.

 

3. Berasal Dari Situs Web Dengan Judul Yang Hampir Sama

Jika website Anda berjudul “Optimasi SEO”, alangkah baiknya jika Anda bisa mendapatkan backlink dari situs web dengan topik serupa. Misalnya dari website jasa SEO, website SEO dari seorang blogger yang mencintai dunia, atau dari portal berita yang membahas tentang marketing website

Semakin banyak tautan yang Anda dapatkan dari situs web dengan topik serupa, semakin relevan situs web Anda di Google View.

Tujuan utama dari Google Search Engine adalah untuk menampilkan hasil pencarian yang paling relevan. Jadi, jika Anda ingin website Anda tampil di halaman pertama google, sangat penting untuk mencocokkan website Anda dengan kata kunci yang diinginkan, dan salah satu caranya adalah dengan mendapatkan backlink dari website dengan topik serupa.

 

Bagaimana cara melakukannya?

Setelah Anda mengetahui aturan-aturan ini, Anda mungkin berpikir bahwa membangun tautan itu sulit. Ya, itu sangat sulit, dan Anda dapat mengatakan bahwa ini adalah bagian tersulit dari proses SEO. Anda punya pilihan, menggunakan layanan backlink atau melakukannya sendiri.

Berikut adalah beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan jika Anda ingin melakukannya sendiri:

  • Isi situs web Anda dengan artikel atau tips yang bermanfaat
  • Bagikan tips ini di forum yang membahas topik tersebut, tetapi jangan spam!
  • Berkontribusi secara aktif pada komunitas online yang membahas topik tersebut
  • Terhubung dengan jaringan lain dengan minat yang sama dalam topik
  • Kontribusikan secara aktif artikel yang membahas topik di blog atau halaman web

 

Manfaat Link Building Untuk website

Memiliki link building yang berkualitas tentunya anda akan merasakan banyak manfaat dari link building, berikut ini adalah manfaat dari link building yang berkualitas:

1. Untuk membuka hubungan baru

Saat link building dibuat ke sumber domain yang terkait, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk membuka koneksi baru. Peluang ini sangat bagus bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya. Tindakan ini dapat memberi orang kesempatan untuk mengikuti profil media sosial, blog, atau beriklan di website anda.

 

2. Peningkatan situs web atau branding perusahaan

Menambahkan situs web dan merek dapat dimulai dengan pembuatan link yang baik. Promosi berbasis web dapat mengarahkan pengunjung ke halaman promosi. Ini termasuk peluang besar, serta branding menjadi sangat kuat dan populer karena akan banyak orang yang mengetahui produk yang anda jual.

 

3. Promosi jangka panjang

Jangan heran jika Anda menemukan informasi lama di Internet. Ini karena Internet adalah sumber data yang terus berkembang dan tak dibatasi waktu. Jika Anda memiliki backlink yang berkualitas, situs web Anda akan dapat mendatangkan pengunjung yang banyak setiap hari. Hal ini karena potensi promosi jangka panjang 

Tapi, tentu saja, Anda harus menyediakan backlink berkualitas tinggi yang tidak berhenti memberikan informasi terkait data. Untuk melakukan itu, Anda perlu perhitungan. Mulai dari jenis, lokasi link, address yang sesuai.

 

Buatlah Link Building Sekarang!

Kami sekali lagi menekankan bahwa backlink yang Anda buat haruslah berkualitas tinggi. Ajaklah beberapa website yang sekiranya memiliki topik yang sama, ajaklah untuk bekerja sama dan saling membuat backlink masing-masing agar dapat meningkatkan ranking website masing-masing.

Hindari dan abaikan praktik pembuatan backlink yang menyesatkan seperti situs jual beli, spam komen, forum dll. Sebenarnya cara-cara tersebut mudah dilakukan dan tersebar dimana-mana. Tapi hasil akhirnya tidak sepadan. Bisa jadi website Anda akan dihapus dari pencarian Google. Ingatlah bahwa kualitas lebih baik dari pada kuantitas.

Kami harap artikel ini dapat membantu anda untuk memahami tentang SEO link building. Jika Anda memiliki pertanyaan silahkan tulis di bagian komentar di bawah. Jangan lupa berlangganan untuk menerima artikel SEO terbaru langsung melalui email. Semoga berhasil dengan Link Building Anda!

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Share

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on telegram
Telegram
Artikel Lainnya

Related Posts For You

blog dan website

Jelaskan Perbedaan Antara blog Dan Website

Siapa yang tidak mengenal blog yang berisi tulisan tulisan di internet bahkan mungkin yang setiap hari anda baca di google, yaitu adalah blog. Lalu bagaimana dengan website, sederhananya adalah website

Macam-Macam Web Server

Macam-Macam Web Server yang Wajib Diketahui Pemula

Kamu pasti sudah paham betul jika website memiliki peranan yang besar sebagai tempat untuk mencari informasi, kebutuhan promosi, dan branding. Agar kinerja website bisa senantiasa baik, peranan website server sangat

Need Help? Chat with us