Logo jasaahliseo

Memanfaatkan Google Review: Fitur Inovatif untuk Mengoptimalkan Performa SEO

Google Review

Share:

Meski jarang masuk dalam daftar teknik optimasi SEO on page maupun off page, Google Review jadi salah satu hal yang layak dioptimasi. Tujuannya tidak berbeda dengan penerapan strategi lain dalam SEO, yakni meningkatkan kredibilitas situs web dan menambah traffic organik hingga konversi.
Selain tujuan tadi, mengoptimasi ulasan Google juga bisa memberi lebih banyak manfaat lainnya. Lantas, apa saja manfaat itu? Bagaimana cara optimasi review Google yang efektif? Untuk Anda yang ingin tahu jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tadi, simak artikel ini sampai selesai.

Baca juga ini: 5 Cara Anti Ribet Membuat Akun Google My Business

Apa itu Google Review?

Google Review merupakan salah satu fitur menarik yang bisa ditemukan dalam Google My Business hingga Google Maps. Fitur ini memungkinkan pengguna internet untuk meninggalkan ulasan mengenai suatu usaha atau tempat.
Sebagai informasi, setiap pengguna internet dibebaskan untuk mengisi penilaian Google pada suatu tempat ataupun usaha. Baik itu ulasan negatif maupun positif.
Adapun menyoal ulasan ini dapat berupa pengalaman pribadi ataupun orang-orang sekitar, tidak ada aturan mengenai itu. Hanya saja, hal yang diulas biasanya berupa kepuasan pengguna internet, kualitas produk atau jasa dari usaha, harga, hingga layanannya.
Bagi masyarakat umum, adanya ulasan tersebut tentu bisa membantu saat butuh pertimbangan mengenai sesuatu. Namun, bagi pengelola situs web, keberadaan fitur ini dapat menjadi sumber keuntungan maupun sebaliknya.

Baca lebih lanjut  Strategi Menempatkan Keyword Dalam Artikel SEO

Keuntungan Adanya Ulasan di Google

Sebagai informasi, terdapat beberapa keuntungan adanya ulasan pengguna internet di Google. Adapun keuntungan yang bisa pengguna terima adalah sebagai berikut:

  •       Meningkatkan CTR atau Click Through Rate untuk situs web,
  •       Mempermudah bisnis mendapatkan feedback,
  •       Meningkatkan kepercayaan konsumen,
  •       Mengonversi lebih banyak pengunjung jadi transaksi.

Selain keuntungan-keuntungan di atas, adanya Google Review juga bisa membantu situs web bisnis Anda naik peringkat. Tak hanya itu, adanya review jujur dari konsumen yang pernah merasakan produk buatan usaha Anda juga bisa mengurangi biaya promosi.

Sedang Cari Jasa SEO Profesional? Hubungi kami sekarang 085694640209

Hal ini dikarenakan, orang-orang yang memberikan ulasan secara tak langsung ikut berkontribusi untuk mengiklankan produk Anda. Jadi, akan ada lebih banyak orang yang mempercayai kualitas terbaik pada produk Anda tanpa banyak iklan di mana-mana.

Cara Mengoptimalkan Performa SEO dengan Google Review

Jika Anda ingin keberadaan Google Review bisa memberikan keuntungan, pastikan untuk selalu mengelola ulasan di Google. Adapun cara terbaik mengelolanya bisa dimulai dengan mengoptimalkan performa SEO menggunakan cara di bawah ini:

1. Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Sebagian besar konsumen akan mengungkapkan ulasan secara jujur tentang suatu produk yang dirasanya istimewa atau sebaliknya. Oleh karena itu, setiap pebisnis diwajibkan untuk selalu meningkatkan kualitas dua hal penting dalam usaha ini.
Yakni, kualitas produk yang dijual dan layanan. Sebab jika tidak, kemungkinan besar pelanggan akan meninggalkan ulasan negatif.
Di samping itu, teknik SEO apa pun yang diterapkan pada konten dipastikan akan sia-sia jika konsumen memberikan penilaian buruk. Guna mencegah hal itu, Anda bisa merancang strategi untuk meningkatkan kualitas dua poin tadi.

Baca lebih lanjut  Solusi Praktis Mengatasi Halaman Web Tidak Tersedia: Panduan SEO 2023

2. Membuat Segmentasi Target Market

Untuk diketahui, mendapatkan review dari masyarakat atau pelanggan yang pernah membeli produk atau jasa Anda bisa dikatakan tidak mudah. Khususnya, orang-orang yang cukup sibuk di dunia nyata.
Meski begitu, orang-orang seperti ini bisa dikatakan cocok untuk dijadikan pengulas. Dibandingkan dengan menyewa orang lain untuk mengisi ulasan, Anda lebih baik meminta review langsung pada para pelanggan.

3. Menghadirkan Feedback Menarik atau Reward untuk Pelanggan Tertentu

Cara di poin kedua mungkin terkesan mudah, tetapi biasanya berakhir pada penolakan apabila tidak dibalut dengan strategi terbaik. Adapun cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan ulasan Google dari pelanggan asli adalah dengan memberikan feedback menarik.
Misalnya, apabila pelanggan sudah lama menjadi konsumen Anda, tidak ada salahnya memberikan reward gratis produk untuk satu kali ulasan. Selain itu, Anda juga bisa memberikan tawaran menarik lainnya pada pelanggan yang sudi mengulas usaha Anda.

4. Tetap Terbuka pada Saran dan Kritikan Konsumen

Supaya konsumen makin percaya pada bisnis Anda, pastikan untuk tidak menutup saran maupun kritikan yang diberikan olehnya. Anda harus menghargai hal itu, tetapi pastikan tidak membiarkan ulasan yang mengarah ke sisi negatif.
Pasalnya, ulasan negatif dapat mempengaruhi penilaian web crawler pada situs web Anda. Sehingga, ini bisa menjadikan website Anda naik peringkat.

5. Memfilter Ulasan

Sebagai solusi untuk mengatasi problem mengenai review yang bervariasi, pastikan memanfaatkan fitur filter ulasan. Sebagai informasi, fitur ini bisa digunakan untuk menyaring semua ulasan yang ada. Kemudian, menonjolkan ulasan paling positif di bagian atas sementara review negatif ditaruh di bawah atau bahkan dihapus.
Namun, perlu diketahui bahwa menghapus ulasan secara mandiri mungkin menimbulkan masalah lainnya. Hal ini dikarenakan, mesin pencari Google dapat mengetahui hal itu. Sehingga saat pengindeksan berlangsung, ulasan yang hilang bisa membuat website Anda dianggap curang.

Baca lebih lanjut  Apa itu Link Building: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Sudah Paham Pentingnya Google Review?

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Google Review cukup penting keberadaannya dalam membangun usaha di zaman sekarang. Fitur ini tidak boleh dilepaskan begitu saja dan perlu dimanfaatkan secara maksimal agar memberikan hasil optimal untuk praktik SEO yang Anda lakukan.
google review
Jika Anda belum tahu bagaimana cara memulai penggunaan fitur review pada Google, gunakan jasa ahli SEO untuk membantu memasangnya. Salah satu penyedia laynan yang direkomendasikan adalah di jasaahliseo.com. 
Anda tidak perlu khawatir dengan layanan yang diberikan. Jasa ini telah memiliki kredibilitas mumpuni untuk membantu para pegiat internet serta mendapatkan banyak keuntungan.
Dengan teknik SEO yang tepat, situs web Anda berpotensi besar mendapatkan banyak kunjungan. Bicara soal Google review, jasa ahli SEO juga bisa membantu memfilter ulasan sehingga review Google untuk usaha Anda akan tampak lebih banyak positifnya.
Untuk mendapatkan layanan Jasa SEO Tangerang yang terjamin bagus kualitasnya, hubungi www.jasaahliseo.com sekarang juga!

FAQ tentang Google Review

Bisakah ulasan di Google dihapus?

Google bisa menghapus ulasan dari pelanggan jika ulasan tersebut melanggar aturan Google. Sebelum meminta dihapus, pastikan untuk membaca aturan Google terlebih dahulu.

Apa itu penilaian bintang di ulasan Google Maps?

Penilaian bintang menunjukkan seberapa baik seseorang menilai bisnismu. Rentang penilaiannya dari 1 bintang (terendah) hingga 5 bintang (tertinggi). Semakin tinggi penilaiannya, semakin baik pengaruh bisnismu dan peringkat pencariannya di internet.

Apakah Google Bisnis berbayar?

Banyak yang bertanya-tanya tentang ini. Google Bisnis adalah layanan gratis dari Google. Kamu bisa membuat Profil Bisnis secara gratis di Google.

Tags:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Artikel

Gratis Konsultasi

Dapatkan Info lebih Lengkap Terkait SEO

Masih bingung sama SEO? Yuk konsultasi dengan kami sekarang, akan kami berikan solusi terbaik untuk Anda

Artikel Lainnya

Related Posts For You

SEO Internasional
Digital Marketing

SEO Internasional: Pengertian, dan Cara Optimasinya 

SEO internasional menjadi salah satu strategi untuk menguatkan branding suatu website yang sebaiknya diterapkan. Dalam penerapannya, strategi ini melibatkan beberapa jenis optimasi bagian teknikal.  Mulai dari pengubahan struktur URL, memperbaiki

Baca »
Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads
Google Ads

Panduan Lengkap Iklan Google Hotel Ads

Ketatnya persaingan bisnis hospitality menjadikan layanan Google Hotel Ads penting untuk Anda gunakan. Lantas, apa yang dimaksud dengan Google Hotel? Secara sederhana, Google Hotel memiliki sejumlah kesamaan dengan layanan iklan

Baca »
Need Help? Chat with us